6 May 2019

Menu Buka Puasa untuk Satu Minggu



Hai haaai, selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadan bagi teman muslim. Alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan ya, untuk bertemu kembali dengan bulan yang penuh berkah ini. Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, teman-teman harus selalu semangatnya. Apalagi ibu-ibu seperti saya, yang setiap harinya beraktifitas di rumah. Mulai dari menyiapkan makan sahur, beberes rumah, mengurus anak-anak, sampai menyiapkan menu untuk buka puasa.

menu buka puasa
Belanja untuk menu buka puasa satu minggu


Tugas menyiapkan menu buka puasa untuk keluarga menjadi tantangan tersendiri untuk ibu-ibu rumah tangga. Ramadan tahun lalu, saya sengaja membuat rencana menu selama satu bulan. Alasannya supaya memudahkan saya untuk berbelanja di pasar, setiap minggunya. Memang benar adanya, dengan dibuatnya rencana menu sahur dan buka puasa, saya tidak bingung sewaktu berbelanja di pasar. Sebelum berbelanja ke pasar, saya sudah menyiapkan daftar belanjaan dari rencana menu yang sudah disusun.


Ramadan tahun ini, saya terlalu sibuk beraktifitas di luar dan di dalam rumah. Ada beberapa pekerjaan yang ternyata harus skip dan tidak dikerjakan, termasuk menyusun menu makan sahur dan menu buka puasa. Alhamdulillah  rencana menu buka puasa yang paling sederhana ssudah saya susun. Insya Allah suami dan anak-anak juga menerima alasan saya tidak memasak yang ribet. Tujuannya supaya waktu yang saya miliki dapat dipergunakan dengan baik untuk mengajak anak-anak mengaji dan sayapun mengharuskan diri sendiri untuk membaca Al Quran.

menu buka puasa
Menu buka puasa yang paling ringan. Teh manis panas dan bubur sumsum pelangi


Menu buka puasa sederhana inilah yang dapat saya susun. Meskipun sederhana, Insya Allah dapat mencharge energi untuk puasa di hari-hari selanjutnya sampai bertemu dengan bulan Ramadan di tahun-tahun berikutnya, aamin.

Menu Buka Puasa untuk Satu Minggu


Hari Pertama

  1. Nasi Putih dan Nasi Merah di campur menjadi satu
  2. Sop Ayam dengan kuah terpisah. Tujuannya, supaya kuahnya dapat dipanaskan dan sayurannya dimasak mendadak untuk menu sahur👩
  3. Bakwan Jagung. 
  4. Takjil : Pudding Mangga
Hari Kedua
  1. Nasi Putih dan Nasi Merah
  2. Tumis Sawi campur irisan bakso
  3. Ayam Bakar, beli di Poris👍 
  4. Takjil : Es Hunkwe
Hari Ketiga
  1. Nasi Putih dan Nasi Merah
  2. Tumis Buncis campur potongan ayam
  3. Perkedel Tahu
  4. Takjil : Bubur Kacang Hijau
Hari Keempat
  1. Nasi Putih dan Nasi Merah
  2. Tumis Labu Siam campur bakso
  3. Cumi dan tahu goreng tepung
  4. Takjil : Kolak pisang dan ubi
Hari Kelima
  1. Nasi Putih 
  2. Soto Ayam
  3. Tempe dan Tahu goreng
  4. Pudding Cokelat
Hari Keenam
  1. Nasi Uduk
  2. Ayam Kecap
  3. Tempe orek pedas
  4. Es buah
Hari Ketujuh (Buka bersama di luar, tapi tetap masak dong untuk di rumah)
  1. Nasi Putih dan Nasi Merah
  2. Sop Bakso
  3. Bakwan Sayur
  4. Bubur Sumsum
Nah itulah menu buka puasa sederhana yang saya susun untuk satu minggu pertama di bulan Ramadan. Pada dasarnya saya tidak pintar memasak, namun karena saya tidak bekerja, paling tidak saya harus memasak untuk keluarga. Bulan Ramadan yang hanya setahun sekali ini, saya ingin memanfaatkan lebih banyak waktu bersama keluarga. Menu buka puasa di ataslah, menu yang paling sederhana dan sekali saja jajan di luar. Jadi kepingin tahu nih, menu buka puasa yang paling hits di keluarga teman-teman apa nih? siapa tahu saya bisa mampir nih untuk ikutan icip-icip, ehehehe.

Day1 Blogger Perempuan Blog Challenge

7 comments:

  1. ramadan tahun ini aku mealprep untuk sahur aja. Bukanya alhamdulillah bumil diberi kelonggaran untuk beli aja sm suami. Karena biasanya energiku udh mulai abis mendekati buka, blm lg jam2 segitu harus dampingi aisyah spy tetap sabar nunggu buka, semoga saja ramadan ini lancar ya mba, aamiin.

    ReplyDelete
  2. Aku contek menunya ya Astin buat masak aku di rumah selama bulan Ramadan

    ReplyDelete
  3. emak-emak super cerdas. selalu berpikir kedepan terutama biar suami dan anak gak bosen buka puasa dan sahur di rumah.
    menunya patut dicoba nih.

    ReplyDelete
  4. wah terima aksih tipsnya ak, padahal tadi sepat bingung mau makan apa hehehe

    ReplyDelete
  5. saya juga pake melprep mbak :D menghemat waktu biar gak kelamaan mikir "makan apa ya ntar?" hihi

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah nyoba buka puasa pake nasi uduk. Besok-besok dicoba ah.. :)

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih