4 Jun 2017

Pilihan Menu Buka Puasa Praktis dan Sehat

Alhamdulillah cuaca sangat panas hari ini. Alhamdulillah juga sudah membeli beberapa kebutuhan untuk memasak menu buka puasa. Aku belanja sayur dan lauk setelah anakku berangkat sekolah. Belinya gak sekali beli untuk satu minggu. Tahu sendirilah ya, bulan Ramadan, bawaannya kepingin makanan yang fresh dan cepat saji. Tapi, aku sendiri menghindari makanan siap saji. Cepat saji di sini, maksudnya adalah proses pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang lama. Begitu. Ada beberapa contoh menu buka puasa pilihan keluargaku.

Pecel dan Tempe Mendoan


Bulan Ramadan tahun ini, cuaca kebanyakan panas menyengat. Walaupun pada awal bulan Ramadan kemarin, sempat mendung mengantung bahkan sampai hujan. Pasti kepingin yang seger-seger kan ya untuk buka puasa nantinya.

Beberapa kali, aku menghindari untuk membuat es buah atau es syrup. Alasannya lebih menjaga kepada kesehatan dan menginginkan puasa sehat selama bulan Ramadan. Apalagi awal puasa kemarin, anak-anak sedang melangsungkan ujian kenaikan kelas. 

Pilihan untuk menu berbuka puasa keluargaku simple tapi kaya akan gizi. Aku memilih pecel dan tempe mendoan sebagai menu terpilih yang paling cepat dan tidak ribet untuk penyajiannya.

Cukup membeli beberapa sayuran, seperti kangkung 1 ikat, kacang panjang 1 ons, kecambah atau tauge 1000, sawi hijau pilih yang sedang dan kalau suka bayam 1 ikat. Bumbu pecel banyak yang jual. Kalau rajin, bisa membeli kacang tanah kemudian digoreng sendiri trus diblender.

Sayur rebus untuk pecel, tapi pakai bumbu KOKITA


Cara membuatnya juga gampang banget. Rebus semua sayuran, secukupnya saja untuk menu buka puasa. Bumbu kacang juga tinggal disiram air, diaduk-aduk sampai mendapatkan kekentalan yang diinginkan. 


Teman pecel sayur ini adalah tempe mendoan. Aku suka bikin tempe mendoan, tapi lebih sering bikin tempe goreng tepung. Tempe goreng tepung juga enak, gak masalah gak terlalu mendo.

Mendo di sini adalah digoreng basah tidak kering. Masyarakat karisidenan Banyumas dan sekitarnya, lebih suka tempe digoreng setengah matang begini atau mendo. 

Alhamdulillah di dekat tempat tinggalku, selama bulan Ramadan ada yang menjual tempe mendoan. Asalnya dari Purwokerto, jadi cocok banget lah. Saat enggak sempat memasak, aku pasti pergi ke kios mendoannya. 

Menyantap pecel dan tempe mendoan saat buka puasa itu nikmat banget. Serat pada sayuran dibutuhkan saat berpuasa. Bumbu kacang cocok banget dimakan barengan tempe mendoan. Ke-dua menu buka puasa itu cara membuatnya mudah banget kan? tidak mengurangi nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Ayam Kuah Sayur


Menu buka puasa pilihan yang menjadi favorit ke-dua adalah ayam kuah sayur. Proses pembuatannya sangat simple. Oleh karena itu, kalau ingin mengganti lauk tempe mendoan dengan ayam. Aku memasak menu buka puasa satu ini.

Kalau ingin kriuk-kriuk untuk menemani ayam kuah sayur, bisa tambahkan kerupuk yang bisa digoreng beberapa hari sebelum puasa atau sewaktu malam hari. Anak-anak kalau melihat kerupuk digoreng pasti seneng banget. Belum selesai kerupuk di goreng, sudah habis banyak.



Cara membuat ayam kuah sayur di sini juga mudah. Pertama-tama ayam dicuci sampai bersih kemudian ditumis sampai empuk, baru masukkan sayuran. Sayuran yang bisa dipilih bisa sayur sawi hijau, sawi putih campur irisan wortel.

Intinya adalah memasak dua buah menu buka puasa menjadi satu. Bisa sich ayamnya digoreng, tapi kan menambah tenaga, waktu dan peralatan yang digunakan. Di sini ceritanya aku pingin mengurangi peralatan masak yang digunakan dan proses pembuatan menu buka puasa yang cepat dan praktis. 

Daging Kecap Campur Tumis sayur


Menu buka puasa ini juga jadi pilihan untuk keluargaku. Anak-anak juga suka banget daging teriyaki. Dagingnya diiris kecil-kecil dan bumbunya cuma bawang putih sama bawang bombay, gara, dan kecap serta air. 

Untuk mendapatkan tingkat keempukan daging, bisa merebus sembari membuat tumis sayur yang diinginkan.



Aku belum begitu suka daging dicampur sekalian sama sayur. Paling memasaknya dipisah, jadi tingkat kematangan sayur bisa dikontrol. Sayur yang digunakan bisa apa saja, aku suka pokcoy ditambah irisan wortel. 

Bagaimana pilihan menu buka puasaku yang praktis dan sehat? tidak perlu membuat menu buka puasa yang terlalu ribet. Orang yang menyantapnya saja cuma bertiga. Anakku yang perempuan, susah banget diajak makan bareng. Dia lebih menyukai mengambil sendiri apa yang disuka. Kadang setelah selesai makan bersama, dia baru ngambil. 

Selamat menjalankan ibadah puasa ke-11 di bulan Ramadan 1438H

Salam
Astin

Semua foto adalah milik pribadi

3 comments:

  1. wah pecel madiun paling enak tuh :D

    ReplyDelete
  2. Sama mbaa.. Akupun juga lbh milih menu yg simple dan ga terlalu banyak kalo masak.. Menghemat gas, sabun cuci dan Tenaga :D. Apalagi aku dan suami baru sampe rumah malam.. Jd kitapun lbh srg mkn di kantor.. Makanan yg dimasak spoo mba ARR palingan cm utk dia dan anak2 ama pas sahur :D

    ReplyDelete
  3. Waduh, pagi2 udah lihat penampakan yang sueger dan enak bange. Mupeng Mbak :)

    ReplyDelete