13 Sep 2018

Lemari Penyimpanan Minimalis untuk Rumah Terlihat Luas dan Bersih



[Rumah] : Lemari Penyimpanan


Lemari penyimpanan sangat dibutuhkan di setiap tempat, baik itu rumah tangga, perkantoran, pertokoan bahkan di pos satpam di komplek juga membutuhkan benda ini. Adanya lemari penyimpanan dimaksudkan untuk menyimpan barang-barang yang dimiliki, supaya tersimpan rapi dan mudah ditemukan lagi, saat sedang dibutuhkan.

Lemari pakaian idaman dari website Ikea


Lemari penyimpanan minimalis merupakan salah satu lemari penyimpanan impian yang menurut saya sangat ideal. Dalam bayangan saya, lemari penyimpanan minimalis tersebut memiliki warna putih, memiliki permukaan yang tidak banyak tonjolan maupun lekukan, menggunakan handle atau gagang pintu lemari yang sederhana.

Lemari penyimpanan minimalis tersebut akan membuat rumah yang sempit terkesan luas. Ruangan terkesan luas, karena warna putih rasanya tidak membuat berat mata untuk melihat. Selain itu dengan adanya lemari penyimpanan minimalis, rumah terlihat lebih bersih. Warna hitam dan warna lain, kesannya lebih cepat kotor.



Beberapa hari ini, saya dan suami ingin merombak rumah kontrakan supaya terkesan lebih luas. Hampir 7 tahun berada di sini, sudah banyak sekali moment yang terjadi. Barang-barang mulai menumpuk karena tak mungkin ditampik kedatangannya. Contohnya saja, tambah anak, tambah baju, tambah mainan, tambah perlengkapan sekolahnya dan lain-lain.

Oleh karena itu, saya dan suami, mulai berdiskusi, lemari penyimpanan mana yang perlu dimusnahkan, mana yang perlu dipertahankan dan diperbarui dan mana yang harus diadakan. Konsepnya seperti di atas, lemari penyimpanan minimalis, supaya rumah yang sudah banyak tertumpuk barang-barang, terkesan lebih luas dan bersih. Selain itu, lemari penyimpanan tersebut sebaiknya cocok untuk dipindah ke rumah sendiri, suatu saat nanti.

Nah, berikut ini beberapa lemari penyimpanan minimalis yang saya butuhkan:

1| Lemari Penyimpanan Pakaian


Lemari pakaian yang ideal menurut saya adalah, lemari pakaian yang berukuran panjang 2 meter dan tingginya sampai plafon. Alasannya, supaya baju saya dan suami berada dalam satu lemari saja. Saya lebih menyukai lemari gantung untuk menggantung pakaian seperti dress dan gamis. Alasan tingginya sampai plafon supaya debu tak menutup bagian atas lemari pakaian.

Pengalaman memiliki lemari pakaian tidak sampai plafon, debu-debu banyak menempel di bagian atas lemari pakaian. Saya tuh anaknya moody-an soal beberes rumah. Ada solusinya sebetulnya, atas lemari pakaian diberi plastik atau karpet plastik, jadi pas ngebersihin, plastiknya diambil dan dibuang debu-debunya. Tapi ya, belum berjalan.

PR menyulap lemari pakaian yang ada supaya menjadi lemari pakaian ideal adalah mengganti warna hitam menjadi warna putih. Selain itu, saya ingin mencari tukang kayu yang dapat menambahkan lemari pakaian menjadi setinggi plafon rumah standar. Tapi kalaupun tidak memungkinkan, ya harus segera mencari plastik seukuran luas bagian atas lemari pakaian.

Gimana nich dengan lemari pakaian anak? Lemari pakaian anak identik dengan adanya gambar karakter dan berbahan plastik. Untuk lemari pakaian anak, sebetulnya saya ingin yang berbahan kayu dan berwarna pastel atau warna kesukaan anak-anak. Silahkan saja, kalau anak suka warna orange untuk lemari pakaiannya ya ndak masalah. Asal senada dengan warna dinding kamar tiidurnya. 


2| Lemari Handuk, Sprei, Selimut, Mukena dan Lain-Lain


Lemari penyimpanan lain yang idealnya dipisah dengan lemari pakaian adalah lemari untuk menyimpan handuk, sprei, selimut, mukena dan lain sebagainya. Mengapa harus dipisah? supaya orang lain (Suami dan anak-anak atau asisten rumah tangga) dapat menemukan dengan mudah apabila sedang mencari handuk misalnya.

Saat ini, lemari penyimpanan tersebut sudah saya pisah, tapi lemarinya masih bercampur dengan barang-barang lainnya. Idealnya, saya ingin satu lemari penyimpanan untuk menyimpan barang-barang di atas, tanpa dicampur dengan barang lainnya.

Apalagi saya selalu menyiapkan stock handuk sebanyak 3 set-an. Jadi, kalau jumlah anggota keluarga 4 dikali 3 totalnya 12 dan masih ada handuk untuk berjaga-jaga ketika ada tamu. Sprei dan selimut juga, sudah pasti lebih dari 2, apalagi ada 3 kasur yang harus diberi sprei. 

Bentuknya sama dengan lemari penyimpanan pakaian, mungkin luasnya yang lebih kecil. Misalnya ukuran 50 x 120 cm. Bahan dasarnya tetap kayu dengan design minimalis. 

3| Lemari Penyimpanan Dokumen dan Buku


Banyak yang menyebut rak buku atau laci penyimpanan dokumen. Saya ingin menyebut lemari penyimpanan dokumen dan buku. Alasannya, saya menginginkan dokumen dan buku disimpan di dalam sebuah lemari yang memiliki pintu dan kunci. Yah, designya bisa berupa lemari yang terdiri dari lemari berpintu kaca, pintu kayu atau laci berkunci. 

Buku-buku penting dan ATK bisa disimpan dan diletakkan di lemari dengan pintu kaca, supaya mudah terlihat. Dokumen yang rahasia bisa disimpan di dalam lemari yang berpintu kayu dan dapat dikunci. Laci dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil lainnya.

Saat ini, buku dan dokumen serta ATK sudah tersimpan di dalam satu lemari penyimpanan. Tapi design dan bahannya sangat tidak cocok untuk menyimpan buku dan dokumen. Kayunya rapuh, pintunya sudah tidak berfungsi dengan baik dan rencanyanya saya ingin mengganti dengan design yang baru. 

4| Lemari Penyimpanan Peralatan Masak dan Makan


Pyuh, lemari penyimpanan yang satu ini cukup membuat saya agak gemes. Saya memiliki 2 buah lemari penyimpanan peralatan masak dan makan dan 1 buah box berukuran sedang untuk menyimpan peralatan tersebut. Tapi tetap saja kurang, apa memang harus dikurangi jumlah peralatan masak dan makannya ya? sampai bingung saya.

Lemari penyimpanan peralatan masak dan makan bagi orang umum bisa disebut kitchen set. Berhubung saya masih menyewa rumah dan tidak tersedia kitchen set, jadilah saya membeli lemari piring yang designya seperti kitchen set. Saya suka modelnya, bagian atas menggunakan pintu kaca dan bagaian bawah menggunakan pintu kayu. Ada laci penyimpanan untuk menyimpan sendok/ spatula dan berbagai peralatan masak dan makan yang kecil-kecil.

Kabinet idaman dari website Ikea


Wadah-wadah makanan seperti tupperware juga tersimpan di lemari plastik dan box. Impian saya, ingin memiliki lemari penyimpanan peralatan masak dan makan yang tertutup. Semua menjadi satu tempat penyimpanan, bisa berupa kitchen set atas dan bawah. Pintunya tanpa handle, saat membutuhkan sesuatu bisa langsung ketemu. Warna kitchen setnya putih/ abu-abu muda, supaya dapat senada dengan perabotan dapur lainnya.


5| Lemari penyimpanan Produk Rumah Tangga


Produk rumah tangga itu bermacam-macam sekali ya. Dari ruang makan, dapur, kamar tidur, kamar mandi, ruang laundry semuanya membutuhkan produk rumah tangga tersebut. Dari ruang makan dan dapur, produk-produk rumah tangga seperti gula pasir, susu, tepung mungkin dapat disimpan di kitchen set.

Nah, bagaimana untuk produk-produk dari kamar mandi dan laundry? ada sabun mandi, sabun cuci piring, kamper, sabun pel, obat nyamuk dan lain sebagainya yang berbahan kimia? apa iya dicampur di kitchen set? ndak kan?

Selama ini saya hanya menyimpan di ruang dapur di atas lemari plastik, tempat wadah makanan. Jadi terekspose dan tidak tertutup. Saya ingin produk-produk tersebut saya simpan di dalam lemari penyimpanan yang tertutup rapi. Dengan konsep masih sama, minimalis dan berwarna putih atau abu-abu muda. Rencananya saya ingin meletakan lemari penyimpanan ini di ruang laundry, supaya saat membutuhkan dengan mudah dapat ditemukan.

6| Lemari Penyimpanan Obat


Satu lagi yang sangat perlu diperhatikan adalah lemari penyimpanan obat. Selama ini, obat-obat di rumah, saya simpan di dalam sebuah wadah untuk obat-obatan kapsul, tablet dan kaplet. Sedangkan untuk obat dengan kemasan botol dan salep juga dipisahkan tempatnya.

Apa sich obat-obatan yang harus dan wajib tersedia di rumah tangga? Kalau di rumah saya obat-obatan dan alat kesehatannyanya sebagai berikut;
  1. Termometer digital
  2. Obat Penurun Panas dalam kemasan botol
  3. Obat Pencernaan dalam kemasan kasul, tablet dls
  4. Obat Luka Bakar dalam bentuk salep
Selama ini, penyimpanan obat-obatan tersebut terpisah, dan idealnya saya ingin dijadikan satu dalam lemari penyimpanan. Lemari penyimpanan obat, biasanya diletakkan di tempat yang terlihat namun tidak mudah dijangkau oleh anak-anak. Lemari penyimpanan ini ukurannya tidak perlu terlalu besar, namun cukup untuk menyimpan obat-obatan yang harus ada di rumah. Designya juga yang minimalis berwarna putih. 

7. Lemari Penyimpanan Mainan Anak


Lemari penyimpanan mainan anak impian sudah ada, sudah mulai digambar dan saya ingin pesan ke tukang kayu. Namun, sampai sekarang saya belum menemukan tukang kayu yang cocok untuk merealisasikan design lemari ini.

Selama ini, mainan anak-anak saya simpan di dalam sebuah wadah atau box dan saya letakan di atas rak televisi yang sudah tidak terpakai. Dikarenakan ukurannya yang tidak cukup, maianan-mainan tersebut terpisah-pisah letak penyimpanannya. 

Duh, sudah tidak sabar sekali nich mengatur ulang lemari penyimpanan yang ada di rumah ini. Karena untuk pindah ke rumah sendiri, sepertinya masih lama karena terkendala anak yang ndak mau pindah sekolah. Jadi, bersabar dengan memilah barang-barang yang tidak terpakai untuk dibuang. 


72 comments:

  1. Ingin rasanya punya lemari pakaian yang di pisah dengan lemari selimut, handuk dll. Tapi apa daya ruangan yang tidak memadai membuat saya menggabungkan pakaian, selimut, handuk menjadi satu pada satu lemari hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, kalau ruangan luas lebih leluasa ya.

      Delete
  2. Wah saya rasa membeli lemari khusus untuk mainan anak itu pentin sakali ya, biar rumah juga kelihatan lebih rapih dan tertata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak, sementara saya pakai yang ada dulu, semoga impianku terwujud, aamiin

      Delete
  3. Yang wajub kita punya adalah lemari obat. Itu penting sekali, karena kecelakaan kecil bisa terjadi di rumah dan bisa di obati secara langsung di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, lemari obat sebaiknya dipisah, biar kalau butuh langsung bisa ketemu

      Delete
  4. Blognya sangat bermanfaat sekali, terimakasih sudah membuat blognya. Semoga bermanfaat untuk yang lain juga ya :)

    ReplyDelete
  5. Bagi ibu-ibu rumah tangga yang penting itu adalah lemari perkakas dapur hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, bu ibu punya banget banget peralatan dapur

      Delete
  6. Sangat bermanfaat sekali isi blognya :)

    ReplyDelete
  7. kabinet dapur ya keren, clean dan modern, ala ala rumah rumah kekinian hehe

    ReplyDelete
  8. lemari emang sangat dibutuhkan, mabk. biar barang rapi dan tertata tak berserakan. Saya sendiri masih banyak peer soal simpan menyimpan ini. masih banyak yang kudu diberesin. memang baiknya semua barang mempunyai tempat, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harus tahu disimpan di mana dan kalau buth cepet nemunya, hehehe

      Delete
  9. Saya lemari pakaian dan handuk sprei digabung hihihi, maklum lah mbak masih keluarga kecil.... Mungkin makin besar jumlah keluarga akan memengaruhi jumlah lemari yang dibutuhkan ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semakin besar jumlah anggota keluarga, semakin banyak barang yang ada dan butuh lemari penyimpanan

      Delete
  10. Enak ya mbk kalau setiap kelompok barang punya lemari sendiri2 jd penghuni rumah lebih gampang nyariknya, nggak perlu lagi manggil2 mamak kalau nyarik sesuatu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Kadang pada teriak teriak nyari di mana di mana, kalau semua dikelompokan masing-masing jenisnya kan gampang dicari

      Delete
  11. ikea memang selalu menarik lemari-lemarinya, udah gitu di bantuin menata pula kita jadi emak2 sekarang ga perlu lg pakai jasa interior udah ditunjukin sama ikea hhe

    ReplyDelete
  12. Kalau aku lagi ingin nyari lemari buku nih.. jadi terinspirasi dg post ini.. TRIms ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. YUk hunting, saya lagi design lemari buku sendiri Mbak, abis itu bawa ke tukang kayu

      Delete
  13. Kalo pakai lemari-lemari gini jadi rapi rumahnya ya. Kayaknya aku perlu nih lemari untuk peralatan masak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, lemari peralatan masak juga butuh dipisah juga yak, kan banyak tuh jenis peralatannya

      Delete
  14. aku lagi butuh lemari buat sepatu nih Astin. Aku memang sukanya barang-barang tersimpan di dalam semua gak suka yang terlihat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lemari sepatu yuk, cari belanja bareng

      Delete
  15. Buat kita, kaum perempuan, koq rasanya gak cukup ya kalo punya 1 aja lemari pakaian, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaaa, iya banget. Pinginnya ditata rapi dan dikelompokan sampai rapi

      Delete
  16. Lemari pakaian kami juga gak sampai plafon jadi bagian atasnya debu :( mana gak punya vacuum. Kalo disapu bikin bersin. Jadi ribeet. Hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai lap basah Mbak, kalau disapu debunya bakal berantakan

      Delete
  17. Masih jadi PR saya ini adalah lemari buku. Masih belum kebeli hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin saja Mbak ma, costnya lebih murah keknya

      Delete
  18. Masalah lemari ini emang yang jadi prioritasku juga Mbak. kemarin ada rizqi aku beli rak buat mainan anak2, alhamdulillah udah bisa rapih. Sekarang pengin buat nyimpen kabel2 charger gitu yang digantung di tembok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lemarinya cakep Mbak Is, anak-anak jadi lebih disiplin ya, kalau lemarinya cakep kek punyamu gitu

      Delete
  19. Lemari penyimpan mainan itu kayaknya aku perlu banget deh karena mainan sudah menumpuk hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa, anak-anak penumpul maianan yak, sama di sini juga

      Delete
  20. Wah memang butuh banyak lemari ya biar rapi

    ReplyDelete
  21. Lemari aku masih in progress, jarena masih dibuat. Memang keperluannya banyak ya.. apalagi aku paraaah nih suka koleksi ini itu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah satu lagi buat Mbak Indah, lemari penyimpanan a ka display untuk koleksi

      Delete
  22. ikea memang salah satu racun belanja rumah tangga yang paling manjur. slalu menyediakan barang-barang yang oke dan harganya juga sesuai

    ReplyDelete
  23. Lemari pakaian yang menyentuh langit-langit kamar itu impianku juga. Karena debu selalu bersarang di atas permukaan datar yang tidak tertutup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tooos, impian yang ingin segera terwujud, Insya Allah

      Delete
  24. Poin 7 juga lagi jadi mimpiku, sumpek liat box mainan numpuk2 ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaaa, iya, box mainan lama-lama terkikis rusak, butuh lemari juga nicih

      Delete
  25. Kekurangannya lemari setinggi plafon itu, kita nggak bisa pindah2 lagi tempatnya. Jadi kalo bosan dengan penataan kamar susah ditata ulang. Itu menurutku sih. Dulu pernah juga pingin punya lemari baju setinggi plafon soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sich, jadi kudu dipikirkan bener-bener, bagian mana letak lemarinya, biar ndak ngebosenin

      Delete
  26. Aku jg lebih suka lemari penyimpanan minimalis gini. Hemat tempat.

    ReplyDelete
  27. Kitchen setnya juga idaman nih. Pokoknya yg serba putih biar rumah nggak keliatan sempit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, lebih bersih dan lebih luas kesannya

      Delete
  28. Wah, emang bener banget, semua ini dibutuhkan. Kadang gemes pas nyari handuk trus gk ketemu, ternyata kumpul sama baju-baju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe pernah begitu, makanya kuingin mereka dipisahkan hehehe

      Delete
  29. Aku goalnya sih kitchen set biar @dapur_simak tambah glowing. Halagh hahahahah

    ReplyDelete
  30. Mba, lemari setinggi plafon itu idaman bangeeett. Sama kitchen set yang bikin betah di dapur. Betah ngeliatin aja sih, enggak masak wkwkwk

    ReplyDelete
  31. Di rumahku kurang lari nih, efeknya berabtakan. Memamg Mambah keluarga harus tambah lemari baru atau size yang lebih besar. Modelnya minimalis gini ya, biar rumah tampak luas

    ReplyDelete
  32. Lemari penyimpan produk rumah tangga. Ini ni yang menarik. Entah kenapa, setiap tahun ada aja yang dibeli ya peralatan rumah tangganya sehingga lemari penyimpannya butuh juga di upgrade.

    ReplyDelete
  33. Yaampuuun. Semua lemari rasanya pengen dipunyain sama aku hihi. Biar rapi dan teratur

    ReplyDelete
  34. Pengen loh mb.. rumah tertata dengan cem macem lemari gini. semoga someday bisa terwujud, aamiin

    ReplyDelete
  35. Jadi keinget barang2 hasil goodybag event numpuk dirumah ga ada lemari penyimpannya..hihi Makasih udah diingetin ya mbak.

    ReplyDelete
  36. Semenjak pindah rumah beberapa bulan ini, saya jadi punya lemari buku ((nambah lagi))
    Kalau di rumah lama dulu, kadang sediihnya, si buku-buku sudah ga punya rumah, jadi naruhnya sudah ga bener.

    Hiiks~
    Asa mendzolimi buku yaa...

    ReplyDelete
  37. Aduh aku jg mengidamkan kabinet dapur seperti itu mbak. Btw kalau mau ruangan luas kyknya sih lemarinya perlu dikai pintu kaca seperti yg di apartemen2 itu lho mbak :D Trus kalau bisa warnanya yang terang :D

    ReplyDelete
  38. Aku badu pindah rumah. Gak kepikiran soal pisah lemari handuk. Iya ya mba ternyata aku butuh jg. Dan ganti lemari utama dari hitam jd putih juga idaman akuh. Karena kamar ku keicl pengen yg pintunya geser. Hehe saling mendoakan yak biar dapat idaman masing2

    ReplyDelete
  39. Aku pun naksir lemari di Ikea, tp warnanya putih takut gampang dekil :(

    ReplyDelete
  40. Pengaturan berbagai barang di rumah dan dipisah-pisah gini bikin rumah jadi rapi. Saat cari pakaian ataupun barang yg diinginkan jadi lebih gampang.

    ReplyDelete
  41. Emang lemari tuh kudu dibedain isinya. Biar gampang cari barang2nya. Masa ya lemari buku dgabubg ama lemari peralatan dapur. Hehe

    ReplyDelete
  42. sayangnya gak ada foto lemari penyimpanan dokumen dan buku ya, padahal pengen ngintip dulu sebelum buka web ikea heheh suka kalap kalau buka websitenya, gak tentu tujuan hihihi btw TFS ya mbak, memang pas saya lagi nyari rak buku ini :-)

    ReplyDelete
  43. Ini mah impianku juga mba. Bikin beberapa lemari yg bisa menyimpan barang2, jd rumah kliatan rapi. Tpi apa daya uangnya kepake trus utk traveling mba hahahaha. Padahal suami udh bilang, ini rumah udh bgs banget kali ,kalo aja uangnya kamu pake utk ngerenov, drpd jalan2 trus :p. Duuh dilemaa..

    ReplyDelete
  44. Lebih bagus lagi setiap jenis lemari penyimpanan minimalis di atas diberi gambar min biar gak bingung gmn bentuknya hehe

    ReplyDelete