26 Jul 2018

Cara Mengobati Sakit Gigi Supaya Dapat Segera Beraktifitas



[Kesehatan] : Cara Mengobati Sakit Gigi


Ada banyak cara mengobati sakit gigi yang sudah saya lakukan. Yup, perkenalkan saya adalah seorang perempuan, istri, ibu dari dua orang anak yang saat ini diberi kesempatan untuk mengurus semua di rumah. Sejak lahirnya si bungsu, saya sering sekali mengeluhkan sakit gigi. Entah dimulai dari mana, sejak saat itu, saya menjadi pasien tetap selama berminggu-minggu untuk menjalani perawatan gigi di dokter gigi.

Cara Mengobati Sakit Gigi
Keluarga bawang-bawangan, yaitu bawang putih digunakan untuk mengobati sakit gigi


Kondisi gigi tentunya lebih baik dan lebih jarang mengalami sakit gigi, dong. Saya dan suami tentunya berharap hal demikian, tapi ternyata apa yang saya hadapi jauh dari ekspektasi saya yang hampir setiap bulan mengeluhkan sakit gigi. Ya Allah, sakit gigi itu rasanya ndak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Sakit gigi, tapi yang sakit bisa dari ujung kepala sampai ujung kaki.



Munculnya keluhan sakit gigipun ndak bisa ditentukan kapan, di mana dan mengapa. Sudah dua kali perjalanan mudik lebaran, sudah dua kali pula setiap perjalanan tersebut menghasilkan sakit gigi yang ndak dapat tertahankan. Seluruh badan rasanya gemetaran dan untuk berbaringpun rasanya tidak mudah.

Saya selalu berikhtiar untuk semakin memperbaiki pola membersihkan gigi, terutama setelah makan. Sayapun mengurangi makan makanan yang keras untuk menjaga gigi tua dan rentan yang sudah banyak keropos. Jangankan makan cokelat, makan biskuit cokelat, rasanya ngilunya ingin nonjok lemari es.

Cara Mengobati Sakit Gigi


Semoga teman-teman yang membaca artikel saya, belum pernah merasakan bagaimana rasanya sakit gigi ya. Jika teman-teman yang mampir di artikel ini, mencari cara mengobati sakit gigi, rasanya saya sangat memahaminya, apalagi yang kambuh-kambuhan seperti saya.

Berikut ini, beberapa cara mengobati sakit gigi yang pernah saya lakukan, supaya saya segera beraktifitas. Bener sekali loh, saat sakit gigi menyapa, seluruh tubuh rasanya lemas dan pinginnya emosi, sehingga aktifitas sengaja saya hentikan. Saya tidak ingin aktifitas saya malah berantakan, karena sakit gigi.

1. Berkumur Air Hangat

Cara mengobati sakit gigi menggunakan air panas untuk berkumur, pernah saya lakukan pada suatu malam. Ceritanya saya dan keluarga liburan ke luar kota. Pada saat perjalanan pulang, tiba-tiba saya merasakan sakit gigi yang sangat luar biasa. Tangan untuk memegang sesuatu yang saya pikir dapat menahan sakit gigi, ternyata sangat lemah.

Sampai di rumah, saya googling secara cepat tanpa membandingkan cara mengobati sakit gigi yang lain. Saya merebus air panas, kemudian mencampurkan dengan air dingin, sehingga menjadi air hangat atau suam-suam kuku. Kemudian saya berkumur menggunakan air tersebut. Hasilnya, ndak begitu membantu

2. Menempelkan Bawang Putih pada Gigi Berlubang

Cara mengobati sakit gigi yang berikutnya adalah dengan menempelkan bawang putih pada gigi saya yang berlubang. Yup, saat itu, gigi yang berlubanglah yang menjadi prahara munculnya keluhan sakit gigi. Rasanya saya sangat menyesal memiliki gigi yang tidak baik. Ingat jaman kecil, diminta merawat gigi dengan baik, malah asyik bermain dengan sikat dan pasta giginya saja.

Jadi, buat teman-teman jangan sepelekan ya, untuk merawat gigi sejak dini. Tibalah sakit gigi dari gigi berlubang dan saya googling lagi, cara mengobati sakit gigi yang saya temukan adalah dengan menempelkan bawang putih pada gigi yang berlubang.

Rasa sakitnya agak berkurang, tapi ternyata setelah beberapa waktu, sakit giginya kembali muncul. Namun setelah dilakukan beberapa kali, rasa sakit tersebut akan menghilang dengan tenang.

3. Mengkonsumsi Obat Pengurang Nyeri

Salah satu cara mengobati sakit gigi yang paling ampuh adalah mengkonsumsi obat pengurang nyeri. Sejak saya sering mengalami sakit gigi, obat pengurang rasa nyeri selalu ada di kotak obat lemari dan di tas yang saya bawa kalau sedang pergi.


Sakit gigi tidak pernah memberi kabar kapan datangnya. Jadi daripada aktifitas saya terhambat karena saya mengeluh sakit gigi, salah satu cara mengobati sakit gigi ya, mengkonsumsi obat nyeri. Tapi saya juga mempertimbangkan dalam penggunaan obat nyeri tersebut. Alasannya, sebisa mungkin mengurangi konsumsi obat nyeri dan mencoba menahan sakit gigi, jika sakit giginya bisa dibawa tidur. Terkadang, saat sakit gigi, berbaring saja ndak mudah, kan ya, apalagi tidur nyenyak.

Sebisa mungkin jangan pernah sakit gigi ya, lebih baik jangan sakit apapun ya, selalu sehat dan jagalah gigi, supaya nyaman. Meskipun ada banyak cara mengobati sakit gigi, menjaga supaya tetap sehat adalah hal yang menyenangkan.

7 comments:

  1. Pas besoknya mau operasi cesar gigiku sakiit banget, trus minum obat pnghilang nyeri kalo ga salah kandungannya paracetamol,.alhamdulillah besok paginya sembuh, dua bulan kmudian baru bisa berobat 😄😄

    ReplyDelete
  2. Infonya bermanfaat banget:)

    ReplyDelete
  3. wah hanya dengan bawang, sakit gigi bisa hilang...

    ReplyDelete
  4. Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi:) hhehe..

    ReplyDelete
  5. Bahan-bahan nya juga mudah banget didapat ....

    ReplyDelete
  6. Bisa dicoba nih,kalau lagi sakit gigi ...

    ReplyDelete
  7. Emang bener yang paking ampuh menurut saya itu bawang putih.
    Saya kalo gigi berlubang enyut enyutan pasti gigit bawang putih

    ReplyDelete