31 May 2019

Mengisi Waktu Selama Ramadhan dengan Mengikuti Blog Challenge dari BPN


Ramadhan menjadi waktu yang paling banyak kegiatan menurutku. Ada banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan. Mulai dari kegiatan agama, kegiatan sosial sampai kegiatan pribadi. Di mulai saat menyambut bulan Ramadhan dengan bersih-bersih rumah. Menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan suasana rumah yang bersih dan tertata rapi.

Hingga datang bulan Ramadhan. Bulan yang sudah ditunggu-tunggu umat muslim untuk memperbanyak amalan terbaiknya. Umat muslim berlomba-lomba berbuat kebaikan sepanjang hari selama bulan Ramadhan. Sayapun tidak ingin tertinggal dari saudara muslim lainnya. Mengisi waktu selama bulan Ramadhan dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat.

Kegiatan di bulan Ramadhan ditutup dengan buka bersama yang dipersiapkan oleh ibu-ibu komplek


Di mulai dengan ibadah sholat taraweh berjamaah di mushola dekat rumah. Berjamaan bersama-sama dengan tetangga sekitar rumah. Ada banyak sekali manfaatnya. Para tetangga saling menyapa, saling berjabat tangan dan yang awalnya tidak mengenal, menjadi kenal. Awalnya tidak pernah bertegur sapa menjadi saling bertanya kabar. Masya Allah luar biasa sekali ya.

Bermula dengan berjabat tangan sampai merencanakan kegiatan untuk mengisi waktu selama bulan Ramadhan. Para ibu dengan semangat dan ikhlas, bahu membahu menyiapkan buka bersama untuk semua warga komplek. Mereka saling bekerja sama menyiapkan makanan sampai makanan tersebut selesai dinikmati.

Saya pribadi selama bulan Ramadhan mengisi waktu pribadi dengan mengikuti Ramadhan Blog Challenge yang diadakan oleh BPN. Menantang diri sendiri untuk menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh team BPN selama 30 hari non stop. Butuh usaha, tenaga, pikiran dan lain sebagainya untuk mengikuti Ramadhan Blog Challenge ini.

BPN merupakan kependekan dari Blogger Perempuan Network. Sebuah jaringan yang mengumpulkan blogger perempuan yang memiliki passion yang sama, yaitu menulis di blog. Menulis di blog bukan sembarang menulis saja menurutku. Ada beberapa hal yang bisa dituliskan dan ada yang sebaiknya di keep untuk tidak dituliskan secara gamblang di blog. meskipun blog merupakan media probadi. 

Tantangan dan Solusi Menulis Blog pada Ramadhan Blog Challenge BPN 2019


Mengikuti Ramadhan Blog Challenge tentunya juga memiliki banyak sekali tantangan. Apalagi tantangannya dilakukan selama bulan Ramadhan. Tapi untuk mengisi waktu selama bulan Ramadhan, saya menyanggupinya.

Tantangan-tantangannya juga berat sekali jenderal, sangat berat dan kalau kamu tidak kuat, jangan terlalu memaksakan. Namun bukan tantangan kalau tidak ada solusi. Saya mencari solusi terbaik dari sekian banyak tantangan yang ada. Niatnya kan mengisi waktu selama bulan Ramadhan. Jadi, saya tidak ingin hanya karena aral sehelai rambut, buyar keinginan berhasil lolos dari Ramadhan Blog Challenge ini.

Baca Juga : Resep Buka Puasa Skippy Salad Buah Pelangi

1. Mengisi waktu selama bulan Ramadhan itu artinya akan ada banyak benturan kegiatan. Saya mencari solusi terbaik, supaya setiap kegiatan tidak ada benturannya dengan kegaitan ini. Sebisa mungkin semua yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan dapat dilakukan. Solusi pertama adalah, saya sudah paham keyword yang diberikan. Sebagai seorang lifestyle blogger, saya wajib menguasai semua keyword. Alhamdulillah sampai hari ke-26 saya masih menulis untuk Ramadhan Blog Challenge BPN 2019.

2. Benturan kegiatan yang mendadak, ada ujian kenaikan kelas untuk anak pertama dan menemani anak paud sekolah setiap hari di pagi hari. Huaaaah, rasanya ingin berteriak tuh, saat mengetahui ada banyak kegiatan yang mendadak. Kegiatan yang mendadak contohnya, buka bersama dari beberapa teman. Masa mau ditolak dengan menjawab, saya ada kegiatan menulis. Ya ndak to. Ujian kenaikan kelas anak sulung juga tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak menemani si anak. Menemani anak paud sekolah setiap hari juga bukan menjadi alasan. Tetep dong saya mengantar dan menemani anak paud sekolah setiap hari. Solusi terbaik yang saya lakukan adalah, menabung artikel. Paling banyak artikel yang saya dapat tabung adalah 3-4 artikel dipublish dengan cara menjadwalnya.

Manfaat Mengisi Waktu Selama Ramadhan dengan Mengikuti Ramadhan Blog Challenge BPN 2019


Alasan paling klise bagi seorang blogger yang dapat setiap hari update postingan terbaru adalah page view. Jumlah pembaca yang banyak diperoleh dengan semakin banyak artikel baru dan membaginya ke akun media sosial yang dimiliki. Apalagi keyword yang disediakan oleh BPN adalah keyword yang pasti dicari oleh banyak orang selama bulan Ramadhan. 

Alasan kedua mengisi waktu selama bulan Ramadhan dengan mengikuti blog challenge ini supaya waktu tidak begitu terasa. Ada kegiatan positif dengan membagi artikel yang bisa saja bermanfaat untuk pembaca. Contohnya membagi resep masakan untuk berbuka puasa dan tips memasak sahur supaya praktis tapi tetap bergizi.

Baca Juga : Menu Buka Puasa Selama Satu Minggu

Manfaat lain tentunya dapat mengisi blog yang kadang hanya terisi satu atau dua mingu sekali. Menulis di blog memang harus dipaksakan. Dipaksakan dalam arti, semua penulis blog itu kreatif. Ada banyak konten yang dapat ditulis di blog. Salah satu konten yang banyak dicari sudah diberikan BPN dalam bentuk keyword. Mudah banget bukan? saya malah kepingin BPK setiap bulan memberikan keyword lainnya gitu, bukan hanya pas Ramadhan saja, hehehe.

Jadi, apapun kegaitan mengisi waktu Ramadhan sudah pasti semuanya dapat bernilai ibadah. Tentunya apabila kegiatan tersebut dilakukan dengan penuh keikhlasan dan dengan rasa cinta. Saya memilih mengisi waktu selama Ramadhan dengan mengikuti tantangan menulis blog yang diadakan BPN. Ada banyak tantangan juga dan Alhamdulillah semua dapat diatasi dengan solusi terbaik. 

No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih