17 Oct 2018

Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba dengan Kebaikan Alami



[Gaya Hidup] : Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba


Memasuki akhir bulan Oktober, cuaca kadang tidak menentu. Tanda-tanda musim pancaroba mulai terlihat. Mulai dari perubahan suhu yang tidak menentu, pagi panas, tiba-tiba cuaca mendung dan kembali lagi matahari panas menyengat. Seperti hari ini, cuaca mendung, lembab namun tidak turun hujan. Pada musim inilah penyebaran penyakit kemungkinan banyak terjadi. Apalagi angin yang bertiup kadang kencang kadang sama sekali tidak ada angin.

Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba dengan Kebaikan Alami www.astinastanti.com
Siap antar jemput anak sekolah meski musim tak menentu


Sebagai ibu rumah tangga, saya harus senantiasa menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba ini. Menjaga kesehatan diri sendiri, kesehatan suami dan kesehatan anak-anak. Saya harus memiliki kekuatan ekstra untuk menjaga tubuh supaya tidak mudah sakit. Saya pernah membaca sebuah kalimat, bahwa di balik suami dan anak-anak yang sehat ada istri ada ibu yang sehat. Oleh karena itu, saya berusaha untuk mencari cara supaya tetap fit dan sehat di musim pancaroba.


Ada beberapa hal yang saya lakukan, untuk menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba ini :

  1. Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang
  2. Menerapkan pola hidup yang baik
  3. Kembali hidup alami berawal dari kebaikan alami

1| Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang


Makan makanan sehat dan seimbang tentu sudah dijalani oleh teman-teman ya. Makan sehat sudah jelas pengertiannya, salah satunya bukan junk food atau menggunakan bahan makanan yang berlemak secara berlebihan. Makanan seimbang adalah makanan yang dalam piring saji terdapat karbohidrat, protein, buah dan sayuran serta air minum dan susu sebagai pelengkap.

Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba dengan Kebaikan Alami www.astinastanti.com
Pulang dari pasar, membeli bahan makanan untuk memasak


Salah satu contoh makanan yang sering ada di dalam piring saji saya adalah; Nasi hitam, putih dan cokelat 35% sebagai karbohidrat, Sayur bayam, wortel, labu siam 35 % sebagai sumber mineral, ayam goreng 15 % sebagai sumber protein dan buah jeruk 15 % sebagai sumber vitamin dan segelas air minum setelah makan.

Camilan juga sering menyita perhatian saya, sebagai ibu rumah tangga. Apalagi saat berkumpul dengan teman-teman, isi gerobak abang gorengan itu menggoda iman. Rasanya ingin sekali mengeluarkan uang 5.000 rupiah untuk mendapatkan lima buah gorengan. Es campur di pinggir jalan, saat pulang menjemput anak sekolah di tengah hari yang panas sering juga tuh melambai ingin dibeli. Alhamdulillah saya masih ingin terus berikhtiar menjaga kesehatan tubuh. 

Jadi camilan yang sering ada di rumah adalah buah-buahan. Buah-buahan bisa dimakan langsung setelah makan ataupun dibuat jus buah sebagai pelepas dahaga di siang hari. Saya juga sering membuat salad buah sebagai pengganti sarapan nasi di pagi hari. Rasanya enak di perut dan kenyang sampai jam makan siang tiba.

2| Menerapkan Pola Hidup yang Baik


Teman-teman pasti ingin selalu menerapkan pola hidup yang baik. Berbagai cara dicoba dan diterapkan untuk dapat menyesuaikan aktifitas sehari-hari. Sayapun demikian, berkali-kali menerapkan pola hidup yang baik, berkali-kali gagal. Meskipun gagal, saya terus mencoba-mencoba dan terus mencoba karena saya ingin terus menjaga kesehatan diri sendiri dan seluruh anggota keluarga.

Ikhtiar pertama adalah mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, ikhtiar ke-dua adalah menerapkan pola hidup yang baik mulai dari bangun tidur sampai tidur di malam hari. Pola hidup yang baik, berkali-kali gagal. Meskipun gagal, saya terus mencoba-mencoba dan terus mencoba karena saya ingin terus menjaga kesehatan diri sendiri dan seluruh anggota keluarga. Ikhtiar pertama adalah mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, ikhtiar ke-dua adalah menerapkan pola hidup yang baik mulai dari bangun tidur sampai tidur di malam hari. Pola hidup yang baik untuk teman-teman mungkin berbeda dengan saya. Saya yang setiap hari berkutat mengurus rumah, anak-anak sekolah, mengantar, menjemput, memasak dan banyak lagi pekerjaan rumah tangga lainnya.

Hal yang pertama saya lakukan untuk menerapkan pola hidup yang baik adalah menyempatkan untuk tidur siang. Padatnya aktifitas mulai dari bangun tidur, menyetrika pakaian, mencuci pakaian, memasak, membereskan rumah, mencuci piring, menyiapkan bekal anak sekolah, mengantar anak sekolah, menyapu, mengepel dan menjemput anak sekolah bisa dibilang pekerjaan yang seperti setrikaan. Tidak pernah selesai. Oleh karena itu, saya harus menyediakan waktu paling tidak 30 menit atau 1 jam untuk tidur siang.

Beberapa pola hidup yang baik yang saya terapkan adalah; tidak begadang, menggerakan badan seperti olah raga ringan di dalam  rumah dan menghentikan aktifitas apabila badan sudah merasa lelah. Saat saya masih berusia di bawah 30 an, mengerjakan seluruh pekerjaan rumah tangga tanpa istirahat mungkin bisa, tapi saat usia sudah 35 tahun lebih, saya lebih memilih mengerjakan pekerjaan rumah dengan skala prioritas dan urgensi. 

3| Kembali Hidup Alami Berawal dari Kebaikan Alami


Alam memberikan banyak sekali kebaikan. Udara yang diberikan alam yang sejuk akan memberikan kesegaran jasmani dan masuk ke dalam jiwa yang menjadi tenang. Air yang mengalir jernih memberikan kesejukan yang dirasakan kulit sampai ke hati. Tanah yang subuh memberikan banyak sekali kebaikan untuk manusia, seperti tanaman yang memberikan khasiat kesehatan untuk manusia.

Saya mempunyai tips menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba dengan mengkonsumsi minuman herba mulai pagi, siang hari dan malam hari.

Wedang Jahe- Minuman untuk Mengatasi Rasa Mual di Pagi Hari

Beberapa bulan yang lalu, saya sering merasa mual di pagi hari. Rasanya seperti saat sedang hamil. Jadi, sebelum bangun dari tempat tidur, saya harus makan biskuit dan minum air hangat terlebih dahulu. Bahkan sampai belum bertemu matahari, rasa mual itu terus ada. Obat untuk mengatasi rasa mual sudah saya konsumsi, hasilnya nihil, rasa mual itu terus mengikuti sampai saya harus menahan mual saat mengantar dan menjemput anak sekolah.

Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba dengan Kebaikan Alami www.astinastanti.com
Foto milik pribadi


Pengalaman mengatasi rasa mual dalam perjalanan dengan mengkonsumsi permen jahe. Sayapun berinisiatif membuat wedang jahe dengan cara merebus jahe dan gula merah, kemudian disaring. Rasa hangat dari jahe membuat tenggorokan, perut dan badan menjadi hangat. Rasa mual perlahan mulai hilang. Saya rutin mengkonsumsi wedang jahe secara teratur di pagi hari.

Khasiat mengkonsumsi wedang jahe untuk saya adalah mengurangi rasa mual di pagi hari, melancarkan peredaraan darah dan mengurangi nyeri otot. Saat ini saya tidak perlu repot membeli jahe di pasar dan merebus sendiri. Saya memilih Sari Jahe Herbadrink sebagai minuman untuk penunjang kesehatan tubuh di musim pancaroba ini. 

Kemasan Sari Jahe Herbadrink ini praktis dan higienis, tinggal di sobek bagian pinggir kemasannya, dituang ke dalam cangkir dan diseduh menggunakan air panas. Rasanya tetap hangat seperti jahe yang saya rebus sendiri. Sari Jahe Herbadrink bersih dan tanpa endapan, duh nikmat sekali dikonsumsi pagi hari untuk memulai aktifitas sebagai ibu rumah tangga. 

Lidah Buaya - Memelihara Kesehatan Pencernaan dan Buang Air Besar

Minuman satu ini tentu tidak asing lagi ya teman-teman. Lidah buaya sudah lama ditemukan untuk diolah menjadi bahan makanan dan minuman. Sudah sejak lama saya mengkonsumsi lidah buaya berbentuk gel dan dipercaya dapat membantu memelihara kesehatan fungsi pencernaan dan membantu melancarkan buang air besar.

Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba dengan Kebaikan Alami www.astinastanti.com
Foto milik pribadi


Saya sering sekali mengalami masalah pencernaan dan buang air besar. Namanya ibu rumah tangga, makan kadang telat hanya karena anak sudah minta dianter ke sekolah, jadi belum sarapan sudah berangkat. Pulang dari mengantar anak sekolah, pekerjaan rumah menanti dan rasa lapar sudah berganti rasa yang lainnya. Perut menjadi panas, asam lambung naik dan tidak ingin aktifitas terganggu karena masalah pencernaan, saya memilih Lidah Buaya Herbadrink sugar free yang saya konsumsi pada siang hari.

Saya mencoba membuat minuman lidah buaya Herbadrink menggunakan es batu. Rasanya segar sekali, adem di perut dan karena tidak mengandung gula, suami saya dapat ikut mengkonsumsinya. Lidah buaya Herbadrink saat diseduh menggunakan air dingin, warnanya hijau muda terang, segar sekali melihatnya.

Temulawak - Minuman di Malam Hari untuk Memelihara Kesehatan Hati

Makanan dan minuman serta polusi yang masuk ke dalam tubuh didetoksifikasi oleh hati di tubuh. Hati telah melakukan tugasnya dengan baik untuk menjaga tubuh terbebas dari racun dan supaya tubuh tetap sehat.

Saatnya saya menyeduh Sari Temulawak Herbadrink di malam hari sebelum tidur. Khasiat sari temulawak adalah membantu memelihara kesehatan hati. Sama seperti sari jahe dan lidah buaya, sari temulawak dikemas praktis dan higienis serta tidak ada endapan setelah diseduh.

Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba dengan Kebaikan Alami www.astinastanti.com
Foto milik pribadi


Manfaat lain sari temulawak adalah untuk mengobati radang sendi. Bagi ibu rumah tangga seperti saya yang melakukan pekerjaan rumah tangga, kesehatan radang sendi sangat diperlukan. Menjadi ibu rumah tangga yang sehat, kuat dengan persendian yang bagus adalah dambaan saya. Apalagi anak-anak masih kecil inginnya terus ditemani berlarian di luar rumah. 

Cuaca malam ini berbanding terbalik dengan cuaca di siang hari tadi. Siang tadi cuaca agak mendung tapi tidak turun hujan. Cuaca malam ini panas dan apabila turun hujan rasanya dingin dan mengusir panas di daerah Tangerang sini. Alhamdulillah tadi pagi saya sudah memasak menu kesukaan saya dan anak-anak, sudah tidur siang dan sudah mengkonsumsi sari jahe, lidah buaya dan sari temulawak mulai pagi, siang dan malam ini. 

Semoga saya dan teman-teman semua diberikan kesehatan dan ikhtiar untuk menjaga kesehatan tubuh diberikan kemudahan ya.

59 comments:

  1. Wah disajikan dengan es juga nikmat tampaknya ya mba...saya kemecer tuh lihat foto yg lidah buaya itu..hehe..

    ReplyDelete
  2. Aku penasaran deh sama herbadrink yg lidah buaya. Belum pernah. Setingnha temulawak sama sari jahe aja

    ReplyDelete
  3. Herbadrink tuh kaya varian rasa ya Mba Astin, gemes deh sampe bingung mau pilih yang mana dulu minumnya karena variannya banyak. Aku paling suka menyeduh dengan es, pasti seger tenan

    ReplyDelete
  4. Dulu aku sempat berpikir, sayang banget jam produtikf kog kita justru tidur.
    Ternyata tidur siang atau "take a nap" istilah dari sono banyak mnafaatnya ya, mba.
    Justru dengan tidur siang kita malah jadi lebih produktif.

    Tidur siang juga tidak harus tidur di tempat tidur, bisa juga diartikan dengan "istirahat" melepaskan diri dari rutinitas, mendengarkan musik, memandang yang hijau-hijau dan lain-lain.

    Itulah kenapa ada "break" di kantor atau perusahaan.
    Karena tubuh kita memang perlu istirahat.


    ReplyDelete
  5. Belanjaannya banyak juga ya, Astin arajin masak sih :-D
    Kalau kurang tidur aku suka ga bisa mikir

    ReplyDelete
  6. Musim pancaroba memang bikin keki ya Mbak. Di Jogja udah mulai mendung. Badanku juga jadi enggak enak nih. Kadang sembelit kadang diare, ckckck

    ReplyDelete
  7. Musim sekarang memang lagi gak jelas menurut saya. Bentar-bentar panas, bentar-bentar dingin, terus hujan. Kadang ya gitu, ngefek ke stamina atau kondisi badan. Kita memang perlu minuman yang alami untuk mengembalikan kesehatan tubuh, dan minuman dari herbadrink ini sangat cocok.

    ReplyDelete
  8. Kesukaanku yang lidah buaya, manjur banget diminum kalau pencernaan lagi nggak beres. Apalagi panas panas begini minum herbadrink lidah buaya ditambah es batu enak banget.

    ReplyDelete
  9. Di pergantian musim ini memang kita kudu bener-bener jaga badan kalau nggak mau ngedrop. Saya sendiri kalau lagi selo ngeracik herbaldrink yg nggak instan. Jadi jahe, sereh, lemon, tambah madu atau gula batu. Itu enak banget. Tapi kalau pas males ya pake yg tinggal seduh gini.

    ReplyDelete
  10. persediaan sayur dan herbadrink nya buanyaaaaak, sehat2 ya mbaa

    ReplyDelete
  11. Mbak, aku kok malah fokus sama sepeda Revomu, jadi ingat zaman SMA ku, plek sama tuh sepedanya... heheh

    Bdw, kembali ke gaya hidup sehat, zaman now mah gaya hidup kembayakan enggak sehat, makanya yuk kembali alami...

    yang jadi favorit kalau aku sari jahenya mbak, jahenya kerasa bangettt...

    ReplyDelete
  12. Benar sekali. Musim pancaroba kata orang musimnya penyakit. Jadi harus pintar jaga badan biar tetap sehat.
    Herbadrink bisa jadi pilihan karena alami dan praktis.

    ReplyDelete
  13. Herbarink dengan kemasan mungil dan beragam rasa ini memang cocok untuk dikonsumsi karena gak ribut penyajiannya. Bunda sudah mulai mengganti Susu Jahe dengan yang tanpa susu tapi meminumnya selalu ditambah ice cube jadi sueger rasanya.

    ReplyDelete
  14. Penting banget ya menjaga kesehtan pada musim pancaroba, aku juga minum HErbadrink Temulawak, tapi jadi pengen cobain herbadrink sari lidah buaya, kayaknya enak juga

    ReplyDelete
  15. Minuman herbal emang jauh lebih menyehatkan dibanding minuman2 di mall yg lg hits jaman sekarang,tapi sayangnya banyak yang lebih memilih minuman oversugar yg hits2 itu. Huhu

    ReplyDelete
  16. Jadi pengen nyobain sari jahe nya, enak kayaknya untuk menghangatkan badan ya mak

    ReplyDelete
  17. Aduh, enaknya herbadrink sari jahe. Dr kmrn byk yg posting ini jd kangeb sm rasanya. Tp lg g boleh mnm krn lg hamil. Heu

    ReplyDelete
  18. pancaroba emang jadi gampang sakit, makanya kudu sedia makanan yang banyak dan sari jahe. enak lah praktis ada herbadrink

    ReplyDelete
  19. Seger banget itu liat Herbadrink Lidah Buaya dikasih es batu. Duh, jadi pengen coba. Lebih praktis ya daripada konsumsi lidah buaya secara langsung.

    ReplyDelete
  20. Herbadrink ini banyak variannya ya.. Saya belum pernah rasa yang namanya Temulawak. Kayak jamu ya?

    ReplyDelete
  21. Tanda-tanda pancaroba mulai terlihat mba. Walau php mulu nih, langit mendung v ujannya kagak.
    Saat-saat seperti ini memang sebaiknya kesehatan harus dijaga agar tetap fit ya, mba.

    ReplyDelete
  22. Ya ampun makin ngiler nih buat mencoba herbadrink yang lidah buaya, mba. Kliatan banget sehat. Aku pun mencoba hidup seimbang dengan perbanyak makan sayur dan buah

    ReplyDelete
  23. Ak sudah coba jahe dan lidah buaya,yang temulawah nggak berani apa sepahit kalo kita bikin sendiri mba

    ReplyDelete
  24. Aku dari kecil dibiasain tidur siang, kadangcuma beberapa menit. Pokokya kudu tidur biar otak gak bleng. Kita memang kudu ikhtiar demi hidup sehat dan lebih baik

    ReplyDelete
  25. Back to nature memang pilihan sejati yang paling baik untuk tubby yaaa Astin. Aku pengen Cobain deh minuman hits ini!

    ReplyDelete
  26. Sekarang org pada ramai ramai konsumsi yg alami ya. Klo untuk urusan kesehatan, kenapa tidak? Seperti wedang jahe. Saya pernah coba wedang jahe gegara dapt kirkman dri teman di pulau Jawa.

    ReplyDelete
  27. Betul, musim pancaroba biasanya banyak yang sakit. Anginnya kencang dan tidak enak kalau kena badan. Salah satu cara agar bisa terus sehat, mengonsumsi wedang jahe ya...

    ReplyDelete
  28. Ibu rumah tangga tuh kerjaannya ngga ada selesainya ya Asti. Dulu awal resign kukira bisa punya banyak waktu leyeh-leyeh. Ternyata kudu menyediakan waktu khusus.

    Btw, aku baru nyoba yang temulawak, enak ya. Selama ini lebih suka beli yang Sari jahe, bisa untuk relaksasi sambil tiduran dengerin musik atau nonton TV

    ReplyDelete
  29. Wah. Ternyata herbadrink lidah buaya tidak mengandung gula yaa.
    duh senengnya.
    Bumil yg was-was dengan bb bisa merasa aman saat mengkonsumsi

    ReplyDelete
  30. Aku biasa bekal wedang jahe atau herbadrink jahe kalau mendaki gunung. Enak hangat banget di tengah cuaca dingin menusuk tulang.

    ReplyDelete
  31. Wah banyak pilihannya. Kalau sari jahe diminum dingin enak gak, ya?

    ReplyDelete
  32. Wah, herba drink jahe ada varian lidah buaya juga ? Penasaran pengen nyobain yg lidah buaya, masukin daftar belanjaan ahhh

    ReplyDelete
  33. Aku baru tahu lidah buaya bisa dijadikan minuman sarinya. Minuman rempah seperti itu memang cocok buat kesehatan ya.

    ReplyDelete
  34. Herbadrink lidah buaya ini enak lo, apalagi ditambahin potongan es batu dan lidah buaya kemasan yg dijual di supermarket

    ReplyDelete
  35. aku sudah nyobain Mbk enak emang Herbadrink, segar di tubuh ya, jadi mantep mencobanya. Aku coba Herbadrink Sari Jahe dan Lidah Buaya

    ReplyDelete
  36. Untuk anak-anak aman gak sih mba dikonsumsi??

    untuk jahe aku selalu sedia di rumah, anget banget,

    ReplyDelete
  37. Saya nih yang akhir-akhir ini sering masuk angin. Hawanya panas akhirnya nyetel kipas angin. Giliran dipasang, lha kok malah masuk angin. Seharusnya nyetok Herbadrink Jahe ya di rumah pas kayak gini ini.

    ReplyDelete
  38. Umi yang hebat nih.... super woman pokoknya laahhh... Harus menjaga kesehatan tubuh ya Astin agar selalu fit handle semua pekerjaan di rumah. Aku juga sedia macam2 herbadrink loh di rumah. Siap diseduh dan bikin kita sehat.

    ReplyDelete
  39. Wahhh pasti segar banget siang-siang minum herbadrink lidah buaya ��

    Kalo saya minum yang dari temulawak, Mba. Minumnya pagi hari sebelum ke kantor, badan jadi segar sepanjang hari ��

    ReplyDelete
  40. Lezatoozz~
    Ini bisa diminum sambil makan gak yaa..?
    Hihii....akhir-akhir ini aku lagi seneng sama minuman berasa gituu...ples es.

    Nikmat~

    ReplyDelete
  41. Mba.. Samaan aku jg motoran kemana2. Kita butuh wedang jahe untuk menjaga kesehatan dan stamin dimusim pancaroba ya

    ReplyDelete
  42. Betul mba, sebentar lagi mau musim hujan, persiapan musim pancaroba demi menjaga kesehatan 😊

    ReplyDelete
  43. Gorengan dan es di pinggir jalan tuh emang melambai-lambai banget, Mbak.. kudu kenceng ya ngeremnya.. hehe.
    Dan Herbadrink turut menjaga kesehatan tubuh, ya ��

    ReplyDelete
  44. Herbadrink lidah buaya kayaknya melambai lambai aja nie dari kemarin. Minta dijemput. Hahaha baca review di mana mana jadi pingin nyoba.

    ReplyDelete
  45. Huwow, jd pingin nyobain yg lidah buaya nih

    ReplyDelete
  46. Wah serius mbak makan nasi hitam? Aku belum konsisten euy. Pernah beli tapi ga kemasak, UPS.herbadrink memang pilihan saat pancaroba ya

    ReplyDelete
  47. buat aku minuman alami kayka gini ngebantu banget buat jaga kesehatan seluruh kelurga sih mna
    dan jahe, temulawak, serta lidah buayanya herba drink aku stock di rumah

    ReplyDelete
  48. Aku paling suka yang rasa Jahe dan Lidah Buaya mbak..Herbadrink Jahe aku konsumsi dalam keadaan hangat sedangkan yang Lidah Buaya minum ny lebih enak kalau dingin atau tambah es Batu

    ReplyDelete
  49. Yg lidah buaya pake es, seger banget kayaknyaaaa...jadi hauus

    ReplyDelete
  50. Sehat sehat terus mba Astin
    Kalau saya jaga kesehatan pake Sari Jahe. Hangat di badan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, hangat jadi ndak gampang masuk angin

      Delete
  51. Aku blm pernah nyobain yg lidah buaya mbak. Katanya bikin adem perut gtu ya.
    Kalau dipikir2 kyknya herbadrink ini semua variannya bagus buat pencernaan ya mbk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak yang lidah buaya, apalagi yang free sugar

      Delete
  52. Mbaak udaudah lama nggak ketemu kitaa itu foto diatas kayakau berangkat kuliah ya :)

    ReplyDelete
  53. Bener banget mbk, perlu kita menjaga pola makan, pola hidup dan juga back to nature.

    ReplyDelete
  54. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan. Aamiin.

    Etapi itu, jahe hangatnya kelihatan menggoda. Kek nya musti cuzz beli, biar hangat dan sehat :D :D

    ReplyDelete
  55. Pola hidup sehat sekarang sudah seperti lifestyle ya mbak, apalagi sudah masuk musim hujan nih kudu selalu jaga kesehatan. Minum ait putih yang banyak juga membantu kesehatan dalam tubuh. Herba Drink ini praktis banget ya

    ReplyDelete
  56. Wahh kalo herbadrink sahabat di segala musim buatku hehe.. Apalagi bisa disajikan dalam keadaan dingin.. cocok banget di musim. kmrau..

    ReplyDelete