22 Mar 2019

Seblak Kwetiau Sayuran dengan Kaldu Ayam yang Lezat, Camilan Sehat Buatan Sendiri



[Kitchen] : Seblak Kwetiau


Seblak. Makanan ini pernah menjadi pembicaraan dan menjadi ladang bisnis bagi sebagain teman-teman. Beberapa warung seblak berdiri dengan menawarkan beragam menu seblak. Saya, mungkin salah satu yang tidak ikut urun andil dalam melariskan para pebisnis seblak ini. Maksudnya? iya, saya sama sekali belum pernah membeli dan menikmati seblak dalam jenis apapun. Pernah sich sekali, seorang teman membawakan seplastik besar seblak dalam bentuk kerupuk. Tapi, saya ndak banyak icip.


seblak kwetiau astinastanti


Seblak adalah makanan yang berasal dari Indonesia yang umumnya merupakan khas Sunda, Jawa Barat. Seblak bercita rasa yang gurih dan pedas. Makanan yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein, seperti telur, ayam, boga bahari, atau olahan daging sapi, dimasak menggunakan bumbu tertentu. Menurut Wikipedia Indonesia, Seblak merupakan makanan yang bertekstur kenyal yang memiliki rasa pedas, menyegarkan dan memiliki beberapa variasi baik rasa maupun bahan tambahannya.

Seblak Kwetiau


Salah satu alasan mengapa saya tidak pernah membeli seblak adalah adanya kerupuk basah yang digunakan dalam pembuatan seblak. Mungkin, bisa saja saya memesan tanpa kerupuk. Tapi, menurut salah satu teman, apa namanya kalau makan seblak tapi tanpa kerupuknya? seblak kan identik dengan makanan yang kenyal-kenyal. Kenyal-kenyal tersebut didapat dari kerupuk yang dibasahi dan dimasak. Nah kan, jadi bagaimana dong? sampai hari inipun saya belum pernah membeli seblak dong. 

Padahal nich, salah satu bumbu seblak ini adalah kencur. Saya paling suka mencium aroma kencur. Olahan makanan jenis apapun, yang bumbunya ada kencur, pasti saya doyan. Sambel kencurpun saya doyan, dimakan pakai tempe goreng anget-anget dan nasi putih, duh, jadi kenyang. Oleh karena itu, saya penasaran tingkat tinggi dengan olahan makanan bernama Seblak. Kebetulan, saat sedang berdiskusi di bangku teras PAUD bersama ibu-ibu, saya dikasih ide. Membuat seblak kwetiau, adalah salah satu solusi buat saya yang ngidam seblak. 

Kwetiau. Seperti pucuk dicinta ulam pun tiba. Saya selalu membeli kwetiau untuk persediaan di rumah. Teman-temanpun menyemangatiku untuk membuat seblak kwetiau dengan tambahan sayuran dan protein hewani. Sayapun langsung berbelanja ke pasar depan PAUD, untuk membeli sayuran hijau dan bumbu utama seblak, yaitu kencur.

Sampai di rumah, sayapun langsung menyiapkan bahan-bahan dan bumbu-bumbu untuk membuat seblak. Sebetulnya saya sudah makan. Saya berpikir, bahwa seblak ini tidak bakalan mengenyangkan. Toh seblak itu camilan saja, sama seperti bakso, mie ayam dan lain-lain.

seblak kwetiau astinastanti



Bahan Membuat Seblak


Bahan-Bahan Membuat Seblak Kwetiau :

  1.  Kwetiau. Saya mengambil 1/4 kwetiau dari bungkus plastiknya
  2.  Pakcoy, 2 batang
  3.  Wortel 1 batang
  4. Tomat merah, 1 buah diiris tipis
  5.  Kaldu ayam
  6.  Ceker dan daging ayam

Bumbu-Bumbu Membuat Seblak Kwetiau :

  1. Masako Rasa Ayam, kemasan 10 gr
  2. Kencur, 2 buah 
  3. Bawang putih , 3 buah
  4. Cabe rawit merah dan hijau

Cara Membuat Seblak Kwetiau


Nah sekarang, bagaimana cara membuat seblak. Sayapun langsung mencari tahu di internet dengan menulis kata kunci cara membuat seblak. Namanya baru pertama mengolah kwetiau menjadi seblak, saya menjadi agak takut-takut gimana gitu, saat memasak. Mulai dari menyiapkan bahan, bumbu dan peralatan memasak, saya harus teliti. Jangan sampai saat masak, ada salah satu bumbu yang tidak ada, kan repot jadinya.

seblak kwetiau astinastanti

  1. Cuci bersih kwetiau menggunakan air bersih. Air bersih yang saya gunakan adlah air dingin biasa. Jadi, tidak perlu merebus ataupun merendam menggunakan air panas. Memang sich, ada beberapa jenis kwetiau di pasaran. Saya membeli yang banyak minyak, lebih kenyal dibandingkan dengan kwetiau yang tidak banyak minyak, tapi keras.
  2. Kupas semua bahan dan bumbu yang perlu dikupas. Wortel, bawang putih, kencur. Wortel saya kupas dan iris tipis menyerong supaya lebih cepat matang. Pakcoy saya cuci bersih dan potong kurang lebih 5 cm. 
  3. Saya memanaskan kaldu ayam yang berisi ceker ayam dan daging ayam. 
  4. Haluskan kencur, bawang putih dengan dibantu sedikit saja garam. Karena saya akan mengunakan Masako, bumbu penyedap masak rasa ayam. 
  5. Cabe rawit merah dan hijau, saya iris agak tebal dan menyerong.
  6. Siapkan wajan dan minyak goreng sedikit saja. 
  7. Setelah panas, masukkan bumbu halus, cabe iris, tumis sampai harum.
  8. Masukkan wortel dan kaldu ayam, ceker serta daging ayam.
  9. Tumis sampai aroma harum tercium, kemudian masukan masako sedikit demi sedikit.
  10. Setelah agak matang, masukan kwetiau dan pakcoy.
  11. Koreksi rasanya, apabila masih kurang tambahkan bumbu penyedap, Masako.
Saya menggunakan bumbu penyedap Masako dengan kemasan baru, 10 gr. Masako memiliki dua varian rasa, yaitu ekstrak daging ayam dan ekstrak daging sapi. Masako berbentuk granule/ butiran yang berisi semua bahan baku. Bentul bubuk ini membuat produk lebih awet dan tahan lama. Selain itu, memudahkan untuk larut dalam masakan. Satu lagi yang paling penting adalah, kemasan masako mengunakan aluminium foil, yang berfungsi sebagai pelindung dari udara dan sinar matahari langsung. 

Masako dengan kemasan baru 10 gr ini lebih disuka. Memiliki rasa kaldu yang lebih kuat, dengan rasa bumbu serta gurih yang pas. Pada kemasan sudah diberikan logo Halal dari MUI. Jadi, tidak perlu ragu lagi, untuk menggunakannya sebagai tambahan bumbu penyedap di dalam olahan makanan apapun. 

Camilan Sehat Buatan Sendiri


Nah, sekarang seblak kwetiau saya sudah jadi nich. Camilan menyehatkan yang dimasak sendiri di rumah, dengan menggunakan tambahan kaldu ayam yang lezat. Kesan pertama mencium olahan seblak adalah rasa kangen pada kampung halaman. Rasa kangen pada kampung halaman dikarenakan rasa shock dengan harga kencur di Tangerang yang mahal, sedih euy. Harga 2000 rupiah, saya mendapatkan 4 ruas kencur yang kecil-kecil. 

Sayapun menyajikan seblak kwetiau pada sebuah mangkok bening transparan. Ditemani sewadah acara mentimun dan wortel yang sangat segar. Rasa yang saya dapatkan dari aromanya adalah segar, pedas, dan nyemek. Pertama yang saya ambil adalah kuahnya. Kuahnya sangat kental, aromanya wangi dan saat diicip, lezat tiada tara. Berikutnya adalah kwetiaunya, kenyal-kenyal dan rasanya tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Enak sekali.

seblak kwetiau astinastanti


Semangkok seblak kwetiau sangat mengenyangkan sekali. Ternyata ini bukan camilan sekedar camilan. Camilan yang cocok dinikmati saat perut kosong. Apalagi ada kwetiau, ceker dan daging ayam serta sayuran. Alhamdulillah, akhirnya saya mencicip rasa seblak untuk pertama kalinya dan dibuat sendiri di rumah.

Bagaimana dengan teman-teman? siap memasak seblak sendiri di rumah? Pasti dong ya, karena cara membuatnya saja mudah sekali. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan dan saya kepikiran untuk membuat seblak lagi nich, tapi dengan variasi lainnya namun tetap dengan kaldu yang sangat lezat.

120 comments:

  1. Ini makan semangkuk aja sudah kenyang Astin. KOmplit deh ada daging ayam dan sayurannya juga. Enaaak!

    ReplyDelete
  2. maknyus nih..seblak pedas..pengen nyoba ah entar sabtu kan libur kerja tuh pengen masak.

    ReplyDelete
  3. Uwow...aku juga lagi doyan doyannya bikin seblak.. jadi gara2 ini akhirnya koleksi kerupuk di rumah jadi banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak pakai kerupuk mbaaak, yuk bebikinan lg

      Delete
  4. Jadi pengen seblak. Aku suka banget. Memang lebih sehat bikin sendiri, ya. Lebih bersih. Porsi sayurannya juga bisa sepuasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pengen bikin seblak deh hari ini. Apa lagi hari ini kayaknya agak mendung gitu. Pengen yang hangat.

      Delete
  5. Jadi ingat pernah ditawari putriku Yasmin, sebalak kerupuk!
    Duh, aku minta maaf tidak bisa menghabiskannya.

    Menurutku aneh, kerupuk koh malah dibuat basah dan kenyal, hahaha...

    Kalau seblak kwetiau, kayaknya boleh juga nih.
    Soalnya aku suka banget sama kwetiau goreng.
    Hmmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh mbak, enak banget. Rasanya spt kwetiau rebus tapi pakai kencur gt

      Delete
  6. Aaa, jadi pengen dan laper liat fotonya. Aku paling suka kwetiau. Baru tau bisa diolah jadi begini. Ini seblak versi sehat ya Mbak Astin. Nggak terlalu merah, aku suka yang begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaap, kutaksanggup kalau terlalu merah mbak

      Delete
  7. Waaah enaaak mbak, aku mauuuu ah dibuatin.
    Aku suka banget sama Kwetiau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini mel kubuatin berapa porsi dan berapa cabene

      Delete
  8. Nyam nyaaammm...
    Lapaaarrrr..
    Mau cobain juga deh pakai masako, biar masakan saya enak dan anak2 doyan.
    Anak-anak saya paling males makan kalau saya masak, abisnya cuman pakai garam doang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak butuh variasi jenis, bentuk dan rasa ya bun. Semoga anak-anak makin doyan dengan masakanmu

      Delete
  9. Seruput kuaaahhh. Enak kayaknya mbk. Jadi pengen bikin apalagi cara bikinnya gampil gini. Makasih ya mbk astin resepnyaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampilnya luar biasa Mbak. Saya juga bakal stock kwetiau lagi, selain digoreng ya dibuat seblak

      Delete
  10. Wah... Bikin saya pingin bikin seblak nih mbak. Kebetulan udah lama banget gak makan seblak, apalagi ditambah ceker ya... Mantab pisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap sekali Mbak, pakai ceker, cekernya yang empuuh, eeeugh

      Delete
  11. Duh, pagi pagi ngebayangin sebulan kwetiau jadinya, digoreng aja enak, apalagi dijadiin seblak. Mau ah resepnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barusan aku sarapan kwetiau goreng mbaaak, yuk cobain

      Delete
  12. Aku baru makan seblak sekali loh mba. Hihihi. TRus juga itu dikasih ama tetangga. Kayaknya aku mau nyoba resep mba Asti deh :)

    ReplyDelete
  13. Saya udah beberapa kali bikin seblak. Kalau saya bikin, kencurnya harus berasa banget. Sekeluarga suka dengan rasa kencur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmren stock kencur menipis di pasar. Iyaaa kencur tu seger banget

      Delete
    2. Kencur memang jarang ada. Gak kayak bumbu dapur lainnya

      Delete
  14. Jadinya udah gak penasaran ya Mbak dgn seblak. Malah bisa jadi puas sendiri karena bisa buat sendiri. Saya blm pernah makan nih, sama kayak Mbak, mikirnya gak aneh apa makan kerupuk basah2 gitu. Ntahlah, klo udah beneran coba jadi suka apa tidak nantinya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah sudah ngerasain, seger dan kenyang

      Delete
  15. Kwetiau adalah makanan favorit saya. Kenyal-kenyal enak. Biasanya saya jajan seblak kerupuk campur kwetiau. Pengen bikin deh, karena memang lebih baik divariasikan dengan sayuran.
    Kaldu yang diperoleh dari ceker dan ayam akan membuat seblaknya kental dengan rasa gurih lezat yang kaya protein. Duh, jadi pengen praktikkan.
    Oh ya, kalau Masako memang bikin masakan jadi enak karena ada tambahan rasa gurih yang pas. Tadi saya bikin bubur beras dengan Masako rasa ayam, Palung yang kerap ogah makan bubur buatan saya langsung menghabiskannya, ha ha.
    Saya lagi disuruh dokter agar jangan makan nasi dan gorengan, terpaksa makan bubur dan tak boleh makan ikan asin serta pindang iris atau bandeng. Sedih uga. Untung ada Masako. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaak, jd sekarang seneng stock kaldu protein hewani, buat bikin seblak. Apalagj sekarang Masako punya kaldu lebih lezat. Lekas sehat ya Mbaaaak, saya td sarapan bubur juga

      Delete
    2. Mkasih, Mbak Astin. Kapan-kapan saya praktikkan bikin seblak kalau sudah ada ayam dan cekernya. Baca ulang pos ini bikin nlpar dan pengen makan seblak malam-malam, ha ha.
      Ada yang tambahkan orak-arik telur ke dalam seblak.
      Soal harga kencur, sama, di sini juga mahal. Mungkin pesanan tak sesuai dengan perediaan.

      Delete
  16. Biasanya aku makanin seblak sosis bakso, ini malah sayuran. Kayaknya malah enak ya, lebih sehat juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seblak pakai bakso boleh juga kan tambahin sayuran jugaaa. Ternyata protein apapun bs dibuat seblak y

      Delete
    2. Kan, buka blog ini lagi jadi pengin bikin seblak beneran, huhuhu. Tapi kok males ya, soalnya di depan jalan ada yang juaglan seblak :D

      Delete
  17. Ayo dicoba! Aku belum pernah masak seblak yang enak pakai kencur. Kalau di sini sih kencur bisa ambil dari kebun. Suka ditambahin ceker pedas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau dong kencur dari sana. Konon kabarnya kencur dr desa wonogiri 70 rebu perkilo dan di sini 100 rebu

      Delete
  18. Tampilan seblaknya mantul mbak. Jadi pengen nyobain apalagi pas hujan gini jadi terasa hangat. Ditambah Masako pasti makin nyesss....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaap, mau dimakan pas dingin maupun panas, tetap enaaak

      Delete
    2. Udah ada keinginan nih buat di rumah dan rencana besok mau beli bahan2nya hehe

      Delete
  19. Belum pernah sih bikin seblak sendiri, liat foto seblak di wajan kok bikin pengen yaaaa :D

    ReplyDelete
  20. Kreatif banget mbak, aku ngga kefikiran lho untuk buat seperti ini.. inspiring banget, jadi pengen coba juga dirumah.. bumbu masako memang selalu jadi andalan masak ya.. akupun suka pakai masako.. gurih tapi ngga berlebihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, semua yg berlebihan gak boleh ya. Karena kupenasaran sama seblaaak

      Delete
  21. Nyamiii banget mba biasanya aku beli kalo mau makan seblak besok enak tinggal bikin nyontek resepnya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk sekarang bikin, klo beli lebih enak kali yaaa

      Delete
  22. Woww baca kata seblak bikin mulut saya basah mbak, salivating gitu...ngebayangin seblak pedes. Yg ini unik, bikinnya dari kwetiau, saya blm pernah coba. Pengen bikin, tapi lebih pengen lagi ada yg bikinin sih, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siniiii kubuatin dengan rasa teman kok, ndak kupungut biaya

      Delete
    2. Wah beneran mbak, aku bahagia banget kalo dibuatin. Tinggal makan aja...siap2 kutagih yo ;D

      Delete
  23. Wah seblak ini kesukaan aku banget Astin, aku suka kerupuk basah malah. Sebenernya kalau beli seblak itu ada kwetiawnya juga tapi sediki. Enak kaya gini ya bikin jadi bisa banyak dapetnya. AKu nunggu kiriman dari Astin aja deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mencoba lagi bikin seblak kwetiau, hehehe. Mbaklid malah suka kerupuk basahnya ya. Mbaklid bikin or beli

      Delete
  24. Biasanya kalau lagi pengen seblak mah aku beli kak, eh tapi ternyata ga terlalu susah juga ya, besok mah bikin aja ah

    ReplyDelete
  25. Huwaaa seblak ini favoritku banget Mba Astin
    mau ah praktik langsung, biar bisa bikin buat cemilan weekend ini
    makasih mba resepnya ternyata mudah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaak, happy cooking dan ditunggu recooknyaaa hehehe

      Delete
  26. Bisa dicontek nih resep seblak kwetiawnya. Kalau ditambahin bakso, bakalan makin seneng nih anak lanang. Dimakan pas ujan2 gitu, wiyyyy hangat dan mengenyangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, faris suka banget sama bakso ya? Kmren ada stock bakso jg, tp kulupa ndak inget ada bakso. Besok bikin lagi ah, biar faris juga minta bikinin ibu y

      Delete
  27. Resepnya okee ya Astin.. aku suka makan seblak yang pedees dan bnayak sayurnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak berani klo kepedesan mbak, yuhui sayur nya banyakan enak juga

      Delete
  28. Kok aku malah suka krupuknya doank yaa..

    Hihii~
    Suja banget sama seblak.
    Apalagi dimakan pas lagi dingin-dingin.

    Yuum~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kublm pnh icip yg pakai kerupuk ci, jd kubilang ni enak banget. Heheheee.

      Delete
    2. Memang seblak itu tiada duanya yaa, kak...
      Anak-anak ku pun sukaa...hihii~

      Delete
  29. Dududududud itu seblaakkk ampunn deh ah.. pengen ngicip mba. Asti pinter masak ya teenyataa

    ReplyDelete
  30. Waaah, seblaak. Aku jarang bikin sendiri,biasanya beli. Nanti coba ah bikin sendiri, jadi bisa divariasi isinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, sudah coba bikin Mbak? Betul isinya bisa divariasiin lebih murah pula kalau bikin dewe kan? hehehe

      Delete
  31. Wah asyik nih resepnya..seblak kesukaan saya banget..pke Masako jd lebih enak.dan gurih ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masak yang berkaldu begini pas ditambah Masako, enak mbak

      Delete
  32. Mbaaa...tampaknya enaaak.. jadi pengen coba bikin juga nih. TFS resepnya y mba...

    ReplyDelete
  33. Kupikir seblak harus dari kerupuk. Ternyata ngga juga, ya. Kalau pakai kencur emang mesti aromatik banget sensasinya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari bahan utamanya sich memang kenur dan kerupuk basah ya. Berhubung aku kurang suka kerupuk basah, eh ada yang nyaranin kwetiau, asyik juga dan enak loh Mbak

      Delete
  34. wah mau dong cobain seblak buatan mak Astin.. saya tuh belum pernh masak seblak atau kwetiau karena ga ada yg suka di rumah..paling saya aja yg makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin seporsi saja buat teteh, mayan loh buat penambah energi, hehehe

      Delete
  35. Aku suka banget makan seblak, tapi nggak bisa bikinnya. Jadinya beli terus.

    Nyontek ah resepnya, pengen coba bikin sendiri. Kebetulan stok Masakoku di rumah masih banyak

    ReplyDelete
  36. Wah mantep nih, kuetiaw, ayam, sayur...sehat lengkap lezat jadi satu..
    Aku suka makan seblak, krupuk seblak tambahin bakso sosis, nyamnyam

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah tambahan bakso dan sosis makin lezaaat

      Delete
  37. Wahh bisa dicontek nih resep seblaknya. Kayaknya enak banegt dinikmati saat cuaca hujan gini yaa :)

    ReplyDelete
  38. Hmmm dari gambarnya enak kayaknya. Meskipun aku belum pernah makan seblak nih mba Aston, pengen coba nih di rumah.

    ReplyDelete
  39. seblak makanan kesukaan saya ini :D tapi belum pernah coba pakai kwetiau, mau coba deh nanti pakai kwetiau :D

    ReplyDelete
  40. Seblak itu harus dimakan pedesss, biar nendang. Hehehe...

    ReplyDelete
  41. Saya sama anak-anak paling seneng bikin seblak, dan biasanya saya mengganti kerupuk dengan makaroni, karena memang nggak suka dengan kerupuk basah gitu, jadi pengen coba juga nih bikin seblak kwitiau

    ReplyDelete
  42. Seblak wah ciri khas bumbu kwncur yang terasa pedas dan hot . kwietiau itu favorit mpo. Ah mpo coba bikin deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bikin mpok, jangan terlalu pedes ya mpo, nanti kutak bisa makan, kalau kepedesan

      Delete
  43. Dapet info baru nih, bikin seblak kwetiau. Saya sampe sekarang juga belum pernah makan seblak lho, Mba hahaha...gak tau kenapa. Tapi kalo ada seblak kwetiau, kayaknya pengen nyobain bikin juga deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk cobain, seger dan mengeyangkan sekali loh

      Delete
  44. Tahun lalu, saya baru coba seblak. Dan baru tahu ternyata pakai kencur. Saya suka rasanya. Nah karena kencur mahal akhirnya saya tanam di depan rumah biar kalau butuh gak usah beli. Ah ini semua gegara seblak. Pasti maikin nikmat ditambah masako yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh ke rumah gak? panen kencur? hahahaa. Asyik dong ya, bisa menanan tumbuhan sekalian kalau pas mau masak seblak jd tak perlu beli kencur.

      Delete
  45. Wah, langsung ngiler nih liat fotonya. Aku suka banget seblak. Apalagi kalau pake ceker dan sayurnya dibanyakin, trus pedesnya berasa, wuiih, bakal keluar keringat tuh makannya :D

    ReplyDelete
  46. Jadi laper deh liat postingan ini. Berasa pengen icip seblak buatannya mbak Astin deh, hehe. Etapi resepnya boleh juga tuh.

    ReplyDelete
  47. Aku suka seblak. Aku suka kwetiau. Pas banget nih seblak kwetiau. Kalo aku, bakalan ditambah banyak sambel nih. Biar makin nyooos :D

    ReplyDelete
  48. Aku pernah makan seblak, tapi bukan hasil beli juga. Tapi hasil bikin sendiri. Liat resep ini kok jadi pingin bikin lagi ya..

    ReplyDelete
  49. Jujur nih aku nggak doyan seblak. Pernah mbakku saking gemes beli seblak untukku dan ditungguin makan, hahahaa. Tapi emang pada dasarnya nggak doyan meski belum nyoba. Entah lah mbak, aromanya kayak aneh gitu. Atau harus bikin sendiri ya, niru resep mba Astin ini

    ReplyDelete
  50. Aku tuh sampe sekarang belum pernah lo makan seblak. Kemarin pas di Bandung ditawarin mampir di seblak tapi ga sempat. Jadi pengen nyoba sendiri di rmh

    ReplyDelete
  51. Awalnya aku nggak suka seblak lho mbak hahahah
    tapi karena penasaran aku mencobanya dan ketagihan
    sekarang jadi makanan favorit

    ReplyDelete
  52. Aku tuh ya rada geli geli gimana gitu kalau makan seblak yang ada kerupuk basahnya itu :)) Mendingan nyobain resep seblak kwetiaumu aja nih Astin. Takaran kencurnya bisa dikira-kira sendiri. Kalau beli di penjual kadang malah ga kerasa sama sekali kencurnya.

    ReplyDelete
  53. boleeeh dong astin kirim satu mangkok ke aku hehehe. SUka dengan seblak yang banyak sayuran dan pedaas! padahal kalua masak sendiri gampang yaaa

    ReplyDelete
  54. Seblak ini kayak apa ya kalau di Jogja. Yang bikin rasanya khas dan unik adalah ada tambahan kencurnya ya. Jadi anget juga di badan.

    ReplyDelete
  55. Saya pernah dimasakin seblak sana adikku. Khas ya kencurnya. Seblak tanpa kencur itu ga berasa seblak ya mbak. Sebab disitulah salah satu kekhasan citarasanya.

    Jadi pengen buat seblak kwetiau. Pakai Masako memang enak mbak, segala rupa masakan jadi lezat dan nikmat. Aku juga nambahin masakanku dengan Masako. Emang jadi lebih lezat

    ReplyDelete
  56. Aku juga belum pernah beli atau makan seblak juga nih Mbak. Waktu diceritakan itu tu kerupuk basah banyak minyaknya terus masuk perut aku ngeri bayanginnya. Btw aku baru tahu ada yang jual kwetiau basah mentah ya Mbak? Di daerah belum ada kayaknya.

    ReplyDelete
  57. Aku tuh ga terlalu doyan seblak, tapi liat seblak yang ini kayaknya enak karena dari kwetiau dan ada ayamnya.

    ReplyDelete
  58. Ternyata gampang ya huat seblak, bisa ditiru neh... Aku aja baru nyoba sekali, teman aku yang masak juga pakai masako

    ReplyDelete
  59. Aku pernah beli seblak di Kota Jember mbak, itu pun nitip temen pas lagi jalan-jalan wkwkwk
    Aku ga tau Kwetiau tuh macam mana, di tempatku ga nemuin Kwetiau mbak,
    Nah, kupikir kwetiau itu sejenis weci/hongkong/ gorengan mbak, ehh ternyata beda ya kwkwkwkwk
    Boleh lah dicoba kalau pas libur kerja nih bikin seblak sendiri hehehhe
    Makasihhh Mbak ^_^

    ReplyDelete
  60. Mau, Mbak.. Kayaknya enak banget itu. Kwetiau dimasak seblak. Biasanya kalau saya makan kwetiau yang digoreng. Makin lapar saja aku ini. Udah sore begini lihat makanan.

    ReplyDelete
  61. ini sih camilan sehat, enak banget dimakan sore-sore sambil menikmati gerimis di teras rumah. Hmm, angeeeet...

    ReplyDelete
  62. Ooo begini rupanya dapurnya bikin seblak. Aku bisanya icip saat beli, mba. Kapan2 dicoba ah. Makasih yaaa

    ReplyDelete
  63. dengan masako jadi rajin masak dan pasti lezat aku belum pernah bikin seblak kapan2 aku coba ah

    ReplyDelete
  64. Wow, seblak kwetiauw, good idea mba. Jadi pengin nyobain jugak. Pasti sedap banget yaa..hmm.. :)

    ReplyDelete
  65. Bookmark!!!
    Mmg agak2 gmn gitu kalau makan seblak. Ya karena krupukny itu. Coba deh ntar resepnya pakai kwetiew di rumah. Kebetulan pada suka sama kwetiew, bisa jadi variasilah

    ReplyDelete
  66. kalau seblak aku yang penting sayurannya buanyaaak dan juga pedes biar enak dan seger. Tapi kasihan anak-anak yaaa ngga bisa makan

    ReplyDelete
  67. Seblaknya lebih sehat ni daripada yang dijual di warung ya lebih mengenyangkan karena kwetiau nya

    ReplyDelete
  68. Ada cekernya jugaaaaa. Seblak ceker enak juga ya, Mbak. Pedeesss.

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih