Thursday 7 January 2016

3 Waktu untuk Menulis di Blog

Kapan waktu untuk menulis di blog untuk ibu rumah tangga seperti saya?  Dengan kesibukan *eheeem, yang luar biasa tidak dapat diprediksikan. Kadang ketika sedang enak-enaknya menulis saat anak-anak sedang tenang bermain, tiba-tiba satu ada yang menangis atau mereka berkelahi. Buyar dech, buyar dan tulisan biasanya, kabur beterbangan. Jadi, saat saya menjadwalkan jam sekian menulis dan jam sekian pergi jalan-jalan, kadang susah untuk ditepati.

Meskipun demikian, saya tetap mempriorotaskan waktu untuk menulis di blog. Meskipun hanya beberapa jam saja, saya harus memiliki waktu untuk blogging. Ada panci bekas mengukus singkong belum dicuci atau lantai belum disapu dan dipel, pada waktu-waktu tertentu saya membiarkan. Tapi jika dirasa, kegiatan menulis di blog atau kegiatan di depan laptop sudah selesai, saya harus mengerjakan pekerjaan rumah tersebut.



Berikut 3 waktu untuk menulis di blog, menurut saya, yang harus sebisa mungkin untuk ditepati. Saya sudah menyepakati diri saya, untuk lebih rajin dan fokus untuk menulis di blog pada tahun ini dan seterusnya.

1. Waktu Menjelang Subuh



Saya harus disiplin dan konsisten, untuk waktu yang telah saya tetapkan untuk menulis menjelang waktu subuh. Jika sudah diniatkans ebelum tidur malam, biasanya, saya bangun antara pukul 3 atau 4 pagi. Pada waktu tersebut, anak-anak belum bangun dan pekerjaan rumah masih sabar menanti kedatangan saya.

Paling, saya akan ke luar kamar dan menyalakan mesin cuci. Biarlah meain yang membantu saya untuk membersihkan pakaian kotor.

Pada waktu ini, udara juga masih sejuk dan segar. Pikiran fresh dan kebanyakn ide datang dan dapat tercurah lancar di waktu menjelang subuh. Ada beberapa kali artikel yang menurut saya paling bagus diantara banyak artikel di blog saya, dikerjakan pada waktu menjelang subuh. #eheem.

2. Saat Anak Tidur Siang



Waktu anak tidur siang, malah saya tidak dapat memejamkan mata, cuma glepak glepek di tempat tidur. Pekerjaan rumah juga jarang saya lakukan pada waktu siang hari. Jadi, duduklah saya di kursi di depan meja, melakukan kegiatan blogging.

Ide untuk menulis blogpost di siang hari jarang muncul, oleh karena itu saya biasa lakukan untuk blogwalking atau membaca media sosial.

3. Menjelang Tidur



Waktu malam hari sebetulnya optional saja. Jika pagi hari dan siang hari, belum maksimal. Atau jika ada lomba menulis di blog atau ada pekerjaan job review yang belum selesai dikerjakan, biasanya saya menyelesaikan menulis malam.

Sebetulnya menulis waktu malam, kurang efektif untuk saya. Salah satunya karena faktor kelelahan dan mengantuk. Saya bukan tipe yang suka begadang, meskipun pernah suatu saat didera sulit tidur.
Waktu paling malam saya pergunakan untuk menulis atau melakukan kegiatan blogging, mentok sampai pukul 12 malam. Setelah itu sudah pusing kepala.

Artikel ini dibuat saat melakukan perjalanan dari Tangerang ke Jati Warna PP. Anak-anak terlelap tidur dan besok pagi, saya akan merapihkan blogpost ini.

Jadi, sebetulnya menulis dapat dilakukan kapanpun ya, tergantung situasi dan kondisi serta mood dan kemauan. Bagaimana dengan teman-teman? [2016:01]

20 comments:

  1. Aku paling suka yang pertama, sebelum subuh. Tapi belakangan mata nggak bisa diajak kompromi. Sebagai gantinya, waktu anak-anak berangkat sekolah, aku baru mulai nulis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau anak2 dah ke sekolah memang bagi ibu2 bisa punya waktu sangat luang ya... :D

      Delete
  2. kalau sy sebelum tidur, atau sebelum subuh, atau sesudah subuh, atau waktu dhuha seperti sekarng ini...baru bisa nulis artikel di blog :D

    ReplyDelete
  3. kadang saya masih keteter membagi waktu buat nulis di blog. Apalagi kalau mau nulis malam hari, nidurin anak2, saya malah ikut tidur hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ngeblognya di kamar, jadi pingin bobo...

      Delete
  4. Klo aku biasanya siang hbs pekerjaan rumahselesai.

    ReplyDelete
  5. Kalo aku pas pagi hari dan si kecil sekolah, menjadwal blog. Kalau menulisnya bebas, bisa disambi dengan ngapain aja. Kan pake hape.

    ReplyDelete
  6. paling enak hari libur, dan anak2 tidur

    ReplyDelete
  7. Hampirsama jadwalnya sama saya Mbak. Cumakalau pas dini hari saya terbatas banget, karena biasanya kedubrakan nyiapin sarapan buah, bekel anak-anak, plus juga nyiapin diri sendiri berngkat. Saya juga sering ngeblog pas di sela-sela jam kantor. Pas istirahat kantor atau pas nunggu acara rapat dimulai misalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu aku kerja kantoran, juga enak di kantor, sebelum waktu kantor dan sesudah waktu kantor biasanya.

      Delete
  8. Aku malah ga bisa ngeblog kalau subuh, matanya masih sepet dan mager alias malas gerak. Kalau siang malah kriyep-kriyep ngantuk hehehe. Enaknya sih pagi, sore atau malam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak semua dech...hehee, makasih ya teh Efi, kunjungannya

      Delete
  9. Kecuali no 1 karena harus nyiapin sarapan & bekal anak2. Lebih pagi nggak bisa krn tidurku udah malem banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin, saya akan seperti itu, kalau anak-anak sudah sekolah semua ya.

      Delete
  10. Kalo aku sih biasanya sekitar jam 7an pagi mbak, masih fresh juga pikiran. kalo sebelum subuh ampun deh, mata aja masih merah, gak bisa mikir malah

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih