25 Oct 2017

Pertumbuhan Gigi Lebih Sempurna Menggunakan Dot Baby Huki Halal



Pengetahuan seorang ibu tidak pernah berhenti sampai kapanpun. Aku adalah ibu dari dua orang anak, Faiz (7 tahun) dan Zhafira (3 tahun). Dua anak saya mengalami yang namanya menyusu menggunakan dot dan menggunakan empeng bayi. Sebagai seorang ibu menyusui dan bekerja pada waktu itu, memilih menyajikan ASIP dengan menggunakan dot bayi. Selain itu, Faiz dan Fira juga menggunakan empeng bayi untuk menenangkan mulut mereka yang selalu ingin mengenyot.

Pengalaman Menggunakan Dot Bayi


Pertama belanja botol, dot dan empeng, saya tidak pernah memikirkan bahwa akan ada banyak hal yang terjadi akibat penggunaan produk-produk tersebut. Aku tidak pernah memikirkan apakah bayiku akan sering tersedak, apakah bayiku akan bingung puting atau apakah kelak pertumbuhan gigi bayiku baik atau tidak. Sebagai ibu baru, aku hanya mengantongi pengetahuan kalau bayi sedang menyusu menggunakan dot, tidak boleh terlalu berdiri botolnya, agak miring gitu, seperti posisi menyusi menggunakan payudara.

Tersedak pada bayiku, ada dan terkadang sampai gumoh dan muntah. Buat ibu baru, pasti hal tersebut membuat panik dan bingung. Aku tidak tahu, bentuk dot apakah mempengaruhi bayi tersedak atau tidak sewaktu menyusu menggunakan dot. Di pasaran ada dua jenis dot dan empeng, tapi aku tidak mau coba-coba untuk anakku. Aku hanya membeli satu jenis dot dan empeng dan tidak mencoba menggunakan merk dagang lainnya.

Ada beberapa resiko yang dapat terjadi dari penggunaan dot dan empeng pada bayi baru lahir, yaitu;
  1. Bingung puting
  2. Saat menyusu menggunakan dot, dapat mengalami resiko tersedak
  3. Bayi lebih menyukai menyusu menggunakan dot daripada menyusu langsung
  4. Pertumbuhan gigi yang kurang sempurna, ada yang bilang giginya akan lebih ke depan
Aku dan bayiku mengalami beberapa dari resiko di atas. Bayi akan bingung putih, jelas wajar karena waktu itu aku menggunakan dot bayi yang bentuknya tidak menyerupai puting. Saat kutinggal bekerja, bayiku menyusu menggunakan dot bayi, di mana bayiku tidak melakukan banyak gerakan mengenyot. Jadi, saat menyusu langsung, bayiku agak ogah-ogahan. Duh, sedih banget dech.

Bayiku lebih menyukai menyusu menggunakan dot, jadi dia tidak perlu melakukan usaha ekstra untuk megeluarkan air susu. Resiko tersedak, memang jarang dialami karena aku sudah memberitahu pengasuh untuk memberikan botol bayi dengan posisi yang benar.

Nah, untuk pertumbuhan giginya nich yang aku sudah agak melihat memang agak ke depan. Akhirnya aku menghentikan penggunaan dot dan empeng pada Faiz saat berusia 1 tahun. Hari ini, tantangan lebih berat diberikan oleh anak ke-duaku, Zhafira yang sampai usianya 3 tahun ini, belum mau lepas dari dot dan botol susunya. Aku sedih. Zhafira masih belum mau melepaskan dot dan botol untuk menyusu susu.

Teman-teman pasti tahu ya, penggunaan dot terlalu lama untuk pertumbuhan gigi yang sempurna pasti tidak baik. Belum lagi, cara untuk mencuci dot yang digunakan untuk meminum susu, tentu sering muncul kerak putih atau yang dikenal dengan jamur. Meskipun sudah mencuci dengan baik dan benar. Tetap saja, penggunaan dot hanya beberapa bulan saja. 

Dot Tepat untuk Pertumbuhan Gigi Sempurna

Sejauh ini aku belum berkonsultasi dengan dokter anak, bahwa Zhafira masih menyusu menggunakan dot. Beberapa kali aku coba untuk ngobrol dengan Zhafira, tapi namanya anaknya belum mau, akupun tidak memaksakan untuk menghentikannya. Cerita dari neneknya, Abi dan aunty-nya juga sampai usia lebih dari 3 tahun masih menggunakan dot dan botol untuk menyusu. Hiks.


Sampai akhirnya aku senang sekali menerima hampers dari produk Baby Huki Halal, satu-satunya botol, dot dan empeng yang telah memiliki sertifikat Halal dari MUI. Waah, aku jadi lebih tenang memberikan dot dan botol Baby Huki kepada Zhafira. 


Dot Baby Huki Halal berbentuk Orthodontihc yang artinya memiliki bentuk dan cara kerja yang mirip payudara ibu. Maksudnya gini nich, Air susu akan keluar dari lubang dot di bagian samping atas yang menempel di langit-langit mulut bayi. Sehingga bercampur dengan ludah (yang mengandung zat anti bakteri) sebelum ditelan. 




Loh kok lubangnya berada di samping atas? yup, lubang yang berada di samping atas pada dot orthodontic berfungsi untuk mencegah terjadinya kebiasaan bayi menelan sambil mendorong lidah ke depan, dan dapat merangsang dan menunjang pertumbuhan rahang dan gusi bayi sehingga gigi tumbuh sempurna.

Perbedaan dot orthodontihc dengan dot biasa terletak pada, dot biasa harus ditahan dengan mendorong lidah ke depan waktu menelan, agar bayi tidak tersedak. Gerakan tersebut bila terjadi pada waktu lama, dapat beresiko malposisi pada pertumbuhan gigi (gigi tumbuh ke dapan, tonggos, rahang maju dan masalah gigi lainnya).

Jadi ibu-ibu muda yang baru akan berbelanja kebutuhan dan perlengkapan bayi baru lahir. Sebaiknya memperhatikan apa yang akan dibeli ya, terutama pemilihan botol, dot dan empeng bayi. Produk Baby Huki untuk nursing sudah Halal. Jadi, ibu tenang, pertumbuhan gigi bayi juga akan lebih baik dan sempurna.

Botol Baby Huki Halal Berbahan PP BPA Free

Pasti ibu-ibu muda lainnya juga memikirkan ya, apakah botol tersebut aman? food grade atau lain-lainnya. Sama seperti aku dulu, menemukan tulisan food grade dan nyaman di kantong. Dulu aku kurang paham sebenarnya bahan yang aman untuk produk bayi itu yang seperti apa sich?.

Botol susu PP BPA Free dengan dot silicone orthodontihc. Botolnya terbuat dari bahan Polyprophilane yang disebut BPA Free. BPA Free ini berfungsi bebas dari bahan Bisphanol A, di mana zat ini, apabila dikonsumsi berulang-ulang akan mengakibatkan kanker.



Zhafira suka banget botol Baby Huki Halal yang berwarna pink bergambar perlengkapan bayi perempuan berukuran 250 ml, ini menjadi botol favoritnya banget dech. Botol satunya lagi berwarna biru berukuran 140 ml bergambar bayi laki-laki lucu.  Pada saat memegang botol susunya, pas gitu ditangan, enggak licin dan enggak mudah jatuh. Apalagi tutup botolnya, akupun suka banget, tutupnya ada uliran untuk membukanya, jadi sewaktu tangan licin, jadi lebih mudah membuka tutup botolnya.

Breast Pump dan Breast Pad Baby Huki

Aku jadi tenang meskipun Zhafira sampai hari ini masih menyusu menggunakan botol. Pertumbuhan giginya semoga lebih baik, karena terbantu dengan dot Baby Huki Halal yang berbentuk orthodontic dan telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Perlengkapan Baby Nursing dari Baby Huki selain botol, empeng dan dot yang halal, juga ada Breast Pump dan Breast Pad dari Huki. Pokoknya paket lengkap sekali untuk membantu ibu-ibu muda maupun ibu-ibu menyusu yang telah berpengalaman.
Breast Pads Baby Huki

Breast Pump Huki yang tersedia adalah Breast Pump Manual yang berwarna biru. Design-nya ergonomis dan nyaman sekali untuk digunakan. Dirancang menggunakan silikon untuk melindungi payudara untuk menstimulasi ASI keluar lebih banyak tanpa mengeluarkan tekanan yang kuat.

Hisapan breast pump Huki menyerupai pola hisapan bayi. Jadi, ibu tidak perlu khawatir kesakitan ya. Produknya dapat ditemukan di berbagai toko online maupun offline. Aku sempat melihat produk-produknya, karena sebentar lagi ada dua saudaraku yang akan melahirkan. Jadi, cocok banget untuk kado melahirkan yak.

Pasangan dari breast pump adalah breast pad. Huki memiliki breast padnya juga. Ada kemasan traveling (travel pack) yang berisi 12 pcs disposable nursing pads. Bentuknya 3D side gather, dirancang mengikuti bentuk payudara sehingga nyaman saat dipakai.

Double Adhesive yang akan mencegah nursing pad bergeser dari posisinya. Enggak mau kan, breast pad bergeser-geser dan membuat tidak nyaman saat menggunakannya. Lapisan dalamnya mudah menyerap cairan dan sangat lembut. Lapisan tengahnya mengandung bahan yang menyerap ASI dan menahan cairan tetap di dalam breast pad. Terakhir ada breathable waterproff sheet yang merupakan lapisan unik untuk menjaga kulit tetap bernafas, tidak menimbulkan kelembaban dan menjaga pakaian tetap kering.

Ibu bahagia menghasilkan bayi dan anak-anak yang berbahagia. Menyusui adalah kebahagian bagi ibu dan anak. Anak menyusu dengan baik dan menggunakan bahan yang halal, ibu tenang bekerja dan melepaskan anak menyusu menggunakan botol dan dot Baby Huki Halal serta percaya diri mengunakan breast pump dan breast pad.

Semoga ibu-ibu menyusu semuanya bahagia ya dan menghasilkan anak-anak yang memiliki pertumbuhan gigi yang lebih sempurna karena mengunakan dot orthodonthic. Tentu pilihannya seperti aku kan? menggunakan Produk Baby Huki Halal?. Sebagai informasi aku berikan nich website resmi BABY HUKI, cuz dech untuk melihat kelengkapan produknya.

7 comments:

  1. Anakku nggak mau dot sih. Tapi boleh deh direkomendasiin ke ponakan. :D

    ReplyDelete
  2. Dot baby huki jadi dot turun temurun deh. Hehehehe :D

    ReplyDelete
  3. Aku pernag bgt anak pertama bingung puting, hadeuh beneran gak nyaman, soalnya bayi teriak nangis tapi ga bisa nyusu, kudu pinter2 pilih dot

    ReplyDelete
  4. empeng nya juga kesukaan kanda dulu,kalo rewel aku kasih empeng lumayan bisa lanjut beberes hehe, alhamdulillah logo HALAL udah ada ya

    ReplyDelete
  5. Ha iya nih. Lubang di dotnya bukan di ujung ya, nggak kayak dot-dot yang lain. Sempet bingung juga sih, kecarian ga ada lubangnya. Lah ternyata ada di sisi kanan-kirinya. :)

    ReplyDelete
  6. oh ternyata ada label halnya juga aku gk perhatiin mbak

    ReplyDelete