13 Jun 2017

Tips Memilih AC Terbaik untuk Rumah Minimalis

Duh kok AC-nya enggak dingin?

Loh, air apa ini? ih, AC-nya bocor.

Bulan Ramadan, cuaca di daerah tempat tinggalku panas menyengat. Satu menit menjemur pakaian setelah dikeringkan di mesin cuci, langsung kering total. Cuaca panas juga mempengaruhi emosi dan kesabaran. Pinginnya tenang gitu kalau cuaca pas panas. Tapi apa daya, anak-anak liburan di rumah malah senang teriak-teriak dan berlarian di dalam rumah. 

Kebetulan sekali rumah tinggalku ini adalah rumah minimalis. Menyenangkan sich, rumah minimalis kan sewaktu membersihkan enggak begitu lelah. Apalagi design yang sederhana serta ruangan yang diatur sedemikian rupa. Jadi, suasana rumah menjadi seperti surga yang dirindukan banget.

Kebutuhan akan AC sudah menjadi kebutuhan paling wajib untuk masyarakat yang tinggal di daerah panas. Type dan model rumah apapun pasti membuatuhkan untuk dipasang AC. Meskipun model rumah minimalis yang ruangannya tidak terlalu besar inipun butuh banget AC. Ruangan yang kecil itu kan, membuat udara mengumpul dan menimbulkan panas. Ditambah anak-anak yang lari-larian di dalam rumah. Beugh pasti tambah panas ya.

Saat memilih AC untuk rumah minimalis, sebetulnya tidak sulit. Namun ada beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan agar mendapatkan merk AC Terbaik. Jangan sampai salah membeli AC yang dampaknya pada pengeluaran lebih banyak tapi kinerjanya sama. Aku mau bagi-bagi tips memilih AC untuk rumah minimalis nih. Supaya teman-teman tidak terlalu bingung saat akan memilih AC untuk rumah minimalis.



Dimensi Ruangan


Hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli merk AC terbaik untuk rumah minimalis adalah dimensi ruangan.  Luas ruangan pada rumah yang minimali harus diperhatikan dan dipertimbangkan. Rumah minimalis umumnya hanya memiliki sedikit space pada bagian interiornya. Sehingga dimensi AC juga perlu diperhatikan. Alasannya supaya pas dan tidak mengganggu desain interior ruangan. 

Selain itu tidak perlu memilih AC dengan PK yang terlalu tinggi untuk rumah minimalis. Engak maukan penghuni rumah jadi kedimginan setiap AC dinyalakan dan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, penting untuk memikirkan di awal dengan membuat dratf, sangat penting untuk mendapatkan pemilihan merk AC terbaik.

Ukuran Kapasitas AC dan Besar Daya yang Dibutuhkan


Saat menentukan merk AC terbaik untuk rumah minimalis, ukuran kapasitas AC dan daya perlu loh untuk diperhatikan dengan melihat PK sebagai seumber daya yang dibutuhkan BTU. BTU lah yang menentukan tingkat kesejukan dari AC. Untuk rumah minimalis, disarankan menggunakan AC dengan PK 1 dengan daya low watt saja. 

Selain hemat, kemampuan AC dengan PK 1 sudah cukup mendinginkan ruangan kecil atau rumah minimalis. Tidak perlu ya, mengunnakan AC dengan PK yang terlalu besar. Sangat tidak disarankan menggunakan AC berdaya tinggi atau tenaga tinggi. Alasannya selain mubazir, beban biaya listrik lebih besar. Begitu pula proses pendinginannya pun berlebihan atau tidak efektif.

Banyak Penghuni dalam Ruangan


Penting untuk diperhatikan juga berapa banyaknya penghuni di dalam suatu ruangan yang akan dipasang AC. Apabila penghuni ruangan cukup banyak, maka sebaiknya AC yang harus dipasang adalah AC dengan PK yang lebih besar. Tujuannya agar udara di dalam rumah tetap sejuk. Namun sebaliknya apabila penghuni suatu rumah minimalis hanya beberapa orang, gunakanlan AC degnan PK kecil. 

Dengan memperhatikan banyaknya penghuni suatu rumah minimalis, akan diketahui berapa besar penghematan yang didapat apabila penghuni rumah tersebut hanya sedikit.  Ruangan rumah juga tidak terlalu dingin. Jadi, gimana sudah memutuskan untuk memilih merk AC terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk rumah minimalis.

4 comments:

  1. Iya kalau banyak penghuninya macam di kelas atau ruangan tempat ngumpul, kapasitas AC-nya mesti ditingkatkan lagi, biar ademnya lebih berasa, hehe...

    ReplyDelete
  2. Namun untuk gedung perkantoran memang cocok menggunakan instalasi ac central karena bisa membagi suhu ruangan ke semua ruangan dengan sama.

    ReplyDelete
  3. kalo ruangannya gede semakin gede PK AC nya, tapi iya juga kalo orangnya banyak kayanya butuh kapasitas yang lebih besar...

    ReplyDelete