1 Jun 2019

Berburu Jajanan Tradisional Saat Lebaran


Tradisi lebaran selain mudik yang memakan waktu lama di kampung halaman. Tradisi lainnya adalah berkumpul bersama sanak famili dan menghubungi teman-teman lama untuk sekedar menyapa ataupun berkumpul melepas rasa rindu. Ada tradisi lainnya yang dapat dilakukan saat lebaran selain kedua tradisi lebaran yang sudah disebutkan. Tradisi itu adalah berburu jajanan tradisional di kampung halaman.



Melepas rindu dengan sanak famili dan teman-teman sudah. Saatnya berburu jajanan tradisional yang membuat kangen dengan kampung halaman. Di tanah rantau jarang tersedia jajanan khas atau jajanan tradisional. Lebaran menjadi moment untuk melepas kangen, berburu jajanan tradisional kampung halaman tercinta. 


Meskipun ada banyak sajian makanan khas lebaran yang sudah dipersiapkan di rumah. Rasanya untuk berburu jajanan tradisional tersebut tidak bisa dilupakan begitu saja. Hal inilah yang membuat semangat para penjual jajanan tradisional tetap memasak yang menyajikannya di kedai-kedai mereka. Jaman saya kecil, saat lebaran tiba, para penjual dadakan malah semakin marak. Mereka menjual jajanan tradisional khas kampung halaman.

Kue Nastar, kue kastangel, monde bermacam-macam jenis yang rasanya lezat, tidak dapat menggantikan jajanan tradisional khas kampung halaman. Orang-orang rela mengantre untuk mencicipi jajanan maupun makanan tradisional yang dapat melepas kangen para pemudik. Saya sebagai pemudik yang merantau di kota dekat dengan ibu kota, juga melakukan tradisi lebaran berburu jajanan tradisional khas kampung halaman.

Makanan atau jajanan tradisonal khas kampung halamanku, bisa dibilang ada dan dijual di kota rantauan. Tetapi rasa khas dan rasa asli dari jajanan tersebut terkadang tidak dijumpai di kota perantauan. Beberapa jajanan tradisional khas kampung halamanku adalah :

1. Mendoan


Jajanan atau panganan yang berasal dari tempe kedelai yang dibuat sangat tipis menjadi primadona di antara ayam opor, kentang balado maupun nugget ayam yang dibawa dari kota rantauan. Mendoan asal kata dari gorengan tempe yang tidak terlalu kering atau kalau bapakku mengistilahkan dengan memasak tapi setengah matang alias mendo.

Tempe mendoan khas Cilacap akan berbeda dengan tempe mendoan khas Banyumas. Sangat berbeda juga dengan tempe mendoan yang dibuat di kota rantauan, meskipun dibuat oleh orang asli Cilacap atau Banyumas itu sendiri.

Saya paling suka mendoan khas Kota Cilacap. Beberapa penjual jajanan tradisional mendoan ada yang menambahkan kunyit pada bumbu adonan mendoannya. Jadi hasil mendoannya berwarna kekuningan.

Berbeda dengan mendoan khas Banyumas yang terlalu pucat atau mendo. 

2. Soto Sokaraja


Soto Sokaraja menjadi jajanan tradisional saat lebaran yang paling dicari oleh para pemudik. Hampir sebagaian warung yang menyediakan Soto Sokarja penuh dan untuk menikmatinya harus rela antre. Sebagai anak asli Cilacap dan memiliki keturanan darah dari Sokaraja, sayapun ikut berburu jajanan tradisional yang satu ini.

Rela pergi ke Sokaraja ataupun Purwokerto untuk berburu Soto Sokaraja menjadi salah satu tradisi saat lebaran tiba. Biasanya hari ketiga atau hari keempat, saya dan suami merencanakan untuk berburu Soto Sokaraja.

3. Lotek 


Siapa yang suka mencari lotek saat lebaran seperti saya? hehehee atau siapa yang tidak tahu jajanan macam apa itu lotek?. Lotek ini jajanan tradisional dari Cilacap yang berbahan dasar sayuran dan bumbu ulegan kacang tanah.

Lotek hampir sama dengan pecel dari Madiun. Perbedaannya terletak pada pengolahan kacang tanahnya. Pada lotek, kacang tanah diuleg langsung di cobek. Setelah halus disiram air dan diaduk sampai rata. Kemudian sayuran diletakkan di atas bumbu kacang yang masih di cobek.

Bumbu kacang pada pecel disajikan setelah sayuran diletakkan di atas piring atau daun pisang. Baru kemudian bumbu kacang yang sudah diencerkan menggunakan air, disiramkan di atas sayuran tersebut. Nah, penyajian yang berbeda ini juga membuat cita rasa yang berbeda.

Alhamdulillah siapa yang membacanya sembari ngeces nih? primadonanya adalah lotek yang menjadi pemburuan jajanan tradisional saat lebaran. Penjual lotek sudah jarang saat ini, atau mungkin penjual lotek yang menjadi langgananku saat mudik ke kampung halaman sudah resign ya. 

Tradisi-tradisi saat lebaran ada banyak sekali kan. Salah satunya ya berburu jajanan tradisional saat lebaran yang ada di kampung halaman. Jajanan tradisional yang sukses membuat rindu kampung halaman. Rindu untuk segera mudik bertemu orang tua, sanak famili dan teman-teman termasuk jajanan tradisional. Yuk share di kolom komentar untuk menceritakan jajanan tradisional di kampung halamanmu yang menjadi pemburuaan saat lebaran.

No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih