31 Jul 2018

Susah Move On dari Rehat Ngeblog, Ini Caraku Mengusirnya



[Blogging] : Meningkatkan Produktivitas Ngeblog


Hai hallo, apa kabar semuanya nich? Sepertinya kata blog, blogger, blogging sudah semakin merata diketahui dan dipahami oleh masyarakat pada umumnya dan teman-temanku yang ndak ngeblog, pada khususnya.

Susah Move On dari Rehat Ngeblog, Ini Caraku Mengusirnya


Saya tuh kadang merasa malu, di saat produktivitas ngeblog saya ini sedang turun drastis. Saya pun malu, di saat kemampuan dan pengetahuan tentang blog, ndak up date gitu. Yah, kondisi itu akan terjadi saat anak-anak libur sekolah, ada acara keluarga, ada perjalanan jauh atau kondisi badan yang kurang fit.


Menulis di blog sudah mulai rutin saya tekuni sejak tahun 2012. Kegiatan tersebut berawal dari acara bengong-bengong di kantor. Pekerjaan kantor dapat diselesaikan dengan cepat, ndak punya kawan untuk chit chat, dan memiliki ruangan sendiri, iyes sendirian di ruangan. Jadi, itulah awal mula saya membuat sebuah blog.

Tidak ingin dong, blog yang sudah dibuat, blog yang sudah diupdate, blog yang sudah diberikan alamat domain, blog yang sudah memberikan kebahagiaan baik materi maupun immateriil ditelantarkan? gak asyik banget kan? mengingat perjuangannya sungguh luar biasa, hahaa lebaay. Tapi mohon maaf sangat, untuk keterbatasan yang saya sebut di atas, sungguh tak dapat dikondisikan, jadi ya pernah lah ada rehat nulis sampai beberapa hari, bahkan beberapa bulan. Hiks sedih ya.

Pemulihan dari rehat nulis di blog ke akan memulai menulis di blog lagipun, cukup sulit, hiks hiks. Curhat mengalirlah curhat, perlu waktu, perlu mood, perlu dukungan dan sabetan yang sangat kencang, mengingat saya tuh orangnya terlalu PW an gitu. Pokoke wenak di pekerjaan rumah, ngeblognya tersendat, susah move on. Pokoke wenak main di sekolah anak, ngeblog jadi terbengkalaai.

Ndak mau kondisi itu terus menerus terjadi, malu euy dengan blog probadi, malu juga dengan teman-teman yang larinya kenceng. Jadilah, saya perlu memecut diri sendiri, supaya produktivitas ngeblog menjadi lebih baik, paling ndak mempunyai gambaran, ide untuk menulis di blog itu akan bagaimana.

1| Blogwalking


Percayalah, menurut saya kegiatan blogwalking itu adalah kegiatan yang sangat berfaedah dan membantu sekali dalam hal meningkatkan produktivitas ngeblog. Dari blogwalking itulah akan bermunculan ide-ide menulis yang mengalir deras. Rasanya sayang untuk membiarkan ide tersebut menguap begitu saja, tanpa dibingkai dengan tulisan yang menarik di blog.



Cara blogwalking yang paling menyenangkan adalah membuat blogroll atau masuk ke dalam komunitas blog. Awal ngeblog, saya sudah membuat blogroll yang berisi daftar link teman-teman blogger yang sering saya kunjungi. Pada blogroll akan terlihat blog teman-teman yang sering update blognya juga. Sedangkan masuk ke dalam komunitas blogger, di sana ada banyak ribuan link yang teman-teman bisa klik untuk berkunjung atau istilahnya blogwalking.

2| Menantang Diri Mengikuti ODOP


ODOP itu menyakitkan sekali. Serius menyakitkan karena bakal ketagihan untuk terus menulis. Ternyata hal ini cukup ampuh untuk saya yang kadang susah move on, susah bangkit untuk menulis lagi. Saya pernah berada dalam kondisi rehat lama dari menulis di blog, kemudian mendaftar ODOP.

Mendaftar ODOP sebetulnya harus paham konsekuensinya, harus patuh menulis terus sampai hari terakhir. Mau ndak mau ya menulislah sesuai dengan tema. Kadang malah jadi pinter sendiri, contohnya di Hari Minggu ternyata ada acara keluar rumah, mau ndak mau, sebelum Hari Minggu, sudah harus memiliki artikel siap publish kan. 

Alhamdulillah setelah itu, kegiatan menulisk di blog mengalir begitu saja, berawal dari menulis ODOP. Jadi buat teman-teman yang merasakan hal yang sama dengan saya, susah bangkit, susah memulai untuk menulis di blog lagi, cobalah cara saya mendaftarkan diri ke ODOP. 

3| Menulis dari Sebuah Foto


Menulis itu bukan perkara yang mudah, bukan juga perkara yang sulit, tergantung cara pandang saat itu. Ya kali, semua yang dipandang sulit ya sulit jadinya, tapi saat dipandang mudah, Insya Allah ada saja jalan keluarnya.

Beberapa waktu yang lalu, saya mencoba memulai untuk menulis lagi. Sayapun share di artikel yang saya tulis, bagaimana cara mendapat ide untuk menulis di blog. Salah satu caranya adalah menulis dari sebuah foto, ngambil idenya dari sebuah foto gitu. Pasti dech, dari foto yang cukup menarik akan mengalir cerita-cerita yang dapat digunakan untuk menulis di blog.


FYI, pada saat itu saya sedang memiliki masalah writer blocks, hahaaa. Malah jadi satu tulisan yang mengatakan apda dunia, heeey, blog saya itu masih dilirik kok sama yang empunya blog. And then apakah tulisan ini juga beralasan sama, iyes. Saya baru sembuh dari drama rumah tangga, baru ada tamu, setrikaan menumpuk, masih menunggu anak sekolah and bla and bla. 

Alhamdulillah saya bisa menuliskan untuk memberikan tanggapan tulisan dari teman bloger saya, Intan Novriza Kemala Sari tentang bagaimana cara meningkatkan produktivitas ngeblog. Teman-teman bisa intip tipsnya tuh, klik saja link tersebut ya.

Artikel ini ditulis untuk tanggapan tema Produktivitas Ngeblog untuk #KEBCollab Kelompok Dian Sastro






3 comments:

  1. Wah aku suka yang nomor 2. Tapi sayangnya aku belom berhasil. Haha .. Kadang kerjaan numpuk di dunia nyata, ikut2an event pulaa

    ReplyDelete
  2. Setuji mba Astin dengan jalan2 di blog orang suka bikin semangat ngeblog lagi. Akupun pernah coba ODOP tapi belum mampu 😭

    ReplyDelete
  3. malas update blog pasti blogger banyak yang ngalami, termasuk saya :D

    ReplyDelete