25 May 2019

Aplikasi di Android Ini Membantuku Sepanjang Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan hanya datang satu kali salam satu tahun. Saya ingin lebih memaksimalkan ibadah yang jarang dikerjakan di bulan-bulan lainnya. Oleh karena itu, saya meminta kelonggaran dalam berbagai hal kepada suami. Salah satunya adalah kelonggaran untuk tidak berlama-lama berada di dapur. Intinya sich saya ingin memasak yang simple tetapi anak-anak suka dan pantas untuk dihidangkan untuk keluarga. Ada satu aplikasi di android yang saya install untuk membantuku sepanjang bulan Ramadhan. Beruntungnya jaman ini yang lebih dengan mudah mengerjakan sesuatu karena ada aplikasi smartphone



Sebagai ibu yang tidak bekerja di luar rumah, tentu waktu yang ada harus dibagi-bagi supaya semua didapat. Pagi hari saya harus menemani anak paud sekolah. Pulang sekolah saya harus mengambil waktu untuk tidur siang. Bangun tidur siang, saya menyiapkan makanan untuk berbuka puasa. Malam hari beribadah dan menemani anak sulung belajar, karena waktunya ujian kenaikan kelas. Tengah malam bangun untuk menyiapkan makan sahur dilanjutkan menyetrika dan beberes rumah.
Waktu yang terbagi-bagi itulah harus ada waktu untuk mengerjakan amalan-amalan di bulan Ramadhan. Selain itu, saya juga ingin lebih dekat dengan anak-anak. Tujuannya supaya ada waktu untuk memberikan mereka pengetahuan-pengetahuan agama Islam tentang bulan Ramadhan. Alhamdulillah anak sulungku saat ini sudah mulai berpuasa penuh sepanjang hari. Alhamdulillah anaknya sudah besar, sehat-sehat selalu ya, Nak. Untuk itulah saya membutuhkan aplikasi di android yang saya install di smartphone untuk membantuku sepanjang bulan Ramadhan.

1| Aplikasi Alarm Clock with Mission and Loud Ringtone


Aplikasi yang satu ini berfungsi untuk membangunkan dengan cara tidak biasa. Sejujurnya saya tidak ingin pengalaman Ramadhan di tahun kemarin yang sering tidak bangun sahur, tidak ada di tahun ini. Alhamdulillah sampai hari ini, saya selalu dapat menyempatkan memasak untuk sahur keluargaku.

Alarm bawaan smartphone sebetulnya sudah cukup untuk membangunkanku. Saya membuat berlapis-lapis alarm mulai pukul  03.00, 03.30 dan 04.00 untuk membangunkanku menyiapkan sahur. Ada satu kendala yang menurutku sangat membutuhkan alarm dengan tantangan.  Kendalanya adalah saat sedang lelah sekali, kadang saya mematikan satu kali waktu alarm dan berharap dapat mendengar kembali alarm tersebut.

Kenyataannya pernah di alarm ke-dua, suami yang mematikan alarm tersebut. Barulah saya mencoba kuat untuk bangun di alarm yang kupikir ke-dua, ternyata saya bangun di alarm ke-tiga yaitu pukul 04.00. Duh langsung saat itu juga saya lompat dan lari ke dapur. 

Dengan aplikasi alarm dengan tantangan, saya dapat meninggalkan tempat tidur dan berjalan menuju dapur dengan mata terjaga. 

2| Aplikasi Cookpad- Untuk Inspirasi Resep Menu Buka Puasa dan Sahur


Aplikasi ke-dua yang membantuku adalah aplikasi yang berisi resep masakan. Ada banyak resep masakan mulai dari yang paling mudah sampai yang membutuhkan effort lebih untuk menyiapkan sajian buka puasa dan sahur.

Saya jarang sekali memasak untuk berbuka puasa. Hanya saat suami ada di rumah saja, saya sengaja memasak makanan yang simple dan mudah. Biasanya saya mencoba masakan yang tidak biasa dan saya temukan di aplikasi cookpad.

Sedangkan untuk menu sahur saya mencari menu makanan untuk persediaan selama bulan Ramadhan. Menu makanan yang awet dan simpan di dalam lemari es. Saat akan disajikan baru dech dipanaskan. 

3| Aplikasi Gofood di GOJEK


Aplikasi untuk memesan makanan GoFood dari GOJEK adalah aplikasi yang paling sering digunakan. Hehehe, ketahuan sekali kan, jarang memasak untuk buka puasa. Iyap, karena saya memang sudah ijin sejak awal Ramadhan. Alhamdulillah anak-anak dan suami mengijinkan. 

Aplikasi ini saya gunakan sebelum waktu buka puasa dan juga setelah sholat taraweh. Anak sulung saya kadang ingin martabak untuk dicamil malam-malam. Nah, aplikasi inilah yang menjadi andalan.

4| Aplikasi Al-Qur'an Best Qur'an


Meskipun waktu terbanyak saya berada di dalam rumah, ada kalanya saya membutuhkan aplikasi Best Qur'an untuk digunakan saat di luar rumah. Seperti saat sedang menemani anak paud sekolah. Best Qur'an tidak hanya menyediakan Al-Qur'an digital saja, akan tetapi ada ilmu tajwid dan beberapa inspirasi yang ada di dalamnya.

Salah satu fitur yang terbaik adalah adanya penanda tadarus sudah sampai mana. Serta ada tulisan hadist yang berfungsi untuk mengingatkan supaya senantiasa semangat membaca Al-Qur'an. 

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling dinantikan. Datang hanya satu kali dalam setahum, orang-orang berlomba-lomba memaksimalkan untuk beribadah. Mengurangi kegiatan yang kurang penting supaya mendapatkan waktu lebih banyak untuk membaca Al-Qur'an, bersama anak-anak dan mengerjakan hal-hal yang bermanfaat.

Ke-empat apliaksi di atas sangat membantuku sepanjang bulan Ramadhan. Mulai dari membangunkanku untuk bersiap menyiapkan makan sahur, memberikan referensi menu makananan, aplikasi pengiriman makanan yang dipesan sampai aplikasi Al-Qur'an digital. Menurut saya wajar saja menginstall aplikasi tersebut untuk memberikan solusi terbaik sepanjang bulan Ramadhan.

1 comment:

  1. Cookpad penyelamat ibu-ibu dikala mulai kehabisan ide memasak :D

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih