24 Jan 2018

Kesalahan Saat Mengenakan Hijab Modern


[Fashion] 

Hai hai apa kabar semuanya, cuaca hari ini mendung-mendung gerah ya. Gimana nich teman-teman yang mengenakan hijab, suka merasakan gerah, salah memilih bahan hijab atau mengenakan hijab yang terlalu banyak aksesoris, jadi enggak nyaman dech.

Flash back, jaman saya pertama kali berhijab di tahun 2002, saya hanya mengenakan hijab yang super simple. Kerudung segi empat yang dibagi dua menjadi segitiga, lalu dipakai begitu saja setelah dikaitkan di bawah dagu. Saat itu, pemilihan hijab belum sebanyak sekarang. Kesalahan saat mengenakan hijab pada saat itu adalah apda pemilihan bahan kerudung itu sendiri. Iyalaah, belum banyak pilihan dan belum mengerti benar bahan yang nyaman untuk hijab.

Menggenakan hijab modern-pashmina


Alhamdulillah ya, saat ini berhijab sudah menjadi hal yang disambut baik dan sebagain besar perempuan muslim memilih berhijab. Daaaan, bersyukurnya lagi, designer-designer muda saat ini mulai bermunculan untuk menciptakan karya hijabnya untuk turut menyumbangkan ide-idenya. 





Dunia hijab saat ini, bukan melulu kerudung segi empat berbahan tebal yang kemudian dilipat menjadi dua menjadi segitiga. Ada banyak pilihan untuk berhijab modern yang dapat teman-teman temui sekarang, jadi makin semangat kan berhijabnya. 



Dengan adanya banyak pilihan hijab modern, mulai dari hijab segi empat, segi tiga, pashmina, bergo hingga hijab instant lainnya, tentu dapat menjadi pilihan kenyaman teman-teman untuk berhijab. Teman-teman juga dapat memilih bahan hijab yang sesuai dengan cuaca, kondisi dan tempat saat mengenakan hijab. Sudah tidak ada lagi kan gerah, tidak nyaman dan cocok dengan karakter teman-teman saat mengenakan hijab.

Saya pribadi, cenderung mengenakan hijab sesuai dengan tempat dan situasi. Saat saya buru-buru hendak ke pasar atau menjemput anak sekolah, saya akan memilih hijab model bergo. Tapi, saat saya akan datang ke sebuah acara yang sudah dijadwalkan, saya akan menyiapkan model hijab yang formal dengan aksesoris untuk memperindah penampilan. 

Saya juga terus mencari informasi mengenai hijab supaya tetap nyaman dan  tidak salah mengenakan hijab , apalagi model hijab modern. Ada beberapa hal nich yang sebaiknya diperhatikan supaya tetap nyaman dan tidak gerah saat mengenakan hijab modern.


Kenakan Ciput


Buat teman-teman perempuan muslim, pasti sudah familiar dengan nama ciput ya. Ada beberapa teman yang senang mengenakan hijab menggunakan ciput, ada juga yang kurang nyaman. Saya termasuk yang dua-duanya, kadang mengenakan ciput, kadang saya menanggalkan ciput.

Ciput sebaiknya ikut dikenakan saat teman-teman menggunakan bahan hijab yang tipis, menerawang dan licin. Tujuannya supaya saat hijab dilekatkan di atas kepala, hijabnya dapat terpasang sempurna dan memberikan kenyamanan.

Bagaimana saat menggunakan hijab tipis, licin dan transparan tanpa mengenakan ciput? sudah pasti bakal enggak nyaman, apalagi bagi teman-teman yang tidak biasa mengenakan hijab licin.


Pilih-Pilih Peniti


Peniti merupakan salah satu benda yang sangat berguna saat mengenakan hijan ya teman-teman. Tanpa peniti bisa juga sich hijab dikenakan dalam artian masih syar'i dengan dibarengi pemakaian ciput yang menutup leher.



Pemilihan peniti juga sangat dianjurkan loh, apalagi untuk hijab modern yang berbahan tipis, licin dan harganya mahal. Bentuk peniti ada banyak macamnya, salah pilih peniti, dapat membuat lubang besar di hijab kesayangan, duh enggak kepingin kan.

Sebaiknya pilih peniti yang tajam, tidak mudah berkarat apabila terkena keringat maupun air. Saya sendiri menggunakan peniti yang berkepala, jadi peniti tidak masuk ke dalam pori-pori kain hijab. 


Model Hijab Pendek (Bergo)


Nah, model bergo atau hijab yang berukuran sangat pendek saya juga punya beberapa koleksi di rumah. Saya mengenakan hijab ini hanya saat berada di rumah atau saat membukakan pintu gerbang. Hijab berukuran pendek memang sangat praktis dikenakan, teman-teman pasti ngerasain juga kan, gimana praktisnya hijab model bergo ini.

Tentunya, pemakaian hijab bergo atau hijab yang berukuran sangat pendek ini tidak disarankan untuk dikenakan ke luar rumah, apalagi mendatangi acara formal.

Ada beberapa teman-teman yang senang mengenakan hijab bergo, tapi tentunya dipilih ukuran yang lebih panjang atau dimodifikasi menggunakan kerudung segi tiga untuk luaran, jadi cakep dech.

Perhatikan Ikatan Rambut


Satu hal yang menjadi faktor ketidaknyamanan saat mengenakan hijab modern adalah ikatan rambut yang terlalu tinggi. Hal ini membuat kepala menjadi sakit dan pusing, sehingga memiliki rasa ingin melepas hijab meski masih di dalam perjalanan.

Saya sering mengalami hal tersebut, untungnya saya sedang dalam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Hal yang saya lakukan adalah mengendorkan ikatan rambut atau menurunkan ikatan rambut dan mengganti hijab dengan hijab bergo. 

Waaah, banyak saja ya yang membuat rasa tidak nyaman saat mengenakan hijab. Mungkin teman-teman dapat menambahkan tips fashion supaya tetap nyaman tanpa kesalahan sewaktu mengenakan hijab modern, share ya di kolom komentar. 

29 comments:

  1. Ciput ... Bener banget tuh. Masih sering aku perhatikan wanita berhijab gak pake ciput. Mungkin maksudnya praktis. Tapi ya gitu, resiko rambut bisa kemana mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, tergantung bahan hijabnya dan karakter rambutnya kalau mau gak pakai ciput. Saya kadang pakai kadang enggak, tergantung sikon. Alhamdulillah rambutku agak mudah diajak kompromi, hehhee

      Delete
  2. hijab kalau enggak nyaman enggak enak dipakai y

    ReplyDelete
  3. Mba, aku kadang kalau salah pake Ciput dalaman memang jadinya pusing, apalagi kalau bahannya kurang nyaman. Rasanya pengen cepet-cepet lepas aja hijabnya. Bener banget tuh mba masalah ngikat rambut, kalau kekencangan atau terlalu tinggi suka jadi pusing ketarik, apalagi klo pas naik motor, dan pake helm. Wasalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh pernah ngerasain tuh, ciputnya model tali, trus ngiketnya kekencengan, mana ikatan rambut juga agak tebel ditambah helm, alaaamaaak, pingin saat itiu juga ngendorin semuanya..

      Delete
  4. Sama Mbak aku juga tergantung sikon..Kalau mau anter anak, pakai yang praktis..cuss, jalan. Terus kalau kondangan atau acara resmi pakai yang agak ribet. hihihi..Tapi senangnya sekarang banyak pilihan dan mudah dibeli seperti lewat Bukalapak ini. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyaaak mbak, saya aja pingin coba yang pashmina di BukaLapak,

      Delete
  5. Aku lebih suka pake klip hijab mbak daripada pake peniti.. Kalau peniti suka bikin brodol kainnya, geemes.. Bergo sekarang sebetulnya udah banyak yang bagus-bagus ya mbak, cuma resikonya ya itu kadang nggak cocok buat yang mukanya bulet cem aku ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. KLip jilbab pernah kucoba, tapi kenapa lama-lama menjadi agak longgar yaaa?

      Delete
  6. Aku kalau nggak pakai ciput berasa nggak enak, rambutnya kemana-mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rambutnya dolan-dolan bikin risih ya Mbak

      Delete
  7. saya termasuk wanita yang gak bisa pake jilbab kalo gak pake ciput. pokoknya walau hanya jilbab pasang yang dipakai dalam rumah saya harus pakein ciput, hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciputnya pasti sangat nyaman ya, Mbak

      Delete
  8. saya jualan ciput nih mba, hehe malah promosi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciput ciput, cakep cakep ya model ciput sekarang?

      Delete
  9. Bersyukurlah yg mukanya mau pake jilbab model apa aja lgs cocok.. Suka envy ama para model jilbab :p. Krn aku hrs milih bgt jilbab apa yg cocok di aku mba. Model pashmina an kdg cocok, kdg ga.. Paling aman sih jilbab segi empat.. Kalo bergo apalagi, hrs liat bagian depannyanya deh..

    Yg pasti ciput aku wajib makenya. Bisa ga rapi2 itu jilbab kalo tanpa ciput. Trus kalo udh nemu penjual jilbab yg enak, cocok di aku, lgs borong banyak mba. Dan biasanya beli trus ama dia.. :D. Urusan jilbab aku ga begitu suka ganti2 penjual soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarang pakai ciput kalau aku, apalagi kalau pas perjalanan jauh, ngeri sakit kepalaku. Kalau ada ciput yang enak, rekomendasiin dong

      Delete
  10. yang foto kedua cakep banget... kepoin ah

    ReplyDelete
  11. Cantiknya kalo cewe pake hijab :D
    Wajib dibaca nih buat cewe" biar gak salah cara berhijabnya, hehe

    ReplyDelete
  12. Kalau pake kerudung terus gak pake ciput, serasa ada yang kurang.. hhe

    ReplyDelete
  13. Kalau aku ga suka pakai ciput loh, rasanya ga ada angin masuk hehehe. Aku biasanya mengenakan kerudung segi empat bahan katun biasa hijab paris gitu, kadang pashmina. Ya disesuaikan aja dengan acaranya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehee, iya Mbak. Gak ada angin dan kalau kekencengan bisa sakit kepalanya

      Delete
  14. Setuju, milih peniti jg penting ya

    ReplyDelete
  15. Aku orangnya gak betah dan gak suka pake ciput, kalau pake ciput itu kepala suka pusing hhe

    ReplyDelete
  16. Saya gak bisa pakai hijab tanpa ciput. PAsti geser-geser deh hijabnya. Makanya ciput itu wajib buat saya

    ReplyDelete
  17. Ada lho Mba temenku yang nggak bisa pakai ciput. Pusing katanya. Jadilah itu rambut biasa nyembul keluar, hahaha.

    ReplyDelete