21 May 2019

Pengertian Zakat, Infak dan Sodaqoh disertai Contohnya


Alhamdulillah puasa di bulan Ramadhan tahun ini sudah memasuki hari ke-16. Rasanya baru kemarin melakukan persiapan demi persiapan untuk menyambut Ramadhan. Faiz sudah mengingatkanku untuk membayar zakat fitrahnya di sekolah. 



Pengertian Zakat dari segi istilah adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya. Zakat dari segi bahasa artinya bersih atau suci.

Saya lalu teringat jaman kecil dulu, membayar zakat fitrah ke sekolah dengan membawa beras seberat 2,5 kilo gram. Waktu itu, sering banget tuh plastik beras jatuh, lalu berasnya jatuh ke tanah. Pulang sampai rumah nangis dan kembali lagi ke rumah untuk mengambil beras baru lagi.

Sekarang pembayaran zakat fitrah dapat digantikan dengan uang. Rata-rata pihak sekolah juga sudah menghimbau untuk membayar menggunakan uang dengan nominal yang sudah ditetapkan. 


💓

Selama Ramadhan ini, Fira masuk sekolah setiap hari. Menggunakan baju muslim dan aktifitasnya belajar sholat dan mengaji. Ibu guru memberikan informasi juga untuk membawa infaq setiap harinya. Lucu melihat Fira dan teman-temannya keluar dari kelas, lalu menyeru ke ibunya masing-masing, meminta uang infaq. 

Pengertian Infaq menurut ulama adalah mengeluarkan sesuatu (harta) untuk dipergunakan untuk kepentingan orang banyak. Infaq dikeluarkan oleh setiap orang yang beriman dan diberikan kepada siapa saja. 

Anak-anak PAUD sudah dikenalkan sejak dini akan pentingnya memberikan sebagian rejekinya untuk infaq. Selain di sekolahan, Fira juga sering meminta uang saat di minimarket. Uang tersebut dimasukkan ke dalam wadah infaq yang disediakan di sudut minimarket.

💓

Menjelang lebaran seperti ini adalah waktu yang paling tepat menyortir barang untuk diberikan kepada orang lain. Ada beberapa pakaian bekas pakai yang masih pantas untuk diberikan kepada orang lain. Ada beberapa pasang sepatu yang masih layak harus diberikan kepada yang berhak menerima supaya kemanfaatannya ada.

Memberikan takjil buka puasa untuk para jamaah di Masjid juga menjadi agenda di lingkungan RT. Kebetulan saya dan suami sudah sepakat untuk tidak terlalu sibuk di dapur. Jadi, untuk memberikan sodaqoh takjil saya memberikan uang kepada bapak RT untuk dibelikan takjilan.

Pengertian Sodaqoh adalah pemberian seorang kepada orang lain secara suka rela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah yang ditentukan. Sodaqoh lebih luas dari zakat dan infaq, karena mencakup segala aml dan perbuatan baik. 


Bulan Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan yang paling sibuk dan padat jadwalnya untukku. Ada beberapa agenda pribadi yang saya harus kerjakan. Selain itu ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dikerjakan sendiri. Belum lagi aktifitas mengantar dan menemani anak PAUD sekolah. 

Tetapi semua itu harus dijalani dengan ikhlas dan tentunya menebarkan senyum kebaikan. Tujuannya supaya kebaikan dan aktifitas yang dikerjakan dapat bermanfaat bagi orang lain dan menjadi nilai ibadah. 

2 comments:

  1. bentar lagi bayar zakat untuk membersihkan diri kita dan semoga mereka diluar sana bisa menikmati lebaran juga sama seperti kita.

    ReplyDelete
  2. penjelasan sangat mudah difahamai dengan contoh yang diberikan bisa lebih mengerti..

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih