3 May 2018

Pukis Manis Skippy Peanut Butter untuk Bekal Anak Sekolah



[Dapur] : Resep Pukis Manis Selai Skippy

Selai. Apa yang terpikirkan di benak teman-teman mendengar kata selai?. Olesan Roti. Yippee, bener banget, selai identik dengan olesan roti dan disantap di pagi hari saat sarapan, bukan begitu?. Itu dulu banget, saya hanya mengandalkan satu bungkus roti untuk dioles selai sebagai menu sarapan atau menu bekal anak sekolah.



Bekal sekolah selai yang dioles pada roti saja? anak saya sich jarang sekali mengeluh bosan dan lain sebagainya. Tapi, kasihan juga ya, emak di rumah masa gak kreatif membuatkan bekal anak sekolahnya. Jadi, perlu pemikiran out of the box nich. Apa dong?


Yippee, beberapa waktu yang lalu saya menemukan Skippy Peanut Butter. Skippy Peanut Butter ini dari kemasannya saja sudah menarik hati untuk dicoba. Dua buah warna di dalam kemasan Skippy peanut Butter menggoda saya supaya lebih kreatif membuat bekal anak sekolah. Bekalnya ndak hanya roti olesan selai saja dong. 

Yippee, ternyata emang bener sekali, sejak ada Skippy Peanut Butter saya semakin enjoy menikmati selai cokelat kacang ini. Tangan ini kepinginnya bebikinan makanan terus, dari apa yang sudah pernah dicoba sampai mencoba menu yang baru.



Pagi itu, saya membuat adonan pukis seperti biasa. Resep pukis ini saya dapat dari teman lama, yang sudah mencoba dan  resep ini juga resep turunan dari mama mertuanya.

Bahan-bahan membuat Pukis :




  1.  buah telur utuh
  2. 150 gr gula pasir
  3. 1/2 bungkus fermipan
  4. 1/2 sdt garam/ secukupnya
  5. 200 gr terigu
  6.  200 ml santan matang
  7. 100 gr margarine


Cara Membuat Pukis :


  1. Kocok 3 buah telur utuh, 150 gr. gula pasir, garam dan setengah bungkus fermipan dengan kecepatan tinggi. Tunggu sampai berwarna agak pucat dan kaku. Kurang lebih memakan waktu 15 menit.
  2. Sembari menunggu waktu 15 menit, siapkan 100 gr margarin yang dicairkan di atas api. 
  3. Ayak terigu menggunakan saringan, supaya kotoran atau tepung tidak menggumpal.
  4. Setelah kocokan telur, gula, garam dan fermipan mendapatkan hasil yang kaku, tuang selang seling tepung terigu, santan dan margarin. Sebelumnya, turunkan kecepatan mixer.
  5. Setelah adonan tercampur rata. Diamkan selama 30 menit sampai mengembang. Saya menutup baskom berisi adonan dengan plastik wrap.
  6. Setelah 30 menit, adonan akan mengembang 2 kali lipatnya. Jadi tinggi sekali adonan pukisnya.
  7. Panaskan cetakan pukis di atas kompor. Gunakan api kecil.
  8. Sembari menunggu cetakan pukis panas, saya menyiapkan topping pukis, salah satunya saya menggunakan Skippy Peanut Butter nih, yang bikin saya enjoy menikmati selai bukan hanya mengoles di atas roti saja.
  9. Tuang adonan pukis menggunakan gelas ukur, supaya saat menuang tidak berceceran di luar cetakan.
  10. Angkat pukis setelah bagian bawah kecokelatan. Oles pukis menggunakan Skippy Peanut Butter dan nikmati rasa berbeda menikmati selai menggunakan pukis




Yippee, pukis manis matang dan anak sulung saya senang sekali bekal sekolahnya. Rasa pukis yang manis dan selai cokelat kacang yang asin dan gurih memberikan harmonisasi rasa yang aduhai, makin sering oles Skippy ke pukis hasil buatan sendiri. 

Membuat pukis manis Skippy Peanut Butter membutuhkan waktu persiapan 45 menit dan waktu memasak sekitar 15 menit dengan cetakan 10 lubang. Resep di atas dapat menghasilkan 20 buah pukis dengan ukuran sedang.



Gimana? asyik sekali hari-hariku setelah menemukan Skippy Peanut Butter. Kalau kamu, gimana cara asyik menikmati Skippy Peanut Butternya? yuk ceritakan di sini, kita ngobrol bareng, nanti saya ikutan re cook resepnya ya.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilian SKIPPY Ⓡ Peanut Butter Indonesia

7 comments:

  1. Pukis kesukaanku, pingin nih jadinya. Kalau ditambah selai skippy pasti enak. :D

    ReplyDelete
  2. wah ini enak pukis, fav suamiku, tp dia lebih suka yg setengah matang gitu..

    ReplyDelete
  3. Pukis kedukasn cuvu bunda. Mau bikin ah, tp gak fermipannya, hehe...jd ditunda dulu deh bikinnya.

    ReplyDelete
  4. kereen bisa bikin pukis. tambah skippy jadi makin endess

    ReplyDelete
  5. wah enak banget keliatannya, bikin ngiler....

    ReplyDelete
  6. kelihatannya enak banget tuh pukisnya, kebetulan banget nih udah lama gak makan pukis. JAdi ingin nyoba deh hehehehhe

    ReplyDelete
  7. Waduh enak banget nih pukisnyaaaa, apalagi dioles skippy ya. Tambah nikmat! Mauuuu

    ReplyDelete