23 Feb 2018

Tips Menyusun Menu Masakan untuk Menghemat Waktu Berbelanja



[Dapur] : Tips Menyusun Menu Makanan


Hai hai, setiap bangun tidur di pagi hari, kegiatan yang kulakukan itu langsung menuju ke lemari es. Saat membuka pintu lemari es, ngelirik ke rak dapur untuk membaca masak apa hari ini dari kertas menu yang ditempel. Kok enggak ditempel di pintu lemari es? kepinginnya memang ditempel di pintu lemari es gitu ya, pakai magnet lemari es. Tapi, dicari-cari magnet lemari esnya  gak nongol juga. Mungkin kalau ada temen yang mau kasih magnet lemari es, saya mah terima kasih banyak. Hehehee.

Tips Menyusun Menu Masakan untuk Menghemat Waktu Berbelanja



Yup, saya selalu menyusun menu masakan dalam satu minggu di laptop. Kalau berkali-kali ngebuka laptop kan agak kerepotan ya. Jadi saya salin ke kertas. Saya tempelkan di rak dapur supaya lebih mudah untuk dibaca kapanpun. Dan, suami juga bisa membacanya saat sedang membantu mencui piring di dapur. Yah, kali aja dia akan request menu hari ini pindah ke hari ini, atau mungkin mau mengubah menu soto ayam menjadi sop ayam saja, kan bisa. Soto ayam di dapur astata itu hanya berisi bihun, tauge dan kuah soto yang berisi ayam. Jadi masih bisa diubah, kan.



Kegiatan Paling Mengasyikan


Kegiatan menyusun menu ini merupakan kegiatan yang paling utama sebelum #foodprep atau #foodpreping. Saya juga paling senang nich menyusun menu untuk satu minggu, meski akhirnya menu masakannya itu-itu saja. Hehehee, entahlah, saya belum siap untuk mencoba resep-resep masakan yang cara membuatnya agak ribet dan mencari bahan-bahannya agak kesulitan. 



Tips Menyusun Menu Masakan untuk Menghemat Waktu Berbelanja


Rencana menu masakan ini bisa disusun untuk satu minggu atau sekalian satu bulan. Nah, Bulan Ramadhan sebentar lagi nich, teman-teman bisa loh mulai menyusun menu untuk satu bulan, mulai sekarang. Awal menyusun menu lagi, saya sempat mencari inspirasi dengan cara stalking akun Instagram yang berisikan kuliner/ masakan homemade. Yah, ada positifnya loh, stalking instagram dapur siapa gitu. Jadi, ada tambahan semangat untuk konsisten memasak sendiri. 


Manfaat Menyusun Menu Masakan


Menyusun menu ini ada banyak manfaatnya loh, teman-teman. Membantu proses belanja lebih cepat. karena sudah pasti bahan makanan yang akan dibeli. Intinya mah, menyingkat waktu saat berbelanja. Tidak bingung di pasar. Sering banget nich saya jumpai, ibu-ibu yang malah ngerumpi di pasar. Ada beberapa curhatanya yang mengatakan bingung mau masak apa. Menyusun menu juga dapat mengatur kalori dan gizi yang seimbang (untuk yang sedang menerapkan pola hidup sehat). Bagi saya pribadi, yang penting saat menyusun menu, ada sayur dan ada lauk. 


Tips Menyusun Menu Masakan untuk Menghemat Waktu Berbelanja



Susah ndak to nyusun menu untuk satu minggu atau bahkan satu bulan? ndak sich yang penting menyempatkan waktu saja, ndak lama kok, paling satu hari. Heheheee, ndak sampailah satu jam ya, kecuali sambil nonton drama korea gitu, ya. Saya punya tips nich untuk menyusun menu masakan. Mungkin teman-teman yang sedang bingung gimana sich menyusun menu masakan? apa harus masakan yang enak-enak? ndak juga lah.

1| Buah, Sayur dan Lauk itu Wajib


Dari awal saya memutuskan untuk kembali ke realita emak-emak cantik di dapur. Suami menitipkan pesannya yang sangat mengharukan. Apa pesan tersebut? pesannya, perbanyak buah dan sayuran ya, de. Hamburkan saja uang untuk membeli buah-buahan, kalau perlu kurangi menu yang goreng-gorengan. Duh, saya terharu sekali, loh. Saya diminta menghabiskan uang 150.000 dalam seminggu untuk belanja buah.

Tips Menyusun Menu Masakan untuk Menghemat Waktu Berbelanja



Betapa gorengan di jalanan itu sangat menggoda. Alhamdulillah sudah lama sekali, sudah tidak mampir di abang tukang gorengan. Padahal setiap lewaaat euy, aromanya menggoda iman. Jadi, cara untuk membuat saya tenang adalah membeli bahan makanan yang bisa digoreng. Contohnya pisang, ubi, tempe yang bisa digoreng sendiri di rumah.

Goreng menggoreng juga ndak terlalu sering kok. Bisa satu bulan sekali, kecuali tahu dan ayam goreng. Dua makanan itu kesukaan anak-anak saya di rumah. Abinya biar mendapat lauk dari sayur yang dicampur irisan tahu atau irisan ayam fillet. Itulah mengapa, di dalam list belanja, saya selalu membeli ayam paha dan ayam fillter. Ayam filletnya untuk campuran tumisa sayuran.

Lauk sudah jelas harus ada di dalam menu ya. Jadi saat membuat menu ayam goreng padang, sayurnya ada tumis buncis wortel. Lauk yang sering saya beli Ikan gurame, ayam, telur, tahu dan tempe. Tempe mulai jarang digoreng, karena suami lebih suka tempe diorek nyemek.

2| Mulai dengan Menu Termudah


Jangan terlalu memaksakan untuk memasak masakan yang sulit. Tapi mulailah dengan menu yang paling mudah dan umum dimakan. Boleh-boleh saja sich mencoba menu yang susah atau sedang tredding di akun instagram dapur atau masakan. Tapi, ya perlu diatur waktu memasaknya.

Saya berniat menyingkat waktu di dapur karena saya ingin pekerjaan lainnya juga dapat dihandle di hari itu juga. Intinya mah, saya ingin apa yang dibutuhkan hari itu, selesai semua, beres biar adil gak iri-irian. Hehehe. Salah satu kegiatan yang menggoda untuk dikerjakan setiap hari adalah blogging. 



Saat menyusun menu, saya selalu memikirkan, saya akan melakukan apa ya dalam satu minggu itu. Apabila saya memiliki pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu, saya akan menyusun menu yang sederhana dan mudah. Contoh menu mudah untuk saya adalah, sayur bayam lauknya goreng tahu. Sayur pakcoy lauknya telur ceplok. Sayur buncis, lauknya ayam goreng. 

3| Menu Praktis di Hari Libur


Hari libur untuk emak-emak, sebetulnya bukan hari libur yang sesungguhnya. Saat jalan-jalan ke tempat wisata, anak-anak tetap dalam genggaman emaknya. Anak-anak teteap pingin mencium ketek emaknya. Jadi, saya menyiasatinya dengan menyusun menu yang sangat simple sekali. Paling ndak, menu yang dibuat adalah menu yang ndak perlu mencuci peralatan masak sampai banyak.

Contoh menu simple sekali di hari libur adalah perbanyak buah-buahan dan lauknya ayam goreng 3 macam bumbu. Saat membuat bumbu ayam goreng kan di hari lain tuh. Saya pernah membuat 3 bumbu ayam goreng dalam 1 jam. Bumbu ayam goreng kalasan, ayam goreng padang dan ayam goreng serundeng lengkuas. Daaan, setelah dilakukan polling kepada suami dan anak-anak, mereka jatuh cinta dengan ayam goreng padang. Eeey, senangnya. Bumbu ayam goreng padang itu praktis dan enggak ribet, jenderal.


Tips Menyusun Menu Masakan untuk Menghemat Waktu Berbelanja


Selain itu, di hari libur juga sering kan ya ada acara mendadak pergi. Atau mungkin, emak butuh kewarasan tanpa sedetikpun menginjak dapur. Jadi, saat menu ayam goreng diskip-pun enggak masalah kan? bisa diganti hari lainnya lagi? yes or no? 

Hari Minggu kemarin, anak-anak mengajak pergi ke Zoo. Apa kabar dengan menu masakan yang sudah disusun? saya tetap memasak menu tersebut dan dibawa bekel ke Zoo. Praktis kan? jadi, bye bye menu sop atau sayur asem di Hari Minggu. Kalau itu terjadi, saat sudah masak, eh diajak jalan-jalan mama mertua, trus ditraktir makan. Piye looh? disedekahin saja ke yang membutuhkan. That's right


4| Menu Selang-Seling


Untuk saya yang inginnya serba praktis. Saya selalu membuat menu dalam satu minggu yang selang seling atau dalam satu minggu saya membuat dua atau tiga menu yang sama. Heheee, ini berlaku sekali untuk menu sayur bayam. Yup, saya selalu membagi dua wadah untuk daun bayam. Kenapa? kalau masak bayam 1 ikat yang harganya 4000 rupiah, ndak bakal habis.

Beberapa kali saya memasukan menu sayur bayam, alasannya supaya anak-anak mengenal semua jenis sayuran. Ada teman saya yang menanyakan, pakcoy diapain? emang anak-anak suka? Alhamdulillah anak-anak suka. Saya memasak tumis pakcoy dengan menambahkan irisan tahu atau ayam fillet. 


Saya juga pernah menyusun menu untuk minggu ini, dengan copy paste menu 3 minggu yang lalu. Biasanya saya sudah stuck berikir mau masak apa lagi ya?.

5| Ngobrol dengan Teman atau Anggota Keluarga


Ngobrol dengan teman juga bisa mendapatkan ide untuk menyusun menu masakan. Beberapa hari ini, saya dan teman-teman rutin bertemu untuk ngobrol menu masak besar yang dilakukan. Dari menu yang dibuat oleh teman-teman, saya bisa membuat menu yang saya variasikan sendiri. Misalnya bahan makanan tahu. Bosan kan kalau tahunya digoreng terus? tahu bisa dibuat tumis tahu campur tauge atau tahu semur, kalau doyan ya. 

Bisa juga meminta pendapat dari suami dan anak-anak. Jawaban dari suamiku seringnya, apa yang mudah saja dibuat, jangan yang susah-susah. Kalau jawaban dari anak-anak, kepingin ayam kentaki, ayam ricis, cumi goreng tepung atau bikin dorayaki. Hm, kalau anak-anak sudah minta yang begitu, biasanya kalau dibuatin pasti habis sich. Saya tetap membuatkan, tapi pada hari di mana menu tersebut dimasak, saya akan skip pekerjaan lain. Biasanya, kalau menu yang bertepung-tepung, membutuhkan waktu lebih lama di dapur. Ada sich solusinya, pakai tepung instant, kan. 

Pyufh, sepertinya saya menuliskan lembaran koran yang entah layak dibaca atau ndak. Baca yang penting-pentin saja ya, teman. Soalnya saya menulis ini sembari menahan kantuk dan resah. Sepeda motor di luar kehujanan dan anakku bilang, nanti motornya kebasahan, terus pilek dech.

Salam
Astin

18 comments:

  1. Saya juga suka menyusun menu masakan buat seminggu. Walau pada akhirnya sering banget masaknya itu-itu lagi heheheu..

    Tapi memang bener ya mba. Klo bahan makanan udah tersedia lengkap di kulkas, seorang emak akan lebih mudah menghadapi kenyataan hidup hihihi..

    Makasih sharingnya mba Astin. Salam kenal (",)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, hati menjadi tenang, kalau butuh masakan apa saja, bisa

      Delete
  2. Mbk astin kece euy..telaten bgd.
    Aku kdg nyetok jg mbk. Tp ya gitu, klok malesnya kumat jd gk dimasak2. Huhuhu..pernah nih sampek bahannya ada yg maknyonyor gt.
    Tp makasih sharingnya yak. Pgn bgd bs kayak gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tooosss, dulupun di lemari esku banyak yang gitu. Lama-lama ada rasa kasihan gitu,

      Delete
  3. Wah keren bisa rajin menyusun menu. Aku kadang kalo pengen makan yang ga dijual di luar baru deh gitu. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kadang juga pingin bikin menu yang ribet, kudu luangin waktu khusus, contohnya bikin ayam asam manis yang menurutku butuh perjuangan, hehee

      Delete
  4. Kulkasku sering kosong jd bersih dan rapi dengan sendirinya 🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kosong, buat naro segala apa yang bisa masuk. Pernah ada bungkus makanan masih di situ, ada cermin mini, ada kapas, ada mainan anak-anak yang katanya biar dingin. Sampai bantal mau dimasukkin ke situ

      Delete
  5. Waaa,ibu rt idaman nih...keren bingits lah bisa konsisten bikin menu masakan untuk satu minggu. Aku pernah,cuma habis itu melencong lagi haha. G bakat ya xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah melencong kudu dilurusin lagi, Kakak. Kalau kelamaan melencong lama-lama emang jadi kembali ke Zona Nyaman, beli ajalah, beli seadanya makanan laah, kek gitu kali yees

      Delete
  6. Mak, menu seminggunya boleh kutiru, ya? :'D Hehehehe

    ReplyDelete
  7. Kalu kulkas penuh mah, hati adem ayem ya, Mba. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, hati tenang, apalagi kalau ada yang bantuin masak, hihii. Sini main yuk

      Delete
  8. Saya jadi salah fokus ke ayam gorengnya. kok jadi enak yah haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayam goreng makanan yang disuka anak-anak nich

      Delete
  9. Motornya kehujanan bisa pilek deh...kwkwkw
    Mbak kalau soal buah sudah lama anak-anak bawa ke sekolah itu menu utama+buah. Pokoknya ngemilnya serumah lebih sering adalah buah. Jadi jarang beli kriuk-kriuk chips, wafer, biskuit begitu ,jarang stok saya.

    Kalau untuk menu seminggu, kirain cuma saya ya, dah nyusun ..eh yang dimasak keluar lagi itu dan itu kwkwkw:)

    ReplyDelete
  10. Ayam goreng serundeng lengkuas saya sangat sukaaa...

    ReplyDelete