Skip to main content

Tips Memilih AC Terbaik untuk Rumah Minimalis

Duh kok AC-nya enggak dingin?

Loh, air apa ini? ih, AC-nya bocor.

Bulan Ramadan, cuaca di daerah tempat tinggalku panas menyengat. Satu menit menjemur pakaian setelah dikeringkan di mesin cuci, langsung kering total. Cuaca panas juga mempengaruhi emosi dan kesabaran. Pinginnya tenang gitu kalau cuaca pas panas. Tapi apa daya, anak-anak liburan di rumah malah senang teriak-teriak dan berlarian di dalam rumah. 

Kebetulan sekali rumah tinggalku ini adalah rumah minimalis. Menyenangkan sich, rumah minimalis kan sewaktu membersihkan enggak begitu lelah. Apalagi design yang sederhana serta ruangan yang diatur sedemikian rupa. Jadi, suasana rumah menjadi seperti surga yang dirindukan banget.

Kebutuhan akan AC sudah menjadi kebutuhan paling wajib untuk masyarakat yang tinggal di daerah panas. Type dan model rumah apapun pasti membuatuhkan untuk dipasang AC. Meskipun model rumah minimalis yang ruangannya tidak terlalu besar inipun butuh banget AC. Ruangan yang kecil itu kan, membuat udara mengumpul dan menimbulkan panas. Ditambah anak-anak yang lari-larian di dalam rumah. Beugh pasti tambah panas ya.

Saat memilih AC untuk rumah minimalis, sebetulnya tidak sulit. Namun ada beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan agar mendapatkan merk AC Terbaik. Jangan sampai salah membeli AC yang dampaknya pada pengeluaran lebih banyak tapi kinerjanya sama. Aku mau bagi-bagi tips memilih AC untuk rumah minimalis nih. Supaya teman-teman tidak terlalu bingung saat akan memilih AC untuk rumah minimalis.



Dimensi Ruangan


Hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli merk AC terbaik untuk rumah minimalis adalah dimensi ruangan.  Luas ruangan pada rumah yang minimali harus diperhatikan dan dipertimbangkan. Rumah minimalis umumnya hanya memiliki sedikit space pada bagian interiornya. Sehingga dimensi AC juga perlu diperhatikan. Alasannya supaya pas dan tidak mengganggu desain interior ruangan. 

Selain itu tidak perlu memilih AC dengan PK yang terlalu tinggi untuk rumah minimalis. Engak maukan penghuni rumah jadi kedimginan setiap AC dinyalakan dan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, penting untuk memikirkan di awal dengan membuat dratf, sangat penting untuk mendapatkan pemilihan merk AC terbaik.

Ukuran Kapasitas AC dan Besar Daya yang Dibutuhkan


Saat menentukan merk AC terbaik untuk rumah minimalis, ukuran kapasitas AC dan daya perlu loh untuk diperhatikan dengan melihat PK sebagai seumber daya yang dibutuhkan BTU. BTU lah yang menentukan tingkat kesejukan dari AC. Untuk rumah minimalis, disarankan menggunakan AC dengan PK 1 dengan daya low watt saja. 

Selain hemat, kemampuan AC dengan PK 1 sudah cukup mendinginkan ruangan kecil atau rumah minimalis. Tidak perlu ya, mengunnakan AC dengan PK yang terlalu besar. Sangat tidak disarankan menggunakan AC berdaya tinggi atau tenaga tinggi. Alasannya selain mubazir, beban biaya listrik lebih besar. Begitu pula proses pendinginannya pun berlebihan atau tidak efektif.

Banyak Penghuni dalam Ruangan


Penting untuk diperhatikan juga berapa banyaknya penghuni di dalam suatu ruangan yang akan dipasang AC. Apabila penghuni ruangan cukup banyak, maka sebaiknya AC yang harus dipasang adalah AC dengan PK yang lebih besar. Tujuannya agar udara di dalam rumah tetap sejuk. Namun sebaliknya apabila penghuni suatu rumah minimalis hanya beberapa orang, gunakanlan AC degnan PK kecil. 

Dengan memperhatikan banyaknya penghuni suatu rumah minimalis, akan diketahui berapa besar penghematan yang didapat apabila penghuni rumah tersebut hanya sedikit.  Ruangan rumah juga tidak terlalu dingin. Jadi, gimana sudah memutuskan untuk memilih merk AC terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk rumah minimalis.

Comments

  1. Iya kalau banyak penghuninya macam di kelas atau ruangan tempat ngumpul, kapasitas AC-nya mesti ditingkatkan lagi, biar ademnya lebih berasa, hehe...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…