25 Jul 2018

Menulis Artikel di Blog dari Sebuah Foto



[Blogging] : Menulis Artikel Blog


Hallo haaaai, rasanya saya masih dapat merasakan aura liburan lebaran, aura liburan anak sekolah dan aura itu enggak mau pergi. Iya, sampai-sampai saya pingin kirim aura itu pergi ke entah berantah supaya aura untuk menulis artikel di blog lekas datang menghampiriku.




Menulis artikel di blog itu menurut saya gampang-gampang susah. Gampang saat ide dan kesempatan untuk menuliskan bertemu dalam satu titik. Tapi kalau ide bermunculan tapi kesempatan untuk menulisnya ndak nemu-nemu ya jadi susah, seperti yang saya alami saat ini.


Beberapa minggu yang lalu, saat sedang liburan lebaran yang nyambung liburan anak sekolah, rasanya kepingin menulis artikel setiap hari di blog. Tapi ya gimana ya, kesempatannya ndak ada dan saat ini, saat kesempatan untuk menulis artikel di blog ada, tapi ide yang ingin dituangkan kok masih pada liburan, kan jadi kesel.

Salah satu cara supaya saya dapat menemukan ide adalah melihat foto-foto yang pernah saya ambil. Beberapa menit saya membuka folder foto di laptop dan mencari-cari foto-foto yang dapat menjadi ide tulisan, tapi hasilnya nihil. Kasihan banget ya, malah jadi kepingin liburan lagi.

Dari Sebuah Foto


Pada dasarnya saya suka sekali mengambil foto-foto, baik foto-foto anggota keluarga, selfi sampai pemandangan. Ada banyak sekali foto-foto yang tersimpan dalam memori laptop dan gawai. Dari foto-foto tersebut, biasanya saya dapat mengambil ide untuk dijadikan sebuah tulisan di blog.

Misalnya foto anak-anak yang sedang bermain, saya bisa mengambil ide untuk blog parenting, tentang permainan anak-anak yang dapat dilakukan di rumah. Atau saya juga dapat menuliskan menjadi, peran orang tua di saat anak-anak sedang bermain di dalam maupun di luar rumah.

Apalagi yang rajin nich fotoin step by step mulai dari bahan membuat roti sampai roti tersebut di dalam oven sampai di foto di atas piring saji. Temen-temen ndak perlu kehabisan ide untuk menulis artikel untuk blog pribadi teman-teman dengan tulisan berupa resep atau cara membuat kue.

Jadi, saat saya mulai garing atau kehabisan ide untuk menulis artikel organik di blog, ya cuz ubek-ubek foto-foto yang pernah saya buat. Kalau sudah ngubek-ngubek foto dan tetap saja ndak mendapatkan ide, berarti saya butuh liburan lebih lama atau butuh teman yang ngajak nulis bareng. (njamin enggak siy).

Menulis Artikel di Blog


Sebagai seorang ibu rumah tangga, saya benar-benar harus mampu membagi waktu antara mengurus rumah tangga, suami, anak dan up date blog. Pengalaman saya setelah beberapa tahun menjadi ibu rumah tangga adalah, pekerjaan rumah, suami dan anak ter handle rapi, blog liburan. Blog up date tapi pekerjaan rumah kadang ada yang terpending.

Saya pernah membuat jadwal rutinitas harian untuk solusinya, tapi tingkat kesuksesannya hanya mencapai 60% saja. Tapi saya tetap mencoba untuk mencari bagaimana supaya semuanya dapat dikerjakan, karena saya ndak bisa menjadwalkan menulis blog di malam hari/ dini hari. Kadang saat ndak ada pekerjaan rumah sama sekali, bisa sich menulis di dini hari, tapi jarang banget.

Nah mungkin solusi untuk melancarkan mampetnya ide menulis artikel di blog ya dengan ngubek-ngubek folder foto. Ya kali, siapa tahu menemukan sebuah foto yang ada cerita yang bisa ditulisa sampai ber seri-seri kan. Tenang, semua masalah pasti ada solusinya. Toh sekarang saya sudah mampu menulis beberapa kata untuk artikel ini dan Insya Allah siap publish, untuk menceritakan kepada dunia, bahwa saya masih sayang pada blog ini. Blog yang telah menemani dan memberikan banyak sekali kebahagiaan. 

Tulisan garing di sore yang panas dan banyak nyamuk. Di pinggiran kota Jakarta. 

8 comments:

  1. Keren mbak:) dari foto bisa nulis artikel ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dan sekarang lagi mencari-cari IDe

      Delete
  2. Kalau saya sih biar dapat inspirasi nulis artikel, biasanya jalan-jalan.heheh...

    ReplyDelete
  3. Saya juga begitu mbak, kadang bongkar foto-foto siapa tau bisa dapat ide:)

    ReplyDelete
  4. Setiap foto punya cerita sendiri.heheheh:D

    ReplyDelete
  5. Saya juga coba gitu ah,siapa tau juga dapat ide.Kadang saya sering buntu ide juga.hahaha

    ReplyDelete
  6. kalo ada bahannya apapun bisa dittulis ya mba. saya aja ngumpulin foto dulu baru ada ide buat nulis hehehe.

    ReplyDelete