13 May 2019

Tips Mengatasi Kulit Kering Supaya Lebih Lembab dan Lembut


Ada beberapa jenis kulit yang dimiliki oleh setiap orang. Ada kulit normal, kulit kering dan kulit berminyak. Beruntunglah yang memiliki kulit normal karena tidak banyak permasalahan yang dihadapi. Saya memiliki kulit cenderung kering. Akan semakin terlihat kering dan kusam, apabila tidak mendapatkan perawatan yang rutin. Namanya ibu rumah tangga, terkadang terkendala kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan perawatan rutin. Tapi ada tips mengatasi kulit kering yang paling sederhana yang saya pernah lakukan. Tujuannya supaya kulit kering menjadi lebih lembab dan lembut.



Berawal dari komentar orang yang tidak saya kenal di sebuah apotek. Mengatakan bahwa kulit wajah saya terlalu kusam dan kering sekali. Saya kaget dan terlalu baper mendengar kejujuran orang yang tidak saya kenal tersebut. Memang benar saya tidak melakukan perawatan apapun. Dalam sehari-hari, setiap mandi hanya membersihkan kulit wajah dengan facial wash dua kali sehari. Selanjutnya menggunakan moisturizer-pun saat akan mengunakan make up



Kulit kering itu gak ngenakin sekali loh. Pertama, kulit wajah terlihat nampak sangat kusam. Kedua, apabila dipalikasikan bedak, susah sekali menempel. Bukan lagi tidak menempel, tapi seperti memiliki kulit ngelupas gitu. Jadi blontang blonteng. Ketiga, memiliki kulit kering seperti kurang nutrisi yang seharusnya didapat dari makanan dan minuman. Keempat, kulit kering itu mudah sekali tergores atau bersisik dan bisa jadi mudah terluka karena keringnya kulit.

kulit kering
Jaman dulu kala saat bedak dan lipstik yang diaplikasikan


Saya tidak memiliki rasa percaya diri saat harus menggunakan make up. Boro-boro bakal memiliki make up natural yang terlihat fresh. Saat bedak diaplikasikan pada kulit wajah, bukannya akan menempel malah membuat acak-acakan. Saya memiliki pengalaman yang menyedihkan nih. Suami mengajak pergi ke sebuah tempat. Pasti dong saya ingin merias wajah supaya terlihat fresh. Hampir setengah jam lebih, pekerjaan merias diri tidak membuahkan hasil. Stress dong, kesel dong, baper dong, kesenggol sedikit langsung nangis. 


Pelan-pelan saya mengumpulkan informasi bagaimana tips mengatasi kulit kering supaya lebih lembab dan lembut. Ada banyak perlaatan kosmetik yang dapat membuat kulit kering menjadi lebih lembab. Tapi saya khawatir kosmetik tersebut kurang cocok di kulit wajah saya yang cenderung kering. Akhirnya saya memilih beberapa kosmetik yang melembabkan. Selain itu saya juga mendengarkan saran dari Mbak Lidya untuk selalu menggunakan moisturizer.

Ada tips sederhana yang saya lakukan supaya kulit kering menjadi lebih lembab dan lembut
  1. Asupan makanan yang memiliki nutrisi dan penuhi cairan yang cukup
  2. Menggunakan pelembab yang cocok dengan jenis kulit
  3. Tetap menggunakan pelembab meskipun berada di dalam rumah
  4. Jangan lupakan cream malam, apalagi jika ruang tidur menggunakan AC
  5. Gunakan bedak tabur terlebih dahulu sebelum menggunakan bedak padat.

kulit kering
Produk pelembab untuk mengatasi kulit kering



Memiliki kulit kering memang menjadi cobaan tersendiri. Apalagi jika tidak dirawat dengan rutin. Perawatan kulit kering tidak hanya sekedar menggunakan facial wash atau mengkonsumsi asupan nutrisi dari makanan dan minuman. Namun, perawatan kulit kering harus dilakukan menggunakan serangkaian make up yang tidak boleh ditinggalkan. Salah satu tipsnya adalah menggunakan pelembab wajah, meskipun berada di dalam rumah. 

1 comment:

  1. Memang harus menjaga keshatan kulit ya Mbak. Saya juga punya kulit kering. hiks.... sebel, kadang

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih