24 May 2019

Mengajarkan Kepada Anak-Anak Tentang Amalan Puasa di Bulan Ramadhan


Alhamdulillah bulan Ramadhan tahun ini si sulung sudah berpuasa penuh selama satu hari. Insya Allah sesuai dengan niatnya, dapat berpuasa satu bulan penuh, aamin. Doa yang selalu saya mohonkan adalah diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Saya sangat bersyukur sekali diberikan kesempatan sampai saat ini. Dapat menemani anak-anak berpuasa Ramadhan. Selama bulan Ramadhan saya harus berusaha mengajarkan dan memberikan contoh tentang amalan puasa yang sebaiknya dikerjakan. Caranya dengan memberikan contoh dan melibatkan anak-anak.

amalan puasa ramadhan


Saya sengaja melibatkan anak-anak dalam kegiatan di bulan Ramadhan. Contohnya, sebelum menyiapkan makanan untuk berbuka puasa, saya akan bertanya terlebih dahulu akan berbuka menggunakan apa. Saat harus membeli sesuatu di luar, saya akan mengajak anak-anak ikut membeli keperluannya. Saya juga mencari tahu kegiatan-kegiatan Ramadhan yang diselenggarakan di lingkungan rumah. Sebisa mungkin saya akan mendaftarkan anak-anak untuk mengikuti kegiatan tersebut. Contoh kegiatannya adalah menyiapkan berbuka puasa di mushola, memberikan makanan untuk berbuka puasa, mengikuti perlombaan anak muslim di mushola dan lain-lain.


Seperti kita ketahui bersama ya, anak itu kan pencontoh terbaik dari orang tua atau orang yang terdekat dengan dia. Jadi, sebaiknya sebagai orang tua wajib memberikan contoh terbaik untuk anak-anaknya. Apalagi di bulan Ramadhan yang mulia dan suci ini. Saya sengaja mengurangi kegiatan-kegiatan di luar rumah. Sayapun mengurangi aktifias di dapur yang memakan waktu lama. Saya lebih memilih waktu bersama anak-anak, tadarus di dekat mereka dan menonton film-film kartun islami. Mengajarkan hal yang baik kepada anak-anak tentang amalan puasa di bulan Ramadhan itu ada banyak sekali loh.

1| Tadarus Al-Qur'an


Memperbanyak membaca Al-Qur'an menjadi satu amalan yang dapat diajarkan kepada anak-anak di bulan Ramadhan. Saya sengaja mengambil tempat membawa Al-Qur'an di dekat anak-anak. Tujuannya supaya anak-anak melihat tilawahnya dan benar saja, anak-anak ada kalanya duduk di sebelahku.

Faiz mulai belajar membaca Al-Qur'an meski masih terbata-bata. Ada beberapa pesan yang saya sampaikan setelah membaca Al-Qur'an kepada anak-anak. Salah satunya ada kebaikan berlipat ganda  membaca Al-Qur'an pada bulan Ramadhan.

2| Berbuka Puasa dengan Minuman Hangat dan Manis


Sebetulnya di sini saya akan mengajarkan kepada anak-anak tentang menyegerakan berbuka puasa. Satu percakapan antara Dodo dan Samil pada film kartun tontonan anak-anak adalah hal tersebut. Dodo berkata kepada Samil, bahwa dia kuat berpuasa sampai menjelang Isya. Padahal di sini, menyegerakan berbuka puasa merupakan salah satu amalan puasa.

Saya juga mengajari anak-anak untuk berbuka puasa dengan minuman hangat dan manis terlebih dulu. Sudah lama saya tidak menghadirkan es buah di saat berbuka puasa. Teh manis hangatlah yang menjadi primadona saat berbuka puasa di rumahku. Teh manis hangat dan buah kurma yang selalu disediakan untuk berbuka. Alhamdulillah si sulung sekarang mulai terbiasa dengan minuman hangat dan manis terlebih dulu. 

3| Berdoa Ketika Berbuka


Ada hal yang lucu sesaat setelah adzan maghrib mengumandang. Faiz tidak mau ada yang berdoa dengan suara dikeluarkan selain dia. Jadi, Faiz ingin belajar membaca doa berbuka puasa sendiri. Alhamdulillah anak sulungku ini sudah paham mengapa saat akan berbuka puasa diwajibkan membaca doa berbuka puasa.

Sayapun terharu karena ternyata materi pelajaran fikih di sekolah adalah amalan di bulan Ramdhan. Alhamdulillah semoga ilmu yang didapat dapat sekaligus dipraktekan ya, Nak. 

4| Memberi Makan Orang untuk Berbuka Puasa


Hal kecil untuk diajarkan kepada anak-anak adalah memberi makan orang untuk berbuka puasa. Sebelum memberi, saya menceritakan makna puasa terlebih dulu kepada anak-anak. Makna berpuasa selain menahan diri dari makan dan minum serta menahan lapar dan haus, ada satu makna. Makna tersebut supaya kita ikut merasa bagaimana orang yang kekurangan menahan lapar dan dahaga.

Dari lingkungan terkecil, saya mengajarkan anak-anak amalan puasa di bulan Ramadhan untuk memberi makan orang untuk berbuka puasa. Mengajarkan untuk ikhlas memberi baik makanan, uang, tenaga untuk menyiapkan makanan berbuka puasa bersama.

Ada banyak sekali amalan-amalan puasa di bulan Ramadhan. Hal-hal di atas yang sedang saya ajarkan dan contohkan kepada anak-anak. Anak-anak adalah peniru paling ulung dari apa yang dikerjakan oleh orang tua dan orang disekitarnya. Memberikan contoh terbaik untuk amalan puasa di bulan Ramadhan menjadi satu kegiatan yang saya berikan untuk anak-anak. Membaca Al-Qur'an, Menyegerakan berbuka puasa dengan makan dan minum yang manis, berdoa saat akan berbuka puasa serta memberi makan orang untuk berbuka puasa. Tentu teman-teman juga memiliki banyak hal yang akan diajarkan kepada anak-anak ya.


No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih