Skip to main content

Gigi Geraham Bungsu Yang Selalu Minta Perhatian

Alhamdulillah cuaca cukup bagus di rumah ini, emak enggak sakit gigi lagi dan sepanjang sore dilalui dengan baik. Terhitung sejak musim hujan bulan lalu, gigi kembali memberontak menyita seluruh waktu saya untuk meratapi kepedihan yang luar biasa.

Musim hujan membuat cuaca menjadi sangat dingin. Cuaca yang dingin membuat gigi yang meradang menjadi sangat nyeri dan ngilu. Keluhan nyeri dan ngilu terasa di sore hari. Mulai jam 4 sore, otomatis kegiatan saya sudah stop, anak-anak berisik sedikit langsung membuat saya nangis kejer.

Permasalahannya ada di gigi geraham bungsu yang lahir saat saya berusia 30-an. Kemunculannya ditandai sakitnya gigi sampai enggak bisa ditulungin. Dokter mengatakan gigi geraham bungsu yang ada di deretan gigi saya, posisinya sangat merugikan gusi. Wajar saja, gusi yang diseruduk oleh gigi geraham bungsu pasti sakit.


Dinamakan gigi geraham bungsu karena tumbuh dalam rangkaian gigi yang paling akhir. Pasti menyebabkan rasa sakit karena posisinya yang kadang tumbuh di atas gigi yang sudah ada bahkan yang sampai merobek gusi.

Gigi geraham bungsu saya ini tumbuh di bagian ujung gigi geraham bagian bawah sebelah kiri. Posisi gigi geraham bungsunya miring dan hampir menyeruduk gigi di sampingnya. Saat ini, gigi geraham bungsu hanya tinggal satu sisi, satu sisinya lagi sudah menghilang dan hanya meninggalkan akar giginya saja. Sudah pasti hal inilah yang menyebabkan rasa nyeri dan ngilu berkepanjangan.

Apalagi, saat sisa makanan tertinggal dan menyebabkan kuman bersarang dan menggali semakin dalam bagian gigi sehingga menyebabkan peradangan. Awal-awal gigi geraham bungsu kambuh sebulan yang lalu, hanya diobati dengan pereda nyeri saja. Berfungsi sich tapi perlu menunggu waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam baru gigi tidak terasa sakit.

Bayangkan saja, sebulan yang lalu, saya harus menemani anak untuk menyiapkan ujian akhir sekolah. Anak bungsu saya iri melihat kegiatan saya dan kakaknya, nangis, tantrun dan rasanya gigi ini pingin langsung dicabut saja.

Beberapa dokter memang sudah menyarankan untuk dilakukan tindakan operasi atau pencabutan. Berhubung saya masih agak trauma dengan permasalah gigi, jadi ketunda mulu, pada saat merasa sakit, iya dech dioperasi saja nich gigi. Tapi saat sudah minum obat dari dokter dan sakitnya teratasi, keinginan untuk operasi rasanya menghilang begitu saja.

Sampai suatu hari, sepulang dari jalan-jalan, saya merasakan sakit yang luar biasa. Minum obat pereda nyeri untuk sakit gigi sekitar jam 4.00 sore. Sampai pukul 5.30 obat belum bekerja maksimal, di tengah perjalanan saya meminta suami mengantarkan ke klinik dekat rumah.

Ternyata dokter gigi mulai praktek pukul 8.00 malam. Ya Allah sakitnya sudah enggak tahan. Beruntung di klinik tersebut bertemu teman, yang kemudian menyarankan untuk meminum obat anti inflamasi berbentuk Tablet, beli saja di apotek. Langsung dech cuz ke apotek langganan di dekat danau Cipondoh. Sebelum turun dari mobil, suami menyarankan juga untuk membeli Amoxicillin.

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu


Sampai di rumah, langsung dech saya minum obat anti inflamasi  dan Amox, Alhamdulillah tidak sampai 5 menit, sakit giginya sudah hilang. Pagi harinya gigi tidak terasa nyeri dan ngilu. Tunggu sampai sore, sakit itu datang lagi dan langsung saya minum obat lagi.

Alhamdulillah mengkonsumsi obat anti inflamasi 3 hari, rasa sakitnya berkurang dan tentunya dengan merawat lebih tepat lagi gigi saya. Caranya bangun tidur yang biasaya jarang langsung sikat gigi, sekarang langsung sikat gigi. Setelah makan, biasanya malas berkumur, saya paksakan untuk berkumur meskipun hanya sedikit-apalagi saat makan di restoran atau di tempat makan. Sebelum tidur sudah pastilah ya gosok gigi dan berkumur menggunakan obat kumur.

Semoga yang sedang mengalami rasa nyeri dan ngilu pada gigi lekas sembuh ya. Apabila memang sangat mengganggu, gigi geraham bungsu tersebut sebaiknya dioperasi atau dicabut saja terlebih dahulu. Prosedur pengangkatan atau tindakan operasi gigi geraham bungsu, biasanya dilakukan rongsen gigi terlebih dulu. Kemudian memastikan kondisi gigi tidak sedang dalam keadaan sakit.

Note : Apalagi sakit gigi, segera pergi ke dokter gigi dan minta obat untuk mengatasi rasa sakit.

Comments

  1. saya yg termasuk takut kalo mau cabut2 gigi, kalo periksa aja sih gak masalah ya... tapi kalo udah sakit gigi terus harus cabut, duuh... nanti dulu deh hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Wardah, Kosmetik Pilihan di Usia 30

Mengingat waktu masih pakai seragam abu-abu putih, bedakpun masih yang beli di warung seharga 500 perak, lipstik cukup pakai madu dan deodoranpun pake yang serbuk anti bau badan. Pantesan banyak cowo-cowo lari lunggang lunggung kali ya dari dirikuh dan enggak punya pacar waktu es-em-a. aaaach kenapa jadi buka rahasia???
Pun ketika sudah menjadi mahasiswa yang katanya lebih dewasa gitu *ini aneh bin ajaib gitu loh, masih pake bedak baby *pyuuuuh. Lipstik udah mule pake lips gloss getu dan deodorant pun ada plus minyak wangi. Tapi untuk riasan wajah, jauh dikatakan dewasa *qiqiqiqiqiqik.

Lambat laun ketika terdampar di kota gudek Jogja yang indah akan eksotisme kulkural dan mengenal dunia kerja, akhirnya mau enggak mau keluar masuk salon yang berdominasi warna empink itu. *uuugh, jadi inget pake pingin ke Jogja.
Kosmetik yang digunakan pun hanya kosmetik dari tempat perawatan tersebut. Bedak masih yang imut-imut dikhususkan pada range usia remaja *laaah, padahal saat itu usiaku sudah tidak…