Friday 7 July 2017

Tradisi Lebaran Idul Fitri 1438 H di Cilacap

Mohon maaf lahir dan batin temans,

Meski agak telat, enggak pas aroma kuah opor ayam dan ketupat beradu. Masih adalah ya, aroma-aroma Lebaran Idul Fitri hari ini. Tadi saja, aku baru salam-salaman dengan tetangga sebelah rumah, coba.

Mohon dimaafkan untuk adanya salah dan keliru. Untuk adanya tulisan di blogpost maupun di kolom komentar dan di media sosial yang aku punya yaaa. Mohon dimaklumi, tekadang ada blog yang belum aku singgahi meski sudah berkomentar di blog astinastanti dan anakastinastanti tercintah.

In Frame Ibu dan Adik Ipar, Dhita


Lebaran Idul Fitri 1438 H dirayakan di Cilacap. Di rumah masa aku kecil dulu. Rumah yang dulu ramai dengan kicauan 4 kakak beradik. Sekarang ramai kicauan 7 cucu yang dihasilkan (dihasilkan?) dari 4 kakak beradik tersebut.

Ada tradisi yang tidak diharuskan antara aku dan kakak perempuanku. Tradisi pulang mudik Lebaran di hari pertama Idul Fitri. Contohnya, tahun ini aku pulang sebelum hari pertama Lebaran Idul Fitri. Kakakku merayakan hari pertama Lebaran Idul Fitri di rumah mertuanya. Nah, tahun depan, giliran aku yang lebaran di rumah mama mertuaku, sedangkan kakak menemani Bapak dan Ibu, merayakan hari pertama Lebaran Idul Fitri.

Ada yang mempunyai tradisi lebaran seperti aku dan kakakku?

Alhamdulillah, suami dan anak-anakku bekerja sama dengan baik sebelum berangkat menunaikan Sholat Idul Fitri. Sejak subuh, aku menyiapkan pakaian dan peralatan yang akan dibawa ke Masjid terdekat dengan rumah.

Anak-anak, aku kondisikan supaya bangun lebih pagi. Aku siapkan keperluannya, supaya mereka menurut untuk mandi, berpakaian dan berangkat ke Masjid.

Dress Code hari pertama Lebaran Idul Fitri 2017 kali ini, sempat gagal. Seperti biasa, aku selalu menggunakan busana yang bernuansakan putih. Begitu pula dengan busana suami, yang selalu kusamakan, hanya untuk celana panjangnya yang enggak. Anak-anak bernuansa merah dan pink. Tapi, Azalia sempat tidak mau memakai dress pink-nya. Langsung dech, aku ganti dengan kaos lengan panjang dan celana panjang warna merah fanta.

Saat akan menunaikan sholat Idul Fitri. Sama dengan satu tahun sebelumnya, Azalia tertidur nyenyak di pangkuanku. Bisa terulang lagi begini yaaak, suka lucu dan geli aja ngelihat Azalia tertidur saat yang lainnya menunaikan sholat Idul Fitri.

Azalia mulai ngambek, ternyata ngantuk temans

Space ini rencananya upload foto Azalia dalam pelukan yang sedang tidur, tahun 2016 dan 2017
dibatalkan temans. Seru sich, tapi untuk konsumsi keluarga aja dech. 😚



Tradisi sungkeman dilakukan setelah semua pulang dari Masjid. Tradisi sungkeman diartikan sebagai ungkapan hormat kepada orang tua dan ungkapan rasa sayang kepada yang lebih muda. Sungkeman pertama kali, dilakukan oleh Ibu ke Bapak. Setelah itu, aku sebagai anak tertua dipersilahkan sungkem terlebih dulu ke Bapak dan Ibu, dilanjutkan suamiku dan anak-anakku. Aku juga menyambut sungkeman dari adik-adik dan anak-anaknya. 

In frame : Aku, Suamiku, Ibu dan Bapak, Ghaisanku


Acara selanjutnya adalah menikmari opor dan ketupat. Makan bersama-sama di meja makan, saling bercerita dan bertanya rasa makanan yang dinikmati. Semuanya kompak makan bersama dalam satu waktu. Ada yang makan menggunakan ketupat ada yang menggunakan nasi. Ada yang menggunakan opor ayam, ada yang menggunakan rica-rica bebek.

Tradisi di lingkungan RW rumah Bapak dan Ibu pada hari pertama Lebaran Idul Fitri adalah semua warna berkumpul menjadi satu di Mushola Arafah Tidak hanya semua warga, ternyata semua keluarga, anak dan cucu, menantu dan sepupu diajak semua ke Mushola Arafah.

Acara dimulai dengan tauziah sebentar oleh ustadz setempat, kemudian bersalam-salaman semua warga yang hadir dan dilanjutkan dengan acara menyantap makanan yang disediakan. Menu silaturahmi Lebaran Idul Fitri tahun ini adalah mendoan dan pecel sayuran. Aku enggak kebagian mendoan coba? padahal dari rupa dan aromanya, enak banget. Aku cuma disisakan gigitan jari aja.

Menjaga tali silaturahmi antar keluarga dan warna itu sangat penting. Aku salut dengan pengurus Mushola Arafah yang terus menjaga tradisi tersebut. Berkumpul menjadi satu di dalam Mushola, dilanjutkan salam-salaman dan menyantap makanan bersama.

Foto sebagian warga yang mengikuti silaturahmi


Beberapa kali aku merayakan hari pertama Lebaran Idul Fitri di rumah mama mertua, tradisinya sangat berbeda. Di lingkungan mama mertua, para warga keluar rumah, menyambut yang datang di luar rumah, bersalaman dan yang berkelebihan dan berkesempatan mengulurkan tangannya memberikan beberapa lembar uang kertas.

Aku cukup kaget dengan tradisi tersebut. Untuk aku yang berkebudayaan timur, memberi identik dengan bersembunyi-sembunyi, malah jangan sampai orang lain tahu. Untungnya sewaktu silaturahmi di Mushola Arrofah kemarin, tidak ada sama sekali tradisi memberi uang saat bersilaturahmi antar warga.

Tetesan air mata dan sesenggukan menahan pecahnya suara tangisan, banyak sekali mewarnai silaturahmi di Mushola Arrofah kemarin. Aku sampai penasaran, sedekat apa hubungan antar warga, hingga sampai memecahkan tangis di silaturahmi kala itu. Ibu-ibu tua dan muda, bapak-bapak tua dan muda, anak-anak semuanya saling bersalam-salaman memberikan rasa hormat dan kasih sayang. Salut aku, menjadi bagian dari kebersamaan Silaturahmi Mushola Arafah Jl. Laban, Gumilir Cilacap-Utara.

Mohon Maaf Lahir dan Batin
Kembali ke Fitrah dan Saling Memperbaiki Menuju Kemenangan

Salam
Astin

11 comments:

  1. maaf lahir batin yaaa..paling happy memang kumpul di rumah keluarga besar

    ReplyDelete
  2. bersyukur ia bisa lebaran di kampung halaman bersama keluarga, semoga tahun depan bisa lagi amin ... santap opor bersama emang mantabbbb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaamin. Makan bersama keluarga hal yang sangat kutunggu,

      Delete
  3. Ga beda jauh sama di Balikpapan, saya juga shalat ied pas pulangnya langsung acara sungkeman.

    ReplyDelete
  4. Tradisi yang tidak pernah kami tinggalkan juga dalam keluarga..

    ReplyDelete
  5. tradisi yang hampir ada di setiap daerah :)

    ReplyDelete
  6. Informasi menakjubkan, Terima kasih telah berbagi blog informatif ini dengan kami. Kunjungi halaman berikut untuk layanan desain web

    5 hotel di bali

    Ghost Hotels

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih