14 May 2019

Kapan Sebaiknya Sikat Gigi Saat Puasa


Puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi orang-orang yang beriman. Bagi orang muslim, puasa diartikan menahan diri dari makan dan minum serta dari segala perbuatan yang membatalkan puasa. Puasa dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, dengan syarat tertentu. Hal-hal yang membatalkan puasa ada yang belum begitu saya pahami. Hal itu tentang kapan sebaiknya sikat gigi saat puasa.



Sikat gigi adalah proses membersihkan gigi menggunakan sikat gigi menggunakan pasta gigi. Kegiatan sikat gigi sudah diajarkan oleh Rasulullah kepada umatnya. Pada jaman Rasulullah sikat gigi dilakukan menggunakan siwak. Siwak adalah ranting atau batang kayu dari pohon Selvadora Persica. Rasulullah mengajarkan kepada umatnya untuk bersiwak sebelum melaksakan sholat dan sebelum masuk ke dalam rumah. 


Manfaat Sikat Gigi Saat Puasa


Menyikat gigi selain mengikuti sunah Nabi juga juga memiliki banyak manfaat. Mulai dari menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mencegah bau mulut dengan cara membuang sisa-sisa makanan setelah sahur dan sebelum tidur. Membuat gigi nampak lebih putih dan menghasilkan nafas yang segar. Mendapatkan tubuh yang sehat juga dapat diperoleh dengan cara sikat gigi secara teratur. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk sikat gigi saat puasa. Padahal puasa itu dimulai sejak matahari terbit sampai terbenam matahari. 

Saya yang masih dangkal ilmunya, tidak berani mengambil keputusan sendiri kapan sebaiknya sikat gigi saat puasa. Setiap harinya aktifitas menyikat gigi ini saya lakukan dua kali sehari. Dua kali sehari itu yaitu setelah sarapan dan mandi pagi serta sebelum tidur. Bagaimana di bulan ramadhan ini? apakah tetap dua kali atau sama sekali tidak sikat gigi, hehheee. Saya sikat gigi tiga kali di bulan Ramadhan. Banyak banget? Maklumlah karena gigi saya sudah rusak, jadi yang tersisa ini diusahakan perawatannya maksimal.


Waktu Tepat Sikat Gigi Saat Puasa


Sikat gigi pertama di lakukan setelah makan sahur. Setelah makan sahur dan memastikan tidak ada makanan yang akan dimakan lagi setelah sikat gigi. Biasanya menjelelang adzan subuh, saya masuk kamar mandi untuk sikat gigi. Keluar kamar mandi, saya sempatkan untuk menegak air minum lagi. Hal ini saya lakukan untuk menetralisir keadaan dalam mulut. Setelah sikat gigi, mulut terasa aroma pasta gigi. 

Sikat gigi ke-dua dilakukan setelah berbuka puasa. Setelah makan berat atau sebelum sholat taraweh saya melakukan kegiatan sikat gigi. Tujuannya supaya saat sholat area gigi dan mulut lebih segar dan mencegah bau mulut setelah seharian berpuasa. Melakukan sikat gigi setelah berbuka puasa saya lakukan, karena saya masih ragu untuk menyikat gigi saat mandi sore. Mandi sore kan biasanya dilakukan sebelum adzan maghrib, kan. 


Sikat gigi ke-tiga atau yang terakhir dilakukan menjelang tidur malam. Meskipun setelah berbuka puasa sudah sikat gigi, saya harus melakukan sikat gigi lagi sebelum tidur. Namanya orang sedang berpuasa, mengambil waktu malam selepas sholat taraweh untuk me time sembari pegang wadah camilan kan. Jadi, pantang tidur sebelum area gigi dan mulut bersih dari sisa makanan. Inginnya sich dua kali saja, karena kan biasanya setelah sholat taraweh ngantuk dan lelah. Tapi godaan makanan dan camilan itu tak kuat kusanggah.


Sikat Gigi dengan Pasta Gigi Halal


Ngomong-ngomong soal pasta gigi nih, saya paling pilih-pilih. Alasan pertama dikarenakan keadaan sebagian gigi yang rusak parah. Hal ke-dua adalah pasta gigi yang memiliki aroma menyengat dan membuat mual, saya langsung skip. Selain memiliki masalah gigi saya juga memiliki masalah penciuman, payah ya. Oleh karena itu, saya memilih pasta gigi yang benar-benar lembut dengan sedikit bahan perasa dan detergentnya.

Kapan Sebaiknya Sikat Gigi Saat Puasa


Saya memiliki rekomendasi pasta gigi yang saat ini sedang digunakan. Pertama aroamnya tidak begitu kuat. Busanya menurut saya sedikit dan membuat gigi kesat tidak licin. Dan hal yang paling penting adalah pasta giginya mengandung serpihan siwak asli. Perlu diketahui, sebagai seorang muslim sebaiknya mengikuti sunah Nabi. Rasulullah menggunakan siwak asli untuk sikat gigi. Jadi saya memilih menggunakan pasta gigi yang mengandung siwak asli. Untuk menggunakan siwak asli, rasanya ada banyak kendala ya, jadi pilihan saya adalah menggunakan sasha pasta gigi halal pertama di Indonesia yang mengandung serpihan siwak asli.

Kesimpulan Sikat Gigi Saat Puasa


Artikel ini saya tulis sebagai pilihan untuk menentukan kapan sebaiknya sikat gigi saat puasa. Alasannya adalah ada beberapa sumber yang mengatakan sikat gigi saat puasa dapat membatalkan puasa itu sendiri. Logikanya memang sikat gigi dapat membatalkan puasa dengan cara yang tidak sengaja. Saat sikat gigi organ yang dilakukan adalah di area mulut dan dekat area tenggorokan. Kecil kemungkinannya air dan pasta gigi dapat masuk ke dalam rongga mulut dan tenggorokan. Tapi kadang hal kecil itu bisa terjadi.

Oleh karena itu, saya mengambil waktu sikat gigi setelah sahur, setelah berbuka puasa dan menjelang tidur di malam hari. Sikat gigi merupakan kebiasaan Rasulullah dan diajarkan kepada umatnya pada jaman dulu. Rasulullah membersihkan gigi menggunakan kayu siwak dan dilakukan salah satunya sebelum mendirikan sholat. Sebagai umat muslim mengikuti sunah Nabi adalah hal yang paling baik dan akan mendapatkan ridlo dari Allah. Saat ini ada beberapa pilihan menggunakan pasta gigi halal. Semuanya tergantung teman-teman untuk memilih menggunakan pasta gigi yang mana. 

No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih