20 Sep 2018

Tetap Bahagia dalam Perjalanan Meskipun Memiliki Gigi Sensitif



[Kesehatan] : Tips Mengatasi Gigi Sensitif


Bagaimana sich cara mengatasi gigi ngilu yang tak berkesudahan. Oh iya, sebelumnya, perkenalkan dulu. Saya ibu rumah tangga yang sudah memiliki dua orang anak. Memiliki riwayat gigi berlubang semenjak berada di bangku sekolah menengah pertama. Sudah pernah melakukan perawatan gigi patah dan diharuskan menggunakan gigi tanam permanent di bagian depan, pada tahun 2015.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Supaya Tetap Bahagia
Teman-teman makan, saya mencari aman selfi dulu bareng mereka. 


Jangan ditanya bagaimana saya menjalani hari-hari melakukan aktifitas setiap harinya. Bangun di pagi hari, menyiapkan makanan, membereskan rumah, menemani anak bermain dan melakukan perjalanan. Terkadang gangguan gigi ngilu datang tak diminta, tak diduga dan tak melihat waktunya. Suatu hari saya benar-benar merasakan frustasi yang berkepanjangan di kasur sebuah hotel. Saya menangis sampai mengeluarkan air mata dan merengek sembari memeluk suami. Rasanya tak dapat menahan nyerinya gigi saya yang sudah berlubang entah ada berapa jumlahnya.



Ikhtiar untuk selalu menjaga diri dan berhati-hati saat sedang makan, pada hari itu sudah saya lakukan. Namun apa yang terbayarkan malam itu? rasanya teriakan anak balitapun tak dapat terdengar. Saya hanya berdoa, berdoa dan memasrahkan rasa sakit yang diakibatkan gigi berlubang kepada Allah. Saya terus meminta kepada suami untuk melakukan hal yang sama. Berdoa kepada Allah dan berpikir bagaimana caranya rasa sakit yang luar biasa ini lekas hilang dan saya bisa tertidur. Alhamdulillah, selama traveling, saya selalu menyediakan obat-obatan. Sayapun mengeluarkan kotak obat mini, dan ternyata obat pereda nyerinya tak dibawa. Hiks, ya Allah bisa dibayangkan bagaimana muka saya saat itu. 

Apa Sich Gigi Sensitif Itu?


Rasa nyeri pada gigi yang saya alami terus menerus ini, diakibatkan oleh gigi sensitif. Gigi sensitif adalah gigi yang mengalami banyak sekali perubahan, termasuk diantaranya karena email gigi yang usang atau akar gigi yang terbuka. Hal lainnya yang mengakibatkan gigi sensitif bisa terjadi karena gigi saya yang berlubang sudah bertahun-tahun. Gigi retak, ini yang saya alami saat gigi depan saya patah dan nasibnya harus diganti gigi tanam, karena akar giginya masih bagus. 

Saya sudah datang ke dokter gigi langganan di daerah Poris, Tangerang. Dokter mengatakan beberapa gigi saya sudah payah, rusak, dan sebaiknya dilakukan perawatan gigi. You know-lah ya, perawatan gigi untuk merawat gigi waktunya panjang dan tentunya menguras dana yang enggak sedikit. Oleh karena itu, saya selalu skip ke dokter gigi kalau nyerinya ndak banget.

Penyebab Gigi Sensitif Menjadi Nyeri Tak Tertahan


Kalau ditanya kapan mulai merasakan sering gigi nyeri. Jawabannya adalah semenjak melahirkan anak ke-dua di tahuh 2014. Sampai akhirnya saya kaget menemukan gigi bagian depan yang patah sampai harus diganti gigi tanam di tahun 2015. Riwayat sakit gigi yang sudah kesekian kali, saya sampai hafal dong, kapan biasanya saya merasakan nyeri gigi.


  1. Saat melakukan perjalanan jauh, contohnya saat keluar kota.
  2. Saat kondisi cuaca sedang dingin dan hujan.
  3. Saat gigi yang berlubang tersenggol makanan.
  4. Saat tidak menggosok gigi sebelum tidur malam.
Beberapa kali saat dalam perjalanan jauh, saya sering sekali harus menahan nyeri pada gigi. Sakitnya luar biasa. Saya tidak dapat menikmati perjalanan tersebut. Tidak dapat menjawab pertanyaan anak-anak. Tidak dapat menemani suami menyetir. Rasanya saya menjadi orang yang paling tidak bahagia saat itu. Kebahagianku direnggut oleh rasa nyeri gigi selama perjalanan. 


Mau dong supaya tetap bahagia meskipun memiliki gigi sensitif yang datangnya nyeri kadang tak terduga dan tanpa ngobrol dulu. Gimana sich cara mengatasi gigi ngilu supaya tetap bahagia, kasih tips dong. Dan inilah cara saya untuk mengatasi gigi ngilu yang kadang membantu kadang saya harus lebih banyak bersabar dan berdoa.
  1. Bersabar saat sedang menyantap makanan, karena memiliki gigi sensitif itu ndak boleh kesenggol. 
  2. Memilih menu makanan yang tidak keras, tidak berserat dan tidak alot. Sehingga sisa makanan tidak bersarang di gigi berlubang yang ada kalanya dapat membuat gigi tersebut menjadi ngilu.
  3. Membawa obat anti nyeri yang biasa digunakan saat dalam perjalanan jauh. Jangankan perjalanan jauh, saat saya dan keluarga pergi jalan-jalan atau makan di restoran, saya harus membawa obat tersebut.
  4. Membawa sikat gigi dan pasta gigi, apalagi ke luar rumah dari pagi sampai malam. 
  5. Usahakan untuk tetap makan dan minum selama di perjalanan, jangan sampai mulut kosong.
  6. Menggunakan penutup mulut dan scraf yang hangat supaya bagian mulut dan leher terlindungi saat musim hujan atau saat cuaca dingin.
Rasanya menjadi bahagia itu mudah kok, tidak ada alasan untuk tidak tersenyum meskipun memiliki gigi sensitif yang sering ngilu. Saya masih mengkonsumsi minuman dingin dan ice cream. Di saat yang lain menghindari minuman dingin, saya pilih itu. Namun untuk makanan seperti kacang, cokelat, keripik, saya lebih suka mundur teratur atau mencicip sedikit dari makanan tersebut. Padahal makanan itu enak-enak semua, ya kan. Namun daripada saya harus berurusan dengan dokter gigi kembali, lebih baik saya menjaga dan bersabar supaya tetap bahagia. 


34 comments:

  1. I feel you mba... Sakitnya sakit gigi dan semua permasalahannya.. Krn itu duluuuu masalahku juga. Alhamdulillah skr udh lepas dari semua sakit2 gigi. Dr sd kls 3 aku jalanin perawatan gigi, supaya semua gigi yg berantakan, tumbuh menyimpang, jarang bagian depan, plus tonggos, trus numpuk di belakang bisa rapi. Ga sebentar waktnya. Dr sd kls 3 sampe smu kls 1 batu aku bebas. Mulai dari dicabutin semua gigi tetap yg ga berguna, yg berarti harus dibius dulu. Sakitnya ga ush tanya.. Kalo kebayang semua itu, aku msh merinding. Itu juga yg bikin aku ga mau ngerasain sakit bagian mulut dan gigi. Aku jd kyk obses ama kebersihan gigi. Abis makan lgs gosok gigi. Kumur2 betadine. Mau tifur, secapek apapun wajib gosok gigi. Periksa k dokter minimal bgt setahun sekali. Alhamdulillah blm prnh ada yg bolong sampe skr. Krn aku takut kalo hrs merasakan bor lagi, suntikannya lagi, tang pencabutnya lagi. . Sereem :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Fanny untung care lebih dini yak. Jaman aku SD berarti samaan lah ya, tahun sekolah kita. Jaman itu, larinya cuma ke Puskesmas, ya besihin, tambal, lepas. Bersihin tambal lepas. Ndak pernah tahu, bahwa gigi itu perlu beri perawatan terlebih dulu. Permasalahannya satu doang sich, gigi berlubang. Tapi imbasnya luar biasa mpe sekarang. Alhamdulillah ya, dirimu dah terbebas, akupun gt, sekali ndak gosok gigi pas mau tidur, rasanya ada yg aneh dan kurang

      Delete
  2. Gigi sensitif itu memang sangat membuat kita tidak nyaman ya mbak, kalau sudah kesenggol makanan sedikit saja, mood tuh bisa mendadak hancur. Serasa gak ingin makan lagi.

    ReplyDelete
  3. Setiap pergi kemana-mana saya juga selalu membawa pasta dan sikat gigi mbak. Bahkan yang khusus gigi sensitif.

    ReplyDelete
  4. Saya tuh tipe orang yang doyan banget makan es, setelah tau kalau gigi saya sensitif jadi gapernah minum-minum es lagi deh. :(

    ReplyDelete
  5. Paling sebel deh kalau Gigi udah ngilu, apalagi kalau pas sedang perjalanan jauh.

    ReplyDelete
  6. Beberapa gigiku kayaknya ada yg sensitif juga nih Astin, kalau makan yang asem2 loohh rasanya langsung makcenuuuutt... Aku paling tidak bisa makan buah yg masih mengkal, keasamannya bikin gigi sakit. Sedih yaaa...

    ReplyDelete
  7. Gigi saya mulai sensitif, nih. Terutama kalau udah menyantap hidangan manis. Duh, gak nyaman banget deh kalau begitu

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau kl cuaca juga gigi sensitif bisa kambuh
    Tapi memang va enak ya kalau punya gigi sensitif ga nyaman

    ReplyDelete
  9. Punya gigi sensitif nggak nyaman banget ya, kalau pas mau makan es krim nyut-nyutan, untung ada solusinya ya

    ReplyDelete
  10. Biasanya aku kalo makan yg dingin atau panas, gigi suka nyeri, tapi nggak terlalu sih. Yang parah tuh anakku, waktu itu tambal gigi tapi belum selesai, jeda 2 minggu krn liburan, dokternya juga keluar kota. Ampun deh, selama liburan nggak bisa nikmati makan enak, sebentar2 nyeri smapai nangis.

    ReplyDelete
  11. Aku juga udah mulai merasakan gigiku sensitif nih mbak, makan keras dikit kadang gigi nyeri nggak enak banget pastinya.

    ReplyDelete
  12. Jadi ingat suami saya Mbak, dia juga lebih suka menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif. Selama ini jadi tidak pernah mengeluh sakit lagi.

    ReplyDelete
  13. Mbaaa...Gigi aku juga suka ngilu nih. Pemicunya salah satu memang suhu dingin. Kalau nginep di daerah pegunungan gak bisa ditahan ini ngilunya gigi.

    ReplyDelete
  14. Masyaallah. Aku jg kadang tersiksa sih kalo makan krn giginya bnyk lubang hihihi..

    ReplyDelete
  15. Saya nih paling sering bermasalah dengan gigi. Termasuk rapuh juga yang gampang patah.

    ReplyDelete
  16. Ehm...aku ngebayanginnya kok ikut ngilu, Mbak. Alhamdulillah, aku belum pernah ada masalah sama gigi. Cuman, kalau lihat orang sakit gigi ya sering. Ibuku itu kalau masuk angin, giginya kumat. Pasti seperti itu. Ujung2nya uring2an deh.

    ReplyDelete
  17. aku barusan tambal gigi, soalnya gigiku ngilu ternyata ada yang agak bolong di gigi geraham.

    ReplyDelete
  18. sakit Gigi itu rasanya gimanaaaa itu ya Astin. Bikin bete berat. Tapi Gigi maman haras dirawat dengan baiiik

    ReplyDelete
  19. Waktu kuliah aku termasuk yang kurang telaten sikat gigi terutama mau tidur malam.
    Lalu suatu hari aku divonis gigi berlubang. Sakitnya jangan ditanya.
    Nah, sejak detik itu aku bertekad, akan serius merawat gigi.
    Memang sejak saat itu, gigi aku tak pernah berlubang.
    Namun aku kena gigi sensitif, karena aku doyan sikat gigi kuat-kuat.
    Maksudnya biar bersih, giccu. Ternyata, aku salah. Gigi harus didikat dengan lembut. Kayak aku juga, harus diperlakukan lembut,eeeaaa ^^
    Sudah hampir 10 tahun aku pakai Sensodyne (ini bukan iklan lho ya, memang aku pakai produnya), alhamdullillah, gigi sensitif tak pernah lagi menghampiri.

    ReplyDelete
  20. Sakit gigi tuh bikin orang gak bisa tidur. Makanya nih agar gak ngilu2 amat, aku jarang makan panas banget atau duingin. Yg suhu normar aja lah

    ReplyDelete
  21. Gigiku juga mulai sensitif nih, apalagi kalo makan yang dingin kayak es krim, dan kawan-kawannya. Karena itulah sekarang ini saya jarang makan yang dingin-dinginnya, takut ngilu giginya

    ReplyDelete
  22. Mba Astin, aku juga bermasalah nih sama gigi, disuruh nyabut dua belum kucabut yang geraham wkwwkkw takut karna harus operasi kecil. Sekarang aku udah nggak nyeri banget mba, karena ganti pasta gigi. Yang nyaranin juga dokter gigiku mba, buat make gigi Nasa ini. Nyeri dan berdarah berangsur ilang

    ReplyDelete
  23. Kenapa semakin tinggi usianya, kekuatan gigi pun semakin menurun yaa...
    Dulu...gigi aku termasuk gigi yang kuat, ga sensitif.
    Tapi sekarang, makan es sedikit aja..langsung ngiiung~
    Hiiks~

    ReplyDelete
  24. Perjalanan jauh terus masuk angin, udah deh dipastikan si gigi bakal cenut-cenut bangeeet :((

    ReplyDelete
  25. Gigi depan anakku juga patah dan disambung. Tapi namanya jaket gigi, fungsinya untuk membentuk gigi jadi utuh lagi

    ReplyDelete
  26. Ahh, saya termasuk banyak masalah bagian gigi juga mba, tapi gigi saya termasuk gak gigi sensitif semoga jangan yahh, bikin gak nyaman hiksss..tapi yang paling terakhir itu tambalnya banyak, bor lagiii..bor lagii.. klo ditambah gigi sensitif lagi duhhh.. lengkap sudah hihihi

    ReplyDelete
  27. Gigi saya ga ada yang berlubang tapi sudah agak sensitif. Kalau kena makanan yang manis banget bisa ngilu. Setuju sama Mba, kalau pergi2 bawa pasta gigi and sikat gigi. Apalagi kalau pas Idul Fitri, keliling2 yg disantap macem2 hehe.

    ReplyDelete
  28. Duh sakit gigi lbh menyakitkan ya mbak ketimbang sakit hati #eh
    Memang sebaiknya mencegah ya dgn disiplin jaga kebersihan gigi, bila perlu cus langsung ke dokter gigi supaya dikasi solusi caranya supaya gigi gak sensitif lagi gtu...

    ReplyDelete
  29. Duh gigi sensitif pasti gak nyaman banget ya mb.. harus rajin banget sikat gigi. bener kata Rosul ya.. bawa siwak kemana-mana, hehehe

    ReplyDelete
  30. Aku banget ini Mbak gigiku sensitif banget jadi susah loh kalau makan terlalu dingin ataupun terlalu panas radang lagi enak-enak makan eh giginya ngilu

    ReplyDelete
  31. Gigi sensitive? Aku banget tuh... senang bisa baca artikel ini krn sdh bisa punya tips tuk gigi yg sencitive.

    ReplyDelete
  32. Hahahaha...pukpukpuuuuk! Ngeselin memang gigi sensi itu, aplagi tak berkesudahan, rasane kesuuuh. Sabar yaaaa, bund.

    ReplyDelete
  33. Nah..aku punya juga nih gigi sensitif, memang harus hati2 saat makan minum ya..

    ReplyDelete