5 Mar 2018

Begini Cara Saya Mendapatkan Tidur Yang Berkualitas Supaya Bangun dengan Senyum Mengembang


[Gaya Hidup] : Bedtime Routine

Hai hai apa kabar semua di Hari Senin yang Manis ini. Hubungannya apa ya, Senin Manis? Di samping laptop ada biskuit cokelat yang aromanya manis sekali. Biskuitnya sich punya anak-anak, tapi saya yang kebagian menghabiskan. Ndak salah to.

Membersihkan wajah sebelum tidur malam


Okay, hal-hal apa sich yang dilakukan sebelum istirahat atau tidur malam? sebuah pertanyaan yang bakal dijawab panjang kali lebar di Hari Senin ini.


Buat saya, tidur malam adalah waktu istirahat yang paling penting untuk mengembalikan stamina. Alhamdulillahnya, anak balita sudah jarang merengek minta dibuatin susu. Jadi, saya dapat tidur malam dengan nyenyak tanpa ada ganguan. Katanya nich, salah satu indikator tidur yang berkualitas adalah tidak terbangun pada tengah malam dan melakukan hal-hal yang baik sebelum tidur.


Berikut ini adalah hal-hal yang saya lakukan sebelum tidur malam:


1| Beres-Beres Rumah


Malam-malam masih beres-beres rumah? yang benar saja, emang enggak ada waktu lain? iya sich, logikanya badan sudah lelah, ya sudah tidur nyenyak saja kan di tempat tidur. Iyes, saya sudah pernah memilih langsung tidur saja, tanpa beres-beres rumah. Alhamdulillah saat bangun pada waktu yang direncanakan, mood masih oke-oke saja melihat mainan anak berserakan. Melihat tumpukan piring bersih dan piring kotor masih di dapur. Perasaan masih terjaga untuk membuat bibir tersenyum dan melakukan aktivitas lainnya.

Tapi, saat malam hari membiarkan rumah masih berantakan dan langsung berangkat tidur. Bangunnya ternyata kesiangaaan teman-teman. Gedubrak gedebruk, enggak? pasti. Apa kabar mood? bisa tersenyumkah? yang ada mainan anak-anak bakal ditendang-tendang karena menghalangi langkah kaki menuju ke dapur, untuk menyiapkan sarapan.

Spot mainan anak yang rapi pada waktu yang tidak lama



Jadi, buat saya, beres-beres rumah sebelum istirahat atau tidur malam adalah harus. Kalau enggak bisa dilakukan malam hari, mungkin lelah atau pusing. Sebisa mungkin bangunnya harus lebih pagi. Hal ini supaya menjaga mood tetap pada keadaan yang stabil.

Apa yang saya lakukan saat beres-beres rumah? memasukan mainan anak pada wadahnya. Memasukan piring bersih yang telah dicuci ke dalam lemari piring. Mencuci piring kotor setelah makan malam. Membereskan ruang depan, sebisa mungkin harus rapi, karena ruang depan, adalah ruang yang paling sering digunakan saat pagi hari.

2| Beres-Beres Kamar


Ribet ya jadi Astin. Saya dan anak-anak masih tidur campur. Ada dua buah kasur di dalam kamar berukuran 6 x 3 meter tersebut. Apalagi, anak-anak masih kecil-kecil ya. Nah, anak-anak ini paling suka berada di kamar tidur pada malam hari setelah makan malam. Mereka biasanya bermain lompat-lompatan dari satu kasur ke kasur yang lainnya.

Idaman sekali tempat tidur selalu rapi begini


Jangan ditanya, rupa dari sprei, bantal, guling berserakannya seperti apa. Ada mainan yang dibawa-bawa masuk ke dalam kamar. Padahal, saya itu orangnya suka sekali tidur dalam keadaan tempat tidur dan kamar yang bersih, rapi dan dingin.


And then? biasanya sich cerewetin dulu kalayu moodnya sedang oke. Tapi, kalau moodnya sudah agak ngambek, saya paling meminta anak-anak keluar kamar, saya beresin tempat tidur, keluarin mainan dan menyapu lantai kamar.

Alhamdulillah kalau saya diam seperti itu, anak-anak bakal ngerti. Ada yang membantu membereskan tempat tidur, ada yang mengeluarkan maianan kalaupun ndak membantu, mereka keluar kamar tanpa disuruh.

3| Sholat Isya


Sholat Isya sebisa mungkin saya laksanakan sebelum tidur. Dulu, saya biasa memasang alarm jam 3 pagi dan bangun untuk sholat Isya. Lama kelamaan kebiasaan tersebut saya hilangkan. Selelah apapun, saya membiasakan diri untuk sholat Isya sebelum tidur, meskipun belum dapat tepat waktu.

Tujuannya apa? namanya manusia ya, sudah pasang alarm jam sekian, sudah berencana bangun jam sekian, kalau pas ndilalah bangunnya siang atau kesiangan, lewat dech waktu sholat Isya, iya kan.

Awal-awal agak berat sich, karena biasa sholat setelah bangun tidur. Tapi lama-kelamaan jadi lebih ringan dan membuat hati tenang saat berangkat tidur malam. Saat bangun lebih pagi, bisa sholat sunnah Tahajud dan mengerjakan aktivitas lainnya.

4 Membersihkan Wajah


Usiaku sudah tidak muda lagi. Merawat tubuh dan wajah sangat dianjurkan. Awal-awal memang beraaat sekali, apalagi kalau terlalu lelah. Pingin sekali membersihkan wajah yang praktis-praktis saja gitu. Pakai facial wash sebelum sholat Isya, tapi kan ndak boleh terlalu sering kan ya, pakai facial wash.


Bersih-bersih wajah aktivitas routine sebelum tidur


Jadi, saat sebelum berwudhu untuk sholat Isya, terlebih dulu menggosok gigi. Setelah sholat Isya, baru dech, duduk di depan cermin dan mengambil peralatan perawatan wajah. Mulai dari milk cleanser, tonner, tissue, serum dan cream malam. Apabila sedang rajin, saya biasa mengambil lotion khusus malam hari, atau bio oil untuk tangan dan kaki.

Berangkat istirahat atau tidur malam dalam keadaan wajah dan tubuh bersih itu rasanya nyamaaaan sekali. Tidur menjadi lebih relax, tidur juga menjadi lebih nyenyak karena badan dan muka bersih sih.

5 Mengkonsumsi Air Minum


Membiasakan minum air  sebelum tidur malam, baru-baru saja kulakukan. Alasannya supaya mulut terasa bersih dan segar meskipun telah menggosok gigi. Setelah menggosok gigi, biasanya saya selalu kumur-kumur menggunakan betadine kumur. Nah, saat bangun di pagi hari, mulut ndak bau sich, tapi agak bau betadine. Jadi, saya mencoba untuk meminum air bening sebelum tidur dan berkumur menggunakan air matang.

Tujuannya, supaya saat bangun di pagi hari, mulut terasa segar dan ndak bau betadine kumur. Segelas air  selalu saya sediakan di dalam kamar. Supaya saat bangun tidur, langsung minum air segelas. Biasanya sich airnya sudah berkurang, ternyata ada yang meminum sebelum saya bangun. 

Hal-hal yang awalnya aneh saat dilakukan, lama-kelamaan menjadi kebiasaa yang apabila ditinggalkan menjadi semakin aneh. Memulai kebiasaan baik memang terasa berat, tapi bukan Dilan saja yang bisa bilang biar saya saja yang menanggung.  Saya berani menanggung keberatan itu supaya menjadi hal yang indah pada saatnya nanti. (Astin Astanti, 2018)

Kalau teman-teman bagaimana nich, hal-hal apa nich yang biasa dilakukan sebelum tidur malam? mungkin ada yang menonton televisi dulu kali yaaa, kalau saya sudah lama ndak nonton tivi nich, karena tivi sudah dibajak oleh anak, malah jadi curhat. Yuk, yang mau ikutan #posttematik #Bedtimeroutine dari KEB, yuk ceritain di blog.

11 comments:

  1. saya juga pr banget nih salat isya sebelum tidur. sebenarnya sih pengennya salat isya tepat waktu malah. tapi kok ya banyak malasnya. he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, tapi kalau udah biasa, bakalan mudah ya Mbak

      Delete
  2. keren dah ah mba malam2 masih beberes aku udah nyerah kalau malem suruh beberes :D

    ReplyDelete
  3. Samaan,beres2 rumah sebelum tidur itu wajib banget.

    ReplyDelete
  4. Ritual yg aku lakuin, udh pasti bersihin muka, apply krim malam. Itu wajib, secapek apapun bdnku, ga akan tidur sblm bersih muka dan mandi. Pas traveling ama temen, mwreka heran, krn aku bela2 tth hrs mandi padahl kita sampe di hotel udh jam 1 pagi. Krn udh terbiasa mba, dan kalo aku paksain tidurpun tanpa mandi dan bersihin wajah, percuma krn aku g bakal bisa tidur. Kyk ada yg ga enaaak bgt tidur dlm keadaan kotor.

    Minum segelas air pas bangun juga jd kebiasaanku.

    Trs 1 lg, minum vitamin wajah sblum tidur. Biasanya yg mengandung kolagen, krn biar gimana di umur segini produksi kolagen kita udh ga bisa maksimal kyk dulu :p. Wajib dibantu ama vitamin wajah dr dalam

    ReplyDelete
  5. Rajin deh kegiatan menjelang tidurnya banyak yg isinya bersih2��

    ReplyDelete
  6. Kereen mbaaak, rajin banget mpe bersih2 dulu xixi tapi emang sih tidur jadi lebih tenang and paginya ga kemrungsung ya

    ReplyDelete
  7. rajin banget sih kak malam malam masih beres bers

    ReplyDelete
  8. the warden series are very handy indeed. I should try them as well

    ReplyDelete