Wednesday 30 April 2014

Inspirasi Dapur

Yup, hari ini akhir bulan April 2014, banyak sekali kejadian  sepagi tadi, banyak sekali pemikiran dan relungan hati yang kadang tertambat kadang terlepas dan kadang malah melambung jauh entah ke mana. 

And stop buat meratapi hari kemarin dan hari ini, hari ini Alhamdulillah bisa makan onde-onde lima, it's enough dan sekarang aku pingin cerita satu hal untuk urusan Dapur, sering siiich cerita di sini juga...tapi yaaa..namanya wanita..ujung-ujungnya ke dapur pulalaaah.

Sebagai seorang wanita yang bekerja dengan satu orang anak lelaki dan suami yang sangat rajin ***eheeem, untuk urusan dapur itu aku usahakan kulakukan sendiri, kecuali akus edang terbaring sakit di tempat tidur hingga tak bisa mengelus wajan dan panci.

Nah, kadang sebagai seorang manusia, bisa bangun pagi dengan semangat atau bangun pagi tanpa senyuman sedikitpun *haishhhh...maafkeuuun. Nah, kalau sudah kek benang kusut, mau belanjapun keknya beraaat banget, meskipun ada pasar kompleks yang deket. Nah ujung-ujungnya kalau lagi malas, biaya makan akan membengkak dan aku akan teriaaak...ooooh...duit ..melayang begitu cepaaat.

Jadi, untuk mengantisipasi mood yang kadang berubah untuk urusan belanja dapur untuk keseharian dan kelangsungan keawetan duitku, aku menerapkan dari dulu belanja dapur isi kulkas adalah seminggu sekali. Dijamin enggak bakalan repot siich, dulu banget malah, waktu masih rajin banget aku langsung memisahkan sayur A plus uberambenya untuk hari senin, sayur B untuk hari selasa, heheee...kek kesannya piye gitu yaak?



Jadi, setiap satu kali dalam seminggu, aku pergi ke pasar di pasar tradisional dianter suamiku lebih sering, hehee...kadang sendiri **tergantung kerajinan suami. Yang dibeli emang gak semuanya, intinya yang awet-awet saja, pun untuk lauk hanya untuk beberapa hari. Sisanya yaaa...bisa selepas pulang kerja beli lauk, karena tidak semua lauk tahan hingga seminggu.

Tips aku untuk mengolah bahan makanan yang dibeli seabrek itu adalah memilah bahan makanan mana yang paling mudah layu, itu menjadi masakan pembuka, maksudnya akan dimasak pertama kali. 

Segitu dulu cerita urusan dapurku, silahkan yang ingin menambahkan di kolom komentar yaaak.



12 comments:

  1. lebih mudah kalau sudah di bereskan pakai wadah ya, mau masak tinggal ambil. kadang bawang merah aku kupas dulu kulitnya jadi gak repot kalo pas mau buru2

    ReplyDelete
  2. sama,saya juga seminggu sekali mak....lebih tenang aja g buru2 hehe

    ReplyDelete
  3. Gak ada tukang sayur keliling itu lumayan repot ya, Mba. Kalau di sini mah tiap hari bisa beli yg fresh, Mba. :D

    ReplyDelete
  4. kalau saya 2-3 hari sekali ke pasarnya :)

    ReplyDelete
  5. kalo ikan biasanya tahan berapa hari, mak? aku jarang masak ikan, biasa beli hehe

    ReplyDelete
  6. Itu rapih banget ya wortel sama wortel, sayur sama sayur dan ada tempatnya sendiri-sendiri. kentara sering masak. Di rumahku, kalau ada wortel, paling hanya 1 biji doank. Kulkas pun kosong melompong. Hahahaha. Jadi malu ati deh liat isi dapur dirimu Mak :p

    ReplyDelete
  7. rajinnya si bumil ini ya... :)

    ReplyDelete
  8. Bumil cantik ini memang rajin banget, padahal masih harus bekerja. Klo aku belanja di tukang sayur keliling, jadi yg mau dimasak tergantung bapaknya bawa apaan. Klo belanja di pasar enak lebih terencana menu yg mau dimasak ya. Cuma klo sayuran hijau semacam kangkung, bayam dsb sehari di simpan di kulkas kok layu ya. Gimana si mak Astin cara nyimpen sayur yg bener, mungkin aku salah penyimpanannya.

    ReplyDelete
  9. jujur saja, sebagai cowok aku tak pernah tahu urusan begituan hehe,...

    ReplyDelete
  10. bisa masakin makanan untuk suami rasanya tuh seneng apalagi suami bisa nerima dan menilai masakan yang dibuat sang istri itu enak duh senang sekali hati rasanya .

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih