16 Apr 2018

Wajib Kunjungi Tempat Nongkrong Paling Mengasyikan Ini Saat Traveling ke Kota Tangerang



[Jalan-Jalan] : Tempat Nongkrong di Kota Tangerang


Pada jaman dahulu kala, sebelum saya pernah menginjakan kaki di Kota Tangerang, saya tahunya Tangerang itu ya Jakarta, hahahaaa, maafkan kedodolan saya mengenai geografi ya. Tapi seingat saya, saat belajar geografi, jarang sekali Tangerang disebut, jadi harap maklum, hehehee.

Wajib Kunjungi Tempat Nongkrong Paling Mengasyikan Ini Saat Traveling ke Kota Tangerang
Diambil di dekat wisata kuliner laksa Kota Tangerang


Akhirnya, saat saya dan keluarga tinggal di Kota Tangerang, barulah saya paham bahwa Tangerang itu bukan Jakarta. Tangerang itu masuk ke dalam provinsi Banten dan berdiri di tanah pasundan. Tangerang terbagi dalam 3 wilayah;
  1. Tangerang yang merupakan sebuah kabupaten di Banten
  2. Kota Tangerang merupakansebuah  kota di Banten
  3. Kota Tangerang Selatan merupakan pemekaran kota di tahun 2008
Alhamdulillah jadi mengerti sedikit-sedikit sejarah Tangerang, meskipun saya dan keluarga masih mengantongi KTP DKI Jakarta. Berdoa semoga diberikan kesempatan memiliki rumah dan KTP di Kota Tangerang, aaamin. Rasanya sudah sangat nyaman tinggal di lingkungan Kota Tangerang yang memiliki fasilitas umum yang sangat lengkap.

Saya dan keluarga tinggal di Kota Tangerang, tepatnya di tengah-tengah antara Tangerang Selatan dan Tangerang Kabupaten. Di Kota Tangerang terdapat banyak sekali tempat wisata yang bisa dijajal sebagai tempat nongkrong yang mengasyikan, baik bagi para anak muda maupun untuk keluarga. Tempat wisatanya mulai dari wisata belanja, wisata kuliner, wisata budaya dan tempat hiburan rakyat.

Kota Tangerang punya banyak sekali tempat nongkrong yang mengasyikan, loh. Namun, bagi saya dan keluarga, tempat nongkrong yang mengasyikan itu wajib ada tempat bermain anak-anak, tempat wisata kulineran, tempat sholat dan toilet serta bonusnya buat saya, emak-emak yang rajin berbelanja ya, pastinya tempat wisata belanja dong.

Tempat Nongkrong Mengasyikan di Kota Tangerang



1| Tangerang City Mall/ Tang City Mall

Sebuah mall dengan design modern terletak di antara Jalan Jenderal Soedirman dan Jalan Perintis Kemerdekaan di kelurahaan Babakan. Salah satu mall yang terbilang cukup lengkap ini, menjadi pusat perbelanjaan warga Kota Tangerang dan sekitarnya.

Ada tempat bermain anak, tempat berbelanja, tempat wisata kuliner dan hiburan semuanya ada di Mall yang juga terhubung dengan 2 buah hotel besar dan sebuah Apartemen. Jadi, siapa yang enggak mau datang dan menjadikan Tang City Mall sebagai tempat nongkrong paling mengasyikan.

Wajib Kunjungi Tempat Nongkrong Paling Mengasyikan Ini Saat Traveling ke Kota Tangerang
Main ke Tang City Mall untuk belanja, makan dan mengajak anak-anak bermain


Buat teman-teman yang penasaran dan ingin menjadikan Tang City Mall sebagai tempat nongkrong paling mengasyikan bisa banget nih. Apabila dari luar Kota Tangerang, teman-teman bisa menggunakan moda transportasi KRL dari Jakarta dan turun di stasiun Tanah Tinggi. Selanjutnya teman-teman dapat melanjutkan dengan naik angkutan umum atau ojek online dan turun di jembatan penyeberangan untuk menuju Tang City Mall.

Oh iya, teman-teman juga perlu mengetahui nich, di sekitar Tang City Mall ada bebebrapa taman kota sebagai tempat nongkrong dan bersantai. Ada Taman Potret, taman Bambu dan Taman Gajah Tunggal.

2| Taman Gajah Tunggal

Taman Gajah Tunggal terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Keluarahan Babakan Kecamatan Tangerang Kota Tangerang. Suatu hari di Hari Minggu, saya dan keluarga sempat mampir ke Taman Gajah Tunggal. Rencananya ingin menikmati makanan yang ada di pinggir taman tersebut di pagi hari.

Ternyata, anak-anak senang sekali berada di Taman Gajah Tunggal. Ada permainan yang terbuat dari ban mulai dari yang paling besar sampai yang terkecil. Bukan hanya sebagai area bermain, tapi taman dan permainan di Taman Gajah Tunggal juga difungsikan sebagai tempat olah raga. Area yang luas dan bersebelahan dengan Kali Cisadane membuat pagi hari makin segar dan ndak salah Taman Gajah Tunggal layak dijadikan tempat nongkrong paling mengasyikan di Kota Tangerang.

Wajib Kunjungi Tempat Nongkrong Paling Mengasyikan Ini Saat Traveling ke Kota Tangerang
Taman Gajah Tunggal di belakang Tang City Mall


Buat teman-teman yang ingin datang dan menjadikan Taman Gajah Tunggal sebagai tempat nongkrong paling mengasyikan di Kota Tangerang, sebaiknya datang di pagi hari atau sore hari. Pagi hari, teman-teman dapat berolah raga dan sekalian berfoto di spot yang instagramable dan di sore menjelang senja, teman-teman bakal disuguhi matahari terbenam. Uuuu, siapa yang nolak diajak nongkrong di sini coba?.

Wajib Kunjungi Tempat Nongkrong Paling Mengasyikan Ini Saat Traveling ke Kota Tangerang
Olah raga begini, siapa yang nolak coba


Wajib Kunjungi Tempat Nongkrong Paling Mengasyikan Ini Saat Traveling ke Kota Tangerang
Di belakang Taman Gajah Tunggal ada bentangan Kali Cisadane



Jangan takut lapar kalau sudah di wilayah Kota Tangerang. Dari Taman Gajah Tunggal teman-teman bisa mengendarai kendaraan menuju Jalan Kalipasir Indah, gampangnya, susuri saja Kali Cisadane. Di sana, ada sajian kuliner yang menggoda selera. Oh iya, buat teman-teman yang ingin nongkrong lama di Taman Gajah Tunggal, ada Masjid Jami Al Amin buat teman-teman muslim yang akan beribadah.

3. Wisata Kuliner di Jalan Kalipasir Indah, Tepi Kali Cisadane

Yuhuu, perjalanan masih berlanjut dari wisata belanja di mana Tang City Mall dapat dijadikan tempat nongkrong buat seluruh anggita keluarga. Taman Gajah Tunggal juga layak sekali dijadikan tempat nongkrong untuk seluruh anggota keluarga, mulai dari berolah raga sampai menikmati matahari terbenam dans ekarang bergerak sedikit ke depan ke jalan Kalipasir Indah di sepanjang tepi Kali Cisadane.

Wajib Kunjungi Tempat Nongkrong Paling Mengasyikan Ini Saat Traveling ke Kota Tangerang
Kali Cisadane Kota Tangerang


Beberapa kali saya dan keluarga suka mampir di pinggir jalan tersebut dan menyusuri tepi Kali Cisadane untuk memilih aneka kuliner yang dijajakan di pinggir jalan. Memang sich agak ribet, karena kang jualan semuanya berada di pinggir jalan dan pengunjung hanya dapat parkir di pinggir jalan di sela-sela tempat yang tidak digunakan oleh kang jualan. Bersabarlah ketika diklaksonin para pengguna jalan yang merasa terganggu saat kendaraan teman-teman sedang mengambil area parkir.

Wajib Kunjungi Tempat Nongkrong Paling Mengasyikan Ini Saat Traveling ke Kota Tangerang
Bentuk wisata kulinernya seperti itulah



Saya dan keluarga paling suka Mie Ayam Keriting Banyumas, Cakwe dan Roti Bantal, Rujak Pontianak, Cilok, Es Podeng dan masih banyak jajanan lainnya. Tapi yang sering saya icip ya yang saya sebut tadi. Penjual mie keritingnya ndak hanya satu, penjual es podengnya juga ndak hanya satu, mereka berjejer sepanjang tepi Kali Cisadane loh.

Wajib Kunjungi Tempat Nongkrong Paling Mengasyikan Ini Saat Traveling ke Kota Tangerang
Mie ayam kesukaan

Buat saya, tepi Kali Cisadane ini layak banget dijadikan tempat nongkrong paling mengasyikan, baik anak muda maupun untuk seluruh anggota keluarga. Makan dan minum sembari menikmati aliran air Kali Cisadane mampu mengistirahatkan sejenak pikiran dan keletihan bekerja. 

Wajib Kunjungi Tempat Nongkrong Paling Mengasyikan Ini Saat Traveling ke Kota Tangerang
Es Podeng segar dinikmati di tengah siang hari


Nah itu tadi tempat nongkrong yang asyik bisa dijadikan singgahan untuk teman-teman saat traveling ke Kota Tangerang. Teman-teman juga dapat mengetahui tempat nongkrong asyik di Rangkas Bitung, yang telah ditulis oleh teman saya, Mbak Erin di Tempat Nongkrong Seru di Rangkas Bitung


💗

Artikel ini ditulis sebagai tanggapan untuk post trigger Tempat Nong oleh Mbak Erin untuk #KEBBloggingCollab Kelompok Dian Sastro

15 comments:

  1. Aku pengen ke kampung China Benteng kalo ke Tangerang lagi. Pengen ngerasain suasananya kayak apa disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tangerang terkenal akan Bentengnya yaaa, yuk ke sini lagi kita meet up

      Delete
  2. Hahah mb astin ini ma saban minggu aku liwatin, soalnya sering nongkrong di tang city jadi liwat gajah tunggal taman, en taman laksa...cuma klo mnurut pendapatku, dulu area yang blakang pasar lama adem banyak ppohonan rindang, sekarang setelah trotoarnya dikecilin ama pkl dibolehon dagang agak terkesan semrawut ya hummmmbbb...sevenarnya aku masih suka waktu pepohonan area pasar lamanya masih pada rindang tuh, imho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taman Gajah Tunggal agak panas emang, jadi kalau mau main pagi atau sore sekalian, heheee. Dirimu tinggal di daerah mana? Kalau di tepi Kali Cisadane masih adem kan? ehehehe

      Delete
  3. betul banget mbak. emang paling nyaman tu makan di pinggir kali sambil ngeliat air jadi tenang gitu pikiran. harus ke sini ni suatu hari nanti.

    ReplyDelete
  4. Aku kalo ke tangerang cm ke lippo karawaci, dan bsd seringnya mba. Jd ga begitu tahu memang tempat2 di sana. Sampe skr pak suami jg ga apal2.. Pasti hrs pake gps kalo udh msk daerah tangerang :p. Udh terlalu besar ya skr

    ReplyDelete
  5. Sama waktu SD dikira Tangerang itu Jakarta. Apalagi ada sodara di Jatake, namanya gak beda jauh sama Jakarta. :d
    Aku baru tahu ada taman Gajah Tunggal. Taunya kalau Gajah Tunggal itu ya yang kawasan industrinya.

    ReplyDelete
  6. Hahaha sama Bun. Aq sangka juga tangerang itu jakarta. Aq termasuk baru pindah nih ke tangerang jadi belum banyak tahu tentang kota ini. Oh iya apa mba astin itu segrupkah dengan saya di WA komunitas blogger tangsel? Hee

    ReplyDelete
  7. Ya ampunn udah lama ngak ke tengah kota tangerang, ternyata sekarang banyak banget spot kece ya mbak

    ReplyDelete
  8. Hihi, belum pernah ke Tanggerang. Pasti bakalan seru deh jalan-jalan sambil kulinernya. :D

    ReplyDelete
  9. wiihh tangerang ada tempat alami kaya gtu dimana tuh lokasinya?

    ReplyDelete
  10. Wah aku suka deh wisata kuliner pinggir jalan. Tapi bersih dan halal ga mbak makanannya?

    ReplyDelete
  11. Dulu semasa tinggal di Jakarta sering ke Tangerang, tapi daku nggak tau tempat-tempat ini.
    Satu deh yang tahu, Kalipasir. Tapi belum pernah ke sana :(

    ReplyDelete
  12. Wahh asik yaa.. kebetulan bibiku tinggal di tanggerang juga.. nanti main ah ke tempat2 ituu..

    ReplyDelete
  13. Asik juga ya tempat nongkrongnya, kapan kapan kalau ke tanggerang saya coba mampir deh :)

    ReplyDelete