21 Aug 2018

Pisang Goreng Wijen Enak dan Kering



[Kitchen]  : Pisang Goreng Wijen

Pisang memiliki banyak sekali jenisnya.  Penyajian pisangpun juga beraneka ragam.  Salah satu pisang yang biasa saya beli di pasar adalah pisang kepok. Pisang kepok yang ada di pasaranpun ada dua jenis.  Pisang kepok putih dan pisang kepok kuning. Pisang kepok putih dan kuning sangat mudah dibedakan dari bentuk dan warna daging pisang itu sendiri. Pisang  kepok putih dari bentuknya lebih besar dari pisang  kepok kuning.  Sedangkan dari warnanya daging setelah dikupas,  jelas berbeda.  Pisang kepok putih warna dagungnya putih dan pisang kepok li kuning apabila sudah matang,  akan terlihat kuning.



Kedua pisang teraebut  dapat diolah menjadi beraneka ragam makanan. Pisang kepok putih dan kubing yang masih mentah dapat diiris tipis menjadi keripik pisang.  Untuk kedua jenis pisang kepok,  apabila telah matang/setengah matang dapat dikukus,  dibuat pisang goreng,  dipanggang atau dibuat kolak pisang.



Saya termasuk penyuka camilan sepesep pisang goreng.  Pisang yang saya pilih adalah dari jenis pisang kepok kuning.  Alasannya,  pisang kepok dari jenis pisang kepok kuning apabila dijadikan pisang goreng,  rasanya lebih manis,  meski dari bentuknya lebih kecil dibandingkan pisang kepok putih.  Saya lunya pengalaman pribadi nich.  Saat itu,  ingin sekali membuat pisang goreng dari pisang kepok kuning.  Saya pergi ke pasar dan menemukan salah satu penjual pisang yang membawa banyak sekali pisang kepok,  bentuknya besar-besar.  Saya tanya dong,  pisangnya pisang kepok putih atau kuning.  Bapak penjual pisang tersebut menjawab,  pisang tersebut pisang kepok kining,  manis neng.  Saya beli satu "epek"  yang agak besar dengan harga 15.000 rupiah,  pada jaman 10.000 rupiah rasa 100.000 rupiah,  jadi agak mahal untuk seukuran pisang.

Sampai di rumah, saya langsung membuat adonan pisang goreng yang dari tepung minus gula pasir.  Saya memang jarang menambahkan gula dalam adonan pisang,  karena menurut saya pisang tuh sudah manis. Lah pas saya kupas tuh pisang kepok yang dibeli dari pasar,  warnanya putih pucat.  Apalagi setelah digorenf warnanya pucat.  Saya mencoba mencicip setelah matang.  What? ini mah lisang kepok putih,  rasanya kurang begitu manis.  Dan sejak saat itu,  saya harus lebih teliti saat membeli pisang kepok.  Sayapun ndak mau  asal percaya sama pedagang pisang yang mengatakan ini pisang kepok kuning.

Beberapa waktu ini,  saya lebih suka mengolah pisang kepok kuning yang saya beli di pasar menjadi camilan berupa pisang goreng.  Haha itu mah biasa kali, ya.  Tapi pisang goreng yang saya buat ini,  saya buat berbeda,  yaitu dengan menambahkan wijen di dalam adonan pisang goreng.



Wijen ditambahkan dalam adonan pisang goreng mungkin agak aneh karena wijen biasa ditambahkan sebagai tambahan onde onde atau kue bantal.  Tapi saya menambahkan untuk adonan pisang goreng.

Rasanya,  jangan ditanya!  lebih gurih daripada pisang goreng yang saya buat sebelumnya.

Bolehlah saya share resep membuat pisang goreng wijen yang gurih,  kering dan enak.



Bahan-bahan untuk membuat pisang goreng wijen satu sisir adalah : Tepung terigu sebanyak 6 (enam) sendok makan.  Tepung beras sebanyak 3 (tiga)  sendok makan.  Wijen saya tambahkan satu hingga dua genggaman tangan,  garam dapur satu sendok teh dan air matang secukupnya sampai mendapatkan adonan yang tidak cair dan tidak kental.  Goreng dalam minyak panas,  kecilkan api saat memasukkan pisang berbalut adonan tepung ke dalam minyak panas.  Kemudian besarkan api perlahan saat wajan sudah terpenuhi pisang.

Oiya,  sekarang saya sudah menemukan tips membelah pisang menjadi tiga tanpa putus.  Iya sih kadang gagal,  tapi ya lumayanlah untuk chef amairan di dapur,  hehehe.

Itulah camilan pisang goreng wijen yang terbuat dari pisang kepok kuning yang rasanya manis.  Pisang goreng wijen paling asyik disajikan sebagai camilan di pagi hari atau sore hari dengan teh manis atau kopi pahit sebagai teman.



59 comments:

  1. Rasanya gimana Mbak Astin ada wijennya? kebetulan aku kurang suka sama wijen soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya jd ada kletak kletuknya, aromanya juga gak begitu kentara kok, kalah sama rasa manisnya pisang kepok

      Delete
  2. aku suka dengan aroma wijen yang memang khas yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, ada stock wijen banyak, jdilah goreng pisang wijen, minyak wijen akupun pernah coba pakai,hehhee

      Delete
  3. Saya belum pernah coba pisang goreng dikasih wijen. Tetapi, aroma wijen memang enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Mbak, rasanya ada kletak kletuknya, hehee.

      Delete
  4. Wijen memang bikin masakan jadi gurih. Coba deh hari Sabtu nanti bikin cemilan pisang goreng kasih wijen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak, sayapun kalau bikin pisgor Sabtu or Minggu, hari keluarga banget ya, dua hari itu

      Delete
  5. Pisang buah favorit saya! Diolah jadi apapun, tetap doyaaann...

    ReplyDelete
  6. Aku sering goreng pisang, tapi belum pernah pakai wijen. Jadi pengen coba ah. Makasih resepnya

    ReplyDelete
  7. gimana tuh rasanya kak kalau ads wijennya? aku tuh pecinta makanan yang bahan dasarnya dari pisang, tapi blum pernah coba pisang goreng wijan kak, penasaran deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk dicoba, enak loh, ada gurih gurihnya

      Delete
  8. mbak Astin, aku nyontek resepnya ya. Aku punya simpenan wijen nih. Mumpung lagi musim orang pada panen beli pisang harga dua ribu hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siulahkan Mbakrul, murahnyoo di sini muahale

      Delete
  9. Wahh baru lihat ada resep dicampur wijen yah.. itu gimna rasanya mba? bisa nih dipke resepnya soalnya anak-anak penggemar makan pisang goreng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa Mbak, pakai aja. Anakku yang sulung suka banget. Jadi selama wijen masih ada, aku pakai

      Delete
  10. Huwow ini pasti enak banget. Diliat dr bahannya aja dah mantap

    ReplyDelete
  11. Waaahhh, enak nampaknyaa.. pengen cobain ahh, cemilan sehat dan enak untuk klrga ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, kadang lebih suka bikin sendiri

      Delete
  12. Di rumahku lagi ada stok wijen nih mba. Kayaknya ntar sore pulang kerja mampir di warung ah buat beli pisang. Pisang dimakan apa aja enak ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, mau digoreng oke, dikukus oke, dibikin cake enak

      Delete
  13. Wijen memqng bikin rasa tambah gurih yaaa. Kd pingin coba mba. Bikinin aku dong oisang goreng wijeen

    ReplyDelete
  14. Suka aroma wijen juga. Wah dicampur tepung beras bikin makin kriuk yaaa

    ReplyDelete
  15. Jadi lebih wangi kalau ada wijennya yaa.. mbayanginnya kriuk2nya juga pasti sedap banget, besok coba bikin ah :)

    ReplyDelete
  16. Sedaaappnya
    diminum pake teh hangat diudara dingin dingin.
    Aaahhh..
    Antaapp

    ReplyDelete
  17. Ini my mom dari kemaren nanyain pisang kepok melulu mau bikin pisang goreng alhasil beli terus.. susah ya mba nyari oisang kepok

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah susah mahal, pas nemu pas yang mahal kalau yang kuning Mbak

      Delete
  18. kalo pisang goreng aku kurang mdoyan sih. maklum pecinta mendoan hehe. tapi suami suka nih jadi bisa dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendoaaan juga enak pakai wijen, eh..hehehee

      Delete
  19. Penasaran dengan pisang goreng wijen minyak biasanya makan onde-onde yang ada wijennya ini pisang goreng, pasti rasanya enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kasihan kan kalau cuma onde yang pakai wijen, jadi yaaa...kupakai buat goreng pisang, hehehe

      Delete
  20. Aku penyuka pisang goreng mbak. Jenis apapun asal pisang digoreng :D
    Biasanya jg suka aku campur coklat dan keju. Trus suamiku ngajarin aku makan pisgor pakai petis haha. Tp enak jg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada juga loh yang makan pisang goreng juga pakai nasi, heheee. Kalau pakai petis, gak selesai selesai makannya, wenak banget y

      Delete
  21. anak-anakku suka banget pisang goreng, tapi aku belum pernah nyoba dikasih wijen. jadi ide baru nih, Mbak..

    ReplyDelete
  22. Pas banget. Ada wijen dan peralatan tempur pisgor. Yeai bakal segera di eksekusi nih resep. Makasi mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sediain kopi atau teh, jadi teman ternikmat tuh

      Delete
  23. Keluarga saya juga senang dengan camilan pisang goreng. Apalagi kalau pisangnya dipotong kecil-kecil, diselimuti tepung yang banyak. Belum pernah nyobain pakai wijen. Rasanya lebih gurih ya, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh iya, kakakku suka tuh, yang dipotong kecil-kecil trus dicampur sekalian sama adonan tepungnya

      Delete
  24. Halo mbak Astin..wah pas banget nih, saya penggemar pisang dan juga wijen. Gak pernah kepikiran untuk menyandingkan mereka berdua..jadi pengen nyoba bikin jg. Makasih sharingnya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak, sayapun sedih ngelihat si wijen tak ada temennya, jadi kusandingkan mereka berdua

      Delete
  25. Nyaaammm.. membayangkan aroma pisang goreng matang itu enaaakk bangettt. Kepok kuning lebih manis dari kepok putih kl dibuat posang goreng, tapi kembali ke selera ya mba. Kalau resep mama saya, adonan ditambah susu bubuk dan mentega, silahkan dicoba yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, enak tuh dikasih susu sama mentega. Lain waktu kucoba ya, makasih sharingnya Manda

      Delete
  26. Aku mau coba ah resepnya mbak, blm pernah bikin pisang ada wijennya. TFS mbak

    ReplyDelete
  27. Belum pernah coba goreng pisang dicampur wijen, selama ini hanya digoreng biasa campur tepung aja. Sepertinya bisa dicoba nih resepnya ��

    ReplyDelete
  28. Wah ini nih yang lagi rame di IG, pisang goreng wijen. Ngeliatnya jadi pengin nyoba, tapi suamiku nggak suka masakan yang berbau wijen, hiks.
    Btw, mbok ya di-share to mba tips belah tiga pisang tapi nggak putus :p :p

    ReplyDelete
  29. Mbakkkk mbakkk.. aku nyesel main ke blog ini malam-malam langsung disuguhi pisang goreng wijen.. wkwkw.. ngiler banget.. udahlah aku langsung ke dapur nyemil roti tawar sambil menahan lapar.. xixixi

    ReplyDelete
  30. Kalau dimakan, ada sensasi nya bunyi "kress...kress" gitu kali yaa...
    Hiihii...inovasi baru dalam dunia pisang goreng.
    Asiik...

    Haturnuhun.

    ReplyDelete
  31. Enak banget ini mbak, pisang goreng wijen. Selain mengenyangkan juga menyehatkan. Saya juga suka banget bikin pisang goreng wijen. Pisangnya pisang kepok. Mantap ya mbak, manis dan legit

    ReplyDelete
  32. Kayaknya enak banget ya mba dikasih wijen. AKu tuh ga suka pisang hiks, jadi tiap kali ibuku masak buat anak-anaknya aku selalu disisain gandum goreng. Hahhahaa

    ReplyDelete
  33. Aku baru tau loh klo pisang kepok kuning rasanya lebih manis.
    Pisang kepok suka kubuat pisang goreng atau dikukus aja, sudah enaaaak.

    ReplyDelete