18 Jan 2018

Jangan Panik Saat Mesin Cuci Gagal Membuang Air, Coba Cari Tahu Dulu Penyebabnya

[HouseHold] Hari ini cuaca mendung dan akhirnya turunlah hujan deras. Alhamdulillah bisa bangun pagi dan seperti sudah di setting, aktifitas pertamaku adalah menarik tuas air PAM, kemudian mengisi mesin cuci, lalu kutinggalkan.

Aktifitas pagi hari saat weekdays adalah menyiapkan sarapan, mengecek perlengkapan sekolah anak dan semua itu disambi dengan aktifitas mencuci pakaian. Mesin cuci berjalan lancar tanpa hambatan saat washing, tapi saat akan membuang air, haduh mengapa mesin cuci gagal membuang air? terhenti begitu saja, airnya gak mau keluar. 😩 

Pada saat mesin cuci bekerja secara normal, air dapat dibuang dengan cepat melalui saluran pembuangan. Berbeda yang terjadi pagi itu, air lambat sekali terbuang, bolak-balik saya menghampiri mesin cuci, air masih mengenangi tumpukan cucian pakaian. Angka di mesin cuci juga menunjukan angka 6, padahal untuk waktu selama itu, seharusnya mesin cuci sudah menggiling pakaian menjadi agak kering.

Agak was-was hatiku, karena pengalaman beberapa bulan kemaren, saluran pembuangan air pernah tersumbat koin. Tak tanggung tanggung, koin yang menyumbat seperti koin yang sengaja ditumpahkan ke dalam mesin cuci. Mungkin iya kali, sengaja, kek celengan gitu, uangnya hampir segenggaman tangan orang dewasa. Dan semua koinnya itu mulus tanpa ada guratan angka dan gambar.




Foto koin ada, tapi gak jadi di post, telapak tanganku terpampang jelas


Belajar dari hal tersebut, saya sudah berkali-kali ngecek saku celana dan saku baju serta mengurai satu per satu pakaian. Takutnya, uang koin memang sengaja ditumpahkan ke dalam keranjang pakaian kotor, kan. Nah, sangat tidak mungkin apabila saluran air yang tersumbat, menjadi penyebab air tak mau dibuang dari mesin cuci.

Hal yang saya lakukan pada saat itu adalah :  

πŸ‘§Gemes gak ketulungan. You know why? cucian sudah menumpuk di keranjang pakaian kotor! sepet ngelihatnya πŸ˜ͺ. Kerangjang setrikaan sudah agak kosong, bakalan gak punya kerjaan nanti dong, 😐 kalau nyucinya pending lagi. 

πŸ‘§ Secara refleks, tangan saya menggoyang mesin cuci dari arah depan ke belakang, dari arah belakang ke depan, dari samping kanan ke kiri dan sebaliknya. Mungkin, ya, mesin cuci akan bergerak dan ngeh kalau sedang dibangunkan untuk membuang tuh air. 

πŸ‘§ Meninggalkan dan mengerjakan aktifitas lainnya. Ya kali, dengan berdoa dan berikhtiar sembari nyuci piring, sembari ke pasar, air di dalam mesin cuci akan berkurang. Masa iya mesin cuci mau gagal terus gak mau ngebuang air di dalamnya. And what? πŸ‘€ beneran air di dalam mesin cuci berkurang, menakjubkan kan? berkurangnya dalam waktu 2 jam untuk air hanya 5 litter (kira-kira). 

πŸ‘§ Menunggu dengan penuh cemas setelah air tak terlihat menggenang dengan berdoa kencang banget. Ya Allah, saya mah ingin mesin cucinya ganti, tapi kalau suamiku belum ada dana beli mesin cuci, mohon lancarkan kembali mesin cuci saya, aamin.


Mesin Cuci saat diambil koin beberapa waktu lalu (3 Juni 2017)


Alhamdulillah, mesin cuci di rumah saya emang komunikatif, apapun yang dirasa sama mesin cuci, bakalan akan disampaikan lewat monitor digital dua digit itu. 

Mesin Cuci Say :

5E kode itu keluar setelah mesin cuci menghentak keras. Langsung dong, saya menghampiri dan menggoyang kembali. Kode 5E ini sering muncul saat mesin cuci gagal membuang air, sebelum ketahuan ada multifungsi si mesin cuci ini. 

Awal melihat ada kode 5E, saya langsung googling tuh kode sembari menuliskan brand mesin cucinya. Nah, tampil tuh di layar hape, semua kode dan salah satunya adalah kode 5E (Drain Error). Gak cuma kode yang dikasih, tapi ada saran yang harus dilakukan, yaitu; bersihkan saringan drainasenya, selangnya dipasang yang benar, dan pastikan tidak ada yang penyumbat saluran pembuangan. 

Setelah saya menggoyang mesin cuci, berharapnya, apabila masih ada koin, koinnya bisa merubah posisi sumbatan gitu. dan benar saja, mesin cuci memberikan respon yang berbeda di layar dua digit itu.

⛔  UE  Kode yang baru pertama kali saya dapatkan, dalam hati cukup kaget, apa maning kiye. Saya yang sedang mencuci piring, memanggil suami, meminta beliau mengetikkan di kolom pencarian google, nanyain maksud kode itu apaan?.

Setelah ketemu arti dan saran dari Kode UE ( Unbalance Error) yaitu mesin bekerja tidak seimbang, kemungkinan mesin berdiri tidak stabil, sebaiknya pakaian di keluarkan terlebih dulu baru kemudian dimasukkan satu persatu ke dalam mesin cuci kembali.

Nah, kaaan (ini sering banget ya, disampaikan si wanita), saat mencuci piring saya sudah berpikir ke arah situ. Tatakan di bawah mesin cuci agak merenggang dan kakinya mesin cuci, hampir keluar dari tatakan tersebut.

And We Do : 

πŸ”† Menunggu proses spin selesai dan mengeluarkan pakaian yang telah selesai dicuci. 
πŸ”† Memperbaiki tatakan mesin cuci yang berupa rangka besi.
πŸ”† Memastikan mesin cuci berada di pijakan yang benar.
πŸ”† Mencuci lagi.

Alhamdulillah mesin cuci menggiling kenacang dan air keluar buanyaaaak sekali dari saluran pembuangan. Hati ini cerah sekali meskipun tidak secerah cuaca mendung dan akhirnya hujan. 

Jadi, pelajaran dari kasus "mengapa mesin cuci gagal membuang air" ini, adalah :
  1. Terus mengecek saku baju dan celana, bahkan keranjang pakaian kotor. 
  2. Memasukkan pakaian kotornya satu-satu, gak asal bruk atau tuang dari keranjang.
  3. Menggunakan batas berat minimal saat mencuci pakaian. Kapasitas mesin cuci saya adalah 7 kilo, hari itu, saya mencuci di bawah 7 kilo, bahkan mungkin hanya 3 kilo pakian yang saya masukkan ke dalam mesin. Jadi, total saya mencuci 3 kali dalam 1 hari.
  4. Tetap memisahkan ketebalan pakaian yang akan dicuci, cuma masih belum bisa move on untuk mencuci keset dan lap dari mesin cuci, how dong? 
Baiklah, sekian kasus yang akhirnya satu masukkan ke dalam folder household. Semoga tulisan ini dapat membantu sekiranya ada pembaca yang menemukan permasalahan yang sama dengan yang saya alami pagi itu. 

20 comments:

  1. mesin cuci memang kadang suka adaaa aja masalahnya ya mba... kadang gak bisa geringin

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena dipakai terus saban hari, kali y

      Delete
  2. Saya pernah kayak gitu. Ternyata memang harus rutin dicek pembuangan airnya. Biasanya koin atau kotorannya menebal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalau koin ngeri ngeri sedep, kalau kotoran yang menebal, sebaiknya emang rutin dicek yaaa, kalau gak dibersihkan juga serem lihatnya,

      Delete
  3. ini enaknya kalo pake mesin cuci seperti ini. pas lagi error langsung kasi tanda. pernah banget mesin cuci dirumah ngasi kode dE. langsung nyari tau di mbah gugel ternyata itu pertanda terjadi eror pada pintu mesin cuci. sampe bingung bagian mananya yang kudu dibenerin. akhirnya bapak saya ngebongkar bagian pintu mesin cuci. ternyata kawat pengait pintu mesin cucinya copot. untung aja perbaikinya gampang, jadi nggak perlu dibawa ke tukang servis. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, ada kode error yang disampaikan. Tapi kalau gak bisa ngerjain sendiri, waktu tersumbat koin, saya panggil tukang service, hehehe

      Delete
  4. Duuuh udh lama deh kayaknya ga periksa saluran pembuangan mesin cuci dan saringannya.. Kayaknya perlu ingetin suami.. Alhamdulillah ini mesin cuci udh 6 thn msh baik budi, blm prnh rewel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga selalu baik ya mesin, biar gak genggu jadwal travelingnyaaa Mbak Fanny, hehehe

      Delete
  5. ealah trobel yang sama dialami mama mertua, sampe manggilin tehnisi. Tau gak knapa, ditemukan CD merah jambu nyankut disana. JAdi macet-cet akhirnya. Hahaha. Yang merasa punya properti itu jadi malu gak keruan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah, ini kalau mesin cuci dua tabung troubelnya kek gitu

      Delete
  6. iyaaah, emak tanpa mesin cuci, ibarat jalan tanpa kendaraan , lelaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gitu ya Mbak, hehhee urgent banget ya mesin cuci

      Delete
  7. nawra dan adik2nya juga suka lalai sama koin yg tertinggal di baju, kdang saya juga ga sempat periksa

    ReplyDelete
  8. Saya pakai Samsung juga Mbak, tapi yang bukaan depan...Bagusnya dia kasih kode 4E atau 5E..ya..Kalau saya masalahnya sering di lubang tempat air masuk. Karena pakai air tanah jadi sering kotor/berpasir..akhirnya air dari kran nggak bisa masuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya suka dech dengan kemajuan teknologi. Saya juga kadang masalah kotor di kran air masuk, sering-sering bersihin saja Mbak, hehee

      Delete
  9. Saya masih pakek 2 tabung sih,memang kurang simple tp lumayan tahan banting. Pernah juga macet krn kemasukan koin, selebihnya jrg ada masalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata ibuku juga, kalau dua tabung tahan banting. karena kalau rusak 1 tabung masih bisa satu tabung yang lain, ya, kan

      Delete
  10. Wah saya malah belum pernah pakai mesin cuci... Masih pakai manual hehehe :D

    ReplyDelete
  11. Aku paling sering mesin cuci macet karena ada uang logam. Suka lupa soalnya keluarin duit dari kantong baju.

    ReplyDelete
  12. Lengkap banget penjelasannyaaa :D

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete