Tuesday 24 November 2015

Resep Membuat Pizza Tanpa Oven

Sarapan menyantap pizza mah sudah biasa bagi saya dan suami. Jadi, pizza yang dibeli semalam dipanaskan dan disantap lagi, Faiz tidak terlalu suka pizza. Sudah lama sekali sering membaca resep membuat pizza, tapi kan saya tidak memiliki oven, enggak bisa membuat dough-nya. Waktu itu pikiran saya hanya nanti kalau gaga, sayang-sayangin bahan-bahannya saja *ngiiik.

Emak malas kemarin kangen ke Mbak Indah yang tinggal di Jepang. lalu ngetuk pintu mayanya dong. Apa yang disajikan di rumahnya? trala resep membuat pizza tanpa oven. Awal membaca, saya masih belum tertarik untuk membuatnya. Perlahan-lahan, tulisan yang menerangkan cara membuat saya pelajari, saya resapi dan saya dalami sembari membayangkan jika saya membuat pizza tersebut. Resep membuat pizza tanpa oven tersebut sangat sederhana dan mengajak saya, untuk segera membuatnya.

Resep Membuat Pizza Tanpa Oven

Resep Membuat Pizza Tanpa Oven


Pada resep yang diberikan oleh Mbak Indah, tepung terigunya Sebanyak 3 1/2 cup. Sedangkan di rumah enggak punya cup ukuran, duh seandainya waktu itu beli ya. Akhirnya saya googling tadi pagi, 1/2 cup itu sama dengan 60 gr untuk flour (semoga enggak salah lihat). Lalu pagi-pagi itupun saya berhitung matematikan, jadi kalau 3 1/2 cup berarti 420 gr ya? duh jangan dilempar keju mozarella ya kalau salah.

Saat membuat adonan dough-nya, saya mengurangi tepung terigu, skip garam, menambahkan margarin, tidak menggunakan minyak goreng. Silahkan jika ingin melihat resep Mbak Indah, biar valid silahkan ya di Resep Homemade Pizza Tanpa Oven .

Bahan-Bahan Dough :


  1. Tepung terigu 300 mg
  2. Gula pasir 1/2 sendok makan
  3. Fermipan 1/2 sendok makan
  4. Telur 1 buah
  5. Air matang 100 ml
  6. Margarin 30 gr 

Bahan-Bahan Toping :


Waktu saya bertanya ke suami, doyan kan pakai paprika? karena saya ingin ada warna kuning, merah dan hijau (padahal di lemari es kagak ada, di suppermarket juga subuh-subuh belum buka, di pasar tradisonal kemungkinan ada, *mode ragu-ragu). Tapi jawabannya, yang biasa saja, gak usah pakai paprika. Kalau jamur? enggak usah, yang ada di lemari es saja. Hm, ya udah,
  1. Saos cabe dan tomat secukupnya, saya banyak menggunakan saos sachet dari makan pizza/ ayam goreng (sayang kalau dibuang, jadi dikumpulkan)
  2. Bawang bombay 1 buah
  3. Sosis ayam 2 buah
  4. Bakso ikan 3 buah
  5. Mayonaise
  6. Keju diparut, sudah ada yang diparut di lemari es, mungkin keju chedar. Jika menggunakan keju mozarella, pasti lebih yummy kan?

Cara Membuat Pizza Tanpa Oven


Deg-degan nulisnya, padahal baru sukses sekali dan itupun panggangan pertama gosong. Eh, kalau enggak gosong enggak seru ya, lirik Nurul Noe. Padahal apinya sudah keciiiil sekali, ya, yang penting rasa enggak bohong, suami juga makin cintah*krik krik.

  1. Setelah bahan-bahan doughnya dicampur jadi satu, kalau menurut saya, caranya sama ya, seperti membuat adonan donat. Diamkan selama 1 jam agar mengembang.
  2. Sembari menunggu adonan dough mengembang, siapkan toppingnya. Tadi pagi, saya ke pasar dulu, bawang bombaynya habis.
  3. Setelah mengembang, bagi menjadi dua atau menurut selera atau sesuai dengan pan-nya. Saya menggunakan dua pan, pan 24 dan 16. Masih ada satu adonan, belum saya buat, nanti siang saja buatnya. 
  4. Giling menggunakan penggilingan, saya menggunakan botol bekas syrup.
  5. Letakkan di pan, tata secantik mungkin, heheee.
  6. Tusuk tusuk menggunakan garpu
  7. Oleskan saos, kemudian tata topping sesuai selera.
  8. Letakkan di atas kompor, nyalakan api paling kecil sebisa mungkin,
  9. Angkat jika bagian bawah sudah terlihat kekuningan
Resep membuat pizza tanpa oven

Pizza Tanpa Oven Telah Siap


Saat mengangkat pan dan meletakan pizza di atas talenan, saya ingin berteriak kencang sekali. Tapi malu atuh, pagi-pagi teriak. Jadi, saya bawa pizza ke kamar dan membangunkan suami yang sedang tidur-tiduran.

Komentar pertama adalah, bisa??? duh, langsung senangnya minta ampun, apalagi Faiz juga ikut menyantap pizza buatan saya. *meres air mata bahagia. Pan kedua dengan ukuran 16 diangakat dan saya berikan lagi ke suami dan Faiz, langsung habis, kenyang dan Fira kebagian bagian pinggirnya saja.

Kelupaan dan saya tidak ingin mendramatis rasanya ya, Terima kasih Kang Cilembu. Rasa pizza tanpa oven ini, kurang lebih sama ya. Saat menggigit bagian bawah pertama kali, suara krees terdengar dan bagian pinggir dari pizza juga empuk sekali, seperti yang saya ceritakan doughnya mirip donat gitu.

Untuk rasa toppingnya standar ya, rasa saos yang menyatu dengan mayonaise, keju, dan topping lainnya. Untuk membuat pizza tanpa oven ini, selain praktis, tidak harus membeli, kalau hemat, pasti lebih hemat ya dibandingkan membeli pizza di PH or D. Harga loyang medium bisa 45 ribuan, kalau membuat sendiri saya belum mengkalkulasikan. Terbayarlah rasanya, suami, Faiz bilang enak *kalau gak enak bisa kulempar lemper kali yes.


resep membuat pizza tanpa oven

Jadi, sebetulnya ya...tidak ada yang tidak mungkin untuk melakukan sesuatu. Semua hal yang dibutuhkan adalah kemauan dan keberanian untuk melangkan. Jika saya terkungkung takut gagal, takut bahan-bahannya sia-sia, mungkin saya tidak pernah tahu, kalau ternyata saya bisa juga menyajikan pizza buatan sendiri. 

Hm, bagaimana? pagi ini saya sedang bahagia sekali, katanya kan dari perut turun ke kantong, kekekeke... besok mau mencoba apa lagi ya? Buat Mbak Indah, terima kasih ya, hayo, kenalan gih sama Mbak Indah. [2015:11]

24 comments:

  1. Menariiikkkk dan mau bangeeet bikinnya mak.. *save*!

    ReplyDelete
  2. Iihhh ikut bahagia sambil ngikik, Mak. Hahaha... Soalnya nulisnya jujur banget, ada digiling pake botol sirup segala... :D
    Sukses ya, Mak, acara masak2nya, pengen bikin juga jadinya. Soalnya sy jg blm punya oven ;)

    ReplyDelete
  3. rada unik juga cara bikin pizza tanpa oven, untuk rasanya gimana, coba?

    ReplyDelete
  4. Pizzanya uniiiikkk. Jadi pingin deh.

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen nyobain ih aku juga ga punya oven soalnya

    ReplyDelete
  6. Wah sebelum punya oven aku juga pakai teflon mba. Tapi setelah jago, pakai oven lebih mantap lg lhooo :-*

    ReplyDelete
  7. Astin, itu pinggiran pizzanya bisa njendol gitu diapain sih? apa ntar klo kena panas bisa njendol sendiri? Kmrn aq juga abis baca resep dari Mba Indah ini, kapan2 ikutan nyoba aaahhh

    ReplyDelete
  8. kapan2 aku akan mencobanya juga mbak...boleh nyohtoh resepnya ya :)

    ReplyDelete
  9. kereeeen, blm pernha nih bikin pizza pan, takut gagal

    ReplyDelete
  10. Dulu sering bikin tapi sekarang udah lupa lagi caranya :D kejunya menggiurkan banget ya

    ReplyDelete
  11. mba, jd pokoknya ini yg dipanggang cuma bagian bawah kan ya... ntr toppingnya melted sendiri gitu?

    ReplyDelete
  12. yuhuuu...kalo anak suami seneng pasti tambah semangat deh masaknya, ganbatte!!

    ReplyDelete
  13. hasilnya WOW ^^ bisa dicoba nih.. hihihi

    ReplyDelete
  14. Waaah gampang banget ya. Bikinin dooong heheheee

    ReplyDelete
  15. Woww enak banget mbaaaa, praktis ya tanpa oven soalnya aku ga punya oven hihhii

    ReplyDelete
  16. mau cobaakkkk..pas kebetulan nyidam pizza tp di sampit kagak ada pizza hut.. makasi resepnya mbaaa ^^

    ReplyDelete
  17. ternyata nggak seribet yang dibayangkan hehe. cobain ah resep pizza tanpa ovennya. makasih infonya emak :))

    ReplyDelete
  18. Gampang juga yah bikin pizza. Btw, untuk rasanya enakan mana ya sama yang di oven?

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih