20 Nov 2018

Empat Alasan Mengapa Saya Menulis di Blog



[Blog] : Kenapa Menulis di Blog


Pertama kali mengetahui sebuah media bernama blog, saya sudah sangat gembira. Saya berpikir, saya akan menemukan tempat bermain yang baru. Saya dapat menuliskan kegiatan, pengalaman dan curahatan hati, saat itu. Saat di mana saya baru satu tahun memiliki anak. Saya sudah berangan-angan untuk menuliskan cerita keseharian saya setelah menjadi ibu. Dalam pikiran saya sudah tergambar jelas, akan ada foto-foto pendukung dan saya akan dapat menyimpan cerita dan foto tersebut, pada media bernama "Blog".

Empat Alasan Mengapa Saya Menulis di Blog astinastanti


Hampir delapan tahun saya mengenal sebuah tempat paling asyik untuk belajar menulis ini. Saya sadari, semakin lama sebuah media yang bernama blog ini makin naik daun. Hampir semua orang tentu sudah mengenal istilah blog. Orang yang memiliki dan menulis sebuah blog, bernama blogger. Sedangkan aktifitas yang dikerjakan oleh blogger, dimunculkan dengan kegiatan blogging. Sampai hari ini, tidak ada alasan bagi saya untuk tidak menulis blog.


Tulisan ini adalah empat alasan mengapa saya menulis di blog. Tidak berbeda dengan saat pertama kali saya mengetahui sebuah media bernama blog. Saat ini saya adalah seorang ibu rumah tangga yang seratus persen berada di rumah. Tidak ada alasan bagi saya, untuk meninggalkan kegiatan blogging. Saya harus pintar-pintar untuk membagi waktu dan fokus kepada semua hal. Saya tidak ingin pekerjaan rumah tangga terbengkalai karena kegiatan blogging dan juga sebaliknya.

Tempat Bermain dan Menemukan Kebahagian


Layaknya anak kecil, saya juga membutuhkan tempat untuk bermain. Blog saya jadikan media untuk bermain kata yang disusun menjadi kalimat dan menghasilkan sebuah artikel. Di dalam kegaitan itu, saya merasa nyaman, merasa harus berlaku  yang baik supaya tidak menyakiti hati siapaun. Blog saya jadikan tempat mencari kebahagian untuk menuliskan kegiatan saya dan membaginya kepada dunia. Ada rasa senang saat saya dapat menulis di blog, mungkin itulah alasan pertama kenapa saya menulis di blog.

Mengingat tahun sembilan puluhan, saat usia saya masih kecil. Raut bahagia terpancar dari wajah ibu setelah pulang dari halaman belakang rumah tetangga. Ibu sangat asyik berbincang dengan para ibu lain. Jika boleh saya samakan, kebahagiaan ibu sama dengan kebahagian saya setelah menulis di blog. Bedanya, zaman dulu ibu secara langsung duduk bersama ibu lain untuk menceritakan tentang sesuatu. Saat ini, media bernama blog menjadi tempat saya mencari kebahagian.

Bahagia Mendapatkan Teman dari Aktifitas Blogging


Kebahagiaan itu datang dari diri sendiri. Kebahagiaan itu tidak perlu ditunggu, jemputlah. Pekerjaan rumah tangga itu buanyaknya tidak dapat dibilangkan dengan angka. Namun saya tidak pernah meninggalkan media bernama blog dalam waktu yang lama. Sulit rasanya meninggalkan dalam waktu sebulan lebih, satu minggu saya tidak menulis di blog, rasanya ada yang kurang. Apalagi meninggalkan kegiatan blogging. Kegiatan blogging mempertemukan saya dengan banyak teman.

Kegiatan blogging salah satunya adalah berkunjung di blog lain. Blog lain yang dikunjungi biasanya adalah blog teman yang sudah dekat maupun blog teman dalam satu komunitas. Memiliki sebuah blog memberikan saya kesempatan untuk dapat berkomunitas. Dalam berkomunitas saya menemukan banyak sekali teman setelah saling menyapa dalam kolom komentar tentunya. Saya sangat bersyukur berada di dunia blogger karena dapat bertemu dan mendapatkan teman-teman terbaik. Itu mungkin adalah alasan ke-dua kenapa saya menulis di blog.

Blogging Memperluas Wawasan dan Ilmu


Blogging itu mulai dari menulis artikel di blog. Mengedit baik tutur kata, gaya bahasa sampai dengan penempatan foto-foto pendukung. Setelah dirasa layak ditayangkan, pemilik bloglah yang menentukan, apakah artikel tersebut akan dipublikasikan atau tidak. Setelah publish, masih ada kegiatan blogging lainnya yang menentukan akan diperlakukan bagaimana artikel tersebut. Apakah dibiarkan begitu saja atau membaginya kepada teman-teman melalui timeline media sosial dan komunitas.

Baca Juga : Waktu untuk Ngeblog

Hal menarik dari rangkaian blogging membuat saya semakin harus banyak belajar. Ilmu blogging bukan hanya bagaimana membuat sebuah blog. Namun ada banyak sekali hal-hal yang sebaiknya diketahui oleh pemilik blog, apalagi yang menginginkan blog yang dimiliki terlihat profesional. Boleh diakui pemahaman saya mengenai blog dan blogging dari tahun ke tahun semakin lebih baik dan berkembang.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Untuk Pemula

Di awal mengenal blog, cara membuat blog saja masih kesulitan. Tahun ke-dua sudah beternak blog sampai lebih dari tujuh. Beberapa tahun belakangan ini, ilmu yang saya pelajari tentang sebuah blog sudah bertambah bagaimana membaca jumlah pengunjung blog. Artikel apa yang paling banyak dilihat dan semua itu saya dapatkan dari para teman blogger yang sudah mempelajari terlebih dahulu. Mengasyikan tentunya, saya bertambah ilmu yang mungkin tidak diketahui dan dimiliki oleh orang lain yang tidak memiliki blog. Hal tersebut bisa menjadi alasan ketiga kenapa menulis di blog.

Menjuarai Kompetisi Menulis dan Mendapatkan Pekerjaan Menulis dari Sebuah Brand


Bertambahnya pengetahuan mengenai blog dan blogging mendapatkan banyak sekali bonus. Saya mendapatkan tempat bermain yang membahagiakan dengan memiliki blog. Ada dua buah blog aktif yang sudah memiliki alamat domain pribadi bernama saya sendiri. Bertemu dengan teman-teman baik melalui komentar di blog maupun kegiatan off-line blogger, menjadi kebahagiaan tersendiri bagi saya. Apalagi diijinkan mengikuti kelas belajar blog yang diadakan oleh beberapa komunitas.

Baca Juga : Blogwalking

Manusia diberikan kesempatan untuk beikhtiar, Allah Maha Menentukan. Awal saya membuat sebuah blog, tidak pernah terpikirkan sama sekali akan mendapatkan materi. Materi dari kegiatan blogging yang pernah saya terima ada dua macam. Pertama adalah mendapatkan materi berupa uang ataupun voucher belanja dari pekerjaan menulis sebuah brand yang mengajak bekerja sama. Ke-dua adalah menjuarai kompetisi dan loma menulis yang diadakan sebuah brand ataupun komunitas. Tidak dapat dipungkiri dan dilupakan, mendapatkan materi itu bisa menjadi alasan keempat kenapa saya menulis di blog.

Baca Juga : Ngeblog Tapi Tidak Mendapatkan Materi, Jangan Bersedih

Bagi saya mendapatkan hal di atas tersebut bukan secara instant. Pertama saya berkenalan dengan tempat bermain yang membahagiakan adalah tahun 2011 akhir.  Tidak ada niat pertama kali saya membuat blog untuk mendapatkan penghasilan. Tetapi, saat ini peluang untuk mendapatkan penghasilan dari menulis di blog bukan hanya isapan jempol belaka. Saya melihat banyak sekali blogger-blogger baru yang bermunculan. Mereka semua sudah mendapatkan banyak sekali ilmu blogging. Mereka siap menjemput rejeki dari menulis di blog. Saya masih di sini, menulis di blog dengan kerendahan hati. Dengan niat bermain di taman yang membahagiakan, bertemu teman, dan menjemput ilmu.

39 comments:

  1. iyess...meskipun emak-emak masih butuh tempat main juga ya mbak, makin seneng karena tempat mainnya menghasilkan duit hehehehe

    ReplyDelete
  2. menjadi penulis handal gak perlu menerbitkan buku yah mba, cukup dengan ngeblog memiliki manfaat dengan tulisan diblognya lalu diapresiasi tulisannya oleh brand, itu udahhh menjadi tempat main yang asyikkkk banget yah mba, hehehe

    ReplyDelete
  3. mantap banget...
    pilihan ibu rumah tangga yg mengasyikan.

    ReplyDelete
  4. Toss lah.. sama banget memang ngeblog lebih bikin kita para ibu dirumah bisa lebih bahagia melepaskan segala rasa. ealah bahasanya haha

    ReplyDelete
  5. Aku pun bahagia banget bisa ngeblog terus bergabung dengan komunitas blog dan makin menambah teman dan menambah wawasan. Kadang juga bisa mendapat rejeki dari ngeblog.

    ReplyDelete
  6. Hampir semua Blogger menulis ngeblog bikin bahagia ya. Tapi memang benar sih,saya pun merasakannya. Ngeblog itu bikin suasana hati saya bisa jadi good mood.

    ReplyDelete
  7. Sama semua kak alasannya kaya aku, tapi sekarang alasan yang tepat sih ya menulis blog salah satu cara aku mencari nafkah hehe.

    ReplyDelete
  8. Bunda yg renta ini merasakan di lirik Cluent or Brand karena Blog juga. Alhamdulillah, jd semakin cinta ngeblog wlp seringkaki kehabisan atau kehilanngan ide mau nulis apa, hehe...tapi blog tetap dikwkepin, gak mau dilepas...sampe sekarang.

    ReplyDelete
  9. Sepertinya saya harus banyak belajar dari mba nih bagaimana menghasilkan uang dari blog. Selama ini aku ngeblog hanya untuk fun saja hehehehe

    ReplyDelete
  10. Iya ya, sekarang banyak blogger baru yang langsung matang dan pecah telor. Hebat-hebat lagi :)

    ReplyDelete
  11. Ternyata banyak yang bahagia karena ngeblog. Pantesan blogger semakin banyak :)

    ReplyDelete
  12. Bloger baru yang bermunculan itu, mungkin dulunya mereka memang penulis tapi bukan di blog. Rata-rata temenku yang pengen jadi bloger kebanyakan dari penulis konten atau penulis buku antologi sih Mbak

    ReplyDelete
  13. Blogger itu profesi mulia dan menyenangkan yaaa mba. Dan bener, teman dan ilmu itu rezeki terbesar dari ngeblog utk aku

    ReplyDelete
  14. wawasan nambah banget setelah jadi blogger, mulai dari beauty sampai techno. Bisa karena blogwalking atau tuntutan sponsored post, seru bangeet :)

    ReplyDelete
  15. Banyak manfaat dari kegiatan ngeblog hingga sulit meninggalkan blog da pengennya terus geblog, hehehe..sukses terus ya Mba Astin

    ReplyDelete
  16. Yeay senangnya jika bisa menjuarai lomba menulis di blog ya, mba. Jujur itu juga yang sempat jadi penyemangat aku buat ngeblog

    ReplyDelete
  17. Banyak manfaat yg bisa kita peroleh ya mbk dari kegiatan ngeblog ini. Asli, aktivitas satu ini, bikin nagih, betah, bahkan kalaupun jarang update atau ngurus blog pasti ada rasa rindu ingin ngeblog lagi.

    ReplyDelete
  18. Setuju dgn ke-4 alasannya mba..saya juga merasakan semuanya..Alhamdulillah..semakin bahagia ngeblog jadinya...

    ReplyDelete
  19. Dengan ngeblog kita jadi tambah pintar karena nambah wawasan dan melatih ingatan juga biar ngga mudah lupa ya..

    ReplyDelete
  20. Aku juga waktu awal ngeblog gak kepikir bakal dapat duit dari blog. Tapi kalo blogger baru sekarang ini bikin blog karena ada duitnya ya

    ReplyDelete
  21. Setuju bahwa blogging itu menemukan kebahagiaan, nambah teman, eh bisa juga menang saat lomba dan dapat job, hihii

    ReplyDelete
  22. Blogging itu jd pelarian aku saat bosan banget dengan real life :)

    ReplyDelete
  23. Wah jawara lomba ya
    Ajarin dong Mba supaya bisa menang lomba juga
    Kalau blogku bisa ga sih sukses juga?

    ReplyDelete
  24. Kita nih ya kayaknya seangkatan blogger generasi jadoel hahahahaha. Kenal mb Astin lewat SB dan suka sama curhatan kesehariannya.

    ReplyDelete
  25. Aku paling suka bagian, 'Menjuarai Kompetisi Menulis dan Mendapatkan Pekerjaan Menulis dari Sebuah Brand'.
    Bener banget mba, ngeblog membuat kita banyak tertantang untuk menuliskan banyak tema pun dari banyak klien yang berbeda. Nulisnya jadi beragam.

    ReplyDelete
  26. kalo kata mastah, keep writing and money will follow, setuju banget ya mbak? Terbukti, kan? hehe. Semangat blogging mbak :)

    ReplyDelete
  27. Bahagia dapet temen dari blogging ya Astin. Ayo mulai ikutan lagi lomba blog yuk

    ReplyDelete
  28. Well, nowadays kesenangan ngeblog emg mau gk mau nambah satu poin ya, menang lomba dan paid post. Hehe. Aku puun suka ituu

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah ya blogging memmbawa manfaat positif yang banyak banget. Bisa dapat teman baru, nambah wawasan, bahkan penghargaan :D

    ReplyDelete
  30. Isinya bahagia terus ya Astin kalau ngeblog. Mana dapet teman banyak ya dari seluruh penjuru negeri. Makin betah aja ngeblognya.

    ReplyDelete
  31. Dari kemarinan seneng banget bacain kisah-kisah dan alasan kenapa pada ngeblog. Memang lah kegiatan satu ini banyaaak banget manfaatnya ya Mba. Semoga semangat terus dan konsisten terus buat kita para blogger. Hidup blogger! XD

    ReplyDelete
  32. Bener Mbak.. Awal mula saya nge-blog itu karena saat itu baru pindah ke Solo dan ngga ada teman maupun saudara. Jadilah nyari teman di dunia Maya. Dan Alhamdulillah, teman-teman blogger tu biasanya pinter-pinter. Ya ngga? 😀😁

    ReplyDelete
  33. Sama mbaaa awalnya juga gitu.. sekarang lebih suka karena ketemu banyak teman yg punya hobi sama

    ReplyDelete
  34. Kalo aku ga pernah menang blog karena lomba aja ga pernah ikut. Hehr. Tapi bisa kalo kerjasama sama brand alhamdilillah

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah ya mbak, dengan ngeblog justru meningkat skill kita. Jadi Momblogger bahagia asalkan tulus memelihara pertemanan antar Momblogger yang lain.

    ReplyDelete
  36. naahh, poin yang mendapatkan teman dari aktifitas blogging ini juga saya rasakan.
    dengan ngeblog dapat teman baru bahkan bisa seperti saudara sendiri, beberapa kali kopdar itu rasanya seperti udah ketemu teman lama :)

    ReplyDelete
  37. dan kita ketemu karena sama-sama menulis di blog ya Astin.... hehehe

    ReplyDelete
  38. bertemu dengan teman-teman baru yang memiliki hobi yang sama itu luar biasa buatku.

    ReplyDelete