Skip to main content

Berbagai Permasalahan dalam Penggunaan AC dan Cara Mengatasinya

Tempat tinggalku di daerah Tangerang bisa dikatakan sangat panas. Udaranya sangat menyengat saat siang hari. Kenyataanya saat berada di luar rumah, ingin segera masuk ke rumah, namun saat masuk ke rumah, udara malah lebih panas. Apalagi sirkulasi udara di rumah berbentuk perumahan, kurang begitu bagus. Hanya ada sirkulasi udara dari arah depan rumah. Penyegar udara jenis kipas angin tidak cukup untuk memberikan kesejukan, hanya ada anginnya saja kurang kuat menghalau hawa panas. Belum ditambah debu yang menempel di jaring kipas angin.
Keadaan di ataslah yang akhirnya membulatkan tekat aku dan suami untuk membeli sebuah Air Conditioning atau AC. AC tersebut nantinya akan dipasang di kamar tidur, tempat aku dan keluargaku bisa beristirahat melepas lelah setelah beraktifitas. Kebetulan, di rumah yang aku kontrak, instalasi untuk memasang AC sudah terpasang. Jadi, aku tinggal membeli AC dan langsung memasang. 

Mengapa kamar tidur? kamar tidur adalah salah satu ruangan tempat untuk berkumpul keluargaku.Satu ruangan tersebut menjadi ruangan ternyaman bagi mereka. Meskipun ada ruang keluarga, ruangan inilah yang menjadi primadonanya di rumah. Jadi pemilihan AC di dalam kamar tidur menjadi satu pilihan yang enggak bisa digugat, iya kan?

Kamar tidur nyaman penting untuk kualitas tidur

Alhamdulillah terpasang juga AC di dalam kamar tidur. Jadi,  istirahat siang dan malam sudah tidak terganggu. Tidak perlu lagi dong, memasang kipas angin level tertinggi maupun menggunakan kipas tambahan. Udara di dalam kamar juga semakin segar dengan adanya AC. Sprei di tempat tidur juga enggak harus diganti dua hari sekali karena basah keringat saat tidur siang, kan.

Sudah lama AC di rumah kupergunakan, berbagai masalah muncul dari pengguanan AC di kamar tidur. Akhirnya aku mendapatkan banyak masukan dari permasalahan AC tersebut dan bagaimana cara mengatasi dan mencegah supaya permasalahan AC tersebut tidak muncul lagi.

Berikut beberapa permasalahan dalam penggunaan AC di rumah :
  1.  AC cepat sekali tidak bekerja sesuai dengan fungsinya. Baru dibersihkan 2 bulan, hawa sejuk dan dinginnya kurang terasa, malah cenderung panas. 
  2. Saat sedang nyaman tidur, tiba-tiba tetesan air membasahi tempat tidur, ternyata berasal dari air AC yang mampet tidak bisa keluar dari pipa pembuangan.
  3.  Suara AC sangat berisik dan terdengar begitu keras pada tengah malam.
Aku mencari informasi dari berbagai sumber untuk memecahkan permasalahan dalam penggunaan AC. Nih, yang harus diperhatikan, ya :
  1. Pasang AC dalam rentang suhu 23-25 derajat celcius.
  2. Bersihkan AC secara teratur kepada tukang AC yang sudah dikenal dan berpengalaman.
  3. Sebaiknya jangan menyalakan AC lebih dari 15 jam. Suamiku sering menyalakan AC terus menerus, bahkan pernah 2 hari menyala non stop. 
  4. Sebaiknya meletakkan AC tidak di dekat tempat tidur. 
Itulah informasi yang aku dapatkan dalam mengatasi dan mencegah permasalahan dalam penggunaan AC. So far, setelah aku memperhatikan hal-hal tersebut, AC kamarku jarang bermasalah, loh.
Buatku, ruangan ternyaman yang sering menjadi ruangan terfavorite adalah kamar tidur ini. Selain karena sejuk, juga nyaman. Kenyamanan keluarga tercinta adalah hal paling utama. Pemasangan AC di kamar dapat membuat kualitas istirahat menjadi lebih baik. 

Itulah ruangan ternyaman menurutku, teman-teman astin pasti juga punya kan, ruangan terfavorite dan ternyaman di rumah? yuk, ikutin saja untuk #beyondcomforting competition. Hadiahnya total sampai 10 juta rupiah loh. 

Informasi #beyondcomforting competition aku dapatkan dari link di sini. Periode competitionnya dari tanggal 1-21 Agustus 2017. Yuk, kirim foto dan cerita melalui instagram teman-teman.
Informasi lengkap tentang Daikin Indonesia, dapat dikunjungi di :
Facebook  : Daikin Indonesia

Instagram : Daikin Indonesia

Comments

  1. Sama saya juga AC di kamar tidur khususnya kamar anak supaya mereka istirahat dg nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, karena anak butuh istirahat yang cukup untuk pertumbuhannya,

      Delete
  2. Kamar tidur nyaman penting banget

    ReplyDelete
  3. Aku juga sering bgt ac nyala ampe lebih dr 15 jam. Ternyata gak bagus yaa. Makasi infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lebih baik dimatikan dulu barang beberapa menit, Mbak. Habis itu nyalakan lagi

      Delete
  4. Ac memang penting yak. Apalagi cuaca panas banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panas banget, kalau tidur gerah juga gak nyaman

      Delete
  5. aku klo tidur baru pakai ac tapi di setting timernya, klo ngak ntar pas bangun pasti ke dinginan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jangan terlalu dingin suhunya, hihii.

      Delete
  6. tempatku juga termasuk daer panas mbak, aku juga pake AC alhamdulilah 3 bln sekali ku servis, mksh ya tipsnya ,,, jd tahu ttg perawatan AC

    ReplyDelete
    Replies
    1. AC rumahku itu pas banget depan jalan, hanya berjarak 1 meter, jadi yak...debunya gampang banget bikin AC kotor. Bener mbak kudu rajin ngeservice

      Delete
  7. Font hurufnya terlalu kecil, mata jadi kejang-kejang nih. Tempat tidur saya masih menggunakan kipas tangan bahkan dua lagi ,belu kipas tangan jika udara terasa gerah. Boros tenaga.
    Semoga saja bisa terbeli AC. Dua hari nonstop,wah tidak terbayangkan itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo om Bumi, udah aku edit hurufnya, semoga sudah lebih nyaman dibaca yak. Udara sekarang gerah banget om, apalagi di daerah pinggiran pantai gitu. Aamin, semoga lekas terbeli AC yak

      Delete
  8. Alhdulillah t4ku dingin mba.. Berkah yang tinggal di pedesaan, kaki Merapi.. Jadi masih cukup dengan jendela.

    Tapi klo Tangerang, percaya aku mba..kawasan industri, pasti panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah ngerasain banget waktu main ke kaki merapi, dinginnya minta ampun. Iya MBak, Tangerang sekarang lagi panas-panasnya

      Delete
  9. Wah, beruntung banget nih aku tinggal di daerah pegunungan udaranya masih sejuk, jadi tidak pakai AC, kipas angin, yang sering malah pakai switer atau jaket

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang aku pingin pindah ke tempat yang dingin, selain pingin daerah yang sejuk juga kepingin terbebas dari nyamuk dan debu. Maksih kunjungannya Mbak,

      Delete
  10. Anak-anakku ga bisa tidur klo ga nyalain AC, makanya mereka betah di Garut. Lombanya aku udah ikutan juga neh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah, dari Garut ke Jakarta kerasa banget ya, Mbak hawanya. Waaah, sudah ikutan yaaa, semoga mendapat kesempatan menang ya, Mbak

      Delete
  11. Harus hati-hati cari jasa bersihin AC. Saya pernah beberapa kali kecewa. Tapi sekarang udah ketemu yang cocok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah akupun sudah kenal sama jasa service AC, udah jadi langganan. Alhamdulillah ya, Chi juga sudah ketemu yang cocok

      Delete
  12. kalau ngga ada AC di Jakarta rasanya gimanaaa gitu yaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. panas banget mbak, bener dech, kipas angin bisa sich, tapi kusu rajin ngebersihinnya, karena bakal ketempel debu

      Delete
  13. jasa ac kadang gak cocok.. baru di service terus ada masalah lagi, kalau udah cocok sih enak

    ReplyDelete
  14. mbaa 2 hari non stop jebol gak tuuh ACnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIyaaaa gitu dech, kualitas kesejukannya langsung turun. Makanya kalau aku pas di rumah dan tahu AC 2 hari non stop, aku matikan dulu

      Delete
  15. Bener banget. Suasana ruangan yang sejuk bikin nyaman. Saya di rumah juga pake AC, Mbak, kalau nggak puanasnya berasa punya sauna pribadi di rumah... hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehheee, oven dan sauna yang gede yaak

      Delete
  16. Nyaman bgt itu. Pinky tante 😍😍
    Iyaa Tangerang cukup panas mba. . kayaknya tanpa AC kurang nyenyak klo utk bobo malem yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bobo siang juga nich, panas banget kalau gak pakai AC

      Delete
  17. Saat ini udara tidak hanya panas tapi kotor juga ya. Pakai AC bukan cuma untuk kenyamanan tapi juga menjaga kesehatan.
    Lebih baik menjaga daripada mengobati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik suka banget tuh, lebih baik menjaga daripada mengobati

      Delete
  18. Apalagi kalau dari luar pengen ngadem di dalam ruangan ac dan tetesan air ac emang ganggu tidur makanya perawatan yang rajin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiii, udah PW AC-nya enggak kondusif, pingin nelen remote AC jadinya, eh

      Delete
  19. bener nih kalau gak ada jasa yang cocok gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta ke service centernya Mbak, cepet juga kerjaanya

      Delete
  20. Mbak gie suka nyalain AC di 18 - 20 suhunya wkwkwkwk....terus suka sebel banget kalau AC baru diberesin eh udah 'berisik' lagi gitu :( emang harus berkala ya pembersihannya *noted*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, biar awet sich, jadi jangan nunggu ada masalah baru dibersihkan

      Delete
  21. Cimahi kadang dingin banget jadi aku ga rekomen pake AC tapi kalau lagi panas ya pake AC xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau pas panas butuh banget AC ya Mbak. Kalau sering digunakan harus sering dirawat, ya

      Delete
  22. Belum berani pake AC takut listriknya jebol. Tapi secara suasana juga belum memerlukan, di desa hawanya masih sejuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau hawanya sejuk mah, lebih baik menikmati apa yang memang diberikan alam, ya

      Delete
  23. Anakku sebelum tidur menghidupkan AC. Biasanya kalau saya bangun malam, saya offkan AC tersebut. Irit listrik.
    Sudah lama tidak servis AC. Harus rutin?
    Kenapa tidak boleh dekat tempat tidur mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, gak perlu tunggu ac bermasalah, kalau biasanya 2 atau 3 bulan sekali service ya, service walau belum menunjukan tanda-tanda rusak

      Delete
  24. dahh pake kipas angin aja dah hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihii, kipas angin juga perlu dirawat apalagi kalau banyak debu yang menempel

      Delete
  25. Gk ada AC di rumah, adanya AB "Angin Brobos" kkkk
    , mentok kipasan kak hehe


    WWW YUKGAS ID

    ReplyDelete
  26. Itulah salah satu alasan anakku gak mau pindah ke tangerang, katanya panas. Padahal cengkareng sama tangerang kan beda tipis yaaak. Bisa aja nyari alesannya nih anak. Akhirnya nyiasatinnya emaknya mulai ceki2 AC yg sesuai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cengkareng bukan panas juga yaaak, hehee

      Delete
  27. Di Tuban juga panas mba, daerah pesisir sih. Dan anakku kalau menyalakan AC sampai 16 derajat. Kalau nggak gitu nggak kerasa ademnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah, di sini belum sampai 16 derajat sich, kalaupun 16 derajat itu pasti habis dari luar rumah dan AC nya udah lama enggak dibersihkan.

      Delete
  28. Dulu pas masih tinggal di kontrakan, disediakan AC. Cuma ngga telaten ngurusnya, jadi ya seringan nggak dipake karena freon abis. Sekarang ngga pake AC tapi kipas angin, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, kalau mau pakai aja ya lama-lama freonnya abis. Sepanjang aku pakai, udah hampir 3 tahun, belum pernah isi freon

      Delete
  29. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  30. saya tim yang nggak bisa tidur tanpa AC mba, kalau pakai kipas angin jadinya malah masuk angin dan pusing, terimakasih wahai Allah dan pencipta AC hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, akupun kalau terkena kipas angin langsung pusing

      Delete
  31. Yang paling sering terjadi sih ACnya netes-netes. Sungguh itu mengganggu banget tetesannya karena bikin basah atau malah banjir, huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. basah dan banjirhir yaaak, udah gitu lama-lama AC gak akan berfungsi dengan baik loh

      Delete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Kalau membahas AC judulnya aku banget ini mba. Anakku paling gak bisa banget panas, sudah pakai AC saja masih kegerahan, makanya ditambah kipas angin.

    Kadang suka berfikir, anak aku yang doyan dingin atau AC nya yang salah dan harus ganti. Soalnya PR banget nih kalau harus ganti, kudu nabung dulu.

    Daikin kayaknya bagus ya mba? Review positif nya banyak banget. Cusss recommended ke suami ganti AC, thank you mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah, AC masih ditambah kipas angin? apa enggak satu aja yang dinyalakan Mbak, pengalamanku kalau udah AC dan kipas angin, hawanya jadi kurang enak. Aku pakai AC pakai selimut, kalau anakkupun enggak pakai, seneng malah kalau dingin

      Delete
  34. Aku penyuka udara sejuk dan dinmgin. Sama seperti kedua anakku. Tapi kalau suami malah kurang suka hehehe. Daikin ini AC yang dikenal berkualitas loh, Awet juga asal pemeliharaannya oke. Di sekolah anakku aja pakai AC Daikin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget mbak, suamiku juga kurang suka kalau AC disetel di suhu paling dingin, mentok di angka 26 kalau malam. Bener banget, AC akan awet kalau pemeliharaannya bagus

      Delete
  35. AC harus rutin dibersihkan, oke noted

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, kasihan kalau ACnya gak dibersihkan

      Delete
  36. Bener banget, klo tidur nya nyaman otomatis badan kita pun segar

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, hidup jadi lebih berkualitas y

      Delete
  37. Anak2 kalau g pake ac bisa kepanasan sama ruam --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, jaman dulu banyak anak bayi dan balita terkena biang keringat. Sekarang sudah jarang sepertinya ditemui biang keringat dan ruam gt ya, Cha. Ada mungkin beberapa

      Delete
  38. Jaman haregene ga pake AC nangis .... Pengap ya, bukan hanya panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengap dan panas plus jadi banyak keringet

      Delete
  39. Anak saya kalau tidur mintanya pakai AC. Biasanya saya timer aja 1-2 jam, dan mati sendiri kalau dah tidur. Biar hemat listrik. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, kalau anakku AC dimatiin langsung bangun, gimana dong

      Delete
  40. Ruangan tidur memang paling nyaman buat dipasang AC. Malam memang tetap panas udaranya, apalagi Jakarta, Kalau ada AC, lebih nyaman dan lebih mudah terlelap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, tidur lebih nyaman dan lebih cepat lelap

      Delete
  41. Aku biasanya pakai AC sekitar 2-3 jam aja, itupun kalau siang karena kalo pakai kipas angin malah masuk angin, kalau pake AC kelamaan aku malah bersin-bersin hehehe

    ReplyDelete
  42. aku masih pakai angin jendela
    belum bisa pakai ac beneran
    berat di ongkos hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. angin jendela kalau sepoi sepoin jg nyaman

      Delete
  43. Tipsnya penting nih. Kebetulan lagi mempertimbangkan untuk pasang AC di kamar. Panasnya udah minta ampun euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan tunggu rusak utk diperbaiki, AC membantu juga kalau udara sudah sangat panas Mbak

      Delete
  44. Bener mba, menurut aku memang AC sebaiknya digunakan tidak terlalu lama, nggak bagus juga buat bodi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, aku matiin kalau sudah melewati batas waktu, nanti dinyalakan lagi

      Delete
  45. Samaaaa, ruangan favorit pasti tempat tidur. Nyaman banget kalo kamarnya pake AC jadi sejuk, apalagi pas hawa lagi panas-panasnya ya, enak ngadem di kamar jadinya.

    ReplyDelete
  46. Sekarang mah di rumah juga yang duu kerasa sejuk, udah mulai panas hawanya... kayaknya udah mesti pake bantuan AC juga. Soalnya kalo hawanya panas, jadi sumuk huhuhu

    ReplyDelete
  47. aku jd bayangin pake AC nih, tumben2an ini lagi panas2nya. Cocok buat referensi mbak :)

    ReplyDelete
  48. tetanggaku tuh nyalakan AC nonstop meski ditinggal pergi. Sayang ya kurang hemat listrik. Tagihannya juga jadi wow

    ReplyDelete
  49. Saya belum punya AC hanya kipas angin saja. Meskipun tinggal di daerah lumayan tinggi tapi dekat jalan tol jadi agak panas juga nih. Yang paling nggak nahan panas tuh anak saya mbak, pulang sekolah atau dari bepergian langsung nyalain kipas angin, hehe..

    Ntar deh kalau ada rejeki pengen beli AC :)

    ReplyDelete
  50. Mantep tuh mbak, kalo lagi panas-panasnya, trus tidur dibawah ac, hehehehee

    ReplyDelete
  51. Aku pernah tuh perjalanan lewat Tangerang berhenti di SPBU, ya ampun sebentar merasakan suasan disana kulit rasanya kayak kebakar dan panas banget.
    Belum bisa ngebayangin kalau aku tinggal disana kayak apa. hehehe. Aku gak suka cuaca yang panas mbak, lebih suka sama yang dingin-dingin.

    Jadi kalau hidup disana AC tuh wajib ada ya kayaknya mbak. Haru sering-sering dirawat biar awet terus

    ReplyDelete
  52. Mau ganti AC aku, dulu beli kemakan iklan SPG

    ReplyDelete
  53. Bener-beneeer kalau di jakarta AC tuh ngg berhenti ya mba.. panasnya ngga banget soalnyaaa

    ReplyDelete
  54. anakku baru beli ac Daikin.. sejukkk sangat

    ReplyDelete
  55. Di kantor, ada satu AC yang udah sering bunyi gitu. Ngga nyaman. Fufufu. Daikin bisa dicoba, nih.

    ReplyDelete
  56. Aku pasang AC dikamar tapi bukan Daikin, tapi akhir-akhir ini sudah nggak pernah dinyalakan, karena tagihan listrik jeboll mbak :D
    Pengen pakai Daikin, sepertinya nyaman, tapi harus nabung duluu inii :D

    ReplyDelete
  57. Sayang kami belum punya AC
    Kapan-kapan kalo sudah punya jadi ada ilmu soal AC di sini

    ReplyDelete
  58. Hai mba salam kenal.. saya juga d tangerang mbaa d serpong.. ya allah mbaa panasnya kalau tampa ac.. baju basah semua.. thanks ya tipsnya sangat berguna.. kamar tdr emang harus dbuat nyaman senyaman nyamannya ya

    ReplyDelete
  59. Semoga gak lupa dengan lomba blog AC yang ini. Cateeeet!

    ReplyDelete
  60. Kamar depan dingin banget mbak sekarang..jadi udah nggak pernah pakai AC
    Tapi emang kalau pas pulang kerja, terus ngadembdi kamar ber AC itu surga banget..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi dari luar yang panasnya huampun banget y

      Delete
  61. kalo di malang, sekalipun gak sedingin dulu, hawanya masih lumayan gak terlalu panas jadi belum diperlukan pasang AC. Tapi jadi kepikiran buat masang AC di rumah ortu di Jombang atau di rumah bumer di pantura jawa yang panasnya kebangeeetann

    ReplyDelete
  62. Memang sudah terpercaya ya merk Daikin ini, banyak yang pakai juga di mall2 kalau aku lihat

    ReplyDelete
  63. tinggal di sini gak pakai AC rasanya bisa keringetan trus ya

    ReplyDelete
  64. tidur jadi nyenyak kalau pakai AC jadi ga gampang bangun anak-anak

    ReplyDelete
  65. yang penting rajin bersihin jadi awet ACnya

    ReplyDelete
  66. kalau sudah kotor banget panggil tukang service AC deh

    ReplyDelete
  67. Rumahku belum pasang AC cukup kipas angin mak, pengen sih tapi takut rekening listrik melonjak.

    ReplyDelete
  68. AC sudah bukan barang mewah lagi. Memang lebih baik pilih yang hemat daya dan awet, misalnya Daikin. Btw, saya terdistraksi sama warna dinding kamarnya. Si cantik seleranya sama dengan saya. Goodluck ya mbak.

    ReplyDelete
  69. wah pas banget nij mbak astin, aku lg nyari rekomendasi ac, kebetulan mau pasang dirumah cibinong, pas googling keluar ini. makasih ya tips dan triknya jg

    ReplyDelete
  70. Aku rutin bersihin AC satu bulan sekali MBa. Klo gak gitu, AC jadi gak berasa dinginnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…