28 May 2019

Market Day dan Berbuka Puasa Bersama Teman-Teman Paud


Tiga hari sebelum anak paud libur sekolah. Ada pemberitahuan dari pihak sekolah tentang kegiatan anak paud di bulan Ramadhan. Pihak sekolah menginformasikan kegiatan market day dan buka puasa bersama di paud sebagai kegiatan mengisi bulan Ramadhan. Saya menyambut gembira dengan adanya kegiatan tersebut dari pihak sekolah. Apalagi untuk anak paudku yang sebentar lagi akan lulus paud dan berpindah sekolah. Kegiatan tersebut tentu akan menjadi kenang-kenangan terbaiknya dengan teman-teman dan guru-guru.

market day astin


Saya langsung memberitahu Fira tentang kegiatan market day dan buka puasa bersama teman-teman di paud. Pihak sekolah menginformasikan untuk kegiatan market day, orang tua membuatkan makanan dan dijual oleh anak paudnya di sekolah. Ada banyak sekali ide menu yang muncul untuk dibuat dan dijual oleh Fira di market day. Karena keterbatasan waktu dan tenanga, akhirnya hanya mampu membuat makaroni schotel. Bahan-bahannya juga baru dibeli beberapa jam sebelum acara akan berlangsung, yaitu pukul 4 sore atau menjelang berbuka puasa bersama teman-teman paud.


Resep makaroni schotel untungnya sangat praktis dan mudah. Hanya memerlukan makaroni yang direbus, isian wortel cincang dan saya menggunakan nugget goreng yang diiris supaya menambah gurih dan ada protein yang disukai oleh anak. Topping makaroni schotelnya juga hanya kocokan telur dan susu cair sebagai pengental dan taburan keju parut di atasnya. Saya memanggang makaroni menggunakan happy call karena belum punya oven, hiks hiks sedihnya. Alhamdulillah lima belas makaroni schotel telah siap pada pukul 15.30 sore. Fira dan kakaknya belum mandi, duh kebayang rasanya kan bagaimana kondisi dari tempat kejadian peristiwanya.

Setelah makaroni schotel matang, saya mendatangi Fira. Saya menjelaskan bahwa makanan ini akan dijual nih di paud untuk dibeli teman-teman Fira. Nanti dijual seharga lima ribu rupiah saja per satu wadah ya. Kalau beli dua buah, dikasih bonus satu makaroni schotel satu yang kecil. Alhamdulillah anaknya ngerti dan senang sekali dong akan menjual makanan di sekolah paudnya bersama teman-teman. Kakaknya juga girang karena diperbolehkan membantu adiknya menjual makaroni schotel. Jadilah sore itu, jungkir balik menyiapkan perlengkapan untuk market day dan menyiapkan makanan untuk buka bersama.

makaroni schotel astin


Buka bersama yang diadakan di paud hanya sebagai bagian kegaitan market day. Jadi, menu untuk berbuka puasa hanya untuk anak paudnya saja. Orang tua dan kakak atau adiknya yang ikut ya membawa makanannya sendiri. Saya hanya menyiapkan teh panas yang saya simpan di termos air untuk berbuka puasa. Dalam bayangan saya, ada sisa makaroni schotel gitu untuk dinikmati saat berbuka puasa. Apalagi ada teman-teman paud lain yang juga jualan kan ya.

Saat tiba di depan sekolah paud, suasana sudah seperti pasar kecil. Sudah ramai dan sudah ada kegiatan jual beli layaknya pasar. Meja di tata untuk tempat meletakan jualan anak paud dan anaknya duduk membelakangi meja. Ibu-ibu mengawasi dan ada juga yang membantu si anak. Ada juga yang jualan ibunya anaknya nangis. Ada juga yang seperti Fira, kakak dan ibunya yang jualan. Firanya mainan dan merengek minta beli cupcake. Lucu dech kegiatan market day di sekolah Fira. Bayangan di rumah dan kenyataan di lapangan 100 persen berbeda sekali bo. Fira sibuk menyambangi teman-temannya dan yang jualan tentu saja ibu dan kakaknya. Makaroni schotel yang sedianya akan disisakan ternyata habis ludes tak bersisa.

Makaroni schotel astin
Ini makaroni schotel yang dijual saya sendiri untuk konten😍


makaroni schotel astin
Ini gambar makaroni schotel yang dijual di market day paud


Alhamdulillah ya Allah. Saya berharap memang habis dan tidak ingin mengambil untung ataupun balik modal. Rasanya ikut berpartisipasi dalam acara market day dan berbuka puasa di sekolah Fira merupakan suatu kebahagiaan sendiri. Kebahagiaan untuk saya dan tentunya Fira.

Tibalah waktu untuk berbuka puasa bersama teman-teman paud. Duh anak-anaknya heboh sebelum waktu berbuka puasa sudah memulai berbuka puasa, hehee. Menu buka puasa untuk Fira dan teman-temannya adalah satu paket nasi dan ayam tepung. Ya anak-anakkan suka ya, menu makanan seperti itu. Alhamdulillah mereka senang meski suasananya berbeda. Biasanya kan mereka berkumpul pagi hingga siang hari, nah ini mereka berkumpul menjelang petang hingga maghrib.

Hari ini Fira dan teman-temannya sudah libur sekolah. Terima kasih bu guru telah memberikan kesempatan untuk berbuka puasa bersama teman-teman di sekolah. Kenangan ini akan senantiasa Fira kenang bersama teman-teman dan bu guru. 










No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih