29 May 2018

Belajar Membuat Kue Lebaran Tanpa Oven di Bulan Ramadan



[Kitchen] :  Kue Lebaran


Hai hai, apa kabar dapur teman-teman? sudah beraroma gurih, manis dari kue kering dan bertabur tepung di sudut dapurkah? icip-icip dong, paling ndak kasih gambar-gambarnya gitu, supaya teman-teman yang lain terutama saya, lebih bersemangat membuat kue lebaran untuk tahun ini.

Choco Chip ini dibuat tanpa oven loh


Hehheee, teman-teman untuk tahun ini, masuk team mana? team membeli jadi kue lebaran, atau team membuat bahan dan membuat sendiri kue lebarannya? Tahun ini, rasanya saya masuk ke team membeli jadi atau paling ndak membawa kue kering dari rumah ibu untuk dinikmati di rumah sendiri, hehehehe.


Lebaran tahun kemarin, saya berhasil menyajikan kue lebaran yang dibuat sendiri dari dapur saya. Tahun kemarin adalah pertama kali saya menyempatkan diri untuk belajar membuat kue lebaran. Tidak ada angin tidak ada hujan, saya membeli bahan-bahan untuk membuat kue lebaran. Membuka-buka resep membuat kue lebaran tanpa oven, karena saya ndak punya oven.


Selain persiapan membeli bahan, mencari resep paling mudah, tentunya persiapan lahir dan batin juga kan. Apalagi kala adalah pertama kali belajar membuat kue kering. Bayangkan, setelah sekian lama, saya baru belajar, kemana saja, neng bertahun-tahun ini?, alasannya saya ndak punya oven, bu.

Berikut ini beberapa persiapan yang saya lakukan sebelum belajar membuat kue lebaran. 

1| Persiapkan Kemauan untuk Belajar Membuat Kue Lebaran


Hal pertama yang harus benar-benar dipastikan ada adalah kemauan. Langsung segera mundur, apabila kemauan tersebut sedang berlibur ya. Soalnya, kemauan itu akan menghadirkan kesempatan. Saat ada kemauan pasti disempat-sempatin kan.

Mata terkantuk-kantuk, saat ada kemauan untuk belajar membuat kue lebaran, pasti dibela-belain menyiapkan bahan-bahan dan mencetak serta memanggang kue hasil buatannya, ya kan. Sama, sayapun mempersiapkan kemauan yang pertama.

2| Persiapkan Peralatan untuk Belajar Membuat Kue Lebaran


Memastikan ada cara untuk tetap membuat kue lebaran meski menggunakan peralatan yang ada. Di lemari dapur saya, sama sekali belum pernah ada oven yang nangkring ataupun oven listrik. Sama sekali, sedih sekali ya. Beberapa kali ingin membawa oven dari rumah ibu, selalu gagal. Bebepa kali sudah melihat oven listrik di pusat perbelanjaan, masih saja ada alasan untuk belum membelinya.

Pertama kali saya membeli cetakan kue lebaran


Jadi, saat saya menemukan sebuah cara membuat kue lebaran tanpa oven, adrenalin saya langsung terpacu untuk segera membuat kue. Saya memastikan peralatan yang dapat digunakan untuk mengganti oven ada. Apa sich alat yang bisa menggantikan oven dalam pembuatan kue lebaran? ada dong, yaitu wajan teflon dan happy call.

Saya mengguanakan happy call untuk membuat kue lebaran. Alhamdulillah pertama kali belajar membuat kue lebaran, sukses lahir batin meskipun tanpa oven. Jadi, teman-teman yang belum mempunya oven, bisa banget membuat kue lebaran. Wajan teflon pasti ada kan di dapur. 

3| Mencari Resep Kue Lebaran Termudah


Ada banyak sekali macam kue lebaran. Pilihlah resep yang paling mudah dari segi bahan dan cara membuatnya. Namanya orang sedang belajar, pilihlah dari yang paling mudah. Setelah step paling mudah sudah dapat dilalui, silahkan lanjut mengeksekusi resep tersusah sekalipun.


Untuk mencari resep kue lebaran bisa di mana saja. Apalagi di era internet yang semakin maju ini. Ibu rumah tangga rata-rata sudah memegang handphone kan? silahkan klik di mesin penelusur ataupun di aplikasi media sosial yang dimiliki. Langsung dech keluar tuh, resep-resep kue lebaran yang diinginkan. Selamat berburu resep kue lebaran dan selamat belajar membuat kue lebaran ya.

4| Berbelanja Bahan-Bahan untuk Membuat Kue Lebaran


Berbelanja bahan-bahan untuk membuat kue adalah pekerjaan yang paling menyenangkan bagi saya. Pasalnya, saat memarkirkan kendaraan di depan toko bahan kue saja, aroma wangi gula, mentega, tepung dan lain-lain sudah melambai-lambai. Apalagi saat memasuki tokonya, beuh, bisa-bisa saya beli semua bahan-bahannya tuh.



Sebelum berbelanja, pastikan sudah menyusun list daftar belanjaan ya. Buatlah list bahan yang dibutuhkan dari resep yang akan dibuat. Apabila ingin membuat beberapa resep, usahakan untuk membelinya sekaligus, karena bisa jadi satu kemasan tepung dapat digunakan untuk 2 jenis resep kue lebaran. 

5| Rapikan Dapur dan Pastikan Resep Kue Lebaran Berada di Dapur


Pastikan dapur dalam keadaan bersih dari sayur-sayuran, kotoran perabot masakan dan lain-lainnya. Dapur harus bersih dan pastikan resep kue yang akan dibuat berada di dapur. Bahan dan peralatan untuk membuat kue juga sebaiknya berada di tempat yang terjangkau.

Bersihkan kedua tangan, baca resep baik-baik, sebisa mungkin dihafalkan. persiapkan peralatan yang dibutuhkan dan juga bahan-bahan yang dibutuhkan harus benar takaran sesuai resep. Apabila ada satu bahan yang kurang, sebaiknya dibeli terlebih dahulu sebelum mempersiapkan bahan.



Nah, itulah beberapa persiapan saat saya belajar membuat kue lebaran untuk pertama kali. Agak deg-degan juga sich, apakah yang saya lakukan ini sukses? atau hanya teronggok di tempat sampah. Tapi, saya terus berdoa dan berpikiran positif, teman-teman yang lainnya sukses membuat kue lebaran tanpa oven, saya pasti bisa. 

Bagaimana nich sudah mulai persiapan nomer berapakan teman-teman yang baru pertama belajar membuat kue lebaran? selamat belajar dan selamat membuat kue lebaran meski menggunakan peralatan yang terbatas ya.

2 comments:

  1. Saya gak pandai buat kue, hehe jadinya beli saja kue lebaran. XD

    ReplyDelete
  2. Kalua saya dari dulu juga suka beli yang udah jadi mbak hehehehe

    ReplyDelete