26 Dec 2018

3 Cara Merawat Buku Sekolah Supaya Tidak Mudah Rusak



[Sekolah] : Merawat Buku Sekolah


Haai hai, liburan begini tetap dong, sebagai ibu saya perlu memikirkan buku sekolah anak. Kita ketahui bersama ya, bahwa buku merupakan sumber ilmu yang sangat penting bagi kehidupan kita semua. Bisa dibayangkan apabila tidak ada buku, kita akan kesulitan untuk menemukan ilmu pengetahuan. Buku yang kita butuhkan saat ini ada buku secara fisik maupun buku secara online. Insya Allah kita semua pasti selalu membutuhkan buku supaya pengetahuan kita bertambah, benar kan.



Alhamdulillah sayapun sudah diberikan kesempatan untuk mendampingi anak yang sudah bersekolah. Seperti diketahui bersama ya, anak-anak yang duduk di bangku sekolah, mulai dari SD, SMP maupun SMA membawa buku sekolah adalah suatu kewajiban. Buku sekolah ini menjadi buku pegangan bagi anak-anak yang bersekolah mulai tahun ajaran baru sampai tahun ajaran berakhir. Di sekolah, guru juga menggunakan buku sekolah sebagai sarana untuk menjelaskan dan menerangkan ilmu dan pelajarannya.


Saya pribadi sewaktu masih duduk di bangku sekolah masih belum begitu pintar untuk merawat buku sekolah. Alhamdulillah saya diberikan seorang ibu yang sangat rajin dan pengertian. Ibulah yang membantu saya untuk merawat buku-buku sekolah selama saya belajar. Dan sekarang saya menyaksikan sendiri, bagaimana buku-buku sekolah anak saya yang masih SD, terkadang sudah rusak meskipun tahun ajaran belum berakhir. Hal yang sering terjadi adalah sampul buku lepas dari badan buku, sampul robek atau ada bagian dari satu halaman juga hilang. Duh, akhirnya merasakan juga ya, harus memperhatikan dengan baik bagiamana cara merawat buku sekolah.

Berikut ini adalah tips merawat buku sekolah dengan benar supaya buku-bukunya tetap utuh. Anak saya juga bersemangat belajarnya, karena buku sekolahnya dirawat dengan benar, tidak rusak dan tidak ada lagi bagian halaman dari buku yang hilang.

Menyampul Buku


Sampul buku ibaratnya adalah sebuah pakaian untuk buku. Bayangkan jika sebuah buku tidak memiliki pakaian, pastinya akan cepat kotor, mudah robek dan rusak. Apalagi, buku sekolah kan dipakai terus-terusan, bisa setiap hari atau dua kali dalam satu minggu. Pengalaman masa kecil saya dulu, ibu sayalah yang menyampul buku sekolah saya dan saudara saya.

Ibu melakukannya dengan penuh kasih sayang, saya dan saudara sayalah yang menikmati. Kini, saatnya saya membantu anak saya untuk merawat buku sekolahnya dengan cara menyampul buku sekolah. Pekerjaan menyampul memang teramat sangat menjemukan, kecuali memang benar-benar menyukai kegiatan menyampul.



Padahal dengan menyampul buku sekolah, bagian luar buku menjadi terlindungi dari kotoran yang akan menempel. Apalagi untuk anak saya yang laki-laki dan masih SD. Jadi, menyampul buku sekolah merupakan hal yang sangat penting. Saya menggunakan sampul buku plastik transparan supaya mudah menemukan jenis buku tersebut.

Manfaat lain menyampul buku sekolah (Buku cetak, buku LKS dan buku tulis) adalah, buku-buku sekolah anak saya terlihat rapi, bersih dan saat dicari dapat lebih mudah ditemukan.

Jangan Makan dan Minum Dekat dengan Buku


Meskipun buku-buku sekolah telah disampul dengan baik, jangan sekali-kali makan dan minum dekat dengan buku. Beberapa kali saya pernah melihat anak saya meletakan minuman di dekat buku, minuman tersenggol, isinya langsung mengenai buku-buku sekolahnya. Bukan hanya itu saja, saat sedang makan, kadang anak saya mengambil buku, tangan yang tertempel minyak atau remahan makanan, sudah pasti akan dapat mengotori buku sekolahnya.

Kondisi buku sekolah yang tertumpah air minum dan kotor akan minyak dan remah-reman, pasti akan sulit kembali pada keadaan semula, iya kan. Pernah suatu hari, saya harus menjemur buku-buku sekolah anak saya yang tertumpah air minumnya. Alhamdulillahnya air yang tumpah adalah air mineral, jadi tidak lengket dan tidak dikerumuni semut. Namun, hal tersebut ternyata membuat kertas-kertas dari buku tersebut cacat dan tidak dapat kembali ke wujud semula. Duh sedih sekali, tapi bagaimana lagi.

Sekarang saya sudah katakan kepada anak-anak, supaya tidak meletakan makanan dan minuman dekat dengan buku sekolah. Saya juga menyarankan supaya tidak makan dan minum dekat dengan buku. Lebih baik selesaikan terlebih dahulu aktifitas makan dan minumnya, baru kemudian mengambil buku sekolah. Hal ini untuk menjaga, supaya buku sekolah tetap utuh dan awet sampai tahun ajaran sekolah berakhir.

Meletakan Buku di Lemari


Cara merawat buku yang terakhir adalah meletakan buku di lemari. Jaman saya kecil, orang tua saya memberikan sebuah lemari belajar untuk saya dan saudara saya. Lemari belajar tersebut terdiri dari satu rak terbuka di bagain atas, dua ruang lebar tertutup, dimana tutupnya dapat digunakan sebagai meja dan terakhir adalah empat ruang dengan pintu yang tertutup. Saat saya akan menggunakan lemari belajar tersebut, saya harus membuka bagian tutup yang dapat digunakan sebagai meja. Jadi, buku-buku sekolah saya aman dan tersimpan dengan baik di dalam lemari tersebut.

Ada beberapa orang yang mungkin masih menyimpan buku sekolah hanya di atas meja atau bahkan di sembarang tempat. Lemari buku berfungsi sangat penting untuk merawat buku supaya tetap rapi, tidak mudah hilang dan tidak mudah rusak. Alhamdulillah anak saya mempunya lemari buku yang juga digunakan sebagai meja belajar. Buku-buku sekolahnya saya tata di dalam lemari buku. Dengan disimpan di lemari buku, buku-buku sekolah anak saya tidak mudah tercecer dan saat dibutuhkan dapat ditemukan dengan cepat.



Sayapun mulai memberikan tanggung jawab kepada anak saya untuk merawat buku sekolahnya. Saya sudah memberikan sarana kamar tidur sendiri untuk menempatkan lemari buku dan meja belajarnya di kamar tersebut. Saya katakan pada anak saya, supaya merawat buku-buku sekolah dan memastikan meja belajar tersebut tidak digunakan sebagai meja untuk makan dan minum supaya buku sekolahnya tidak mudah rusak.

Hari ini memang sudah memasuki musim liburan sekolah, tidak ada salahnya nich untuk para orang tua yang membutuhkan informasi buku-buku sekolah anak, dapat membuka situs atau aplikasi Bukalapak. Siapa tahu nih, buku sekolahnya hilang, robek, rusak atau kurang, silahkan dicek apakah buku yang dibutuhkan sudah ada di marketplace terbesar di Indonesia. Di Bukalapak sudah tersedia buku-buku sekolah dan buku lainnya, seperti novel dan komik.

Ada banyak lapak-lapak yang sudah bekerja sama dengan Bukalapak yang memungkinkan kita semua untuk membandingkan harga sesuai dengan keinginan. Sistem yang digunakan oleh Bukalapak juga sangat aman, sehingga tidak perlu ragu untuk melakukan transaksi pembelian dan pembayaran  di sana. Jadi, tunggu apa lagi nich, sembari liburan, belanja buku sekolah anak juga tetap dilakukan.

2 comments:

  1. jangan melipat buku dan penyimpanan yang rapih supaya gampang ketika mencari dan kalau suatu waktu dibutuhkan. ngajarin anak buat rapih memang susah ya..mereka asyiknya ngeberantakin hihihi

    ReplyDelete
  2. Terimakasih info dan artikelnya, sangat bermanfaat sekali. Ditunggu artikel menarik selanjutnya, kunjungi juga website kami http://mapraport-ijazah-agenda.com/ sukses selalu :)

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih