30 May 2018

Membeli Tiket Kereta Api Serayu Melalui Traveloka



[Info] : Membeli Tiket Kereta Api


Beberapa bulan yang lalu, saya dan keluarga pulang kampung nich menggunakan moda transportasi kereta api. Setelah melalui banyak pertimbangan dan diskusi di dalam keluarga kecil, yang sekarang sudah ada 3 suara yang harus didengarkan. Saya akhirnya memutuskan untuk mengumumkan, cie...pulang kampung ke Cilacap pada bulan April lalu menggunakan moda transportasi kereta api saja. Alasannya, bulan sebelumnya sudah pulang kampung ke Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi. Alasan memilih menggunakan kereta api, supaya suami dapat istirahat, ndak harus nyetir.



Langkah selanjutnya adalah memesan tiket kereta api melalui online. Dari kamar, suami memesan melalui Traveloka dan saya di ruang kerja, memesan melalui website perjalanan online yang lain. Jadi, saat saya dan suami ngobrol berjauhan, ndak nyambung-nyambung. Tiket kereta api yang dibicarakan suami kok harganya lebih murah, pas kami cross chek ternyata beda website. Akhirnya saya menyamakan pencarian di website yang sama untuk mencari tiket kereta api pulang kampung ke Cilacap.


Kereta api yang akan saya dan keluarga naiki adalah kereta api ekonomi serayu. Suami ingin mencoba dan menikmati hasil kerja keras PT Kereta Api Indonesia memberikan pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat. Harga tiket kereta api serayu jurusan Pasar Senen Purwokerto saat itu 67.000 rupiah per penumpang. Pulang pergi menggunakan kereta api, saya mengeluarkan uang sekitar 560.000 rupiah belum ditambah taksi online dari rumah dan menuju rumah. Yaah enggak sampai 1 juta rupiah untuk pulang kampung ke Cilacap menggunakan kereta api ekonomi Serayu.


Teman-teman yang akan mudik lebaran beberapa hari lagi, sudah pesan tiket kereta api, kan. Ada yang membutuhkan perjuangan, ada yang lancar-lancar saja untuk mendapatkan tiket kereta apinya. Alhamdulillah saat saya memesan tiket kereta api di Traveloka juga sangat mudah. 

Pertama tentunya menyiapkan KTP bagi orang dewasa, untuk anak-anak yang berusia di bawah 17 tahun atau yang belum memiliki KTP, menggunakan tanggal lahir. Tentukan akan menggunakan kereta api apa dan dari stasiun mana. DI Traveloka, bisa dipilih berdasarkan kelas kereta api dan waktu keberangkatan. Setelah memesan kereta dan hari keberangkatan, sebelum menutup order (kalau ndak salah) memilih tempat duduk. Nah ini, kemaren saya memesan tempat duduk asal-asalan saja, ternyata harus diperhatikan pemilihan tempat duduk di kereta apinya.

Saat melakukan pembayaran order tiket kereta api melalui traveloka, ada code uniknya. Jadi setelah dilakukan pembayaran otomatis pihak traveloka sudah ada notif bahwa order sudah dilakukan pembayaran. Langsung dech, email masuk yang berisi kode booking yang dapat diprint, dan ditukar di stasiun pada saat hari keberangkatan.

Mudah bukan membeli tiket kereta api Serayu melalui Traveloka. kalau teman-teman, untuk mudik lebaran besok, membelinya melalui apa? mudah bukan, membeli tiket kereta api? kegiatan selama bulan Ramadan tidak lagi terganggu harus mengantri panjang di stasiun untuk mendapatkan tiket mudik. Jadi, teman-teman dapat mengisi bulan Ramadan dengan penuh kebahagiaan dan hati yang tenang. 


No comments:

Post a Comment