23 May 2019

Pilihan Jalur Mudik Dari Tangerang Menuju Cilacap Jawa Tengah


Memilih jalur mudik dari Tangerang menuju Cilacap menjadi salah satu diskusiku bersama keluarga sebagai bagian dari persiapan mudik lebaran tahun 2019. Memilih jalur mudik ini akan digunakan sebagai acuan waktu keberangkatan serta mempersiapkan perbekalan selama perjalanan mudik nanti. Ada pilihan jalur mudik dari Tangerang menuju Cilacap yang dapat dipilih dan diterima konsekuensinya. Jadi, ada baiknya nih, sebelum memilih jalur mudik kami sekeluarga harus membicarakannya terlebih dahulu.

jalur mudik purwokerto


Ada tiga pilihan jalur mudik dari Tangerang menuju Cilacap. Ketiga jalur mudik tersebut sudah pernah dilewati, sudah pernah menjadi tempat istirahat dan mampir untuk makan. Jalur pertama adalah jalur utara atau biasa dikenal sebagai pantura. Jalur kedua adalah jalur selatan dengan bonus melihat nuansa pemandangan yang indah. Jalur ketiga adalah jalur tengah, yang merupakan campuran jalur utara dan jalur selatan. Saya ingin menceritakan sedikit tentang jalur mudik Dari Tangerang menuju Cilacap yang dapat dipilih untuk jalur mudik lebaran tahun 2019 ini.

Baca Juga : Daftar Persiapan Mudik


1| Jalur Mudik Pantura 


Jalur mudik yang paling familiar untuk warga Cilacap yang merantau di Jakarta dan sekitarnya. Pilihan jalur ini banyak menjadi rekomendasi dikarenakan menggunakan jalan toll. Pembangunan jalan toll yang sudah mengantarkan para pemudik Batang, Semarang, Solo dan Surabaya tanpa berlama-lama di jalan umum menjadi pilihan mereka menggunakan jalur mudik pantura ini.

Bagi pemudik Tangerang menuju Cilacap yang memilih jalur pantura masih harus bermacet ria di kota Tegal, Bumiayu, Purwokerto, Ajibarang sampai menuju Cilacap. Masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, meskipun sudah dibangun flyover di daerah Bumiayu. Kepadatan kendaraan biasanya tertumpuk di Bumiayu. Terakhir melewati daerah Bumiayu di bagian flyover, kondisi jalanan agak bergelombang tinggi.

Baca Juga : Cerita Mudik Tahun 2015 Menghadapi Macet di Mana-Mana

jalur mudik tangerang ke cilacap


Selama melewati jalur mudik pantura, saya dan keluarga agak kesulitan menemukan tempat makan yang nyaman dan enak. Mulai dari arah Jakarta sampai ke toll variasi makanan yang disediakan di reas area adalah fastfood dan camilan khas dari daerah yang dilalui. Baru keluar dari toll brexit dan memasuki kota Tegal akan menemukan makanan khas Tegal. Sate kambing muda yang rasanya empuk dan enak sekali. Ada pilihan makanan lain yaitu sop kambing juga bagi yang kurang suka sate. Tapi kan sama saja judulnya makan kambing.

Masjid yang ditemukan di jalur mudik pantura ini ada beberapa. Sepertinya saya jarang mampir di masjid dengan alasan, beberapa masjid tidak memiliki halaman yang luas untuk parkir kendaraan roda empat. Untuk fasilitas toilet seperti diketahui bersama, di rest area masih tetap antri dong dan kebersihannya diberikan nilai 6 untuk skor 10.

2. Jalur Mudik Selatan


Melewati toll Cipularang adalah pilihan jalur mudik dari Tangerang menuju Cilacap. Bersama-sama pemudik lainnya yang akan menggunakan jalur mudik pantura, berpisah sebelum masuk toll Cikampek. Jalur mudik selatan meskipun tidak begitu ramai pemudik dari yang menuju Semarang, Solo dan Surabaya, namun akan bertemu dengan masyakarat daerah sekitar yang akan beraktifitas.

Jalanan yang berkelok-kelok akan menjadi tantangan tersediri bagi pemudik yang melewati jalur mudik selatan. Keluar dari toll Cipularang, akan disambut ramainya aktifitas masyarakat sekitar serta jalur yang berkelok-kelok, naik dan turun. Bagi temans yang kurang menyukai tantangan jalur naik turun dan berkelok, sebaiknya memilih jalur mudik pantura.

Dari beberapa teman yang saya wawancarai, sebagai besar akan menjawab lebih banyak keuntungannya mudik lewat jalur selatan. Pertama pemandangannya seger apabila melintasi garut, tasikmalaya, ciamis di pagi hari. Kedua pilihan kulinernya banyak dan enak-enak. Makanan sunda bisa dipilih sebagai makanan yang dapat disantap saat beristirahat melepas lelah.Selain itu pilihan tempat makan yang menyediakan tempat duduk lesehan dipilih sebagai tempat melepas lelah.

jalur mudik selatan


Terakhir adalah fasilitas toilet di jalur mudik selatan. Fasilitas toilet yang pernah saya gunakan, rata-rata bersih, terpisah antara laki-laki dan perempuan, beberapa toilet memberikan peraturan membuka alas kaki. Airnya juga dingin, seger dan sejuk serta di sepanjang jalan, banyak tersedia fasilitas toilet yang memadai.

3| Jalur Mudik Tengah


Jalur mudik tengah baru dilewati beberapa kali oleh kami. Jalur pernah melewati saat mudik dan saat balik. Semuanya memiliki pengalaman yang baru dan ternyata mengasyikan juga mudik lewat lajur tengah.

Jalur mudik tengah dari Tangerang menuu Cilacap dimulai dari masuk ke toll cikampek, cipali dan kemudian keluar di majalengka. Jalur mudik tengah dapat dipilih sebagai alternatif ketika toll cipali mengalami penumpukan kendaraan.

Setelah keluar majalengka jangan khawatir, ada banyak info arah menuju Ciamis sebagai tujuan terakhir berada di daerah Majalengka. Setelah keluar Ciamis, temans sudah cukup tenang dong karena sudah mulai memasuki daerah Cilacap.

Kendaraan pemudik yang memilih melewati jalur mudik tengah tidak begitu banyak. Hanya ada beberapa pemudik yang paham daerah sini saja yang akan memilih. Kondisi jalanan tidak begitu berkelok-kelok naik dan turun seperti jalur mudik selatan. Tetapi kondisi jalanan yang tidak begitu ramai, menjadi pertimbangan juga, apalagi melewati di menjelang malam hari.

jalur mudik tengah


Kami pernah melintasi daerah sebelum Ciamis di malam hari, duh rasanya ingin cepat-cepat sampai saja. Di sepanjang jalan jalur mudik tengah ini akan ditemui banyak masjid yang bagus dan bersih. Toilet di masjid yang cukup lumayan lah dibandingkan toilet rest area di toll. Untuk kuliner, kami belum pernah mampir makan di daerah majalengka karena hanya beberapa jam saja melintasi daerah ini sampai keluar di Ciamis.

Yah kalau untuk makan, pilihan kuliner di Ciamis ada banyak juga kan. Pemandangannya juga bagus banget loh, dengan catatan melewati jalur mudik tengah di pagi sampai siang hari. Saya dan keluarga melewati di sore hari juga masih bisa melihat adanya juang-jurang dengan pepohonan hijau yang indah dan menyegarkan.

Baca Juga: Rute Mudik via Majalengka

Salah satu persiapan mudik yang saya dan keluarga lakukan adalah mendiskusikan jalur mudik dari Tangerang menuju Cilacap. Alasannya adalah jalur mudik akan menentukan persiapan perbekalan selanjutnya. Ada tiga pilihan jalur mudik dari Tangerang menuju Cilacap yang sudah saya tuliskan dengan beberapa kondisi yang ada di lokasi. Semua pilihan jalur mudik tentu ada plus dan minusnya. Tinggal bagaimana kesiapan kita semua untuk melakukan perjalanan mudik dengan tenang, nyaman, lancar, selamat sampai tujuan. 

No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih