17 Feb 2018

Kapan Anak-Anak Boleh Menonton Film Perjuangan



[Parenting] : Film Perjuangan untuk ditonton anak-anak

Haaai apa kabar semuanya? blogpost malam minggu kali ini rada berat euy. Alhamdulillah pekerjaan rumah sudah beres. Anak-anak juga sudah makan malam, sudah rapi dan saatnya menikmati kata demi kata yang bakalan terangkai di blogpost ini. Anak-anak tetap melakukan aktivitasnya menonton televisi. Tayangan serial kartunlah yang selalu menemani waktu istirahat mereka. Saya hampir mengetahui serial kartun apa saja yang mereka tonton. Mulai dari serial Doraemom sampai Tayo. Kalaupun   saya sedang sibuk di depan laptop atau di dapur, suara televisinya masih terdengar. 

Unsplash


Anak-anak membutuhkan tontonan yang menghibur sekaligus mendidik. Saya belum membiasakan anak-anak menonton film di bioskop. Tidak ada alasan, mengapa saya belum mengajak anak-anak ke bioskop. Anak-anak sementara saya ijinkan menonton tontonan serial kartun dan film animasi baik dari televisi maupun dari YouTube.


Ada beberapa serial kartun dan film animasi yang dapat anak-anak tonton di televisi dan YouTube. Serial kartun yang ditonton di televisi saat ini, paling banyak didominasi serial kartun dari RTV. Anak-anak senang menonton Syamil dan Dodo, Tayo, Robocar Poli, Little Pony sampai Doraemon di RCTI. Sedangkan film-film serial dan animasi yang ditonton di YouTube bisa apa saja mereka tonton. Saya dan suamilah yang menentukan. Paling sering yang mereka tonton, adalah serial kartun juga yang sudah ditonton di televisi. 

Tontonan di atas adalah tontonan yang menghibur anak-anak. Sedangkan, anak-anak juga membutuhkan tontonan yang mendidik. Tontonan di atas juga sebetulnya banyak yang menghibur sekaligus mendidik, ada unsur edukasi bagi anak-anak. Bagaimana dengan film perjuangan? apakah film perjuangan ini sudah cocok ditonton oleh anak-anak sekarang ini? Anak saya berusia 8 tahun dan 3 tahun. 


Film Perjuangan Sejarah Islam dan Film Perjuangan Kemerdekaan Indonesia


Ada banyak film-film perjuangan yang diproduksi. Ada film perjuangan islam pada masa lalu, ada film perjuangan kemerdekaan Negara Indonesia dan masih ada banyak film yang bertema perjuangan. Pada bulan Ramadhan, film-film perjuangan islam sering diputar untuk memberikan pengetahuan sejarah agama islam. 

Teman-teman dapat mencari di mesin penelusur contoh-contoh film perjuangan agama islam, ya. Ada beberapa film perjuangan Indoneisa. Salah satunya yang paling sering diputar saat saya kecil adalah film tentang penggambaran pahlawan revolusi. Semua film perjuangan tersebut, menurut saya sanak-anak boleh kok menonton film perjuangan, malah sangat disarankan. Tentu, ada batas usia anak untuk menonton film perjuangan tersebut.


Kapan Anak Menonton Film Perjuangan


Film-film perjuangan rata-rata yang pernah saya tonton, memiliki unsur kekerasan dalam tanda kutip. Film perjuangan juga menceritakan hal-hal yang penting dan layak untuk dimengerti dengan benar. Anak-anak seusia anak-anak saya di rumah, masih belum saya ijinkan untuk menonton film perjuangan tersebut, baik perjuangan agama islam dan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Menurut saya, anak-anak usia SMU adalah masa untuk anak-anak dapat menonton film perjuangan. Usia SMU, anak-anak sudah mulai kritis dan mencari hal-hal yang sekira belum dimengerti dari apa yang ditonton. Meskipun demikian, anak-anak harus diberikan pendampingan saat menonton film perjuangan tersebut. Alasannya supaya anak dan orang tua dapat berdiskusi tentang apa yang telah ditontonnya.

Beberapa waktu lalu, Masjid di dalam kompleks perumahan ini, mengadakan nonton bareng film perjuangan yang mengisahkan pahlawan revolusi. Ada syarat yang yang ditulis di pengumuman tersebut, anak-anak yang boleh datang adalah anak-anak berusia SMU ke atas. Sedangkan anak-anak yang berusia di bawah usia SMU sebaiknya di rumah saja. Tapi dalam pelaksanaannya, banyak sekali anak-anak kecil di sana. Semoga para orang tua memberikan penjelasan apa yang ditontonnya.


Manfaat Anak-Anak Menonton Film Perjuangan


Anak-anak adalah investasi masa depan. Anak-anaklah generasi yang akan menyambung generasi orang tuanya. Pada diri merekalah, masa depan akan lebih bagus atau malah biasa saja. Dengan menonton film perjuangan agama islam, anak-anak dapat mengenal sejarah agama islam pada masa lalu. Anak-anak akan memiliki pengetahuan luas bagaimana masa islam di jaman dulu. Anak-anak juga mendapatkan semangat dari film perjuangan negara. Anak-anak lebih mneghargai jasa-jasa para pahlawan.

Contoh nyata adalah anak sulung saya sudah bertanya, kenapa dulu ada yang namanya perang. Kenapa penjajah bisa menyerang Indonesia? kenapa Indonesia dijajah? senjatanya apa? Anak-anak sudah mulai tertarik untuk belajar sejarah. Sebagai orang tua, saya harus memberikan jawaban dan gambaran yang jelas dan benar. Bukan jawaban yang menggantung dan tidak benar. Saat usia mereka sudah siap menonton film perjuangan, barulah mereka akan mendapatkan gambaran yang "nyata", tapi setidaknya mereka sudah mendapat bekal dari penjelasan saya di masa kecil ini. 


Saran untuk Pembuat Film Perjuangan


Angan-angan saya saat mengajak anak-anak menonton film perjuangan adalah sebagai berikut;
  1. Pembuat film harus benar-benar memahami betul tema yang akan difilmkan.
  2. Pembuat film sebaiknya menggambarkan secara detail dan benar-benar terjadi, dan mendapatkan sumber dari pihak benar dan bertanggung jawab
  3. Penggambaran adegan kekerasan, apabila ada. Sebaiknya digambarkan dalam cerita ringan saja, bukan penggambaran secara detail. Alasannya, anak-anak adalah perekam yang baik, takutnya anak-anak malah menjadi trauma dengan apa yang ditontonnya.
  4. Pembuat film juga harus benar-benar memperhatikan dialog tiap adegan. Dialog sebaiknya menggunakan bahasa yang baik, bahasa yang dapat dimengerti anak-anak dan dialog yang positif.
Tidak mudah memang membuat film perjuangan yang "ramah" anak. Namun akan sangat bagus dan sangat dihargai, apabila film-film perjuangan dapat digambarkan dengan memperhatikan bahwa ada anak-anak yang akan menonton film perjuangan tersebut. Terlepas, diijinkan oleh orang tuanya atau anak tersebut menonton sendiri. 

Mungkin begitulah opini saya mengenai film perjuangan. Anak-anak boleh menonton film perjuangan namun ada batas usia yang diperbolehkan menonton. Film perjuangan sebaiknya juga dibuat "ramah" anak. 

2 comments:

  1. Aku belum pernah ngajak anak-anak buat nonton film perjuanagan atau pahlawan gitu sih sejauh ini.

    ReplyDelete
  2. Saranya mantab nih Mbak, saya kalau mau ngajak anak-anak buat nonton film perjuangan takut ada kekerasannya sih.

    ReplyDelete