7 Jun 2018

Menjalani Bulan Ramadan dengan Badan Bugar dan Sehat



[Gaya Hidup] : Tips Sehat Selama Bulan Ramadan


Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh insan manusia, baik yang muslim maupun non muslim. Di dalam bulan Ramadan ada banyak sekali berkah, bagi insan yang mampu mengambil hikmah serta kesempatan yang ada di depannya.


Memperbanyak mendalami ilmu dari buku/ Al Qur'an 


Begitu banyak persiapan yang dilakukan sebelum bulan Ramadan. Mulai dari persiapan hati, persiapan badan, persiapan dengan membersihkan rumah pribadi dan rumah ibadah sampai persiapan bisnis yang dapat dijalani sepanjang bulan Ramadan, bahkan sebelum bulan Ramadan.


Persiapan yang saya lakukan sebelum bulan Ramadan di atas kertas, mah keren sekali. Mau tahu? yup, ingin bulan Ramadan kali ini berbeda dengan bulan Ramadan tahun lalu. Bedanya mulai dari ibadah, kesehatan sampai perubahan sikap serta penampilan.

Salah satu hal yang harus dipersiapkan, tentunya menjaga kesehatan tubuh sebelum bulan Ramadan, sebelum memasuki bulan Ramadan itu sendiri. Saya percaya, apabila sebelum bulan Ramadan badan kita sehat, Insya Allah, selama bulan Ramadan, badan juga tetap bugar dan sehat.

Nah, apabila teman-teman belum mempersiapkan kebugaran dan kesehatan tubuh sebelum bulan Ramadan. Saya ada beberapa tips nich supaya menjalani bulan Ramadan tapi badan tetap fit dan bugar.

1| Lakukan Adaptasi sebelum Bulan Ramadan


Pola waktu yang berubah, terkadang membuat badan menjadi tumbang saat menjalani hari-hari di bulan Ramadan.

Sebaiknya memang melakukan adaptasi terlebih dulu. Bangun  pada dini hari, sebelum subuh dan membiasakan untuk tidak tidur lagi setelah sholat subuh. Lakukan aktifitas seperti biasa, hanya intensitas waktunya agak dikurangi.


Misalnya, saya mengepel lantai bisa 2 kali sehari, minimal 1 hari sekali. Nah, di bulan Ramadan ini, saya mengurangi tingkat keteraturan mengepel lantai bisa 3-4 hari sekali, wkwkwkwk. Tujuannya, menjaga badan supaya ndak begitu lelah. 

Jadi, tenaganya bisa dipergunakan untuk mempersiapkan menu buka puasa dan beribadah di bulan Ramadan. Pekerjaan sehari-hari dapat dilakukan, ibadah dapat, badan juga tetap bugar dan sehat.

2| Menerapkan Pola Hidup Sehat Selama Bulan Ramadan


Wajib hukumnya nich menerapkan pola hidup sehat selama bulan Ramadan. Awal bulan Ramadan kemarin, saya sudah menulis hal tersebut supaya menjadi semangat supaya saya tetap berada di koridor tersebut. 

Siapa yang ndak mau sehat selama bulan Ramadan, kan. Untuk menerapkan pola hidup sehat, bagi tiap orang mungkin berbeda-beda. Saya dan suami yang berada di rumah yang sama, bisa berbeda cara menerapkannya.


Saya berada di rumah sepanjang hari, dan beliau berjihad untuk mencari nafkah di luar rumah. Tentu waktu untuk istirahat saya dan suami bisa berbeda. Pola tidurnya juga berbeda. Selama bulan Ramadan kemarin, saya jarang tidur siang, tapi saya curi waktu tidur malam yang tidak begitu larut.

Tidur lebih awal mampu menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Apalagi, sebagai perempuan, istri dan ibu, ada kewajiban untuk menyiapkan makan sahur dan membangunkan suami dan anak-anak. 

3| Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Boleh Pilah Pilih Makanan Sehat


Sah-sah saja kan untuk memilah milah makanan yang menurut saya, cocok untuk dikonsumsi. Selama bulan Ramadan ini, saya benar-benar menjaga menu yang disajikan di rumah. Apalagi bulan Ramadan ini, adalah kali pertama anak sulung saya dapat berpuasa penuh.

Makanan sehat tentunya yang mengandung karbo, protein, vitamin, mineral dan satu hal yang harus ada di sajian menu di rumah adalah adanya serat. Kadang, sedang malas sekali masak untuk buka puasa. Saya mengakali dengan menyiapkan nasi, lauk misalnya bebek goreng dan harus ada buah-buahan. 


Pilah-pilih makanan juga saya terapkan di rumah, ehhehee. Serem dengernya, tapi demi apa? supaya badan tetap bugar dan sehat selama bulan Ramadan. Contohnya, saya sama sekali tidak menyajikan es untuk pembatal puasa.

4| Mengurangi Aktifitas di Media Sosial


Tiduran sembari scroll media sosial, rasanya hidup milik sendiri, yang lain ngontrak. Rasanya PW saat sedang membaca atau menebar like dan komen di Instagram, atau sekedar membaca berita melalui smartphone. 

Padahal menurut saya, aktifitas tersebut lebih banyak hal negatifnya. Badan terlalu lama tiduran, sembari pegang hape, membuat tangan pegal dan mata lelah. 

Saya lebih sering menyalakan televisi yang tentunya menayangkan sajian acara yang bagus dan cocok untuk keluarga saya. Saya ndak masalah nonton kartun/ berita/ siraman rohani, daripada scroll berita di medsos, lelah euy.

Kalau nonton berita di televisi, badan bisa sembari beres-beres rumah, atau melakukan peregangan ringan. Ilmu dan berita dapat, badan juga bugar dan sehat, benar?.

Sebetulnya ada banyak sekali tips dan hal-hal yang membuat badan tetap bugar dan sehat selama bulan Ramadan ya. Teman-teman juga pasti mempunyai tips jitu dan cocok untuk dilakukan. Post blog ini sebagai post tanggapan dari artikel Olahraga Saat Puasa, Ini Tipsnya dari rekan blogger saya nich, Mbak Firsty Ukhti Molyndi.

Artikel ini ditulis untuk tanggapan tema Puasa Sehat untuk #KEBCollab Kelompok Dian Sastro

2 comments:

  1. Setuju mba, walau ramadan datang tiap tahun, namun beradaptasi itu harus dilakukan. Apalagi menyangkut soal stamina.

    ReplyDelete
  2. aku yess dengan nomor 4, diusahakan waktunya menjelang berbuka atau 2 jam sebelum sahur aku gak pegang henfon, klopun pegang henfon untuk membalas pesan dari suami dll ... sepanjang ramadhan juga aku jadi silent reader di whatsapp group yg lebih banyak gosipnya hahaha, biasanya kan suka nimpalin apa gitu

    ReplyDelete