19 May 2019

Membuat Amplop Lebaran Unik Supaya Lebaran Lebih Berkesan


Lebaran tiba lebaran tiba, anak bungsuku tuh kalau nyanyi selalu kreatif. Liriknya suka diganti sesuai dengan yang dipikirkannya. Tapi memang pas juga sich nada dan momenya. Anak-anak menunggu lebaran tiba dengan riang hati. Mereka bangun lebih pagi dari biasanya untuk menyambut hari baru untuk mereka. Yups, dulu tuh rasanya setelah lebaran hati ini jadi baru katanya. Sudah minta maaf ke bapak dan ibu. Dapat uang banyak dari thr saudara dan tetangga sekitar. Asyik banget loh kalau anak-anak ngobrolin THR. Apalagi sekarang tuh THR dimasukan ke dalam  amplop yang dikreasikan.



Jaman dulu kala THR ya seperti salam tempel begitu ya kan. Saat sungkem dan meminta maaf kepada bude-bude, selalu berakhir dengan menggenggam uang. Tapi bapak dan ibuku memberikan contoh pemberian THR dengan cara dimasukkan ke dalam amplop putih tak terawang. Sudah disimpan di dalam amplop putih, masih direkatkan menggunakan perekat. Eh masih juga dikasih nama. Tapi Alhamdulillah jumlah THR dari bapak dan ibu dengan saudara yang lain jumlahnya sama. Lah terus kenapa ada namanya? entahlah. Tapi sekarang menyentuh amplop THR dari bapak dan ibu tinggal kenangan. Katanya sih gantian untuk cucu-cucunya, oke baiklah. 


Sekarang, bapak dan ibu sudah memiliki inovasi mempercantik amplop THR untuk cucu-cucu dan anak-anak sekitar rumahnya. Kalau dulu untuk anak-anaknya cuma amplop putih, ada namanya dan dilem pula. Sekarang berbeda sekali, setiap tahunpun ibu mengeluarkan kreasinya membuat amplop THR. Kreasinya unik-unik sekali loh. Sayangnya, ibu tidak membuka pesanan amplop THR yang unik. Kan lumayan tuh dijadikan bisnis pasti laris manis, karena semua orang juga membutuhkan amplop THR supaya lebih memeriahkan lebaran. 


Beberapa macam kreasi membuat amplop THR yang pernah ibuku buat adalah;

1| Membuat dompet rajut dengan ukuran sangat mini. uang kertas dilipat sesuai ukuran dompet mini tersebut. 

2| Menggunakan Kertas Warna dengan diberikan hiasan bunga tempel. Kertas warna dilipat sebagaimana seni yang membuat. Uang dilipat sampai bisa masuk ke dalam wadah yang sudah dibuat. Hiasan bunga tempel mempercantik amplop THR

3| Menggunakan Kain Flanel. Kain flanel dibentuk dipotong menggunakan pola berbentuk hewan. Dua potongan kain flanel tersebut disatukan menggunakan benang dan jarum. Pada satu sisi tidak dijahit, tetapi dibiarkan untuk tempat masuknya uang. Ada beberapa bagian yang ditempel menggunakan lem tembak, untuk hiasan.

Tadi pagi saya menghubungi ibu, menanyakan sudah ada ide membuat amplop THR unik belum? ternyata ibu masih sibuk menyiapkan rajutan untuk cushion. Okelah kalau begitu. Dan sayangnya nih, saya tidak menyimpan masing-masing foto dari amplop yang dibuat ibuku.

Kesimpulan dari tulisan di atas adalah saya dilanda rindu menerima amplop THR dari bapak ibu. Bapak dan ibulah yang pertama kali membagikan THR untuk anak-anaknya. Sebelum anak-anaknya menerima dari yang lain. Tujuannya mungkin, kalau anaknya enggak dapat THR dari yang lain, kan sudah ada THR dari bapak dan ibu. Hehehee, 

Bapak dan ibu selalu memasukan uang ke dalam amplop tertutup rapat dengan nama lengkap si anak pada luar amplop. Sekarang, bapak dan ibu sudah mengalihkan THR untuk cucu-cucunya. Bedanya, ibu sudah makin inovatif membuat amplop THR yang unik supaya lebaran makin berkesan. Begitulah cerita THR yang dapat saya ceritakan.

1 comment:

  1. Duh sama nih saya juga rindu dapet THR hihihi gara-gara udah nikah jadi kewajibannya ngasih thr dan stop dapet thr deh

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih