27 May 2019

Easy and Fresh Make Up dan Natural Glowing Make Up untuk Lebaran Idul Fitri


Saya sudah mempersiapkan peralatan make up, pakaian untuk keluargaku serta hijab yang akan dipakai sholat Idul Fitri dan pada saat silaturahmi bersama keluarga besar. Yup, saya sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelum lebaran tiba. Rasanya semua pasti sudah mempersiapkan penampilan terbaiknya untuk menyambut hari kemenangan tersebut bukan?. Sengaja saya membagi dua moment, yaitu make up saat akan pergi sholat Idul Fitri dan make up saat bersilaturahmi bersama keluarga besar. Keduanya saya membedakan, repot amat cyiiiin. Ya saya kan yang repot, bukan anda, bukan kamu, bukan dikau say.

make up Lebaran astin
Make up set untuk Lebaran


Berikut ini adalah paragraf untuk memberikan alasan mengapa saya repot-repot membagi dua make up Lebaran. Hari Lebaran itu biasanya pada bangun pagi-pagi kan. Tapi kadang pengharapan sangat berbeda dengan kenyatan dan realita di lapangan. Meskipun sudah sejak sebelum tidur, sudah diwarning, harus dan wajib bangun pagi. Namanya ketemu sodara-sodara say, anak-anak kadang jadi heboh sebelum tidur dan bangunnya agak susah.


Kehebohan Pagi Hari Menjelang Sholat Idul Fitri


Di rumah mertua maupun di rumah ibu saya sendiri, semua saya yang mempersiapkan segala keperluan keluarga kecil yang tercinta ini. Dicatat ya, semua saya sendiri yang mempersiapkan belum ada bala bantuan dari suster, dari asisten, dari pengasuh apalagi dari ibu mertua maupun ibu sendiri. Insya Allah, saya berdoa saat anak-anak besar, mereka bakal mandiri dan mempersiapkan semua perlengkapannya sendiri. 


Nah karena masih kecil-kecil dan masih ada suami yang kadang menjadi paling manja. Jadi, yang saya lakukan setelah bangun paling pagi adalah menyiapkan kembali pakaian suami, pakaian saya sendiri dan pakaian anak-anak serta ubo rampe yang dibutuhkan saat si kecil bakal rewel di tempat sholat Idul Fitri. Contoh ubo rampe-nya nich : makanan kecil dan minuman wajib dibawa, mainan yang aman dan play diem-diem bolehlah dibawa, sajadah suami, anak lanang, mukena sendiri dan mukena anak. Sampai di sini saya belum sama sekali mencuri start make up ssaat pergi sholat Idul Fitri. Boro-boro make up lebih dari 10 menit. Dapat mandi 5 menit yang lengkap saja sudah Alhamdulillah.

Dua Thema Make Up Lebaran 


Sudah beberapa tahun sejak memiliki dua anak. Setiap lebaran adalah masa paling heboh karena menyiapkan sendiri dan menyiapkan dalam waktu yang singkat serta padat. Jadi, make up Lebaran sengaja saya bagi menjadi dua moment. Moment pertama adalah saat akan berangkat sholat Idul Fitri. Saya akan menggunakan make up Lebaran Easy and Fresh. Sedangkan untuk moment kedua saat akan bersilaturahmi dengan keluarga besar, saya akan menggunakan make up Lebaran Natural Glow. Berasa menjadi model keliling kalau begini mah. Untuk menyambut hari kemenangan, wajar dong, saya harus menyiapkan sesuatu yang tidak biasa tapi tetap Islami. 

Thema Easy and Fresh. Beberapa tahun sejak menikah, saya selalu menyiapkan dress code white and color untuk pergi ke sholat Idul Fitri. Saya, suami dan anak-anak selalu saya pilihkan warna pakaian yang ada warna putih dan tambahan warna lain untuk menadukan bawahan yang dikenakan suami. Contohnya adalah lebaran tahun kemarin. Saya mengenakan gamis putih (sudah dipakai sejak tahun 2015) dan dengan hijab berwarna biru muda. Saya mengambil warna biru muda untuk dipadukan dengan bawahan suami yang berwarna biru tua. Anak-anak juga menggunakan perpaduan warna putih dan biru. Ribet neng? saya kan yang ribet, bukan dikau, hehehee.


Tema pertama untuk pergi sholat Idul Fitri, saya tidak menggunakan hijab style yang macam-macam. Sudah bersyukur dapat menyiapkan perlengkapan anak-anak dan suami sendiri, nyari ridhlo dan nyari perhatian dari mereka dong. Alhamdulillah masih nyiapin sendiri. Make up saja ambil yang paling sederhana, bahkan kadang enggak pakai base make up, huhuhuuu sedih pisan kan eyke. Tapi ya sudahlah, namanya mau sholat Idul Fitri kan, bukan mau foto session di red carpet?. Tanya serius. 

Tema kedua baru dech, boleh berlama-lama berdiam diri dan bergaya-gaya di dalam kamar sendirian. Biasanya nich, kalau lebaran di rumah ibuku. Setelah sholat Idul Fitri semua anak, menantu dan cucu-cucu berkumpul di ruang depan. Bagi angpo? tentu tidak. Bapak dan ibu sudah dulu mengajarkan untuk sungkeman. Sungkeman dalam arti menghormari orang yang lebih tua untuk menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri, menyampaikan permohonan maaf dan meminta doa. Jadi bapak dan ibu duduk, kemudian kakak pertama dan keluarganya sungkeman terlebih dulu,  dan dilanjutkan dengan anak ke sekian sampai terkahir.

Make Up Vs Sungkeman Setelah Sholat Idul Fitri


Saat sungkeman ini tidak bisa tidak pasti nangis, Hiks, nulis inipun saya nangis karena inget orang-orang yang saya sayangi dan saya muliakan. Bapak dan ibu biasanya sudah curi start saling nangis duluan tuh. Jadi, mungkin terbawa suasana kan. Gimana pasal kalau sudah make up Lebaran total sebelum berangkat sholat Idul Fitri, terus kebanjiran air mata? Jadi, asyiknya make up Lebaran untuk silaturahmi dilakukan setelah proses sungkeman selesai. Right?, bener kan? 


Natural Glow saya pilih karena suka make up natural dan kepingin rasanya menjadi glowing saat hari kemenangan tiba. Apalagi ya kan, beberapa hari belakangan ini, saya sudah menceritakan kalau sudah menggemari dunia dandan atau make up. Dengan catatan, atas ijin yang diberikan oleh suami tercinta dan tentunya tidak berlebihan dalam hal make up. Untuk pakaian biasanya sich berganti kostum gitu. Tapi entahlah, rasanya saya ingin mengurangi barang bawaan saat mudik lebaran. Jadi, lebaran tahun ini, rencananya saya akan menggunakan dua kostum yang sama untuk sholat Idul Fitri dan untuk silaturahmi. Biasanya ganti cyiin? iya, kenapa? dikau yang repot gitu? hihihi.

Rangkaian Produk Wardah untuk Make Up Lebaran


Pengunjung setia astinastanti pasti sudah tahu kalau saya itu pecinta Wardah. Semua produk yang dipakai bisa dipastikan semua wardah. Kecuali ada beberapa peralatan make up dan ada beberapa produk yang saya terima dari kiriman dan harus saya coba. Tahu kan, kan kan. 


Satu minggu lalu saya menemukan satu produk terbaru dari Wardah. Em, dibilang terbaru karena saya baru membelinya dan sudah mencoba beberapa kali, kok jadinya fresh dan nyaman sekali menggunakan produk face mist itu ya. Duh enggak sabar nich menggunakannya lagi. 

Make up Lebaran Easy and Fresh yang akan digunakan adalah :
  1. Wardah Face Mist
  2. Day Cream Wardah White Secret
  3. Luminous Face Powder
  4. Etude Drawing Eye Brow (Dikasih temen)
  5. Wardah Intense Matte Lisptik nomer 06 Blooming Pink
make up lebaran astin
Make up Lebaran Easy and Fresh



Make Up Natural Glowing yang akan digunakan adalah :
  1. Wardah Aloe Hydramild Multifungtion Gel, supaya wajah tetap lembab sepanjang hari selama silaturahmi
  2. Wardah C Defence DD Cream. Saya suka menggunakan ini karena bedak dapat menempel dengan baik.
  3. Luminous Face Powder. Pilihan pertama harus menggunakan bedak tabur dulu, dengan cara ditepuk tepuk gitu
  4. Wardah Luminous Two Way Cake Everyday no 02 beige.
  5. Eye Shadow and Blush On No 03 dari Beauty Queen Mustika Ratu (dikirimkan untuk dicoba)
  6. Wardah Intense Matte Lisptik No 01 (Socialite Peach) dan No 10 (Miss Teracotta) diombre. 
Make up Lebaran Astin
Make up Lebaran Natural Glowing




Pada lebaran semua keluarga berkumpul dan tetangga berdatangan. Tugas diri adalah memberikan penampilan terbaiknya saat pergi sholat Idul Fitri dan saat silaturahmi. Intinya menghias diri saat Lebaran dengan make up yang nyaman dan praktis adalah pilihan. Saya termasuk orang yang mau ribet dengan mempersiapkan dua tema make up Lebaran. Alasannya, saya tidak memiliki waktu menggunakan make up lengkap saat akan pergi sholat Idul Fitri. Apalagi ada acara sungkeman yang pasti ada deraian air mata.

Berlebaran dengan lancar dan nyaman dengan cara mempersiapkan make up Lebaran serta pakaiannya. Apalagi masih ada anak-anak kecil yang masih membutuhkan bantuan dan perhatian. Mengurus semua keperluan keluarga menjadi hal yang indah untuk anak-anak kenang nantinya. Ada dua tema make up yang semuanya menggunakan produk dari Wardah. Produk dari Wardah yang lengkap membuat rasa percaya diri saya tumbuh dan nyaman.

25 comments:

  1. Wah komplit peralatan make up nya.
    Iya saat lebaran, apalagi mudik, jadi ibu (dan juga menantu) harus strong, ngurusi suami dan anak-anak, plus bantu nyiapin sarapan buat semua

    ReplyDelete
  2. Selamat (menjelang) Lebaran ya maaak
    Perempuan manapun tentulah ingin tampak glowing memesona ulala di momen Lebaran
    Makasiiii tipsnya :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. wah, ada dua tema lebaran ini sebenernya solusi yang oke banget.
    Aku selalu menggunakan dress code putih juga Astin, dan saat sudah ke rumah ibuku, sudah usai ke makaam (Ibu selalu ingin ke makam Bapak kalau lebaran dan sekarang tambah ke makam kakak Naufal) baru deh ke rumah ummi mertua. Di sini, makan dan leyeh leyeh sampe sore baru pada ganti baju yang santai dan berwarna warni

    aku ikutin ya tips nya jadi selalu tampil fresh dan ceriaaaah

    ReplyDelete
  4. wah penting nih biar jadi glowing pas lebaran.. hehe eh habis lebaran tetep glowing juga gpp kok...

    ReplyDelete
  5. Kebayang sama aku riweuhnya pagi-pagi pas Idul Fitri kalau punya anak-anak kecil hehehe. Rekomendasi makeupnya aku simpan ah, secara biasanya aku standar aja :D

    ReplyDelete
  6. Mantap deh planning makeupnya. Kebanyakan pake wardah ya. Pasti bagus bgt hasilnya.

    ReplyDelete
  7. Lebaran memang harus tampil beda yah, biar lebih glowing gitu kan heheh, suka sama tema make up nya

    ReplyDelete
  8. uNTUK Produk Wardah Face Mist, pernah nyobain pakai ini, nebeng punyae si mbarep. hasilnya bikin wajah terlihat lebih fresh dan cerah. (Ini based on komen teman di kantor )

    ReplyDelete
  9. Aku juga pakainya Wardah series mba, untuk bedak dan skincare tapi kalau lipstik dan make up lainnya, masih merek lain..semoga bisa glowing nih dengan pemakaian rutin hihihi

    ReplyDelete
  10. Ini yang sering luput dari perhatian saya. Biasanya menjelang lebaran ribet siapin kue dan baju-baju. Lupa siapin make up buat lebaran.

    ReplyDelete
  11. Aku kalau lebaran jarang banget berdandan, habis buru-buru banget. Paling bedakan aja. Dan pilihannya sama nih, pake Wardah juga.

    ReplyDelete
  12. Kalo aku karena anak-anak udah besar semua, jadi ya cuma prepare untuk suami aja sih. Make up untuk lebaran aku biasanya sederhana aja. Karena lebaran hari pertama setelah ngumpul di rumah ibuku bentar, lanjut ke rumah mertua. Di sana ngumpul untuk berangkat keluar kota. Perjalanan selama 2 jam, sekarang 1 jam kalo lancar, menjadi alasan aku memilih make up sederhana.

    Make up nya komplit deh, pilihannya sama sih kayak punyaku Wardah juga.

    ReplyDelete
  13. Hihi... Toss mb, lebaran tu paling rempong saat bangunin anak... Semua jadi mundur dari jadwal yang sudah ditentukan..untuk make up lebaran saya secara khusus tidak menyiapkan mau make up seperti apa. Maklum memang kurang bisa dandan... Tapi sepakat, wardah memang yang paling jadi andalan...

    ReplyDelete
  14. Wah bisa jadi inspirasi untuk make up di hari lebaran. Soalnya kan kita akan ketemu banyak orang, jadi untuk menghargai orang yang kita temui, kita perlu tampil cantik 😁

    ReplyDelete
  15. Aku kalau make up pas lebaran biasanya sama kayak make up biasa. Hanya aja nambah pakai bulumata. Kadang ya pengen glowing gitu. Hihihi. Aku rata2 pakai produknya Wardah, mba :)

    ReplyDelete
  16. Hmm kalau aku make up Lebaran simple aja sih mba, yang pentih cerah nggak terlalu tebal. Soalnya emang bener ya kalau Lebaran ada moment sungkeman yang sampai nangis-nangis gitu, nggak kebayang sih aku kalau pakai bulu mata palsu. Hahaha.

    ReplyDelete
  17. Wah gak sabar nunggu hasil makeup mba di hari raya nanti. Pastinya fresh, dan cantik

    ReplyDelete
  18. Kalau saya make upan dulu sebelum sungkeman. Soalnya abis sungkeman biasanya tamu2 langsung menyerbu, itu tuh tetangga2 sekitar rumah. Hehe. Udah tradisi muter2 keliling dari satu rumah ke rumah lainnya abis sungkeman, jadi kalau dandan lagi yaa gak keburu

    ReplyDelete
  19. Waa pake wardah juga. Sama mbak, aku juga ke dd cream wardah, biar sekalian, covering, menutrisi kulit, sama melindungi kulit dari matahari juga karena ada SPF nya.

    ReplyDelete
  20. Rutinitas kita saat berlebaran ternyata sama, Mbak.
    Riweuh di pagi hari, pake makeup minimalis, trus setelah acara sungkeman yang pasti pada nangis, baru dandan lagi yang lebih lengkap

    ReplyDelete
  21. Bener juga nih, aku biasanya kalau mau sholat ied dandan dulu yang cakep. Kebetulan aku pun pengguna produk Wardah juga, efek terlalu jatuh cinta sama produknya.

    ReplyDelete
  22. Wah lengkap banget produknya. Tapi iya sih, lihat lipsticknya bikin nanti lebaran jadi fresh deh kalo dipake. Aku jadi kepengen nyiapin make up juga nih :)))

    ReplyDelete
  23. Pengin tau review Face Mist nya Wardah..
    Selama ini aku pakainya yang essence. Bedanya apa yaa..?

    ReplyDelete
  24. Wew lengkap gtu mbak make upnya hihihi. Aku pas sholat ied sukanya polosan, baru pas berkunjung dan berhalalbihalal pakai make up, tapi paling banter bisanya cuma pakai pelembab, bedak, dan lisptick hehe. Btw aku jg suka kosmetik Wardah :D

    ReplyDelete
  25. eh mana hasilnya? aku butuh inspirasi make up untuk lebaran nih supaya kelihatan kalau udah mandi dan lebih segar. hehehe

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih