3 May 2019

#AyoHijrah Berani Lebih Baik Bersama Bank Muamalat Indonesia dalam Membelanjakan Uang


[Keuangan] : #AyoHijrah Membelanjakan Uang 

Berani lebih baik dalam membelanjakan uang adalah salah satu resolusi saya untuk #AyoHijrah. Suatu resolusi yang menurut saya bukan sekedar keinginan untuk berubah lebih baik. Berubah lebih baik dalam membelanjakan uang, bukan hanya pintar merencakan menu bulanan dan mampu menyisihkan uang. Menurut saya ada hal yang lebih penting daripada itu. Sebuah hal yang sangat penting, tetapi tidak pernah saya pikirkan sebelumnya.

#AyoHijrah Berani Lebih Baik Bersama Bank Muamalat dalam Membelanjakan Uang



Dulu, saya sangat senang sekali mampu menyisihkan uang belanja bulanan. Uang tersebut, saya belikan pakaian, make up, mainan anak-anak dan peralatan rumah tangga lainnya. Jelas saya merasa bangga sekali dengan hasil uang yang disisihkan dan dapat berbelanja macam-macam. Saya merasa bahagia, pasti. Saya merasa bangga, pasti. Saya merasa itu adalah hal yang paling nikmat karena saya tidak perlu meminta uang kepada suami untuk membeli barang tersebut. Saya hanya berpikir bahwa barang-barang  tersebut adalah hak dan hadiah untuk saya. Tetapi saya tidak pernah bepikir tentang dua hal yang sangat penting di dalam barang-barang yang telah saya beli. 


Berani Lebih Baik Membelanjakan Uang


Di dalam barang-barang yang saya beli tersebut ada dua hal yang tidak pernah dipikirkan. Betapa selama ini saya hanya memikirkan barang-barang tersebut bermanfaat untuk diri saya dan keluarga saya sendiri. Saya tidak pernah memikirkan, bahwa ada hak orang lain di dalam barang-barang yang saya mampu beli. Saya juga tidak pernah memikirkan bahwa barang-barang yang saya beli dari menyisihkan uang belanja bulanan, akan dimintai pertanggungjawabannya. Menyedihkan sekali, sebagai seorang muslim saya tidak pernah sedetail itu memikirkannya saat sedang membeli barang. 

#AyoHijrah Berani Lebih Baik Bersama Bank Muamalat dalam Membelanjakan Uang
Hal yang paling menyenangkan adalah belanja. Berani Lebih Baik saat membelanjakan uang dengan bijak


Apa yang saya ingin beli, saya beli. Apa yang bisa saya beli, saya beli. Saya tidak pernah memikirkan, apakah wajan beukuran sedang yang menjadi koleksi peralatan memasak di dapur bermanfaat untuk orang lain atau tidak. Saya tidak pernah bepikir apakah wadah makanan saya yang menumpuk di dalam lemari dapat saya pertanggungjawabkan kelak di akhirat. Ada banyak bentuk, ada banyak warna, ada banyak model saya koleksi dan saya tidak pernah berani lebih baik untuk menyumbangkan kepada yang berhak. Saya selalu berpikir, pasti nanti akan dipakai. Tapi kenayataannya, barang-barang tersebut terlalu lama hanya menunggu dan menunggu untuk digunakan. Barang-barang tersebut kadang hanya dipakai satu atau bahkan dua tahun sekali. 

Gerakan Nasi Bungkus Sedekah Bersama Emak Emak Arisan


Saya tidak ingin menceritakan berapa lama saya dan teman-teman arisan bergabung untuk menggerakan nasi bungkus sedekah setiap hari Jumat. Saya ingin menceritakan awal mula memulai gerakan nasi bungkus sedekah dan apa latar belakangnya. Gerakan nasi bungkus sedekah di dalam arisan emak-emak dimulai dari cerita seorang teman yang melihat ada sisa makanan di rumah. Dia mencoba untuk membungkus dan mengantarkan kepada yang berhak. Lama kelamaan, tiga empat lima bungkus tidak cukup. Hari Jumat depannya, dimulai dengan memasak dengan porsi yang lebih banyak.

#AyoHijrah Berani Lebih Baik Bersama Bank Muamalat dalam Membelanjakan Uang
Etalase yang digagas emak emak arisan untuk mengumpulkan sedekah nasi bungkus 


Semangat tersebut diceritakan dalam forum arisan emak-emak. Alhamdulillah semua anggota arisan bersemangat mengumpulkan nasi bungkus setiap hari Jumat. Setelah nasi bungkus tersebut terkumpul barulah dibagikan ke jalanan sebelum Sholat Jumat. Menggunakan sepeda motor, saya dan seorang teman membagikan langsung kepada orang-orang yang membutuhkan di jalanan. Ada banyak cerita dan ada banyak hal yang terjadi, biarlah menjadi kenangan terindah bagi kami. Doa-doa meluncur dengan ikhlas dari hati orang-orang yang bahagia dan gembira menerima nasi bungkus tersebut. 

Air mata terurai, ucapan terima kasih yang tulus dan senyum kebahagiaan terpancar menjadi semangat kami untuk berani lebih. Gerakan nasi bungkus sedekah emak arisanpun berinisiatif mengumpulkan dana sendiri untuk membuat etalase yang akan digunakan untuk menempatkan nasi bungkus sedekah. Ide awal pembuatan etalase tersebut untuk meletakan nasi sedekah dan meramaikan masjid di hari Jumat. Alhamdulillah biaya pembuatan elatase semuanya berasal dari 15 orang anggota arisan emak-emak.

Berani Lebih Baik untuk Memikirkan Pemanfaatan Barang yang dibeli


Berani lebih baik saat membelanjakan uang untuk kebutuhan rumah tangga harus dimulai sekarang. Untuk memasak keperluan nasi bungkus sedekah, tentu membutuhkan peralatan masak berukuran besar. Saya juga berpikir puluhan kali, saat melihat ada wadah makanan yang menarik mata. Apabila benar-benar tidak dibutuhkan, lebih baik saya skip. Sebuah prinsip yang harus digunakan adalah mengeluarkan barang lama sebelum membeli barang baru. Rasanya saya harus benar-benar hijrah dalam hal ini. Saya tidak ingin terlalu lama dan terlalu banyak menumpuk barang-barang di rumah. 

Teman-teman arisan adalah penyemangat dan penguat untuk semakin mantap berhijrah. Menjelang hari Jumat, seroang teman yang menjadi leader akan mengingatkan di WAG. Hati dan pikiran adalah support system terbaik saat akan membelanjakan uang.  Apakah barang tersebut nantinya dapat bermanfaat untuk orang lain, atau hanya keinginan semata. Apakah saya dapat mempertanggungjawabkan barang yang dibeli dengan pemanfaatannya, atau saya hanya menangguhkannya. Saya juga harus berani lebih baik dengan mengatur barang-barang yang sudah saya beli untuk digunakan beribadah. #AyoHijrah dengan memulai memikirkan saat sedang merencakan membeli barang menjadi resolusi saya setiap hari. 

#AyoHijrah bersama Bank Muamalat Indonesia



Hijrah bermakna untuk lebih baik menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Landasan setiap aktifitas dan pembicaraan sebaiknya dilakukan sesuai dengan syariat agama. #AyoHijrah adalah gerakan yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama selalu meningkatkan diri ke arah yang lebih baik dalam segala hal. Islam bukan hanya agama yang mengatur hubungan kita dengan Sang Pencipta, tapi juga merupakan jalan hidup (way of life) sehingga #AyoHijrah juga mengajak untuk menjalani hidup sesuai tuntutan Islam yang baik dan berkah. 

Keberkahan itu selalu diminta dan dipanjatkan oleh setiap orang saat sedang berdoa. Sayapun selalu memohon untuk diberikan keberkahan usia yang tersisa ini. Semoga di usia yang tersisa ini, saya dapat membelanjakan uang dengan baik. Sehingga saya mendapatkan keberkahan dari barang-barang yang saya beli, supaya dapat bermanfaat untuk orang lain. Hal pertama yang saya lakukan saat menerima uang bulanan dari suami adalah membuat rencana pengeluaran. Mencatat pengeluaran dan setiap minggunya mengeluarkan uang untuk ikut gerakan sedekah nasi bungkus. 

Bank Muamalat Indonesia Tbk, merupakan bank pertama murni syariah di Indonesia. Berdiri pada tahun 1999 yang digagas oleh Majelis Ulama Indonesia, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia dan pengusaha muslim yang kemudian didukung oleh pemerintah negara Indonesia. Pada tanggal 8 Oktober 2018 lalu, telah mengadakan Grand Launching kampanye #AyoHijrah. Dengan adanya kampanye #AyoHijrah diharapkan ada peningkatan kualitas diri. Kualitas diri tersebut baik secara individu maupun organisasi untuk semakin kaffah menjalankan syariat Islam, khususnya dalam konteks pelayanan perbankan. 

#AyoHijrah Berani Lebih Baik Bersama Bank Muamalat dalam Membelanjakan Uang


Bank Muamalat Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk terus meningkatkan diri dalam berbagai bidang, khususnya dalam bidang perbankan. Dengan menggunakan layanan perbankan syariah diharapkan nasabah menjadi lebih tenang dan berkah. Kegiatan #AyoHijrah dilakukan oleh Bank Muamalat dengan berbagai kegiatan, seperti;

  1. Seminar atau edukasi tentang perbankan syariah
  2. Open booth di kegiatan masyarakat
  3. Kajian Islami dengan nara sumber dari kalangan ulama
  4. Pemberdayaan masjid sebagai agen perbankan syariah
Resolusi #AyoHijrah yang saya ceritakan di atas untuk berani lebih baik mengelola uang, mendapatkan satu solusi. Solusi untuk lebih mendekatkan diri dengan bank syariah yang memiliki cara kerja berlandaskan syariat Islam. Syariat Islam harus melekat di dalam diri supaya semua aktifitas yang saya lakukan berlandaskan Islam. Memutuskan untuk membeli sesuatu, meskipun dari hasil tabungan, harus dipikirkan matang-matang manfaatnya untuk orang lain. Berani lebih baik untuk menyisihkan sebagain uang belanja bulanan untuk membaginya bersama orang-orang yang membutuhkan. 

Melalui media sosial Bank Muamalat Indonesia, saya akan terus menggali informasi lebih dalam mengenai perbankan syariah. Bank Muamalat Indonesia menemaniku untuk selalu berani lebih baik dan #AyoHijrah.

Facebook : BankMuamalatIndonesia
Instagram : Bank. Muamalat
Twitter : BankMuamalat
Youtube : Bank Muamalat
Website : www.bankmuamalat.co.id

31 comments:

  1. hijrahnya keren mak, yang bikin gerakan sedekah nasi bungkus itu looh..pasti bikin hati makin maknyess ya..melihat kebahagiaan orang-orang yang merasa senang dengan pemberian kita :))

    ReplyDelete
  2. Boleh dicoa nih Mak, gerakan nasi bungkusnya. Berubah lebih baik, nambah pahala, nambah persaudaraan.

    ReplyDelete
  3. Gerakan nasi bungkus siapapun boleh naruh dan siapapun boleh ambil ini emang menarik banget idenya ya mbak, jadi ada semangat berbagi. Keren. Btw, semoga istikomah berhijrah jadi lebih baik lagi

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah buka rekening di bank muamalat, baca ini jadi tertarik juga. Makasih infonya mba, pas pengen buka satu rekening buat simpanan, Insaallah

    ReplyDelete
  5. Wahh, Tabarokallah mak Astin.
    Ini sungguh semangat hijrah yang sangaaaatt inspiring!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Di tempatku juga ada geralan nasi berkat. Jadi tiap jumat ngebagiin nasi gratis buat siapa aja yg membutuhkan. Alhamdulillah makin banyak gerakan seperti inj ya

    ReplyDelete
  7. Didepan les musik anakku ada etalase serupa, tapi tidak ada yg secara khusus mengelola spt arisan tsb. Jadi siapapun boleh meletakkan makanan & minuman disana kapan saja, todak hanya Jumat. Siapapun juga boleh mengambilnya. Semoga makin banyak etalase seperti ini ya supaya makin banyak orang yang terbantu. Semoga kelompok arisannya dilimpahi rejeki barokah. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak ya mbak yang model seperti ni sekarang pakai etalasi jadi siapapun bisa ikutan bersedekah dengan meletakkanmakanan atau minuman di sana. Saling membantu dan mendapatkan pahala

      Delete
  8. Sedekah nasi bungkus buat yang membutuhkan ikut membantu dan meringankan beban mereka ya Astin

    ReplyDelete
  9. Subhanallah. Gerakan sederhana tapi berarti ya. Sepintas hanya nasi bungkus, tapi buat yang makan rasanya bisa menyambung hidup hari itu dan semangat supaya Minggu depan datang lagi dan lagi bikin hidupnya jadi ringan. Barakah ya semoga aku bisa ikutan

    ReplyDelete
  10. saya pun berusaha berbuat yang sama nih mba, lebih memikirkan manfaat barang yang akan dibeli sebelum berbelanja.

    ReplyDelete
  11. Semoga istiqomah dengan gerakan nasi bungkusnya ya Mak, salut banget lhoh dengan emak2 yang rela menyisihkan waktunya untuk kegiatan yg bermanfaat buat sesama macam ini.. :)

    ReplyDelete
  12. Masya Allah arisan emak-emak yang kegiatannya beneran bikin mendatangkan kebaikan
    Smeoga terus dimudahkan dan dilancarkan sedekahnya. Barakallah untuk semua.
    Sungguh bisa menginspirasi sesama untuk berbuat yang sama. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang terpercaya dari semula Bank Muamalat Indonesia. Bank syariah yang pertama ada yang kini pun makin membumi dnegan layanan yang tak kalah lengkap dari bank konvesional. Salut!

      Delete
  13. luar biasa mbak astin. semoga langkah baiknya semakin diberkahi. Oh ya, sebagian ibu2 mmg ada yg suka jd "kolektor" barang2 dapur ya..saya jg kepengin sih tp rumah sempit susah buat nyimpan2 haha. jd terima kasih sdh diingatkan bahwa kita pun sebenernya ga perlu beli barang yang sesungguhnya nggak perlu2 amat

    ReplyDelete
  14. MasyaAllah, keren sekali hijrahnya. Semoga selalu dilancarkan amalan-amalannya. Inspiratif banget, dari pertemanan membawa kedermawanan bagi sesama...

    ReplyDelete
  15. Kepengen banget deh hijah tabungan ke syariah. Biar yang konvensional hanya untuk kepentingan pekerjaan. Biar tenang di hati :)

    ReplyDelete
  16. Hijrah dari yang kita bisa dan yang paling kecil ya mba.. gerakan nasi bungkus dengan teman2 arisannya keren.. gak hanya arisan tapi beramal bareng2 ya mba..

    ReplyDelete
  17. Sukaak sama bentuk hijrahnya. Membelanjakan uang dg sedekah. Hijrah yg membawa hidup penuh keberkajan. Amiin

    ReplyDelete
  18. Terharu banget mak, dari grup arisan bisa bikin gerakan sedekah makan gratis yang berkelanjutan, insya Allah berkah untuk semuanya ya..

    ReplyDelete
  19. Saya baru tahu loh kalau teryata Bank Muamalat Indonesia itu bank pertama murni syariah di Indonesia. Cuma saya belum paham gimana caranya gunakan masjid sebagai agen bank syariah. Apakah ada program menabung atau khusus zakat?

    ReplyDelete
  20. Masyaa Allah tabarakallah.
    Keren Mbak. Bisa kompak gitu grup arisannya bikin nasi bungkus gratis tiap jum'at. Semoga semakin banyak rejeki yang berlimpah untuk Mbak dan teman-teman arisannya.

    ReplyDelete
  21. Bener banget Astin, kalau apa2 yang kita lakukan sudah sesuai syariat, hidup rasanya jadi tenang ya. Termasuk juga soal keuangan dan perbankan nih, harus pilih yang sesuai syariat Islam.

    ReplyDelete
  22. Semangat hijrahnya mba.. semoga istiqomah. Btw cerita hijrahnya sunggu inspiring. Sukaak :D

    ReplyDelete
  23. Luar biasa Mbak. Saya masih wacana trs sedekah nasi bungkus nya

    ReplyDelete
  24. Masya Allah ya mbak semoga Istiqomah dengan kegiatan berbagi nya sedekah nasi bungkus oke banget loh semoga hijrahnya membawa manfaat bagi orang sekitarnya

    ReplyDelete
  25. Wah keren mbak bikin gerakan sedekah nasi bungkus. InsyaAllah bisa membuatt bahagia mereka yang diberi nasi bungkus ya.
    Alhamdulillah udah punya tabungan muamalat jg semoga berkah pula...

    ReplyDelete
  26. Cerita hijrahnya sangat menginspirasi. Semoga bisa terus istiqomah dan menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  27. Untuk hijrah Dan berbuat baik hrs nikmatin prosesnya ya mba,, barakallah mba kegiatan memberikn nasi bungkusnya good luck y

    ReplyDelete
  28. Hijrah memang gerakan yang tidak mudah ya...
    Tapi bila dilakukan bersama-sama dengan sahabat, terasa lebih ringan karena ada yang menguatkan dan mengingatkan.

    Muamalat,
    Solusi keuangan ummat muslim di Indonesia.

    ReplyDelete
  29. Hijrah keuangan juga aku tekadkan ni mak. Salah satunya mau pindah ke muamalat aja. Semangat mak semoga iastiqamah yaaa..

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih