Skip to main content

#CelebrateExtraOrdinary Kampanye Anmum Memperingati Pekan ASI Sedunia

Menjadi seorang istri adalah siap untuk diberikan kesempatan menjadi ibu hamil dan ibu menyusui. Tidak ada kata "enggan", tidak ada pengajuan "hari libur", tidak ada kompensasi apapun. Semuanya dijalani dengan ikhlas, dijalani dengan bahagia meskipun terkadang ada gejolak emosi yang wajar dan umum dihadapi oleh siapapun. Satu hal yang diperlukan oleh ibu hamil dan ibu menyusui adalah dukungan. Dukungan yang paling utama dari suami tercinta, dari orangtua dan dari mertua serta dari keluarga serta dari lingkungan.

Senin, 1 Agustus 2017 aku dan teman-teman blogger siap untuk mendukung dan membagikan informasi yang penting untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Semua ibu, baik yang hamil dan menyusui maupun yang belum mendapatkan kesempatannya, sangat perlu informasi yang berkaitan dengan kehamilan dan menyusui.

Bertempat di Hotel Raffles Kuningan, Jakarta Selatan ikut memeriahkan Hari Pekan ASI Sedunia,, Anmum meluncurkan kampanye #CelebrateTheExtraordinary untuk memberdayakan dan menginspirasi para ibu dan sistem pendukungnya melalui pengetahuan dan perhatian yang tepat sejak masa kehamilan hingga menyusui.


Venue acara bertaburan warna lilac yang sangat cantik dan didesign ramah ibu menyusui dan ibu membawa anak. Ada nursery rooms yang nyaman sekali untuk digunakan ibu untuk menyusui bayinya. Kemudian ada playmate untuk anak-anak balita supaya mereka senang dan riang diajak ibunya menjemput ilmu untuk dibagikan di blognya masing-masing.



Ada mainan yang membuat anak-anak betah bermain di playmate

Noorsery rooms

Kebetulan aku datang sendiri, anak pertamaku (7 tahun10 bulan) sekolah sampai siang. Adiknya (2 tahun 11 bulan) sedang senang-senangnya mengeksplorasi lingkungannya. Biarlah dia bermain bersama teman-temannya di lingkungan rumah bersama teman-temannya. Mereka berdua adalah anak-anak hebat dan kooperatif selama berada di dalam kandunganku. Saat mereka berada di dalam kandunganku, kaki mereka sering menendangku dan saat aku menyantap makanan atau hanya meminum 1 gelas susu Anmum rasa cokelat dingin, mereka akan tenang. Yup, pengalaman 2 kali hamil, tidak ada permasalahan yang berarti untukku. Hanya sering lapar, cepat lelah dan perubahan bentuk badan serta emosi terkadang berubah-ubah.

Studi Pentingnya Dukungan untuk Ibu Hamil dan Menyusui


Rohini Behl, Marketing Technical Advisor, Fonterra Brands Indonesia berkata, "Menjadi ibu adalah salah satu transisi luar biasa dalam kehidupan seorang wanita. Anmum berkomitmen terhadap kesehatan dan kesejahteraan perjalanan yang luar biasa. Oleh karena itu penting bagi para ibu untuk mendapat dukungan penuh dari anggota dan teman mereka selama perjalanan tersebut.

Fonterra dan Anmum menyelenggarakan sebuah studi yang bertujuan untuk lebih memahami tantangan yang dialami para ibu selama kehamilan mereka serta selama beberapa minggu dan bulan pertama menyusui. Hasil studi tersebut mengungkapkan kecenderungan bahwa jika ibu tidak didukung dengan pengetahuan dan pemahaman yang memadai tentang kesehatan dan nutrisi ibu hamil dan menyusi dari sistem pendukung sosial mereka, kesehatan dan kesejahteraan mereka dapat terkena dampaknya.

Sangat penting seorang calon ibu hamil, ibu hamil dan ibu menyusui mendapatkan pengetahuan dan pemahaman sebelum menjalani masa itu. Diharapkan, melalui kampanye Anmum #CelebrateTheExtraordinary, yang bertepatan dengan Pekan ASI Sedunia para ibu di seluruh dunia semakin paham dan terinspirasi untuk memberikan hak bayi mendapatkan nutrisi yang tepat selama dalam kandungan dan menyusui.

Bentuk Dukungan untuk Ibu Hamil dan Menyusui


Aku merasakan sekali, betapa dukungan itu sangat penting. Baik dukungan dari media, dari keluarga maupun dari lingkungan. Menjadi ibu baru pada tahun 2009, aku merasa tidak bisa melalukan apapun. Aku agak gagap dan belum mendapatkan pengetahuan bagaimana memberikan ASI yang baik untuk bayiku. Suami, orangtuaku dan mertuaku hanya mengetahui bahwa memberikan ASI adalah hal yang wajar dan memang harus diberikan. Namun mereka tidak memberikan how to do dan ini sebaiknya begini. Buku yang kubeli jauh-jauh hari sebelum melahirkanpun kurang cukup membantu. Jaringan internet pada masa itu kurang sekali mendukung untuk ibu baru sepertiku, mencari tahu. 

Dr. dr.  Ali Sungkar SpOG (K), Ketua Perkumpulan Perinatologi Indonesia (PERINASIA) menjelaskan "Selama kehamilan dan menyusui, para ibu mengalami perubahan dan tantangan fisik dan psikologis. Mereka membutuhkan dukungan dari lingkungan sosialnya dan nutrisi yang tepat. Hal tersebut merupakan aspek penting yang akan mempengaruhi kesehatan ibu supaya nantinya dapat merawat anak dan keluarganya."

1000 hari pertama kehidupan adalah salah satu pondasi penting bagi masa depan anak. Dihitung sejak anak berada di dalam kandungan ibu sekitar 280 hari. Para ibu harus mendapatkan dukungan pemberian nutrisi yang baik untuk kehamilannya. Asupan makanan sehat dan bergizi tentu menjadi pilihan untuk memberikan asupan nutrisi yang baik juga kepada anak yang sedang dikandungnya. Salah satu asupan yang baik adalah asam folat. Folat penting untuk ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

Pentingnya Asam Folat untuk Ibu Hamil


Asam folat banyak tersedia pada makanan dan sayuran. Apabila ibu hamil kurang mengkonsumsi asam folat dari makanan, bisa ditambah dari asam folat berbentuk vitamin maupun susu ibu hamil. Contoh asupan makanan yang mengandung folat adalah pisang, pepaya, brokoli, bayam, kacang-kacangan. Ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya ke bidan atau dokter, akan diberi asam folat atau vitamin B9. 

Alhamdulillah dua kali menjadi hamil, aku selalu memeriksakan diri ke bidan dan dokter. Tujuannya supaya mengetahui perkembangan kehamilan dan memastikan tubuh mendapatkan asupan yang tepat. Perlu juga loh untuk melakukan kontrol berat badan, apakah sudah sesuai dengan indikator berat badan selama kehamilan atau belum. Pengalamanku hamil, aku selalu menambah asupan energi dan asam folat dalam bentuk susu hamil. Susu hamil ini sebagai pendukung yang sebaiknya dikonsumsi 2 gelas per-hari. Tapi, aku pernah nich, mengkonsumsi susu hamil sampai 5 gelas per-hari. Apalagi memasuki trimester terakhir yang bawaannya laper terus. Menurut dokter kandunganku sich tidak menjadi masalah, asal asupan dari makanan juga tetap masuk dan berat badannya tidak melebihi indikator tahapan usia kehamilannya.

Dukungan kepada Ibu Hamil


Dukungan kepada ibu hamil baik pada trimester pertama maupun trimester terakhir harus benar-benar diperhatikan. Contohnya saat ibu hamil mengalami mual di trimester awal. Lingkungan terdekat adalah suami, harus memahami kondisi ibu hamil yang sering merasa mual, pusing, lemas dan emosi. Pihak tempat bekerja, apabila ibu hamil tersebut bekerja, juga harus diberikan informasi tentang kehamilan karyawan tersebut. Tujuannya supaya ibu hamil pada trimester pertama diberikan sedikit kelonggaran untuk mengatasi rasa mual dan pusingnya. Begitu pula, untuk ibu hamil di trimester ketiga, saat ibu hamil sedang membawa beban berat dan persiapan melahirkan. 

Ada banyak sekali perubahan yang dialami oleh ibu hamil. Mulai dari perubahan fisik, emosi dan psikologi. Dari segi fisik perubahannya sangat terlihat, emosi juga kadang dapat terlihat namun untuk psikologis, kadang ibu hamil merasa lebih baik menyimpan perasaannya sendiri. Aku mengalami keadaan tersebut pada kehamilan ke-dua. Ada rasa ketakutan menunggu proses kelahiran anak ke-duaku. Perasaan yang tidak menentu, perasaan khawatir, perasaan yang tidak dapat dikendalikan tersebut membuat aku harus membagi dengan suami dan teman-teman. Alhamdulillah, semuanya dapat diatasi dan berkat pertolongan dan lindungan dari Allah, aku selalu berdoa dan berdzikir.

Tantangan selanjutnya untuk extraordinary mom adalah menyusui. Halo para ibu muda, ibu yang sedang mempersiapkan kehamilannya, ibu yang sedang menunggu persalinan buah hatinya yang tercinta. Aku dengan segenap rasa sayang dan peduli. Cari dan minta informasilah mengenai breasfedding secara lengkap kepada bidan, suster ataupun dokter. Apa itu menyusui, apa tujuan menyusui, bagaimana cara menyusui yang baik dan benar, kapan waktunya menyusui, siapa saja yang dapat membantu ibu menyusui. Carilah informasi dan pemahanan secara detail dan langsung aplikasikan saat ibu sedang menyusui.

ASI adalah sebaik-baiknya asupan nutrisi yang baik untuk bayi baru lahir. ASI adalah hak setiap bayi yang dilahirkan. ASI penting untuk imunitas bayi serta mengurangi resiko penyakit untuk bayi, mengurangi resiko penyakit untuk ibu menyusui dan untuk lingkungan juga. Pengalamanku melahirkan anak pertama sangat menyedihkan. Aku harus berhenti menyusui karena mengkonsumsi obat jenis antibiotika keras untuk mengurangi peradangan di payudaraku. Semua adalah pengalaman yang seharusnya dijadikan pelajaran. Teruslah mencari informasi sampai detail kepada yang ahli di bidangnya.

Dukungan kepada Ibu Menyusui


Suami adalah orang terdekat dengan ibu menyusui. Berikanlah semangat dan bantulah ibu menyusui untuk menyusui. Cara termudah adalah, berikanlah pijatan punggung, bergantian menggendong atau menenangkan bayi apabila sedang rewel, karena pada hari-hari pertama bayi lahir, butuh 2 jam sekali untuk menyusui dan memerah ASI.

Ambil alih tugas rumah tangga, supaya ibu menyusui leluasa menyusui atau memerah ASI dengan tenang. Siapkan makanan yang membuat ASI lancar, seperti daun katuk, daun pepaya atau jenis makanan lainnya yang diketahui dapat memperlancar ASI.

Carilah informasi pentingnya menyusui, pentingnya ASI untuk bayi. Berkumpulan dengan ibu-ibu yang memberikan ASI untuk anaknya. Ibu menyusui membutuhkan energi dan asupan makanan lebih banyak dari ibu biasa. Menjadi gendut tidak masalah, yang terpenting ibu memberikan ASI kepada bayi. Asupan makanan, istirahat, pikiran yang tenang adalah beberapa faktor yang mempengaruhi lancarnya ASI.

Media, Rumah Sakit, kantor, tempat umum adalah lingkungan yang sebaiknya juga perlu mendukung kesuksesan ibu menyusui. Media diharapkan mendukung kesuksesan ibu menyusui, Rumah sakit juga sebaiknya memberikan panduan ibu menyusui dan memberikan rawat bersama untuk ibu dan bayinya supaya lebih mudah menyusui. Kantor memberikan hak cuti karyawan untuk menyusui bayinya serta memberikan ruang untuk memerah ASI. Tempat umum seperti mall menyediakan ruang laktasi atau nursery rooms.  

"Pentingnya sistem pendukung sosial yang sehat selama masa kehamilan dan menyusui tidak boleh diremehkan. Stabilitas sosial dan partisipasi sosial dapat memberikan dukungan emosional yang berperan untuk mengurangi dampak stres kehidupan dan tantangan sehari-hari para ibu," lanjut Dr.dr. Ali menutup presentasinya.

#CelebrateTheExraOrdinary Kampanye Anmum Bersama Pejuang ASI


Hadir para pejuang ASI yang sangat menginspirasi para ibu dan teman-teman blogger yang datang untuk memeriahkan Pekan ASI Sedunia. Andriani Ganeshwari, Corporate Comunications Manager FBI. Cynthia Lamusu, penyanyi, aktris, public figure- ibu dari Tatjana dan Bima. Maria Leonnyta Sastra Wijaya, ibu Pejuang ASI.

Kiri ke Kanan : Mbak Andriani, Cynthia, Maria, Inez dan Inge

Andriani dari Fonterra Brands Indonesia mengatakan pihaknya sangat memahami dan mengerti perjuangan ibu-ibu hamil dan menyusui. Kondisi ibu hamil sangat rentan akan mallnutrisi selama kehamilan. Perubahan bentuk tubuh dan emosi serta faktor psikologisnya. 

Setiap ibu hamil membutuhkan dukungan yang konsisten dan dapat diandalkan, baik dari aspek nutrisi maupun sosial, untuk melalui perjalanan kehamilan mulai minggu pertama hingga saat menyusui.

Ibu hamil membutuhkan makanan yang mengandung asam folat, makanan yang bergizi dan tambahan vitamin serta banyak sekali mineral untuk perkembangan fungsi organ bayi yang sedang dikandungnya. Ibu hamil juga perlu mengkonsumsi susu hamil untuk menambah energi dan nutrisi yang penting untuk kehamilannya.

Pengalamanku Mengkonsumsi Susu Hamil


Terkadang ada ibu yang malah tidak suka minum susu maupun menambah makanan yang penting selama kehamilan. Pengalamanku mengkonsumsi susu hamil selama 2 kali kehamilan, semua rasa aku suka. Aku mengkonsumsi 2-3 gelas Anmum rasa cokelat setiap harinya. Penyajiannya kadang menggunakan air hangat, kadang air biasa dan lebih enaknya lagi, aku menyajikan susu hamil Anmum dengan air dingin atau batu es. Tentunya air dingin dan esnya tidak berlebih ya.

Foto pribadi saat aku mengkonsumsi Anmum.

Rasa cokelat aku pilih karena lebih diterima di mulut dan perutku. Pernah sich mengkonsumsi yang lain, tapi menurutku lebih cocok rasa cokelat. Tambah senangnya lagi, Anmum saat ini mengeluarkan varian rasa cokelat yang baru yang tidak membuat enek untuk ibu hamil yang mengkonsumsinya.

Kembali pada pembahasan studi Fonterra Brands Indonesia yang mengungkapkan kecenderungan bahwa jika ibu tidak didukung dengan pengetahuan dan pemahanan yang memadai tentang kesehatan dan nutrisi ibu hamil dan menyusui dari sistem pendukung sosial mereka, kesehatan dan kesejahteraan mereka dapat terkena dampaknya.

Pengasuhan anak bukan hanya motherhood saja, melainkan peran penting bapaknya atau disebut parenthood. Bapak dan ibu memiliki peran dalam pengasuhan anak, karena anak pada dasarnya juga harus mendapatkan kasih sayang dan perhatian dari bapak, bukan hanya ibu. Ibu juga perlu dukungan dari suaminya, sewaktu hamil dan menyusui.  

Anmum Indonesia melalui media sosial yang dimilikinya, memberikan pengetahuan dan sharing ilmu yang positif untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang benar untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Berikut media sosial yang dimiliki oleh Anmum.
  • Facebook : AnmumIndonesia
  • Instagram : Anmum_Indonesia
  • Website : www. anmum.com/id

Perjuangan Cynthia Mengantarkan ASIP untuk Ke-dua Anaknya


Cyntia Lamusu ditemani oleh sang suami Surya Saputra hadir pada kampanye #CelebrateTheExtraOrdinary hari itu. Cyntia dan Surya Saputra dikarunia buah hatinya melalui progrram IVF dengan segala perjuangan yang harus dilalui sampai akhirnya lahirlah Tatjana dan Bima. Anak kembar mereka lahir prematur dan ujian kembali diterima oleh mereka. Bayi mereka harus menginap di NICU selama beberapa minggu. Berpisah dari ke-dua buah hatinya, Cynthia tetap memberikan ASI-nya. Meskipun tidak secara langsung, Cynthia memberikan melalui ASIP.

Foto by Atanasia Rian

Ada rasa yang tidak biasa, memberikan ASI tidak secara langsung, namun semuanya harus dijalani dengan ikhlas. Berapapun ASI yang dapat diperah, semua untuk kebaikan anak-anaknya. Dituturkan oleh Surya Saputra, Cynthia pernah melakukan hal yang membuat dia marah. Suatu hari di waktu hujan, saat Surya sedang berada di lokasi syuting, Cynthia nekat membawa ASIP untuk ke-dua anaknya. Semua ibu pasti pernah melakukan hal yang luar biasa untuk anak-anaknya, salut dengan Cynthia yang memberikan waktunya hingga cuti beberapa bulan untuk mengurus ke-dua buah hatinya.

Chyntia berkomitmen untuk memberikan ASI Ekslusive kepada Tatjana dan Bima. Khawatir ASI-nya tidak mencukupi meskipun sudah mengkonsumsi nutrisi yang tepat dan bagus, Cynthia mempercayakan seorang ibu untuk menjadi donor ASI buat anak-anaknya. Bagaimana dengan Surya Saputra? dia adalah bapak siaga yang memberikan dukungan kepada Cynthia untuk tetap memberikan ASI-nya. Pijatan di punggung Cynthia sudah terbukti membuat ASI lancar.

Maria Leonnyta Sastra Wijaya, seorang ibu ASI yang memiliki ASI melimpah di dalam lemari es-nya memberikan ceritanya kepada teman-teman blogger. Orangtua dan lingkungannya sangat mendukung untuk Maria memberikan ASI secara ekslusive kepada anaknya. Tidak hanya itu saja, ASI-nya sangat banyak dan sampai memenuhi isi lemari es-nya.

Komitmen Maria juga yang membuat ASI-nya bisa banyak. Setiap 2 jam sekali, paling tidak ASI-nya harus keluar baik itu disusui langsung maupun diperah. Mau tidak mau, harus dilakukan, karena apabila stimulasi pada payurada lebih sering/ disusui atau dipompa, makan ASI akan semakin banyak.

Ines Yumahana Gulardi, Msc, Senior Nutrition Manager, Fonterra Brands Indonesia menjelaskan, "Tahapan pertama kehidupan seorang anak yang meliputi perkembangan janin di rahim dan masa menyusui sangat krusial dan nutrisi ibu sangat penting selama periode ini."

Ibu hamil yang mengkonsumsi nutrisi dengan baik, tubuhnya dapat memenuhi kebutuhan sendiri dan juga kebutuhan anaknya. Ibu hamil tetap harus memperhatikan asupan nutrisinya apalagi jika ibu hamil tersebut mengalami mual dan muntah. Perlu asupan selain makanan, contohnya Anmum Materna yang memberikan dukungan perhatian dan nutrisi khusus untuk kesehatan ibu hamil.

Anmum Materna menyediakan nutrisi makro dan mikro dengan Gangliosida (GA) dan DHA. Rasa baru Anmum Materna Chocholate memiliki rasa yang lebih disukai. Menurut sebuah survei, 8 dari 10 ibu hamil menyukai rasa baru Anmum Chocolate.

Mbak Ines juga menjawab pertanyaan dari salah seorang blogger, mengkonsumsi susu ibu hamil boleh dilakukan sebelum masa kehamilan. Paling tidak 3 bulan sebelum merencanakan kehamilan. Pengalamanku juga demikian, aku mengkonsumsi susu hamil 1 bulan sebelum aku dinyatakan hamil. Itu berarti, sebelum wanita hamil, sebaiknya mempersiapkan tubuh dengan memperbanyak nutrisi dan makanan sehat, supaya saat dinyatakan hamil, tubuhnya sehat dan siap dalam masa kehamilan.

Masa menyusui, dibutuhkan tambahan nutrisi 500 kilo kalori, karena ibu menyusui sering merasa lapar. Perhatikan asupan makanan dan tambahan nutrisi yang bisa didapat dari Anmum Lacta. Sama seperti Anmum Materna yang mengandung DHA dan GA. Asupan DHA paling tinggi dijumpai pada wanita Jepang. Mengapa? karena wanita jepang banyak mengkonsumsi ikan, yang terbukti memiliki mengandung banyak DHA.

Pertanyaan dari teman-teman blogger, aku rangkum di sini ya;
  1. Ibu hamil dan ibu menyusui membutuhkan banyak energi, Anmum Materna dan Anmum Lacta mengandung vitamin B1.
  2. Asam folat dikonsumsi sebaiknya 3 bulan sebelum merencanakan kelahiran. Bisa juga dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung folat.
  3. Ibu menyusui yang dinyatakan hamil lagi, masih diperbolehkan memberikan ASI. Lama kelamaan ASI-nya akan berkurang dan si anak yang menyusu lama kelamaan akan mengurangi intensitas menyusu dan beralih lebih banyak pada MPASI.
  4. Cyntia Lamusu menjawan pertanyaan dari teman blogger, bagaimana pengalamannya memberikan ASI kepada anaknya. Jawabannya, meskipun sedikit, yang terpenting adalah manfaatnya untuk anak-anak. Dia merasa lebih semangat karena dukungan dari suami tercinta.
  5. Maria- Pejuang ASI mengatakan selama rajin menyusui, dijamin ASI akan lancar.
  6. Komposisi ASI yang diberikan langsung maupun menggunakan botol, kualitasnya sama. Sebaiknya menyusui langsung karena terjadi bonding antara ibu dan anak.
Kesimpulan dari Mbak Ines adalah perkembangan otak dimulai sejak awal kandungan, kekurangan nutrisi folat apda pertumbuhan otak di awal dapat menyebabkan cacat tabung syaraf. Salah satu sumber folat selain dari makanan, terdapat di dalam susu ibu hami dan susu ibu menyusui. 
10 blogger diminta naik ke panggung untuk mencoba Anmum Materna rasa chocolate baru yang lebih disukai oleh 8 dari 10 wanita hamil. Duh aku seneng sekali, karena dua kali hamil, susu rasa cokelat dari Anmum yang aku konsumsi. Saat mencicipi segelas susu Anmum Materna tersebut, bayangan 2 kali hamil datang melambai dan kukatakan rasanya enak sekali. 

Blogger mencicipi rasa baru dari Anmum Materna. Doc MoM

Sebelum mencoba rasa baru Anmum Materna

Di penghujung acara, Rohini Behl memberikan buket bunga dan tropi kepada Maria dan Cynthia Lamusu sebagai pejuang ASI.  Bersama-sama para pejuang ASI lainnya, cheers untuk rasa baru dari Anmum Materna. Yeeeay, Alhamdulillah semarak sekali para blogger menutup acara dengan foto bersama dan berkomitmen untuk membagikan hal baik di media sosial miliknya.

Bersama Ibu Muda yang sedang hamil anak ke-4 nya. Sehat terus ya bumudmil

Comments

  1. Seru banget acara celebrate the extraordinary. Ngerasain banget waktu hamil dan sekarang menyusui kurang di dukung dengan lingkungan sekitar. Jadi aku harus menggali sendiri. Untungnya suami sangat kooperatif atas apa yang aku pinta. Minum susu hamil penting meskipun kadang kurang enak rasanya.

    ReplyDelete
  2. asyik ya acaranya, jadi inget jaamn hamil dua anakku. dulu lbih banyak belajar sendiri dari buku, belum ada internet

    ReplyDelete
  3. Anmum rasa baru kayak ice cream ya mba... Aku suka manisnnya dan ga terlalu kental atau encer.. Ga eneg pula...

    ReplyDelete
  4. Hihihi dipanggil bumudmil, terdengar unik :D mksh doanya mba astiiiiin

    ReplyDelete
  5. Nah pertanyaan-pertanyaan yang terlontar itu sering ditanyakan perempuan pada umumnya, semoga tulisan ini viral mba, biar bumil dan busui di luar sana bisa menyerap ilmunya dari sini :)

    ReplyDelete
  6. Mau banget hamil kayak Mbak Astin, nggak banyak kendala dan drama. Semoga nanti aku pas hamil lagi lancar-lancar semuanya, amiiinn.

    ReplyDelete
  7. Doyan banget dikau tampaknya sama susu hamil smp 5 gelas mbak. Hihi.. Alhamdulillah yaa tyap kehamilan lancar semuaa

    ReplyDelete
  8. Anugerah setiap lahiran lancar,apalagi doyan susu sehat

    ReplyDelete
  9. Susunya enak... yang anmun lacta pas banget nih karena masih menyusui, kandungan DHA nya penting banget buat baby..

    ReplyDelete
  10. aku salut dengan mbak Maria yg konsisten memerah ASI smp bisa penuh isi kulkasnya, sama pasangan Surya dan Cynthia bener-bener kompak mengurus si kembar :)

    ReplyDelete
  11. Setelah ikut acara Anmum kemarin aku jadi banyak tahu peruhal hamil dan menyusui, bagaimanapun dengar langsung dari dokter dibidangnya lebih puas dibanding cuma kata si anu kata si ini ya maak..

    ReplyDelete
  12. Menurutku acara kemarin itu spesial banget. Mood booster juga buat ibu menyusui kaya aku. Pulang2 langsung menghasilkan 300ml ASI hehehe

    ReplyDelete
  13. hai mak..
    malu2 aku mampir ke mari, smoga msh dibukain pintu.. hihiii

    ReplyDelete
  14. itu kok aku fokus sama foto terakhirnya yaa.. hehehe

    ReplyDelete
  15. Wah banyak ilmu yang didapet ya kebetulan aku juga konsumsi susu Anmum soalnya direkomendasikan dokter juga.. sebelum hamil juga sudah minum susu hamil hehehe...

    ReplyDelete
  16. Saya juga mengonsumsi Anmum saat hamil, rasanya enak dan ga bikin eneg :)

    ReplyDelete
  17. Anmum memang enak......tidak eneg juga, banyak manfaat pula

    ReplyDelete
  18. Sebagai calon istri dan ibu ini post manfaat banget mbak, penting banget ya selama hamil menjaga nutrisi (mood juga katanya).

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…