21 Dec 2017

Marathon Kuliner Betawi Bersama Dapur Umami dan Tabloid Bintang

Sepagi itu saya sudah bersiap-siap untuk mengikuti #umamifoodmarathon bersama dapur umami dan tabloid bintang. Kebayang kan bagaimana harus mempersiapkan diri untuk mengikuti marathon di Hari Sabtu itu? yaaa, saya dan rekan blogger berkumpul di meeting point dengan perut kosong. Loh bagaimana to, Mau marathon kok perut dalam keadaan kosong?.

MC cantik, Joan Brigita datang menghangatkan ruangan di mana semua rekan blogger sudah berkumpul semuanya. Kakak Joan menyapa ibu-ibu yang akhirnya dikoreksi dengan kakak-kakak karena ada juga blogger laki-laki yang memilih untuk konsen di peliputan masakan dan makanan. Jadi, foodblogger itu bukan cuma ibu-ibu loh, ada juga laki-laki yang saat mereka memberikan testimoni rasa, bakalan kuat sekali.

Kakak Joan memberikan penjelasan #umamifoodmarathon yang membungkus acara menjadi blogger gathering bersama dapur umami bersama tabloid bintang.  Jadi acaranya adalah lari-lari mencicipi kuliner Betawi di 3 destinasi.  Destinasi pertama Warung Mak Dower,  Rawamangun.  Destinasi kedua Soto Betawi Haji Husein di Manggarai dan terakhir Setu Babakan,  Ciganjur,  Jagakarsa.

Bapak Fachrurozi dari Ajinomoto mengatakan,  sepenuhnya memberikan dukungan untuk #umamifoodmarathon dan meminta kepada blogger untuk enjoy mencicipi kulinernya,  mereview di blog dan menyampaikan kepada masyarakat rasa umami yang tersembunyi dari setiap masakan tersebut.

Pukul 7.30 blogger berfoto bersama si depan gedung Ajinomoto yang terletak di Sunter,  Jakarta Utara. Selesai berfoto bersama,  blogger naik bis menuju destinasi pertama.

Hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk sampai di Warung Mak Dower.  Warung dengan cat warna hijau,  tersedia pilihan tempat duduk,  kursi meja dan lesehan.  Saya dan Mbak Inna memilih duduk di kursi dekat pintu masuk.  Aroma masakan khas seafood berbumbu masakan Betawi menyambut kedatangan blogger.

Hidangan demi hidangan disajikan oleh pramusaji dan pemilik Warung mak Dower,  Abang Wardi. Setiap meja blogger disajikan menu; Pecak Bandeng,  Gabus Pucung,  Udang Dower,  Cumi Cablak,  Cue Ngacir,  Jengkol,  Jambal Sewot,  Tutut Ngibrit,  Genjer Centil.  Namanya lucu-lucu dan bikin dower semua ya.  Untuk nasi dan sayur asemnya ngambil sendiri-sendiri.

Saya mau bahas beberapa menu yang sudah diicip ya.

Saya penggemar berat sayur asem jawa.  Ibuku mengajari saya,  memasak sayur asem yang gurih,  yummy,  segar,  rasa asem,  terasi dan gula merahnya nyatu.  Sayur asem betawi yang biasa saya beli warnanya agak bening dan rasanya sangat gurih.  Di Warung Mak Dower,  saya menemukan perpaduan sayur asem buatan ibuku dan sayur asem betawi.  Pertama lihat,  saya pasti suka karena warnanya tidak bening,  ada tumbukan cabe yang kasar dan saat diicip tanpa nasi,  rasa gurihnya tidak berlebihan,  asemnya ada,  manisnya ada.  Kalau saya ke sini lagi,  wajib mengambil sayur asemnya lagi.



Campuran Udang,  pete dan bawang merah goreng dengan nama menu Udang adalah masakan yang pertama saya icip.  Udangnya kering,  renyah,  gurihnya asooy,  asinnya garam dan maunya nambah lagi.  Boleh nih buat camilan saat senggang tapi jangan terlalu banyak,  kolesterol buuu dan  juga dikurangi rasa asinnya.



Saat menyantap mata ini ngelirik Pecak Bandeng.  Abang Wardi saat menghampiri meja saya menjelaskan bandengnya gak ada durinya, langsung dech saya ambil tuh piring Pecak bandengnya daaaan endeeeeeeeeus banget.  Jempol 20 saya kasih deh,  pinjem jempol kamu,  kamu,  kamu,  kamu yaaak.

Dari anggapan bandeng banyak duri,  ternyata Pecak Bandeng Mak dower gak ada durinya sama sekali.  Dislurup kuahnya,  beeuh asemnya menyegarkan kepala yang ngantuk,  pedesnya bikin pingin nambah lagi.  Daging bandengnya empuuuk banget walo digoreng.  Pecak Bandeng wajib buat dipesan lagi,  semoga dikasih kesempatan ke sana lagi,  aamin.



Es Ondel Ondel menjadi khas Warung Mak Dower yang isinya bikin kenyang aduhay.  Isinya banyak banget apalagi pakai santan kan.  Tapi tenang,  kalau yang kurang suka minuman bersantan,  bisa pilih minuman lainnya ya.

Waaah,  setelah selelsai makan,  saya baru tahu ada Chef Ari Galih yang makan bareng di meja teman blogger,  hi... atulah,  gimana coba rasanya makan bareng Chef ganteng?

Chef Ari Galih ini akan ngobrol bareng bersama dr.  Diyah dan Bapak Fachrurozi serta akan demo masak yang rencananya akan menyajikan 3 menu.  Tapi sayang kehabissn waktu nih,  karena masaknya dibarengi stand up comedy Kak Joan dan food blogger laki,  disebut?  enggak usah disebut ya kak Jun.



Menurut Chef Galih,  Indonesia kaya akan rempah yang membuat masakan menjadi enak.  Gula,  garam dan penyedap rasa adalah penyeimbang rasa supaya menjadi lebih umami.  Saat memasak,  Chef Galih menambahkan penyeimbang rasa di akhir masakan.  Sebelum ditambahkan penyeimbang rasa,  chef Galih mencicipi masakannya dan ulalaaaa,  sudah enak.  Terakhir sebelum diangkat baru ditambahkan penyeimbang rasa dengan takaran yang seimbang.  Intinya jangan terlalu banyak,  supaya rasanya tidak berlebihan.





Dokter Diyah menjelaskan gizi makanan yang menggunakan penyedap rasa.  Penyedap rasa itu aman dikonsumsi asalkan dalam ka dar yang tidak berlebihan.  Dalam satu hari minimal pemakaian penyedap rasa adalah 0,5 sendok teh,  tidak lebih.

Bapak Fachrurozi menceritakan proses ditemukannya penyedap rasa Ajinomoto.  Bahan dasarnya adalah tebu yang difermentasi dan terdaftar di BPOM.  Pemakaiannya harus seimbang dan tidak berlebihan.  Apabila berlebihan,  akan menghadirkan rasa pahit atau tenggorokan kering.

Destinasi ke-dua Soto Betawi Haji Husen, Manggarai.  Saya sebut Soto Betawi ini adalah warung legendaris yang saat rombongan blogger datang,  pukul 11 siang,  warungnya sudah penuh,  dagingnya sudah habis dan kabarnya,  kalau sudah habis ya habis. Tidak menambah lagi,  jadi rombongan #umamifoodmarathon kebagian selain daging.

Saat disajikan,  sotonya sama dengan soto betawi lainnya.  Kuah bertemu lidah,  ulalaaaaa rasanya ringaaaaan sekali,  enggak enek dan enggak seperti menikmati santan.  Pun di bibir tidak meninggalkan bekas lemak,  ini teh kek mana cara masaknya ya.  Saya masak opor saja,  pasti meninggalkan lemak saat makan.



Sayang,  saya dan #umamifoodmarathon tidak dapat berlama-lama di Soto Betawi Haji Husein,  karena pengunjung membludak.  Apalagi hujan deras turun,  waah hangat kan,  makan soto bareng keluarga.  Seorang pengunjung yang ngobrol dengan kami,  jauh-jauh loh datang ke Soto Betawi Haji Husein hanya ingin mencicipi soto yang terkenal rasanya enak ini.

Perjalanan menuju destinasi terakhir adalah menuju Setu Babakan.  Macetoz dan akhirnya saya berkesempatan untuk mengenang daerah yang pernah saya tinggali.

Pangling euy saat pertama datang,  sudah ada bangunan megah yang ternyata adalah Bangunan Kebudayaan Betawi.  Ada 2 bangunan utama dan ada beberapa rumah adat Betawi yang terbuat dari kayu.  Pada bangunan utama yang terdiri atas 4 lantai tersebut,  ada museum Betawi yang menyimpan barang-barang khas Betawi.  Ada baju adat Betawi Sadariyah untuk laki-laki dan Batik Encim untuk wanita.  Alat musik,  transportasi,  hiburan wayang kulit,  wayang golek,  ada sei yang menjadi tempat seserahan pada pernikahan adat Betawi,  ada ondel-ondel dan ada koleksi batik betawi.



Abang Roni yang menemani #umamifoodmarathon menjelaskan dengan sangat ramah.  Setelah berkeliling museum,  blogger diajak ke bangunan yang dekat dengan Setu Babakan dan disambut Tarian Betawi Ngecak Setapak.  Sebelum menyimak pembuatan Kerak Telor dan Bir Pletok,  Abang Roni mengajak #umamifoodmarathon menuju tempat pembuatan batik Betawi.  Lokasinya agak jauh dari bangunan utama,  sepanjang perjalanan dapat menikmati Setu Babakan dan ceritanya.  Ada penjual makanan khas Betawi dan ada penjual makanan yang umum dijual di tempat wisata.  Menurut bang Roni,  kawasan Setu Babakan akan dibenahi mulai dari area parkir dan area pedangang.  Untuk masuk ke Setu Babakan tidak dipungut biaya, namun ke depan masih dapat berubah seiring dengan sarana yang akan diberikan.



Batik Betawi pada dasarnya sama dengan Batik dari daerah lainnya.  Perbedaannya hanya pada motif batik itu sendiri.

Pembuatan kerak telor,  buat saya ini adalah camilan yang bahan utamanya adalah beras ketan,  telur,  serundeng yang dipanggang di atas anglo.  Rasa kerak telor gurih karena menggunakan penyedap rasa dan makan 1 buatku  kerak telor pasti cepat kenyang.

Bir Pletok menjadi minuman khas Betawi yang sangat legendaris.  Ada banyak Bir Pletok yang dipasarkan,  yang membedakan tentu yang membuat ya.  Ada 20 bahan rempah yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bir Pletok.  Cara membuatnya cukup mudah,  siapkan bahan kering di dalam kantong plastik,  masukkan ke dalam air mendidih.  Baru kemudian masukkan dedaunan seperti daun pandan.  Kayu secang dimasukkan terakhir.  Setelah matang,  rempah tadi angkat baru kemudian masukkan gula pasir atau. gula batu.  Saring lagi untuk dimasukkan ke dalam wadah berupa botol.





Rasa Bir Pletok yang merupakan hasil kreasi nenek moyang yang tidak. mau kalah dengan minuman penjajahnya kuat di rasa hangat jahe dan aroma khas kayu secang.  Selain menghangatkan badan,  Bir Pletok dapat membantu meredakan batuk.  Di Setu Babakan,  Bir Pletok dijual 10.000 rupiah untuk botol plastik yang tahan 1 bulan dalam lemari es dan 20.000 rupiah untuk botol kaca/beling tahan selama 2 bulan.



#umamifoodmarathon berakhir dengan pembagian goodie bag yang pastinya membantu sekali dalam proses masak memasak di dapur astata.  #umamifoodmarathon,  dapur umami,  tabloid bintang dan teman-teman blogger semua,  terima kasih banyak untuk keseruannya dalam acara blogger gathering dan stand up comedy dari duo J.

18 Dec 2017

Pentingnya Menjaga Kesehatan Bagi Seorang Ibu Rumah Tangga

Menjaga kesehatan itu wajib hukumnya bagi semua orang, baik anak-anak, dewasa maupun kakek dan nenek. Kesehatan itu penting sama pentingnya dengan rasa syukur yang harus selalu diupayakan setiap helaan nafas.

Bulan Desember ini, Alhamdulillah ada saja cerita yang saya sakit gigilah, yang saya sakit jatuh terduduk dan Alhamdulillah semua dapat dilalui dengan baik. Oleh karena itu, resolusi saya tahun 2018 salah satunya adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan setiap harinya.

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang sudah tidak menggunakan jasa asisten rumah tangga, menyelesaikan pekerjaan rumah tangga sendirian itu, sangat luar biasa. Saya selalu salut bagi ibu rumah tangga yang tanpa asisten, masih memiliki anak balita dan aktif bekerja dari dalam rumah.

Pekerjaan ibu rumah tangga itu gak banyak loh, sangat buanyak sampai tak pernah terhitung. Dimulai kapanpun dan tidak pernah berakhir. Selalu, setiap waktu ada saja pekerjaan rumah plus mengasuh anak dilakukan tanpa henti. Termasuk saat hari libur maupun saat sedang melakukan kegiatan traveling atau berlibur, seorang ibu rumah tangga tidak dapat dipisahkan dari pekerjaan mengurus hal-hal yang detail, dari memandikan anak sampai memperhatikan makanan anak-anak dan suami.

Peran ibu rumah tangga begitu penting sehingga kesehatannya tidak dapat diacuhkan begitu saja.
  1. Ibu sehat menyehatkan seluruh anggota keluarga
  2. Ibu sehat anak-anak tumbuh bahagia dan ceria
  3. Ibu sehat suami nyaman bekerja, rejeki mengalir lancar
  4. Ibu sehat kondisi rumah menjadi nyaman untuk segala macam aktifitas
  5. Ibu sehat dapat menghadirkan berbagai macam kreatifitas untuk bermain bersama anak-anak

Alhamdulillah saya memiliki suami yang galak soal pentingnya menjaga kesehatan. Sakit sedikit suami saya langsung memberikan pidato kenegaraan yang membuat saya terdiam seribu bahasa. Iya, memang menjaga kesehatan itu sangat penting. Tidak boleh tidak harus dilakukan. Semua itu untuk diri sendiri kok, bukan buat orang lain. Apabila tubuh sendiri sehat, Insya Allah tubuh keluarga juga sehat, bukan begitu?

Berikut ini adalah hal-hal yang telah saya lakukan, meskipun belum rutin dilakukan tahun ini. Nah, di tahun 2018 Insya Allah saya ingin hal-hal berikut dapat dilakukan secara rutin untuk kesehatan diri sendiri dan kesehatan keluarga.

1| Makan Teratur


Betapa sulitnya menjaga makan dengan teratur dan disiplin. Dapat sarapan dan makan siang saja sudah Alhamdulillah. Kadang alasan menyelesaikan pekerjaan rumah menjadi alasan menunda makan. Apabila makan sudah terlambat rasanya menjadi malas untuk menyantap makanan.

Makan pagi pindah ke makan siang dan makan siang pindah ke makan malam. Begitu seterusnya sampai menjadi hal yang rutin padahal tidak sehat.


Beberapa bulan kemarin, saya sudah mencoba untuk tetap menyantap sarapan apapun menunya, yang penting perut terisi di pagi hari.

2| Menggerakan Badan/ Olah Raga


Banyak yang salah pengertian, bahwa mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti beberes rumah, menyapu, mengepel, menyetrika dan membersihkan kamar mandi adalah olah raga. Padahal hal tersebut kurang tepat.

Ibu rumah tangga butuh untuk menggerakan badan / olah raga dengan gerakan yang baik, seperti melakukan peregangan sederhana, atau melakukan olah raga kekinian seperti yoga dan senam. Beberapa bulan kemarin saya sudah sering melakukan gerakan peregangangan dan hasilnya badan menjadi lebih relaks.

3| Istirahat Cukup


Pekerjaan ibu rumah tangga tidak pernah habis. Istirahat perlu dan wajib supaya tubuh tidak menjadi lekas lelah dan sakit. Tidur siang 1-2 jam perlu dilakukan, asalkan anak-anak dalam pengawasan yang baik.

Saya selalu mencuri waktu untuk istirahat siang, meski hanya rebahan saja di tempat tidur. Lumayan daripada terus mengerjakan pekerjaan tapi badan kurang istirahat.

4| Makan Buah daripada Gorengan


Ini juga prinsip dari suami. Lebh baik meberi saya uang untuk membeli buah sebanyak-banyaknya daripada membeli gorengan 5 biji. Suami saya paling royal untuk urusan membeli buah, selain sehat, segar, mengkonsumsi buah juga tidak membuat badan menjadi mengendut.

Apabila ingin makan gorengan, sebaiknya membuat sendiri tapi tentunya jangan sering-sering ya.

5| Berpikir Positif dan Selalu Bersyukur


Sebaiknya sebelum melakukan semua hal di atas, ada baiknya untuk selalu bersyukur dan berpikiran positif. Kedua hal tersebut menjadi landasan untuk melalukan hal baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

Selalu bersyukur kadang menjadi lupa padahal hal tersebut adalah hal sederhana. lakukan latihan setiap bangun tidur dengan tersenyum sebentar meskipun kesiangan dan bersyukurlah.

Berpikir positif juga menjadi hal yang penting dalam menjaga kesehatan. Berpikirlah selalu sehat meskipun sakit itu juga datang saat tidak diminta dan kadang datang meski sudah menjaga tubuh dengan baik.

Sakit datang ya disyukuri dulu, karena sakit itu adalah ujian yang diberikan oleh Allah, supaya tetap sabar, tetap berpikir postif dan mensyukuri arti sehat.

Meksipun ada anggapan ibu rumah tangga atau menjadi seorang ibu tidak boleh sakit, kalau sakit jangan lama-lama, namanya sakit ya harus dinikmati dengan bahagia.


Pernah sakit dengan bahagia? enggak ya, doanya mah semoga selalu sehat ya. Sakit yang beberapa bulan menyapa saya adalah sakit gigi dan sakit karena terlalu lelah dan makan yang tidak teratur. Rasanya enggak nyaman sekali.

Seorang teman menyarankan saya untuk mencoba Theragran-M, untuk mempercepat masa penyembuhan saat sakit menyapa. Kan kasihan anak-anak kalau ibu rumah rumah tangga terlalu lama sakit. Jadi, saya mencari informasi mengenai Vitamin yang bagus untuk masa penyembuhan dan vitamin yang bagus untuk masa pemulihan, karena biasanya masa-masa itulah yang paling berat euy.


Theragran-M ini diproduksi oleh PT Taisho Parmaceutical Indonesia dan sudah tersedia di apotek-apotek. Di dalam Theragran-M ini terdapat kombinasi multivitamin (Vitamin A,B,C,D,E) Mineral esential (Magnesium dan Zinc).

Sebaiknya konsultasikan kepada dokter bagaimana cara mengkonsumsi Theragran-M dan berapa dosisnya. Pada kemasan ditulis dosis Theragran-M  1 kaplet sesudah makan. 

Saya membeli dan mengkonsumsi Theragran-M karena tidak dapat menghitung berapa banyak vitamin dan mineral yang masuk dalam tubuh dalam keadaan setelah sakit atau dalam masa pemulihan dari sakit. Takutnya kan kurang vitamin dan mineral ya, karena kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh serta dapat timbul beberapa penyakit nantinya.

Theragran-M merupakan salah satu suplemen yang dapat dipilih untuk mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, magnesium dan zinc dari nutrisi yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi. 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan  Theragran-M




Gigi Geraham Bungsu Yang Selalu Minta Perhatian

Alhamdulillah cuaca cukup bagus di rumah ini, emak enggak sakit gigi lagi dan sepanjang sore dilalui dengan baik. Terhitung sejak musim hujan bulan lalu, gigi kembali memberontak menyita seluruh waktu saya untuk meratapi kepedihan yang luar biasa.

Musim hujan membuat cuaca menjadi sangat dingin. Cuaca yang dingin membuat gigi yang meradang menjadi sangat nyeri dan ngilu. Keluhan nyeri dan ngilu terasa di sore hari. Mulai jam 4 sore, otomatis kegiatan saya sudah stop, anak-anak berisik sedikit langsung membuat saya nangis kejer.

Permasalahannya ada di gigi geraham bungsu yang lahir saat saya berusia 30-an. Kemunculannya ditandai sakitnya gigi sampai enggak bisa ditulungin. Dokter mengatakan gigi geraham bungsu yang ada di deretan gigi saya, posisinya sangat merugikan gusi. Wajar saja, gusi yang diseruduk oleh gigi geraham bungsu pasti sakit.


Dinamakan gigi geraham bungsu karena tumbuh dalam rangkaian gigi yang paling akhir. Pasti menyebabkan rasa sakit karena posisinya yang kadang tumbuh di atas gigi yang sudah ada bahkan yang sampai merobek gusi.

Gigi geraham bungsu saya ini tumbuh di bagian ujung gigi geraham bagian bawah sebelah kiri. Posisi gigi geraham bungsunya miring dan hampir menyeruduk gigi di sampingnya. Saat ini, gigi geraham bungsu hanya tinggal satu sisi, satu sisinya lagi sudah menghilang dan hanya meninggalkan akar giginya saja. Sudah pasti hal inilah yang menyebabkan rasa nyeri dan ngilu berkepanjangan.

Apalagi, saat sisa makanan tertinggal dan menyebabkan kuman bersarang dan menggali semakin dalam bagian gigi sehingga menyebabkan peradangan. Awal-awal gigi geraham bungsu kambuh sebulan yang lalu, hanya diobati dengan pereda nyeri saja. Berfungsi sich tapi perlu menunggu waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam baru gigi tidak terasa sakit.

Bayangkan saja, sebulan yang lalu, saya harus menemani anak untuk menyiapkan ujian akhir sekolah. Anak bungsu saya iri melihat kegiatan saya dan kakaknya, nangis, tantrun dan rasanya gigi ini pingin langsung dicabut saja.

Beberapa dokter memang sudah menyarankan untuk dilakukan tindakan operasi atau pencabutan. Berhubung saya masih agak trauma dengan permasalah gigi, jadi ketunda mulu, pada saat merasa sakit, iya dech dioperasi saja nich gigi. Tapi saat sudah minum obat dari dokter dan sakitnya teratasi, keinginan untuk operasi rasanya menghilang begitu saja.

Sampai suatu hari, sepulang dari jalan-jalan, saya merasakan sakit yang luar biasa. Minum obat pereda nyeri untuk sakit gigi sekitar jam 4.00 sore. Sampai pukul 5.30 obat belum bekerja maksimal, di tengah perjalanan saya meminta suami mengantarkan ke klinik dekat rumah.

Ternyata dokter gigi mulai praktek pukul 8.00 malam. Ya Allah sakitnya sudah enggak tahan. Beruntung di klinik tersebut bertemu teman, yang kemudian menyarankan untuk meminum obat anti inflamasi berbentuk Tablet, beli saja di apotek. Langsung dech cuz ke apotek langganan di dekat danau Cipondoh. Sebelum turun dari mobil, suami menyarankan juga untuk membeli Amoxicillin.

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu


Sampai di rumah, langsung dech saya minum obat anti inflamasi  dan Amox, Alhamdulillah tidak sampai 5 menit, sakit giginya sudah hilang. Pagi harinya gigi tidak terasa nyeri dan ngilu. Tunggu sampai sore, sakit itu datang lagi dan langsung saya minum obat lagi.

Alhamdulillah mengkonsumsi obat anti inflamasi 3 hari, rasa sakitnya berkurang dan tentunya dengan merawat lebih tepat lagi gigi saya. Caranya bangun tidur yang biasaya jarang langsung sikat gigi, sekarang langsung sikat gigi. Setelah makan, biasanya malas berkumur, saya paksakan untuk berkumur meskipun hanya sedikit-apalagi saat makan di restoran atau di tempat makan. Sebelum tidur sudah pastilah ya gosok gigi dan berkumur menggunakan obat kumur.

Semoga yang sedang mengalami rasa nyeri dan ngilu pada gigi lekas sembuh ya. Apabila memang sangat mengganggu, gigi geraham bungsu tersebut sebaiknya dioperasi atau dicabut saja terlebih dahulu. Prosedur pengangkatan atau tindakan operasi gigi geraham bungsu, biasanya dilakukan rongsen gigi terlebih dulu. Kemudian memastikan kondisi gigi tidak sedang dalam keadaan sakit.

Note : Apalagi sakit gigi, segera pergi ke dokter gigi dan minta obat untuk mengatasi rasa sakit.

15 Dec 2017

Gurihnya Susu Asli Tanpa Tambahan Garam

Kami sekeluarga termasuk keluarga yang doyan banget akan susu dan juga penikmat susu. Itulah sebabnya, di rumah kami selalu tersedia susu yang dapat dikonsumsi dan dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Apabila persedian susu habis, kami akan saling mengingatkan dan antara suami dan saya boleh membeli beberapa kotak untuk persediaan.


Terkadang malah, saya beli, suami beli, waah banjir susu dech di rumah. Rasanya ada yang kurang, apabila hari-hari kami tidak ditemani segelas susu yang bermanfaat untuk menambah energi sebelum beraktifitas maupun saat menjelang istirahat malam.


Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati segelas susu bagi anak saya yang bersekolah. Segelas susu yang diberikan, akan membangunkannya dari mata yang masih terkantuk. Memberikan segelas susu adalah trik paling mudah untuk membangunkan anakku. Setelah menenguk segelas susu, dia akan beranjak turun dari tempat tiidur. Menyiapkan kebutuhan untuk sekolah, makan, mandi dan berangkat ke sekolah.


Ada banyak manfaat yang didapat anak saya dalam masa perkembangan dan pertumbuhannya. Susu mengandung kalsium untuk pertumbuhan tulangnya. Susu adalah sumber asupan protein hewani. Susu menjadi sumber energi bagi sifat anak-anaknya yang masih bergerak ke sana kemari dan membantunya untuk tetap sehat dan aktif. Kami sekeluarga merasakan manfaat yang baik dari segelas susu yang dikonsumsi setiap pagi dan terkadang kami menikmatinya malam hari juga.


Segelas susu di malam hari bermanfaat untuk membantu proses tidur lebih cepat dan nyenyak. Bangun di pagi hari dengan tubuh segar dan pikiran jernih kembali memulai aktiftas yang bermanfaat dan menyehatkan.


Susu yang dikonsumsi oleh kami sekeluarga adalah susu UHT Indomilk 1L. Susu UHT Indomilk 1L memiliki kemasan berwarna biru putih yang sangat segar dilihat mata. Kemasannya ramping sehingga memudahkan untuk disimpan di bagian rak lemari es manapun. Kebetulan sekali membeli susu UHT Indomilk 1L sekaligus 4 kardus, jadi dapat disimpan di bagian rak paling bawah yang terlihat sempit, namun susu UHT Indomilk 1L dapat tersimpan dengan baik.


IMG_20171028_082423_STEREO.jpg

 

 

 

 

 

Tanpa Tambahan Garam



Sebagai penikmat susu, kami merasakan rasa susu yang berbeda pada susu UHT Indomilk 1L. Rasa alami susu itu gurih karena kandungan gula laktosa dan garam mineral di dalam susu. Jadi, buat apa ditambah garam lagi? Susu UHT Indomilk 1L memiliki rasa yang gurih asli susu segar tanpa tambahan garam.


Susu UHT Indomilk 1L tidak menambahkan garam karena kandungan garam bisa mengurangi ikatan kalium dan mengurangi rasa asli susu. Berikut adalah video sosial experiment yang membuktikan kebaikan susu UHT Indomilk 1L dalam sebuah acara car free day. Susu UHT Indomilk 1L dibagikan dan disediakan juga air putih di sana. Jika susunya mengandung garam, biasanya akan membuat haus dan ingin meneguk air putih juga.


IMG_20171106_115644_STEREO.jpg



Bagaimana dengan susu UHT Indomilk 1L ? rasa gurih susu asli tanpa tambahan garam itu tidak mengganjal di tenggorokan sehingga tidak membuat haus. Jadi paham sekarang bahwa kebaikan susu tanpa garam adalah rasa susu UHT Indomilk 1L. Kami sekeluarga sudah membuktikan dan suka susu UHT Indomilk 1L yang gurihnya dari susu segar asli tanpa tambahan garam. Sekarang giliran teman-teman #BukaKebaikan susu UHT Indomilk 1L dengan membuka video di bawah ini.




Itulah cerita dari keluarga doyan susu dan penikmat susu yang sudah paham kebaikan susu tanpa garam. Keluarga kami juga sudah nonton loh video sosial experiment di atas dan setuju banget susu UHT Indomilk 1L tanpa garam,  menjadi persediaan susu di rumah kami.  

13 Dec 2017

Masih Berharap Soundtrack Ayat-Ayat Cinta 2 Dibawakan Dengan Penuh Penjiwaan

Alhamdulillah anak lanang sudah selesai UAS-nya. Emak bisa lebih nyante berada di depan laptop dan punya waktu banyak pegang hape. Sampai suatu malam, enggak sengaja karena bosen banget, anak balita sudah bobo. Isenglah cari movie di YouTube. Eh kok muncul Ayat-Ayat Cinta 2 The Movie. Ya sudahlah, ditonton trailer-nya waktu syuting di Edinburgh yang katanya lagi musim dingin itu.

Baru inget punya novelnya, Suamiku udah kelar baca keknya


Selain trailer apa coba yang menarik untuk dilihat? yup, soundtrack-nya. Meski sebetulnya saya bukan orang yang gemar banget ngikutin dunia perfilm-an dan musik. Penasaran aja, setelah kepoin IG salah satu penyanyi yang ngisi soundtrack Ayat-Ayat Cinta 2. Eh bukan dink, penasarannya itu karena banyak amat ya, penyanyi yang ngisi soundtrack gitu. Per.tanyaan saya adalah, apakah dari ke-4 penyanyi yang saya tahu itu (karena malam ini ketahuan lagi ada soundtrack baru lagi dari penyanyi baru), apakah lagu-lagu tersebut saling berhubungan, saling bersahut-sahutan gitu.

Lagu pertama yang saya dengarkan adalah lagu berjudul Ayat-Ayat Cinta 2 yang dibawakan Mbak KD. Liriknya sedih mewakili perasaan Fahri untuk Aisha. 

Lagu ke-dua berjudul Bulan Dikekang Malam yang dibawakan Teh Rossa. Alunan musiknya Ayat-Ayat Cinta banget, sukaaaa dengerinnya. Liriknya mendayu dan mewakili perasaan Sabina atau Aisha, sedih banget dan saya merassa kasihan atas kondisi yang diceritakan di lagu tersebut. 

Lagu ketiga Mbak Raisa dengan judul Teduhnya Wanita. Jujur, baru kali ini dengerin suaranya Raisa, ngebass gitu yaaa. Liriknya sich bagus banget, berisi doa dari seorang perempuan untuk Fahri, tentunya. Tapi susah ya ngikutin lagu ini, agak kurang nyante. 

Terakhir si neng Isyana membawakan lagu berjudul Masih Berharap. Sama dengan Mbak Raisa, saya pun baru denger suara Isyana. Dari awal mula lagu dibawakan, ada perasaan dejavu dengan irama dan liriknya. Vokalnya Isyana santai banget yaaa, jadi enak gitu ngikutin lagunya, apalagi liriknya sederhana tapi dibawakan dengan penuh penjiwaan.

Dari 4 soundtrack tadi, hanya satu yang diputer terus-terusan, kalau pakai kaset udah bundet tuh pitanya. Suara Isyana empuk, alunannya juga pas banget. Oiya, lagu yang dibawakan Isyana ini untuk mewakili perasaan Kiera atau Hulya. baru beberapa kali dengerin, liriknya sudah kuhafal daaaan udah nemu dong musik yang membuat saya dejavu. Bukan karena itu sich, tapi memang Isyana membawakan soundtrack Ayat-Ayat Cinta 2 dengan judul lagu Masih Berharap dengan penuh penjiwaan. Nih liriknya, asyik banget kan, jangan baper yo.




Ada cinta yang sejati
Ada sayang yang abadi
Walau kau masih memikirkannya
Aku masih berharap kamu untukku

Sejauh kumelangkah hatiku, kamu
Sejauh aku pergi, rinduku, kamu

Masihkah hatimu aku
Meski ada hati yang lain

Ada cinta yang sejati
Ada sayang yang abadi
Walau kau masih memikirkannya
Aku masih berharap kau milikku

Andai harus terpisahkan
Mungkin inilah takdir cintaku

Ada cinta yang sejati
Ada sayang yang abadi
Walau kau masih memikirkannya
Aku masih berharap kamu untukku

And then, pas sedang ngedengerin lagi soundtrack Ayat-Ayat Cinta 2, ada satu lagu baru lagi yang baru di upload coba. Ada 5 lagu dong kan ya, jadi penasaran dong, banyak amat soundtrack Ayat-Ayat Cinta 2-nya? apa nanti bakal dipilih atau dimasukkan semuanya yak? Tapi, soundtrack terakhir cukup asyik juga didengerin gak kalah sama Masih berharapnya Isyana.