16 Feb 2018

Berani Mengubah Gaya Hidup Bersama Casio My Style Colorful Calculator


[Gaya Hidup] : Little Things to Boost Mood and Productivity


Hal kecil yang meningkatkan mood dan produktivitas. Peran saya saat ini adalah menjadi ibu rumah tangga yang full stand by di rumah. Mengasuh anak-anak dan menyiapkan semua kebutuhan-kebutuhan di rumah. Bersama dengan suami, saya selalu mendiskusikan setiap keputusan yang akan saya ambil dan lakukan. Semua hal yang menyangkut perkara; saya dan kebutuhan-kebutuhan di rumah, menurut saya adalah keputusan besar, termasuk bagaimana membelanjakan uang untuk membeli kebutuhan bulanan dan harian. 

Berani Mengubah Gaya Hidup Bersama Casio My Style


Tiga bulan terakhir ini, saya menyatakan diri harus keluar dari zona nyaman. Zona nyaman yang selama ini membuat saya terlena di dalam rumah. Menerima uang, membelanjakan uang tersebut, tanpa mencatat dan mengontrol ke mana saja uang itu dibelanjakan. Begitu terus dari awal saya tinggal di rumah setelah resign  sampai beberapa bulan kemarin. Menurut saya, zona nyaman tersebut membuat saya tidak nyaman. Hingga saya harus berani untuk memutuskan untuk mengubah gaya hidup. Gaya hidup yang harus saya ubah dengan cepat adalah memasak makanan sendiri di dapur sendiri.


Berani Mengubah Gaya Hidup


Berani mengubah gaya hidup yang terbiasa menerima uang, membelanjakan tanpa mencatat dan mengontrol kemana uang itu dibelanjakan. Ada asisten rumah tangga yang membantu membereskan rumah. Ada bude katering yang siap sedia menyediakan sajian makanan, saat saya lapar. Alangkah nyamannya hidup itu ya. Lalu perlahan saya harus berani mengubah gaya hidup tersebut. Tujuannya demi kehidupan yang lebih nyaman dan bahagia. Saya ingin lebih memaknai kedatangan uang-uang tersebut dan kemana uang-uang tersebut dibelanjakan.

Hal yang harus saya lakukan saat keluar dari zona nyaman tersebut adalah saya harus membereskan rumah, tanpa dibantu asisten rumah tangga. Perjuangan berat tentunya, terbiasa dibantu oleh orang lain, kali ini saya harus mengatur waktu supaya semua pekerjaan rumah yang penting terselesaikan. Alhamdulillah, suami juga ikut turun tangan membantu mengerjakan perkerjaan rumah. Tentunya, saat tidak mengerjakan pekerjaan kantor, ya. 

Tugas paling mulia yang harus segera saya laksanakan adalah menyiapkan makanan untuk suami dan anak-anak dari dapur sendiri. Menyiapkan makanan dari tangan saya sendiri, bukan beli di bude katering atau di manapun. Ada yang mengatakan, memasak sendiri memiliki perhitungan yang lebih hemat. Ada juga yang mengatakan membeli makanan matang, jauh lebih praktis dan hemat segala-galanya dibandingkan memasak sendiri. Perhitungan mana yang lebih tepat? perhitungan menggunakan kalkulator apa , sehingga bisa dikatakan lebih hemat? Insya Allah saat ini, perhitungan memasak sendiri, jauh lebih membahagiakan dan perasaan saya lebih tenang.

Menghitung Pengeluaran Belanja Bahan Makanan


Tidak terlalu susah untuk kembali lagi pada rutinitas menyusun menu, berbelanja bahan makanan dan memasak di dapur. Hanya butuh penyesuaian saja, karena sudah lama sekali tak pernah menyentuh dapur. Bismillah, saya mulai mencari-cari informasi cara yang tepat untuk menyimpan bahan makanan di lemari es, supaya awet lama. Ya, saya tidak suka terlalu sering keluar rumah menuju warung, toko ataupun pasar untuk berbelanja. 


Berani Mengubah Gaya Hidup Bersama Casio My Style


Belajar dari pengalaman, apabila rutin keluar ke tempat perbelanjaan setiap hari dalam seminggu, dana yang dikeluarkan sangat membengkak. Contohnya, saat saya membutuhkan garam dapur pada siang hari. Pergi ke pasar, tentu sudah bubar. Mau ke warung tetangga, tutup. Pergilah saya siang itu membawa dua anak saya, yang tidak mungkin ditinggal. Saya pergi ke minimarket yang buka kapanpun. Membeli garam 7500 rupiah, jajan anak-anak minimalnya 4000 rupaih satu anak. Total belanja 15.500 rupiah satu kali pergi. 

Menulis Secara Lengkap Daftar Kebutuhan


Saya mengajak suami berdiskusi mengenai rutinitas belanja bulanan, tetap dilakukan di supermarket langganan. Sedangkan untuk berbelanja kebutuhan bahan makanan selama satu minggu, saya akan pergi ke pasar tradisional. Tidak ada lagi, sedikit-sedikit belanja di minimarket di depan kompleks. Perhitungannya lebih hemat. Saya harus memastikan tidak ada kebutuhan yang terlewat yang belum dibelanjakan. Yaah, kealpaan milik manusia, apabila ada yang kurang satu dua, cukup belanja di warung tetangga/ bolehlah ke minimarket depan kompleks.


Berani Mengubah Gaya Hidup Bersama Casio My Style
Warna-warni kehidupanku ada di lemari es yang terisi wadah bahan makanan berwarna-warni


Penyusunan menu selama satu minggu saya susun dengan variasi makanan yang disuka oleh semua anggota keluarga. Menu satu minggu sudah rapi, saatnya saya mem-break menjadi daftar belanja bahan makanan tersebut. Biasanya saya menambahkan kolom estimasi harga, sebelum berbelanja. Jadi sebelum saya berbelanja, saya sudah dapat menghitung berapa estimasi belanja di minggu ini. Dalam kegiatan hitung-menghitung ini, saya harus fokus pada kebutuhan, bukan keinginan. 

Perhitungan-perhitungan sederhana saya kerjakan. Menghitung jumlah paha ayam yang dibutuhkan dikalikan dengan estimasi harga paha ayam. Estimasi harga ini, saya gunakan dengan harga paha ayam yang kemarin. Bisa berubah kan, bisa naik, bisa turun. Setelah semua bahan makanan diestimasi harganya, kemudian saya akan menemukan total estimasi yang harus saya bayarkan saat belanja bahan makanan di pasar.

Melakukan Hal Kecil Mampu Meningkatkan Mood dan Produktivitas


Menghitung adalah hal sederhana, sesederhana berkata, bahwa hidup saya selalu membahagiakan. Apalagi sejak saya mengubah pola hidup dari membeli makanan matang, menjadi membeli bahan makanan kemudian memasak sendiri. Saya merasa hidup saya menjadi lebih bersemangat. Tidak ada lagi yang namanya terlena. Tidak ada lagi yang namanya lemari es kosong melompong. Tidak ada lagi yang namanya wadah makanan tersimpan sia-sia, karena semua benda tersebut produktif juga akhirnya. 

Jangan tanyakan bagaimana saya kini. Teman-teman dapat melihat post Instagram Dapur Astata yang rajin saya upload masakan sendiri dari dapur saya sendiri. All about food yang saya pajang di akun khusus masakan tersebut, semua adalah masakan dan kreasi saya sendiri. Bagaimana mungkin saya tidak berkata bahwa hidup saya sekarang lebih berwarna-warni. 

Berani Mengubah Gaya Hidup Bersama Casio My Style Colorful Calculator




Berani Mengubah Gaya Hidup Bersama Casio My Style


Bagaimana segarnya mata saya melihat daun pakcoy yang berwarna hijau  menyambut warna merahnya tomat di dalam panci saji. Bagaimana mungkin saya tidak bahagia melihat warna-warni sayur bayam yang saya masak, ada warna hijaunya bayam, ada warna kuningnya jagung manis, ada warna hijau mudanya labu bersinar diterangi warna orangenya wortel. 

My Style Colorful  Life and Calculator


Warna-warni sayur mayur yang membuat hidup saya berwarna seperti warna-warninya kalkulator terbarunya CASIO My Style.  Warna-warnanya memberikan gaya baru saat menggunakan kalkulator sebagai alat untuk menghitung. Kalau dulu, perkenalanku dengan Casio hanya warna-warna yang gelap, sekarang hidup saya dan CASIO sudah berubah menjadi berwarna. That's Me and My Style Colorful Calculator

Alhamdulillah hidup saya saat ini terasa lebih produktif dibandingkan hari-hari sebelum saya keluar dari Zona Nyaman. Kini, ada hal kecil yang senantiasa menemani saya untuk meningkatkan mood dan produktivitas yang Insya Allah membuat hidupku menjadi lebih tenang dan bahagia. Bagaimana dengan teman-teman semua? apakah saat ini sudah berada di zona terbaik di hidup kalian? selamat ya semoga teman-teman selalu memiliki hal kecil yang dapat meningkatkan mood dan produktivitas dalam bidang apapun. 

Saya juga ingin memberikan warna-warni dalam kehidupan teman-teman nich. Setelah tadi saya membagi pengalaman harus keluar dari zona nyaman dan mengubah gaya hidup. Saatnya saya membagikan promo code ini  CASIOBLOGGY85 untuk teman-teman yang ingin hidupnya berwarna bersama #CasioMyStyle.  Caranya mudah sekali, nich saya bagikan juga linknya ya https://www.mataharimall.com/p-9604/colorful-casio-calculator. Buruaaan, ajak teman-temanmu untuk memberi warna dalam hari-hari kalian. See you.

55 comments:

  1. Lucu kalkulatornya. :D Warna-warni dan mini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lucu yaaa, warnanya yang kupilih kuning dong.

      Delete
  2. warna warniii bangeeeet. Aih tos mbaaak, aku pun keluar dari zona nyaman haha. Tapi kadang kangen kan sama zona nyaman :D Mba Astin jalan lah yuk kapan2 :p
    aku blm konsisten mbaaa klo ngitung pengeluaran >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kangen banget, zona nyaman itu comfort banget pokoke, kek lagi ngitung penghasilan kan yaaa..heheee. Yuk, kangen-kangenan kitaaaa.

      Delete
  3. I love colors too! Makanya segala warna ada, tapi paling banyak unguuu

    ReplyDelete
  4. Baca ini bikin saya kangen belanja sayuran, Duh, sudah lama sekali aku nitip masak di warung dan resto....hhhahaha ...makasih mbak, telah membangkitkan hasrat memasakku lagi #emmm, kayaknya aku juga butuh kalkulator nih, untuk menghitung-hitung berapa persen sebetulnya kadar cintanya kepadakuuuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, tapi itu dulu. Seakrang masak sendiri dulu. Eaaaa, yuk dibeli

      Delete
  5. Itu warna kalkulatornya kayak permen karet..lucu bangettttt

    ReplyDelete
  6. Rajinnya Astin, aku malah jarang masak sekarang. Btw kalkulatornya warna-warni ceriaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh rajin Mbak, kemaren kemaren malesnya kebangetan

      Delete
  7. Lucu ih warna kalkulatornya. Jd seneng hitung-menghitung nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, sebelum belanja, berhitung dulu pakai si imut ini

      Delete
  8. Kalau saya dapatnya warna merah, Mbak
    Dan pas banget suka hahaha

    Semoga lancar dengan style-nya woth Casio ya Mba

    ReplyDelete
  9. Itu yang 2.000 buat jaja cilok Fira ya, Bund. Hahaha. Ibu yang satu ini jempol banget, rajin mencatat dan juga berhitung. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicatat biar inget. Cilok mending bikin Bunda, paling beli bumbu dapur saja, dapat 2000

      Delete
  10. Emang deh Casio itu merek yang top dan mumpuni banget. Zaman aku masih sekolah dulu aja, pakai Casio. Skerang ada yang terbaru ya My Style, wah makin keren abiiiizzz deh :) AKu suka pink!

    ReplyDelete
  11. Aaaaaah warnanya samaan kaya punya akuuuu. bikin semangat ngitung ngitung ya maaaaaak.. hihihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tooosss, kuning terang menerangi itung-itungaaaan kitaaa

      Delete
  12. imut warna kalkulatornya. Cocok buat mata, seger....

    ReplyDelete
  13. Semangat itung kebutuhan masak pake calculator casio

    ReplyDelete
  14. Benar sekali Mba masak dan beres-beres rumah sendiri itu lebih hemat yaa, sayapun terbiasa masak sendiri padahal di rumah cuma ada sata dan suami yang makan tapi tetep lebih puas kalau masak sendiri.
    Salfok deh sama si koneng colorful calculatornya 😍, ternyata cakep banget ya warnanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, selagi bisa mengerjakannya sendiri, kenapa ndak, ya to? hehehee. Yup si mungil kuning itu ikut meningkatkan moodku Mbak

      Delete
  15. casio ini warnanya cerah2 ya Mba, bikin semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, casio punya warna warni yang membuat semnagat

      Delete
  16. aku jadi ingat, kalkulator aku yang dirusakin anak-anak, kalo pake ini duh bisa makin tertarik mereka nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya beli yang waran kuning untuk anak-anakku kelak, Mbak

      Delete
  17. Aku juga suka warna hijau kak.. >.<

    ReplyDelete
  18. ngitung pengeluaran itu kadang suka sedih. Lebih besar pengeluaran dari pada pemasukan. wkwkkwkw

    ReplyDelete
  19. Waw, hijau lemon seger ya. Sama kayak sayurannya, seger.
    Saya mah hijau tosca :)
    Btw, isi kulkasnya rapi. PR nih buat saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seger banget yaaak. Sedang mulai menata kulkas Mbak, semoga istiqomah

      Delete
  20. Selalu suka kalkulator Casio dari zaman Sekolah, awet banget...

    ReplyDelete
  21. Yang penting, jangan dibawa pas belanja sayur ya mba. Ntar abang-abangnya naksir kalkulatornya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kusuruh beli dong, biar samaan, hohoo

      Delete
  22. Bagi saya beli matang atau masak sendiri bukan perkara mana yg lebih murah, tapi keduanya saling melengkapi. Saya masak untuk menu yang nggak dijual orang lain atau saya kesulitan belinya (termasuk masalah kebersihan dll). Kulineran pun saya senang. Keduanya tentu harus diperhitungkan pengeluarannya. Hitungan paling mudah ya pakai kalkulator ya, haha... Makin kesini, kalkulator Casio emang makin kece ya, warna-warni cerah ceria :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga sich, saya juga tetep kulineran di luar rumah, kalau pas jalan-jalan. Ditemani kalkulator casio yang warna warni jadi tambah semangat ya

      Delete
  23. saya juga sedang mulai melakukan perhitungan pengeluaran harian, mbak. jadi tiap belanja dicatat biar lebih tahu pengeluaran per bulan berapa. semoga aja sih bisa konsisten nyatatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buatku penting mencatat pengeluaran, apalagi aku pelupa orangnya

      Delete
  24. Barang-barang colorful tuh beneran bikin mood membaik, mbak.

    ReplyDelete
  25. aku selalu gak berhasil menerapkan belanja banyak sekaligus untuk beberapa hari, soalnya mood suka berubah-ubah. Makanya aku belanja harian, susahnya jadi moody

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe bener-bener, kalau udah disusun gini kudu ditapi sih, tapi aku fleksibel Mbak, otak atik menu masih bisa ditolelir

      Delete
  26. Wah, ngitung2 pengeluaran harian rumah tangga cocok bingits ya pakai Casio My Style. Aku juga nih, dapetin warna pink heheheh. Toss ya mbak Astin :)

    ReplyDelete