21 Nov 2018

Tema Blog Paling Disuka Ibu Rumah Tangga



[Blog] : Tema Blog yang Disukai

Sebagai seorang blogger, menulis di blog itu membutuhkan tema tulisan. Tema tulisan akan mempengaruhi mood untuk menulis. Biasanya nich, tema untuk menulis di blog, disesuaikan dengan passion seorang blogger itu sendiri.

Sebagai Ibu Rumah Tangga, Ada banyak tema untuk menulis di blog


Pada awal mempunyai blog, saya mencoba untuk banyak membuat blog. Alasan membuat banyak blog, salah pertama karena senang sudah bisa membuat blog. Jadi boleh kan saya mempraktekan ilmu bagaimana membuat blog itu, hehehee.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Untuk Pemula

Alasan kedua mengapa saya membuat banyak blog adalah untuk memisahkan tema untuk menulis di blog. Blog ini adalah blog ke-dua yang saya buat. Isinya random dan gado-gado sekali. Apa yang saya ingin tulis ya diitulis di sini. Lama-lama blog ini menjadi blog yang bertema life stlye dan Alhamdulillah bertahan sampai sekarang.


Selain blog bertema life style, saya masih memiliki blog lainnya dengan tema yang khusus. Beberapa di antaranya adalah :

  1. Tema Pengasuhan Anak-Anak atau disebut juga dengan Parenting Blog. Alhamdulillah blog yang tulisannya bertema anak-anak juga masih tetap saya update. Link Blog http://www.anakastinastanti.com/
  2. Tema Masakan Rumahan atau biasa saya gunakan untuk share resep masakan. Link blog http://dapurastata.blogspot.com/
  3. Tema Rumah, dulu saya mengisi secara rutin tentang hal-hal yang ada di rumah, ruangan di dalam rumah, dan semua tentang rumah. Blog ini vakum sudah cukup lama.
  4. Tema Kehamilan. Tema menulis kehamilan dan membuat blog tersendiri bertahan hanya sampai usia kehamilan di trimester awal saja. Selebihnya saya share cerita kehamilan di blog life syle.
  5. Tema Fiksi. Awal ngeblog dulu, saya juga bergabung dengan komunitas menulis fiksi. Namun tidak bertahan lama juga, karena saya lebih menyukai hal-hal yang saya alami untuk saya tulis di blog.
  6. Tema Craft atau kerajinan tangan. Blog yang bertema kerajinan tangan ini sempat saya buat dan isi dengan kerajinan tangan yang saya buat. Sayangnya, semakin lama semakin saya tidak rajin membuat kerajinan tangan, blognya sudah bersarang laba-laba. link blog http://langkahastin.blogspot.com/
Banyak juga ternyata blog yang saya buat. Ngomong-ngomong, bakal jadi sampah di mesin penelusur atau tidak ya? soalnya saya tidak menutup dan tidak menengok juga. Mungkin hal ini yang dirasakan pembeli rumah yang rumahnya berserakan di mana-mana, tapi tidak diurus. Menyedihkan.

Apa kabar teman-teman nich? berapa blog yang teman-teman miliki dan seberapa konsisten untuk mengisinya sesuai tema? semoga diberikan keluasan waktu untuk mengurusnya ya. Saya sedang angkat tangan untuk mengurus kembali blog yang ditulis sesuai tema. Jadi, saat ini saya fokus untuk menulis dan mengisi blog yang bertema life style dan parenting/ kegiatan anak-anak.

Sebagai seorang ibu rumah tangga dan blogger yang memiliki keinginan banyak untuk menulis. Saya juga mempunyai tema blog paling disukai untuk ditulis di blog. Berikut ini tema-tema yang saya suka untuk ditulis di blog disertai dengan alasannya.

1| Parenting


Dunia parenting itu luas sekali menurut saya, iya kan. Parenting itu berhubungan dengan pengasuhan orang tua kepada anak-anaknya. Parenting itu juga berhubungan dengan kegiatan anak-anak dan ada seorang ibu atau ayah yang berada di dekatnya.

Sebagai seorang ibu yang tinggal di rumah, tentunya untuk menulis blog yang bertema parenting itu tidak sulit. Setiap hari saya bertemu dengan anak-anak. Setiap hari mulai dari pagi sampai malam, saya mengetahui dengan pasti apa yang dilakukan oleh anak-anak. Jadi, tema parenting menjadi tema blog yang paling disukai oleh ibu rumah tangga seperti saya.

2| Resep Masakan


Ada banyak sekali pekerjaan sebagai ibu rumah tangga, right. Pekerjaan yang secara tidak langsung memberikan kehangatan di rumah dan mengakrabkan seluruh anggota keluarga adalah makanan. Yup, makanan bisa didapat dari mana saja. Bisa dengan cara membeli dan dinikmati bersama anggota keluarga. Bisa juga dengan cara memasak sendiri di rumah.

Saya lebih suka memasak sendiri di rumah dengan berbagai banyak pertimbangan. Namun apabila keadaan tidak memungkinkan, ya membeli bukan menjadi hal yang merugikan, iya kan. Ngomong-ngomong soal memasak, saya banyak mencari resep masakan di internet.

Sebagai seorang blogger, kadang saya juga membaginya melalui tulisan di blog. Mempraktekan resep yang didapat dan menuliskannya kembali di blog, menjadi sangat menyenangkan loh. Manfaatnya sudah pasti sharing kepada teman-teman dan juga sebagai bahan dokumentasi. Siapa tahu, suatu hari nanti akan mengulang masakan tersebut lagi tapi lupa resepnya. Jadi, menulis resep makasan menjadi tema blog paling disuka oleh ibu rumah tangga seperti saya.

3| Traveling


Jenuh dengan rutinitas pekerjaan rumah yang tidak pernah ada habisnya. Ibu rumah tangga juga berhak dong untuk berlibur. Meskipun liburan itu berarti mengasuh anak tapi pindah tempat saja. Iya, karena anak-anak kan masih belum mandiri sepenuhnya. Mungkin saat anak-anak sudah berusia di atas 15 tahunan, saya dapat liburan tanpa mengandeng anak-anak. 

Menulis blog dengan tema traveling sangat menyenangkan buat ibu rumah tangga macam saya ini. Alasannya, menulis dengan tujuan menyimpan kenangan liburan bersama anggota keluarga lainnya. Selain itu, dengan menulis tema blog traveling, siapa tahu dapat bermanfaat untuk ibu rumah tangga lainnya, yang mencari rekomendasi liburan. 

Hal-hal yang paling menarik saat menulis tema blog traveling adalah saat memasukkan foto. Rasanya jadi ingin balik lagi liburan dan mengacuhkan tumpukan pakaian kotor hasil oleh-oleh liburan. Konsekuensi liburan ya, mau menerima badan lelah, pakaian kotor menumpuk, pekerjaan rumah antri untuk dikerjakan dan lain sebagainya.

4| Pekerjaan Rumah Tangga


Nah, sayapun sering sekali nich menulis mengenai permasalahan dan solusi pekerjaan rumah tangga. Setelah dipikir-pikir, ternyata jumlah pengunjung untuk artikel tersebut juga banyak. Apalagi saat saya menulis tentang gas yang berbunyi di blog. Jadi sayapun semakin tertarik dan senang untuk menuliskan permasalahan dan solusi yang saya dapatkan tentang apa yang terjadi di rumah.

Tema terakhir ini juga sama dengan tema parenting. Setiap hari saya mengerjakan pekerjaan rumah, baik dengan alat maupun tanpa alat. Hal inilah yang memungkinkan saya untuk sering share dengan menulis di blog. Misalnya air di rumah mati dan hanya terdapat satu sumber mata air. 

Saya mencari solusi supaya aliran air tetap bergemericik. Sayapun mengadakan sumber mata air lainnya. Setelah itu saya share dengan menulis di blog mengenai permasalahan sumber air bersih di rumah. Rasanya senang sekali dapat menulis sesuai dengan apa yang memang diketahui dan dialami. Apalagi saat ada pembaca yang mendapatkan manfaat dari artikel yang saya tulis.

Rasululloh bersabda : Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (HR.Ahmad, ath-Tahbrani, ad -Daruqutni). Saya masih terus banyak belajar bagaimana menulis yang baik di blog. Sayapun terus berproses ke arah kebaikan sehingga apa yang saya tulis sebisa mungkin bermanfaat bagi orang lain. 

Jadi, itulah tema-tema blog paling disuka oleh ibu rumah tangga seperti saya. Teman-teman pasti juga memiliki tema blog yang berbeda dengan yang saya suka kan? share yuk di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment