13 Feb 2018

Jangan Bersedih Saat Kesempatan Mendapatkan Materi dari Blog Belum Datang, Bersyukurlah Dulu


[Pengembangan Diri] : Menghargai Diri Sendiri


Saat ini, peran saya adalah sebagai ibu rumah tangga. Awal saya resign 3 tahun lalu, sempat dibantu asisten rumah tangga. Suami saya yang meminta saya untuk dibantu asisten rumah tangga. Mungkin tidak ingin melihat saya terlalu lelah mengurus anak-anak dan mengurus pekerjaan rumah. 

Unsplash


Sayapun mengajukan syarat, asisten rumah tangga hanya mengurus pekerjaan rumah, bukan anak-anak. Selain itu, pekerjaan rumah memasak dan menyetrika tetap saya yang handle. Saya ingin tetap mengerjakan pekerjaan rumah, supaya badan saya tidak mager dan tetap melakukan gerak badan.


Aktifitas blogging yang sudah saya jalani saat masih bekerja, juga masih ingin saya lakukan. Saat itu, kondisi laptop di rumah hanya satu. Biasanya suami tidak membawa ke tempat kerja. Namun, saat itu, suami membutuhkan laptop juga untuk membantu pekerjaannya. 

Setelah berdiskusi, akhirnya saya memutuskan untuk membeli laptop untuk sendiri. Jadi, saya menulis blog tidak perlu menunggu suami pulang dari tempat kerja di malam hari. Kebayang juga kan, kalau saya harus menunggu malam hari untuk menulis blog. Kadang ide-ide atau keinginan menulis blog itu, datang saat pagi dan siang hari.


Selama hampir 7 tahun melakukan aktiftas blogging, saya memang belum memiliki nama yang dikenal luas. Tapi saya tetap menulis di blog dan bergabung dengan berbagai komunitas-komunitas blogger supaya memiliki jaringan yang kuat.

Dukungan dari suamilah yang membuat saya semangat. Ngeblog bukan untuk dikenal orang secara luas, kan? apalagi, konsumen suami pernah mengatakan kepada suami, pernah melihat wajah suami dari artikel yang didapat dari blogku. Seharusnya saya bangga, telah membantu orang menemukan apa yang dicari di internet. Alhamdulillah.

Beberapa lomba blog juga pernah saya ikuti. Tidak banyak sich mengikuti lomba, karena mengukur kapasitas diri yang kadang sulit untuk menyempatkan menulis. Alhamdulillah, beberapa kali saya mendapatkan kabar, tulisan saya didapuk menjadi pemenang. 

Materi hadiah lomba juga Alhamdulillah beberapa kali mendapatkan nominal sampai 6 digit. Ada yang berupa voucher, uang dan ada kesempatan mendapatkan sebuah gadget. Semua materi tersebut saya syukuri, sebagai bonus memiliki sebuah blog. Karena saya memiliki kesempatan menulis di blog dan mengikuti lomba tersebut. Orang lain, mungkin juga bisa seperti saya, apabila mendapatkan kesempatan.

Beberapa tulisan yang menjadi pemenang kompetisi blog:
  1. http://www.anakastinastanti.com/2017/08/konferensi-ayah-bunda-platinum-di-kota.html
  2. http://www.anakastinastanti.com/2015/10/keluarga-bahagia-bersama-leggendaddy.html
  3. http://www.anakastinastanti.com/2016/05/tidak-ada-kata-terlambat-untuk-siap.html
  4. http://www.astinastanti.com/2016/02/seyum-ceria-keluarga-berawal-dari-sabun.html


Selama mengenal aktifitas ngeblog, saya banyak sekali melihat teman-teman blogger lain mendapatkan materi yang sangat banyak. Saya percaya mereka mendapatkannya dengan penuh perjuangan. Blog-blog mereka bagus-bagus dan konsisten menulis dengan baik, materipun mengalir dengan mudah.


Selain menulis artikel organik di blog, aktifitas blogging juga bisa mendatangi event blogger secara offline, bisa mendapatkan job review sebuah produk atau jasa. Caranya tentu saja mendaftar dan diseleksi. Beberapa kadang saya mendapatkan kesempatan tersebut, kadang saya sama sekali tidak pernah mendapatkannya. Apakah ada perasaan sedih? merasa tidak dianggap? merasa tidak diberikan kesempatan? 

Jawabannya tidak. Rugi sekali apabila saya merasa sedih hanya karena belum mendapatkan kesempatan mendapatkan pekerjaan dari dunia blogging. Toh, nanti, pada saatnya akan datang kesempatan-kesempatan lainnya lagi, kan. 

Mungkin agak sulit ya berkata seperti itu, saat dalam kondisi emosi yang kurang baik. Oleh sebab itu, saya senantiasa menghargai diri sendiri, untuk mengurangi perasaan tidak dianggap dan lainnya. 

1| Selalu Bersyukur

Rasa syukur mengalahkan perasaan apapun di dunia ini. Apapun yang terjadi, apabila rasa syukur telah terbiasa diucapkan, baik mendapatkan rejeki maupun saat belum mendapatkan kesempatan, syukurilah sebagai tanda bahwa ada kesempatan lain yang akan datang.

2| Berterima Kasih kepada Diri Sendiri

Rasanya bahagia sekali saat berterima kasih kepada diri sendiri. Mengucapkan beribu terima kasih, telah mau menaklukkan rasa malam menjadi aktifitas yang produktif dengan blogging. Bukan materi saja yang diterima, tapi ada healing yang membuat hati jadi lega setelah menulis, bukan. Jadi, tidak ada salahnya dong, mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri

3| Melakukan Aktifitas Lain

Tidak mendapatkan kesempatan dari satu sisi, cobalah untuk melakukan hal lainnya. Menulis blog dengan artikel organik (artikel organik adalah artikel murni dari penulis, bisa dari pengalaman atau opini penulis) di blog. Atau bisa saja melakukan aktiiftas lain berupa kopdar dengan teman-teman di dunia nyata.

4| Mengapresiasi Diri Sendiri

Tidak ada salahnya untuk memberikan penghargaan kepada diri sendiri. Saat mendapatkan kesempatan menjadi pemenang sebuah lomba blog, tidak ada salahnya berbagi. Berbagi tidak harus dengan teman-teman di dunia maya. 

Tidak ada salahnya  menghadiahi diri sendiri dengan barang yang ingin dimiliki. Misalnya, membelikan diri sendiri makanan atau minuman yang diinginkan. Ice cream dan chococake mungkin. Atau membeli baju baru atau peralatan untuk menunjang blogging yang baru. 

5| Mengganti Tampilan Blog

Mengganti tampilan blog mampu membuat happy loh. Beberapa kali, saya mengganti template blog. Ada yang secara khusus membeli template blog dari teman blogger. Ada yang membuat sendiri, hitung-hitung latihan dari beberapa ilmu blog yang pernah saya pelajari. Template blog yang ini saya beli dari teman blogger dengan sedikit modifikasi dari saya sendiri. Gimana tampilannya? cakep ya?

Nah, untuk teman-teman yang penasaran tentang dunia blogging itu seperti apa? sedikit saya menuliskan gambaran di atas. Bahwa dunia blogging itu sangat menyenangkan. Blog bukan hanya sebagai media mencari tambahan penghasilan saja kok. Semua tergantung dari niat membuat blog itu sendiri ya, teman-teman. Jadi, janganlah berkecil hati, apabila blog teman-teman belum pernah mendapatkan kesempatan mendapatkan job ya. 

Salam
Astin

5 comments:

  1. Saya selalu menganggap kalau blog adalah diary. Jadi meskipun belum ada materi, ada kenangan indah yang saya simpan di blog. :)

    ReplyDelete
  2. blog bagiku juga semacam me time mbak... ada nggak ada materi dari blog tetap berusaha diisi rutin

    ReplyDelete
  3. Ahh blog buatku me time, seperti tujuan awal ngeblog..
    Tak pernah mencari job, insyaallah datang sendiri asalkan tetep meningkatkan kualitas diri dan megoptimalkan potensi diri aja ya Mak!

    Pokoke happy blogging weh, laaf ngeblog!

    ReplyDelete
  4. Ganti tampilan blog emang moody banget yah Mbak, hehe. apalagi kalau templatenya bagus :D

    ReplyDelete
  5. Dulu aku kurang tertarik dengan blog mba. Habis sempat punya fikiran, buat apa sih nulis2 gt. Tapi sekarang setelah jadi blogger baru walau masih belajar, Alhamdulillah berasa manfaatnya...

    ReplyDelete