19 Mar 2018

Jangan Takut Membersihkan AC Rumah Sendiri



Home : Membersihkan AC Rumah Sendiri


Beberapa hari ini, cuaca sangat panas sekali. Matahari menyengat sampai jemuran dapat kering dalam waktu hanya beberapa menit saja ya. Cuaca panas begini lebih cocok, tinggal di dalam rumah, menyalakan penyejuk ruangan/ AC dan menikmati segelas air dingin dan tidak melakukan pekerjaan apapun, hehheee.

Udara panas nikmat menghabiskan semangkok es campur



Penyejuk ruangan/ AC memang sangat membantu di saat cuaca sedang panas kerontang begini. Bayangkan apabila AC di rumah sedang kotor, sedang mogok ndak mau memberikan kesejukan atau apesnya lagi, AC rumah malah bocor. AC bukannya memberikan kesejukan, malah menambah masalah dengan harus mengeringkan bagian yang bocor tadi.


Saya memiliki masalah AC dengan berbagai macam permasalahan. Mulai dari AC yang kotor, sehingga kipasnya ndak mau muter, bukannya dingin yang diberikan, tapi AC malah memberikan udara yang panas. Selain itu, AC bocor, jadi makin bikin gemas kalau sudah bocor tuh. Padahal baru beberapa minggu dibersihkan oleh jasa cleaning service. Bisa ndak to, membersihkan AC atau pendingin ruangan itu, dilakukan sendiri? suami saya sudah pernah mencoba untuk membersihkan sendiri. Hasilnya, ya begitulah.


Akhirnya memanggil jasa cleaning service untuk melakukan perawatan. Kenapa? karena komponen AC yang terbilang rumit dan asing. Jadi, suami saya agak ragu-ragu untuk menyentuh dan memasangnya kembali karena khawatir rusak. Untuk hal-hal yang standar dan ringan, suami masih mampu melakukannya sendiri, tanpa meminta bantuan orang lain.

Ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu yaitu memahami secara seksama beberapa tips membersihkan AC yang dapat dibaca di bawah ini.

1| Gunakan Peralatan yang Benar


Apa kabar peralatan pertukangan di rumah? nah suami saya perlahan-lahan mengkoleksi beberapa peralatan pertukangan di rumah. Salah satu fungsinya, dapat digunakan untuk membersihkan AC. Sebaiknya pilih dan gunakan alat yang benar untuk membersihkan AC, supaya tidak merusak AC tersebut.

Beberapa alat yang dibutuhkan adalah kemoceng, ini adalah alat yang bisa ditemukan di mana saja. Lap, lap ini sengaja dibeli yang lembur dan tidak mudah robek. Terakhr adalah vacum cleaner. Masing-masing alat tersebut memiliki fungsinya masing-masing untuk membersihkan AC rumah. Kemoceng berfungsi untuk membersihkan bagian depan AC dari debu. Setelah dibersihkan, lap bagian tersebut. Sementara vacum cleaner sendiri bisa digunakan untuk menyedot kotoran yang menempel pada filter.

Semua pekerjaan yang menggunakan alat tadi, sebaiknya dikerjakan dengan hati-hati ya. Salah salah malah nanti vacum cleaner malah merusak filter AC-nya.

2| Bersihkan Bagian Kumparan Evaporator dan Kipas


Kumparan evaporator dan kipas adalah dua bagian dari komponen AC yang sangat perlu mendapat perhatian khusus. Untuk membersihkannya, belilah cairan penyemprot yang berfungsi untuk memberishkan AC di toko. Semprot ke bagian yang terlihat, karena komponen ini tidak dapat dilepas, sebaiknya dilakukan dengan teliti. 

Sebelum melakukan penyemprotan, sebaiknya beri alas terlebih dulu, supaya kotoran tidak tercecer ke mana-mana. Tetap ikuti petunjuk penggunaan cairan khsuus yang telah dibeli, supaya pembersihan AC dapat berjalan sesuai rencana.

3| Bersihkan Bagian Unit Outdoor-nya


Tentu teman-teman sudah paham ya, bahwa ada 2 buah unit dari C, yaitu bagian dalam dan bagian luar. Untuk membersihkan AC secara keseluruhan, teman-teman juga dapat membersihkan unit outdoor-nya. Nah, baisanya banyak orang yang ragu ketika akan melakukan pembersihkan outdoor C ini. 

Salah satu alasannya karena takut dan rusak. Pertama dan terpenting adalah cabut terlebih dahulu kabel yang terhubung ke listrik. Mulai membersihkan dengan cara menyemprotkan air ke arah unit outdoor. Penyemprotan berfungsi untuk merontokan segala kotoran dan debu yang sudah mengendap sekian lama pada unit outdoor tersebut. Bagian outdoor ini, paling kotor karena letaknya berada di luar.

Saya sering melihat jasa cleaning service melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan di atas tadi. Jadi, sepertinya, saat AC rumah hanya kotor sedikit, rasanya sangat mungkin untuk membersihkan AC rumah, sendiri. 


Selain dapat membersihkan sendiri dengan penuh kasih sayang, menjaga peralatan elektronik sendiri, tentunya hal ini sangat menghemat dana. Tentunya memberishkan AC juga harus dilakukan secara teratur supaya AC tidak cepat rusak.  AC yang tidak pernah dibersihkan secara teratur, sering mengeluarkan bau tidak sedap dan membuat cepat rusak. 

Teman-teman mungkin sudah sering membersihkan AC rumah sendiri, bagi dong tips terbaik kalian, supaya saat membersihkan lebih mudah. 

14 comments:

  1. Aku gak pakai AC XD. Pakai kipas, bersihinya gampang wkwkwk.

    ReplyDelete
  2. Kalau bersihin sendiri juga lebih hemat uang, plakk XD.

    ReplyDelete
  3. Aku malah baru tahu tutorial dari sini Mbak, hehe. Makasih tipsnya.

    ReplyDelete
  4. AKu biasanya pangil orang aja mbaa, blm tau caranya bersihin dewe.

    ReplyDelete
  5. aku baru tahu cara bersihin ac begitu, mau aku cobain deh kalo sempat

    ReplyDelete
  6. Waduh.... Masih gak berani kalau otak atik barang elektronik sendiri, takut malah rusak parah

    ReplyDelete
  7. Wah bunda trima kasih infonya. Sangat bermanfaat sekali. Karena sata baru pindah ke tangsel jadi baru menggunakan ac. Soalnya kalau di Bandung rumah saya, ga perlu pake Ac. Makanya pas pindah ke sini, trnyta panas banget smpe anak biang keringat parah. Akhirnya pk Ac disuruh dokternya

    ReplyDelete
  8. Aaaah Astin bikin ngiler es campur nyaaa, mana hawa sekarang lagi panas nih. Nikmat benar kalo minum es campur di ruangan ber AC, seger adem :)

    ReplyDelete
  9. iyaa bener mba...musti tau cara bersihkan yang benar yaaa

    ReplyDelete
  10. Saya sampais ekarang masih panggil jasa tukang AC kalau mau bersihin :D

    ReplyDelete
  11. AC yang dibersih secara teratur, lebih terasa segernya ya, Mbak...

    Duh... duh..., es campurnyaaa....

    ReplyDelete
  12. ga pernah bersihin ac sendiri, wong di rumah ga punya ac wkwkwkkwkw
    ini saya malah gagal pokus sama es campurnya siang2 gini bikin seger :)

    ReplyDelete
  13. Saya belum punya AC huhu.. sementara pakai kipas angin aja, lagipula kan rumah saya masih lumayan sejuk karena terletak di Banyumanik Semarang Atas, hehe..

    Tipsnya boleh juga nih mbak, saya simpan dulu siapa tahu pas ada rejeki bisa beli AC, ntar saya pakai deh :).

    ReplyDelete