Thursday 21 January 2016

Membuat Ruang Kerja yang Nyaman di dalam Rumah

Perlukah membuat ruang kerja yang nyaman di dalam rumah? kalau kalian memiliki usaha dalam bidang apapun, jawabannya pasti perlu. Saya yang hanya memiliki keinginan untuk menulis di blog, saja, menjawab sangat perlu membuat ruang kerja yang nyaman di rumah. Bukan neka-neko, tapi memang meja dan kursi kerja yang nyaman, akan membantu produktifitas. Ehem, itu teori dari saya yaaak.

Membuat ruang kerja di rumah, sebetulnya sangat sederhana. Tidak perlu ruangan khusus, atau ruangan tunggal untuk ruang kerja. Yang diperlukan adalah  meja  dan kursi kerja serta rak atau lemari. Namun, jika ingin profesional dan memang ada anggarannya untuk membuat ruang kerja khusus, masa iya mau ditolak, hehee. Meja dan kursi kerja juga dapat menggunakan perabotan yang ada sebelumnya.

ruang kerja yang nyaman


Saat ini, ruang depan yang menjadi ruang kerja saya. Alasannya, anak-anak banyak beraktivitas di dalam rumah. Ruangan depan sangat luas, jadi dapat meletakan perabotan apapun *kek gudang malah. Di ruangan depanpun, ketika anak-anak bermain di luar rumah, saya dapat mengawasi. Meja kerja menggunakan meja belajar anak saya, yang sedang tidak dipakai. Kursinya menggunakan kursi warung makan, yang terbuat dari plastik itu loh. Raknya ya...masih nunut di meja belajar anak saya.

Di tahun 2016 inilah, saya memiliki keinginan dapat mewujudkan impian saya mengenai ruang kerja saya. Ruangannya masih menggunaan ruang depan, karena ruangan tersebut sangat nyaman untuk saya. Meskipun ketika malam, nyamuks angat banyak, tapi better daripada ruang tengah. Meja kerja berbentuk huruf L. dengan satu sisi terdapat rak dan lemari untuk peralatan yang saya gunakan. Kursinya, bolehlah kursi yang dapat berputar dan empuk. Saya memiliki masalah tidak kuat duduk di kursi yang keras, seperti kursi plastik sekarang. Solusinya, saya meletakkan bantal kursi.

Sofa balon juga menjadi pilihan saya, untuk diletakan di dekat ruang kerja saya. Jika sedang mencari inspirasi atau untuk istirahat sejenak, menghilangkan pusing di kepala, duduk nyantai di sofa balon, kan nyaman. Sofa balon, membuat saya penasaran, apakah bisa meletus seperti halnya balon ya? heheee. Pilihan warna untuk sofa balonnya, warna biru muda. Warna biru muda untuk sofa balon, akan membuat inspirasi saya berkembang pesat dan lancar jaya beraktivitas,aaamiin.

Saya suka, ruang kerja ibuku. Beliau seorang perajin kerajinan tangan. Telah banyak kerajinan tangan yang sudah dibuat. Bentuknya macam-macam, mulai dari rajut, meronce, manik-manik, membuat bonek menggunakan kain flanel dan lain sebagainya. Ibuku belajar otodidak dan memiliki kemauan untuk berkumpul dengan teman-temannya, yang memiliki minat yang sama di bidang yang sedang disukai oleh ibu.

Ruang kerja


Ruang kerja ibu berada di antara garasi mobil dan teras samping yang ada kolam airnya. Ruangannya cukup luas, namun karena rak dan lemari serta box berisi peralatan bekerjanya, jadi sangat sempit. Ada meja kerja, bekas meja makan yang sudah tidak terpakai, ada dua buah kursi dan rak besar. Penutup ruang kerja ibu ke teras samping, menggunakan kerai. Mungkin, jika sedang sendiri ibu akan menyalakan air mancur dan air terjun di kolam, kemudian membuka kerainya, duuuuuh...siang-siang disuguhui pemandangan yang segar seperti itu, tentu sangat nyaman. 

Jadi...ruang kerja itu perlu untuk saya, yaaa...gaya-gayaan seperti pegawai kantoran lah. Toh, menulis, untuk saya merupakan rekreasi, setelah melakukan aktifitas utama di rumah. Jadi, saya ingin menemukan sebuah hal yang membuat pikiran saya segar. Ruang kerja tidak melulu harus memiliki satu ruangan khusus, cukup di ruang yang membuat nyaman. Perabotannya, juga dapat menggunakan perabotan yang ada di rumah.

Salah satu ruang kerja yang saya sukai, ruang kerja ibu saya yang di dalamnya banyak sekali peralatan hingga hasil kerjanya. Sebagai contoh, perabotan yang digunakan juga bukan perabotan khusus untuk bekerja, namun terlihat cantik, karena ibu menata dengan bagus dan rapi. jadi, doakan saya memiliki ruang kerja yang saya inginkan ya, doakan juga disetujui oleh bank di rumah, amin. [2016:01]


21 comments:

  1. Rapiiiihhhh ....
    Duh jadi gatel tangan pengen rapi-rapihin ruang kerja juga :)
    TFS Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, aku juga jadi rapihin ruang depan, Mbak...heheee. Ganti suasana,

      Delete
  2. Amiin..suami sy ada ruang kerja merangkp tempt bobo, duh berantakn bgt jd penhen jg nata ruang kerja yg nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk beresin...hahaaa, aku semalam beres-beres, juga.

      Delete
  3. aamiin.. semoga tercapai ya mb

    ReplyDelete
  4. ruang kerja? hemm..penuh buku

    ReplyDelete
  5. bagaimanapun ruangannya kalau ditata dengan baik pasti akan betah dan menarik... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Kang...apalagi ditambah dengan bersiiiih dan membuat nyamaaan...

      Delete
  6. Aku juga bercita2 bikin ruang kerja di rumah tp kapan ya? :D

    ReplyDelete
  7. Bayangin ruang kerja ibu kayaknya keren banget Mbak, pasti hasil karyanya juga sangat memuaskan :)

    semoga keinginannya memiliki ruang kerja sendiri bisa terwujud ya Mbak. Amin.....

    ReplyDelete
  8. wah aku gak punya ruang kerja sekarang nih, jadi mau bikin ruang kerja sendiri ah, Makasih idenya mak astin

    ReplyDelete
  9. baru beres2 juga kubikel kantor...lap2.

    ReplyDelete
  10. jadi pengin punya sofa balon nih mbak demi melengkapi kenyamanan ruang kerja pribadi ala ibu rumah tangga. Asyiiik syiiik :)

    ReplyDelete
  11. Dulu ruang kerjaku di ruang tamu, sekarang pindah ke kamar tidur. Hehehe. Kerja ala-ala

    ReplyDelete
  12. Aku sedih bacanya, karena aku juga belum punya meja kerja sendiri. Aneh ya, padahal kerjaanku banyak. Sejak pindah ini & anak2 tambah besar, aku maunya diruang tengah depan TV diantara kamar2 anakku, biar nggak kesepian. Ada bbrp sudut yg tampaknya ideal buat tempat kerja, tp aku takut kesepian. Halah. Padahal penting bgt buat naruh catatan2. Skrg catatan2 aku taruh kardus biar gampang nenteng2nya. Epik lah hahaaa

    ReplyDelete
  13. The more you’re put in the more you are likely to get back. kerja dari rumah

    ReplyDelete
  14. terimakasih mas buat infonya dan salam sukses

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih