Thursday 27 June 2013

Menjelajah Cakrawala

Cakrawala itu begitu luas, namun menjelajahinya tak harus berbayar mahal ataupun menetes peluh. Cakrawala itu yang kupilih diantara tiga blog yang diajukan oleh sang pemilik untuk aku review. Sebelum semuanya bertanya-tanya, tulisan kali ini adalah kesempatan untukku membedah sedikit ataupun mereview blog Cakrawala.

Blog Cakrawala adalah salah satu dari tiga blog milik Ibu tiga orang anak yang berasal dari Jember yang bernama Lianny Hendrawati. Ibu tiga orang anak ini meluangkan waktu sejak tahun 2008 untuk menuliskan dan menceritakan kepada penjelajah dunia maya dalam blognya.

***

Kecepatan untuk membuka Cakrawala yang di dominasi warna putih dengan rasa kira-kira sebagai manusia, sangat cepat tanpa menunggu dan nyaman untuk menjelajah di Cakrawala. Karena manusia begitu pintar dan membuat alat untuk mendeteksi kecepatan sebuah blog, aku menggunakan untuk menghitung kecepatan  Cakrawala dengan menggunakan Google Pagespead Insight. Berikut hasilnya,

Cakrawala terhitung sangat cepat dibuka dan ini salah satu hal yang positive pada sebuah blog. 

Kesan pertamaku menjelajah Cakrawala membuat mataku dan pikiranku mengatakan, sukaaaaa, paduan putih, biru dan  pink. 

Header

Pilihan gambar pada header mewakili judul dengan tepat, warna langit dengan awan mewakili nama blog Mba Lianny tersebut. Font Comic San mewakili pemilik blog untuk memberikan gender Cakrawala meskipun terlalu sedikit. Umumnya, pada header ada sebuah tagline yang menjelaskan mengapa blog tersebut dibangun. Tagline dibuat untuk menginformasikan kepada pembaca tentang apa pemilik blog membangun blog tersebut. 


http://liannyhendrawati.blogspot.com/

Setelah membaca dan mendapatkan informasi dari sang pemilik, barulah  tahu Cakrawala ini blog untuk mengikuti kontes, Giveaway sebagai ajang mempromosikan Cakrawala tentunya. Cakrawala juga berisi tips-tips pada awal membangunnya di tahun 2008. 

Laman

Cakrawala memiliki sebuah laman yang terdiri dari Home - My Blog - Award - Fanpage - Community yang apabila diklik akan membawa penikmat untuk lebih mengenal Cakrawala.

Meskipun Cakrawala tidak memberikan identitas siapa pemiliknya, namun pada Laman My Blog, penikmat akan mengetahui bahwa Cakrawala adalah Mba Lianny.

Sidebar 
1. Cakrawala ingin menjelajah jauh ke mana saja, Mbak Lianny memberikan kesempatan untuk mengikuti Cakrawala by email maupun google + followers.

2. Arsip blog yang menginformasikan Cakrawala terbangun dan record postingan setiap bulan. Berikut tercatat jelajahan Cakrawala ketika tulisan ini dibuat;

Tahun 2008 (12)
Tahun 2012 (17)
Tahun 2013 (38)

Sebuah peningkatan semangat untuk tetap berjelajah sang Cakrawala di tahun 2013.

3. Kategori pada Cakrawala ada dua (dua) buah yaitu fiksi dan kontes. Diawal membuka, aku menemukan postingan Tips pada tahun 2008. Sayang sekali jika Tips tidak dijadikan kategori, meskipun alasan Mba Lianny, Cakrawala hanya untuk mengikuti kontes.



4. Popular Post yang menunjukan postingan yang paling banyak dibaca oleh penikmat Cakrawala. Ada lima postingan yang ter record. Popular post adalah salah satu widget yang harus ada pada sebuah blog.

Body content
 

Dengan background warna putih yang menyamankan mataku, menikmati tulisan yang terangkai dari sebuah font time new roman. Aku suka warna putih, berlama-lama di sini tak membuat mata lelah. Border pink dan biru mengkontraskan antara warna favoriteku yang memisahkan isi tulisan dengan sidebar.

Widget Link Within dipasang di Cakrawala agar penikmat Cakrawala dibuat mudah untuk menjelajah Cakrawala dengan isi postingan yang berhubungan.

Footer

Cakrawala merupakan template simple dari blogger yang dikreasikan sedemikian sederhana dan tidak diketahui jenis kelamin si pemilik Blog jika tidak menjelajah ke My Blog.

Melintasi Cakrawala, aku mencari-cari yang biasa aku lihat jika berjelajah di sebuah Blog, salah satunya adalah;
  1. About me (meskipun di My Blog ada)
  2. Kontak Pencarian yang ada tanda loop atau kaca pembesar itu
  3. PageRank (setiap blogger memiliki pemikiran sendiri untuk memasang/ tidak)
Setelah berjelajah dan menikmati Cakrawala, aku semakin mengenal Cakrawala dan pemiliknya. Hampir kontes selalu diikuti, giveaway sahabat dijalinnya dalam sebuah tulisan menarik. Sudah jelas konten Cakrawala yang diusung oleh pemiliknya, yaitu;
  1. Kepuasan untuk menulis dan berbagi
  2. Menjalin silaturahmi sesama blog dengan mengikuti giveaway
  3. Meluaskan jangkauan Cakrawala dengan mengikuti kontes-kontes besar
  4. Meningkatkan jumlah pembaca
Akhirnya, setelah Cakrawala disimak dan dinikmati, aku harus menuliskan dua hal dari Cakrawala. 
Buatku Tertarik
  1. Backgroundnya yang putih, 
  2. Pilihan perpaduan warna, biru dan pink,
  3. Isi konten yang bermanfaat karena banyak pengetahuan didalamnya, karena untuk mengikuti giveaway atau kontes, pemilik tidak meninggalkan hal umum yang terjadi. 
Buatku Bertanya-tanya
  1.  Jenis Font, baik di Judul maupun di body content
  2. Mengetahui pemiliknya seorang wanita, ibu dari tiga anak namun aku tidak menemukan sesuatu yang mewakili gendernya, misalnya untuk border pada sudutnya diberi bentuk bunga/ kupu-kupu yang lutju. (heheee)
  3. Cukup dech... secara keseluruhan bagus dan direkomendasikan untuk menikmati Cakrawala.
Saran

Hanya sedikit saran yang bisa aku sampaikan untuk Cakrawala;
  1. Bentuk dan Jenis Font Title Blog dikreasikan untuk mewakili sang pemilik blog yang cantik dan energik.
  2. Ketika hendak bertanya kepada mesin pencari google dengan mengetikkan kata Cakrawala, yang muncul pertama bukan blog Cakrawala. Sebaiknya diberi tambahan untuk mengidentifikasikan Cakrawala milik Mba Lianny. Contohnya : Cakrawala Kontes, Cakrawala Semarak mungkin akan cepat ditemukan oleh pencari Blog Cakrawala.
  3. Tagline sepertinya perlu untuk menegaskan bahwa Cakrawala yang ini adalah rumah tulisan untuk kontes, giveaway dan sebagainya.
 
Terima kasih untuk Mba Lianny yang telah menembakku langsung dan langsung kutangkap menjadi pasangan Kontes Unggulan Blog Review yang diadakan oleh Komandan BlogCamp. Terima kasih diijinkan mereview Cakrawala dan mohon maaf jika ada sesuatu yang kurang berkenan. 
Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan


Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan


4 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. Makasih banyak ya mbak Astin. Blogku yg ini memang khusus utk lomba/GA. Dan beberapa postingan selain itu masih kupertimbangkan, akan tetap ada disana, atau kupindahkan ke blogku yg lain.

    Utk saran2 nya makasih ya, memang perlu dibenahi lagi rumah mayaku ini. Makasih :)

    ReplyDelete
  3. Wuih, wuiih, mantap niih reviewnya.

    ReplyDelete
  4. aku juga suka baca blog yang latar belakangnya putih, memudahkan dan nggak bikin lelah sebenarnya ya.. :-D

    review yang komplit, mbak Astin.. :-D

    semoga berjaya di kontesnya Pakde ;-)

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih